Categories: Zero

3 PTN Dengan Nilai Rataan Diterima Tertinggi di SBMPTN 2019

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pengumuman sistem masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Tahun Ajaran 2019/2020, akan diumumkan sore hari ini, Selasa 9 Juli 2019.

Dari hasil pengumuman tersebut, setidaknya terdapat 3 PTN dengan nilai rataan diterima tertinggi di SBMPTN 2019.

“Terbagi menjadi 2 PTN, yakni PTN Saintek (Sains dan Teknologi), dan PTN Soshum (Sosial Hukum),” ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi, dalam konferensi pres yang disiarkan langsung melalui akun Instagram @ristekdikti.

Ravik menjelaskan, untuk 3 PTN Saintek, rata-rata nilai diterima tertinggi berada di Pulau Jawa dan sekitarnya. Dimana Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi PTN dengan nilai rataan diterima paling tinggi.

Baca: Hari Ini Siang Terik dan Hujan Tidak Merata di Riau

“Total nilai rata-rata peserta ITB 689,7. Diikuti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM) di peringkat 2 dan 3,” jelasnya.

Sementara untuk PTN Soshum, Ravik menuturkan Universitas Indonesia menjadi PTN dengan nilai rataan diterima tertinggi.

“Total nilai rata-rata peserta UI 662,8. Diikuti ITB dan UGM di peringkat 2 dan 3,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN 2019 tercatat ada sebanyak 714.652 orang. Sedangkan jumlah peserta yang lulus hanya ada sebanyak 168.742 siswa. (bpc9)