Categories: Zero

DPR Akan Panggil Siti Nurbaya, Pertanyakan Maraknya Karhutla

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – DPR bakal panggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Dewan sudah gerah soal maraknya Karhutla yang saat ini terjadi, khususnya di Sumatera dan Kalimantan.

Ketua Komisi VII, Gus Irawan Pasaribu memastikan pemanggilan dilakukan usai masa reses DPR. “Segera kita panggil, kita desak untuk cari solusi,” kata Irawan seperti dilansir dari cnnindonesia, Selasa, 13 Agustus 2019. Diketahui DPR saat ini masih dalam masa reses sejak 26 Juli hingga 15 Agustus 2019.

Advertisement

Baca : Seberapa Prioritasnya Karhutla di APBD Perubahan Riau?

Irawan mengatakan, kondisi Karhutla di Sumatera dan Kalimantan sudah sangat memprihatinkan. Terlebih lagi, kondisi itu kerap berulang di tiap tahun saat musim kemarau tiba. 

Baca: Pengumuman SBMPTN 2019 Bisa Dilihat Hari Ini Jam 3 Sore, Berikut Caranya

DPR berencana mendesak Siti Nurbaya agar mekanisme penegakan hukum bagi pihak yang membakar hutan segera ditindak. Penindakan, kata dia, amat penting dilakukan secara tegas tanpa pandang bulu. “Sikap presiden sangat jelas dan tegas. Tetapi tetap saja terus terjadi,” kata dia.

Baca : Ribuan Orang di Dumai Diserang ISPA, Asma, Bahkan Iritasi Mata Akibat Asap

Seperti diketahui, Karhutla yang terjadi di beberapa titik di Pulau Kalimantan dan Sumatera tahun ini sudah mengkhawatirkan. Hari ini, Siti Nurbaya sedang berada di Riau dan akan melakukan peninjauan ke beberapa daerah dengan tingkat Karhutla tertinggi.

Pagi ini, Siti Nurbaya bersama rombongan dari Pemprov Riau melakukan peninjauan laha terbakar di wilayah Rimbo Panjang, Kampar Riau. Lalu bertolak ke Pelalawan dan beberapa daerah lainnya yang saat ini terjadi Karhutla. (bpc3)

Advertisement