2016, Pengumpulan Arsip Kuno Siak Rampung

Share

BERTUAHPOS.COM, SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Perpustakaan Daerah Siak saat ini telah mengupayakan pengumpulan Arsip Kuno. Pengumpulan Arsip Kuno ini diperkirakan rampung tahun 2016 mendatang.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Siak Herawati kepada wartawan, Jum’at (5/9/2014). Pengumpulan arsip kuno itu sebagai salah satu bukti peninggalan sejarah dari zaman dahulu yang ada di Siak.

“Kita tengah mengadakan upaya penyelamatan dan menjaga kelestarianya. Karena arsip kuno itu merupakan sebuah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Kita targetkan selesai proses pengumpulanya pada tahun 2016 mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, proses penyelamatan arsip dan dokument peninggalan sejarah ini memakan waktu yang cukup lama karena melihat begitu rumitnya proses yang harus dilewati. Selain itu juga menginggat arsip atau dokument sudah usang dimakan waktu tentunya kondisinya sudah menghawatirkan, ditambah lagi prosesnya sendiri yang mengerjakan hanyalah para para ahli saja bukanlah sembarang orang bisa.

“Namun itu hanya masih sampai pada proses pengumpulan saja belum sampai kepada proses pengelompokan dan kemudian penyelamatan. Prosesnya ini sangat lama dan perlu kehati hatian,jadi tidak sembarang orang bisa hanya orang yang memiliki kemanpuan dalam hal ini saja uang bisa” tambah herawati.

Diungkapkannya, sejauh ini penyimpanan arsip dan dokumen itu berada di Istana Siak dan masih dimasukan dalam suatu tempat.  Jadi belum dipisahkan dalam kategori masing masing. Menginggat Siak ada  peninggalan sejarah  dulunya oleh karena itu bisa dipastokan banyak peninggalan yang harus dicari dan diselamatkan agar terjaga kelestarianya.

“Kita sudah mengetahui tempat keberadaanya namun masih diadakan pendekatan saja belum melakukan langkah yang lebih lagi” tutupnya. (syawal)
 

Â
Â