Dampak Asap, 19.862 Warga Riau Terserang ISPA

Selasa, 25 Juni 2013 07:53
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan bahwa di Riau terdapat 19.862 warga yang terinfeksi penyakit ISPA dalam sepekan terakhir ini.
 
Dari jumlah tersebut, 1.232 anak dibawah usia 4 tahun di Rokan HUlu menderita ISPA. 1.167 anak di Dumai juga menderita ISPA. Lalu 1.136 anak dibawah usia 4 tahun yang menderita ISPA ada di Pelalawan. 628 lainnya ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Sedangkan untuk penderita ISPA yang berusia di atas 5 tahun, tertinggi ada di Rokan Hilir. Lalu Dumai, Rokan HUlu, Meranti dan Pelalawan .
 
“Kendati jumlah penderita ISPA meningkat cukup signifikan, namun kabut asap bukanlah menjadi penyebab meningkatnya jumlah penderita ISPA secara keseluruhan.
 
Pencemaran udara akibat industri dan kendaraan bermotor juga menyumbang peningkatan penderita ISPA di Riau,” terang Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Riau, Dewani.
 
Sementara, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau Kasiaruddin menyebutkan bahwa saat ini, kualitas udara di Riau pada posisi sangat berbahaya, Indikasi kualitas udara di Riau umumnya menunjukkan angka 300.
 
Itu berarti kualitas udara di Riau sangat buruk.
 
“Untuk itu, kita berharap agar warga dapat mengurangi aktivitas di luar ruangan jika memang tidak terlalu penting,” himbaunya. (riauterkini.com)