Bukan Firdaus MT, Ini Sosok Pendamping Ayat Cahyadi Maju Pilwako 2017

Share

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Teka-teki dengan siapa Ayat Cahyadi maju di Pilwako Pekanbaru 2017 akhirnya terkuak. Hal itu setelah beredar surat usulan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau ke DPP untuk mengusung Irvan Herman Abdullah di media sosial.

Surat tersebut bertanggal 18 Syawal 1437 Hijriyah atau 23 Juli 2016 berisi bahwa melalui rapat pleno tim pemenangan Pemilu/Pilkada (TPPWS) PKS Riau, dan ditandatangani Ketua Umum PKS Riau – Hendry Munief dan Sekretaris Umum – Imam Zamroni. Memutuskan akan mengusung Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi bersama dr Irvan Herman Abdullah. (Baca: Pilwako 2017, Ayat dan Irvan Herman Sudah Jalin Komunikasi)

Ketika kru bertuahpos.com konfirmasi ke Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Riau, Hendry Munief membenarkan hal tersebut. “Iya (surat usulan Ayat-Irvan),” katanya lewat sambungan ponsel, Sabtu (30/07/2016). (Baca: Disebut Sebagai Peramai di Pilwako Pekanbaru, Ini Kata Heri Susanto)

Hanya saja ketika ditanya alasan mengusung Irvan, Hendry Munief menyebut sedang menghadiri kegiatan. “Nanti ya, saya ada acara,” sebutnya mengakhiri. (Baca: PKS Usung Ayat Cahyadi Calon Walikota, Firdaus MT Siap Jadi Lawan Tanding)

Wakil DPW PKS Riau, Dian Sukheri menyebutkan memang surat tersebut sudah diusulkan ke DPP PKS di Jakarta. “Tetapi yang saya dengar dari kawan-kawan di tim pemenangan sifatnya usulan. Bisa saja berubah,” katanya.

Dian Sukheri yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Pekanbaru ini sampaikan sebenarnya selain Ayat-Irvan juga ada nama lain. “Awalnya pak Ayat berpasangan dengan Firdaus. Tetapi tim pemenangan juga usulkan Ayat-Irvan sebagai alternatif,” katanya.

Namun Dian juga tidak bisa membeberkan alasan kenapa nama Ayat-Irvan yang diusung ke Jakarta bukan dengan Firdaus MT. “Untuk lebih jelas tanya ke DPW, karena saya tanggal 10 Agustus berangkat haji makanya tidak begitu mengikuti,” katanya.

Seperti yang ramai diberitakan, PKS menjalin komunikasi dengan berbagai nama yang sudah menyatakan diri maju di Pilwako Pekanbaru 2017. Nama yang acap kali disebut sudah final memang Irvan Herman. Sebagai anak dari Herman Abdullah yang pernah menjadi Walikota Pekanbaru dua periode, Irvan dipercaya menjadi harapan untuk melanjutkan pembangunan Pekanbaru. Ditambah dengan status Ayat Cahyadi yang merupakan incumbent atau petahana. Sehingga keduanya dipercaya bakal bisa menjadi lawan yang tangguh di Pilwako 2017 nanti.

Berbeda dengan partai lain, PKS sudah terlebih dahulu umumkan akan usung Ayat Cahyadi sebagai Bakal Calon Walikota Pekanbaru 2017-2022. Meski terlebih dahulu mengusung calon, PKS tidak dapat mengusung sendiri. PKS harus berkoalisi dengan partai lain, untuk bisa mengusung calon dari jalur partai.

Sebab PKS hanya memiliki 3 kursi di DPRD Pekanbaru. Sedangkan syarat minimal partai harus punya 9 kursi atau 20 persen dari total 45 kursi yang ada.

Penulis: Riki