Hujan Buatan Turun 30 Menit Di Dumai

Senin, 24 Juni 2013 16:07
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Tim Satuan Tugas Bencana Asap Riau berhasil memodifikasi cuaca dan menurunkan hujan buatan dalam operasi hari pertamanya. Hujan turun di wilayah Dumai selama 30 menit sejak pukul 06.00. Tak cuma itu, tim juga menjatuhkan bom air.
Â
“Operasi hari pertama berhasil, hujan turun selama 30 menit di Dumai,” kata Komandan Resor Militer 031 Wirabima Riau, Brigjen Teguh Rahardjo, kemaren.
Â
Teguh menyebutkan operasi hari pertama berjalan lancar. Gumpalan awan di daerah Dumai mudah ditemukan untuk penyemaian garam hujan buatan.  Tim hari ini akan membuat hujan buatan di wilayah Bengkalis dan Rokan Hilir.
Â
Adapun bom air dijatuhkan dari pesawat Cassa. Pesawat menerjunkan bom-bom air itu di wilayah Dumai. Jangkauan bom air mencapai 100 kilometer persegi.
Â
Selain dari udara, tim memedamkan titik api di darat bersama kepolisian, tentara, dan masyarakat.
Â
Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Heru Widodo mengatakan hujan di wilayah Dumai merupakan awal baik untuk hari berikutnya.
Â
Heru menjelaskan, kondisi titik api terparah terdapat di wilyah Rokan Hilir. Namun penyemaian garam hujan buatan dilakukan di wilayah Dumai karena wilayah ini sangat mudah ditemukan gumpalan awan.
Â
Pasalnya kata Heru, wilayah yang memiliki titik api dapat dipastikan tidak memiliki awan di atasnya. “Kami optimalkan awan-awan di sekitar titik api,” ujarnya.
Â
Kemunculan hujan di wilayah Dumai bakal mempengaruhi tumbuhnya awan di wilayah lain. Hujan juga mengurangi asap sehingga memudahkan pemantauan titik api.
Â
“Wilayah awan yang sudah hujan bakal mempengaruhi dinamika cuaca di seluruh wilayah Riau,” ujarnya. (riau.go.id)