300-an Panitia Lokal ISG 6 Bulan tak Gajian

Selasa, 18 Juni 2013 10:27
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Sekitar 300 karyawan panitia lokal Islamic Solidarity Games (ISG) harus menjalani hari-hari berat selama direkrut untuk melakukan persiapan helat yang akhirnya dipindahkan ke Jakarta.
Â
Sejak resmi direkrut melalui Surat Keputusan (SK) Rita Subowo selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada Januari 2013 silam, sekitar 100 anggota panitia ISG belum pernah menerima gaji.
Â
Demikian juga dengan tambahan tenaga sekitar 200 orang yang diangkat pada 25 Maret 2013 dengan SK Ketua Umum Pelaksana ISG M Rusli Zainal, mereka juga belum pernah mendapatkan imbalan dari jerih payahnya.
Â
“Seluruhnya ada sekitar 300 orang. Ada seratusan kelompok saya yang diangkat langsung Bu Rita Subowo.
Â
Sementara tambahan 200 lagi oleh Pak Rusli Zainal diangkat pada Maret lalu,” papar salah seorang anggota Panitia Lokal ISG yang minta namanya dirahasiakan kepada riauterkinicom di Pekanbaru, Selasa (18/6/13).
Â
Nara sumber tersebut semula mengirim email ke redaksi memaparkan kesulitannya menghadapi hidup tanpa pemasukan. Untuk mencukupi kehidupan sehari-hari ia terpaksa harus menumpuk hutang dari berbagai pihak.
Â
“Hutang saya sudah tak terhitung. Setiap hari dikejar-kejar tagihan,” keluhnya saat dihubungi riauterinicom.
Â
Salah seorang petugas sekretariat yang langsung ditemui riauterkinicom juga mengungkapkan kondisi serupa. Namun, lagi-lagi nara sumber menolak dipublikasikan jati dirinya.
Â
“Kondisinya memang seperti itu. Kami sudah hampir enam bulan tak terima gaji, tapi tolong jangan disebut nama saya,” tukasnya.
Â
Kedua nara sumber tersebut sama-sama semakin prihatin dengan kepastian hak mereka dibayar, mengingat pemerintah telah memutuskan pemindahan lokasi ISG dari Riau ke Jakarta.
Â
“Saat lokasi ISG masih di Riau saja gaji kami tak dibayar-bayar, terlebih sekarang sudah pasti dipindah ke Jakarta, entah bagaimana nasib kami nanti,” keluhnya. (riauterkini.com)