Anggito Imbau Calon Jamaah Haji Lansia Tunda Keberangkatan

Selasa, 18 Juni 2013 15:51
Anggito Imbau Calon Jamaah Haji Lansia Tunda Keberangkatan
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA — Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Anggito Abimanyu, mengimbau agar calon jamaah haji lanjut usia untuk menunda keberangkatannya tahun ini.
Menurut Anggito, situasi dan kondisi Masjidil Haram saat ini berpotensi menimbulkan resiko bagi para lansia.
“Dengan situasi Masjidil Haram, kami mengimbau kepada para lansia untuk tidak berangkat tahun ini. Karena situasi itu menimbulkan resiko bagi para lansia, khususnya para lansia yang tidak bisa berjalan sendiri atau harus naik kursi roda,” terang Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Anggito Abimnyu ketika diwawancari Metro TV, Minggu (16/06).
“Kami mengimbau untuk tidak berangkat tahun ini dan berangkat tahun depan kami jamin keberangkatannya,” tegas Anggito.
Anggito menambahkan bahwa kondisi sekarang ini, lantai 2 dan lantai 3 Masjidil Haram yang selama ini digunakan untuk tawaf jamaah dengan kursi roda, tidak bisa dimanfaatkan. “Semua tawaf ada di lantai satu dengan situasi terjadi renovasi,” kata Anggito.
Kondisi yang seperi itu diamini oleh ketua Komisi VIII DPR RI, Ida Fauziyah. Menurutnya, dalam kunjungannya pada sekitar bulan Februari, kondisi Masjidil Haram memang sangat tidak nyaman.
Ibu Kunti, salah satu penelepon yang ikut berpartisipasi dalam acara Metro Pagi, Minggu (16/06) juga menjelaskan bahwa berdasarkan cerita teman-temannya yang baru pulang umrah, sejak ada pembangunan, kondisi umrah saja sangat berdesak-desakan. (kemenag.go.id)