Dampak Asap, 19.862 Warga Riau Terserang ISPA

Selasa, 25 Juni 2013 07:53
Dampak Asap, 19.862 Warga Riau Terserang ISPA
BERTUAHPOS.COM– PEKANBARU – Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan bahwa di Riau terdapat 19.862 warga yang terinfeksi penyakit ISPA dalam sepekan terakhir ini.
Â
Dari jumlah tersebut, 1.232 anak dibawah usia 4 tahun di Rokan HUlu menderita ISPA. 1.167 anak di Dumai juga menderita ISPA. Lalu 1.136 anak dibawah usia 4 tahun yang menderita ISPA ada di Pelalawan. 628 lainnya ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.
Â
Sedangkan untuk penderita ISPA yang berusia di atas 5 tahun, tertinggi ada di Rokan Hilir. Lalu Dumai, Rokan HUlu, Meranti dan Pelalawan .
Â
“Kendati jumlah penderita ISPA meningkat cukup signifikan, namun kabut asap bukanlah menjadi penyebab meningkatnya jumlah penderita ISPA secara keseluruhan.
Â
Pencemaran udara akibat industri dan kendaraan bermotor juga menyumbang peningkatan penderita ISPA di Riau,” terang Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Riau, Dewani.
Â
Sementara, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau Kasiaruddin menyebutkan bahwa saat ini, kualitas udara di Riau pada posisi sangat berbahaya, Indikasi kualitas udara di Riau umumnya menunjukkan angka 300.
Â
Itu berarti kualitas udara di Riau sangat buruk.
Â
“Untuk itu, kita berharap agar warga dapat mengurangi aktivitas di luar ruangan jika memang tidak terlalu penting,” himbaunya. (riauterkini.com)