Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak

Minggu, 08 Januari 2017 08:40
Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak
BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK - Kompak dan semarak,  mulai dari yang muda hingga tua, antusias warga dalam memperingati hari jadi ke-6 desa Rawa Mekar Jaya kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak. 
 
Tak asing lagi jika menyebut desa Rawa Mekar Jaya (RMJ) pemekaran dari sungai rawa ini baru berumur 6 tahun kini mulai terkenal, pasalnya memiliki potensi untuk berekreasi menjelajah magrove. 
 
Merayakan hari milad,  warga mengadakan berbagai lomba,  mulai dari lomba bola voli,  futsal,  domino yang diselenggarakan selama 4 hari. 
 
Sabtu (7/1/2017) hari Puncak kegiatan ulah tahun dilaksanakan di hutan Mangrove. Mendirikan tenda ditanah lapang tepian sungai. Masyarakat berbondong-bondong hadir dalam acara tersebut. 
 
Setiono, panitia acara yang juga sebagai Ketua kelompok pecinta magrove mengatakan,  kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wib dengan acara lomba memancing udang diikuti oleh 30 peserta. 
 
"Kita sebelumnya juga ada ngadain lomba voli,  futsal,  domino dan dipuncak acara lomba mancing udang diikuti 30 peserta acara ini Perdana dilakukan di hutan mangrove, "sebut Setiyono (7/1/2017)
 
Dengan dapat mengumpulkan 3,5 kilo gram udang hasil lomba peserta. Lanjut, dengan tujuan agar warga dapat menikmati tepian sungai magrove dan ikut menjaga kelestariannya serta dapat melihat sisi yang rusak akibat ilegaloging, dengan kesadaran untuk ikut menjaga agar tidak terjadi kerusakan kembali. 
 
Pantauan bertuahpos,  hutan mangrove seketika membludak pengunjung,  para pedagang makanan berjejer dijalan masuk hutan mangrove. Selain itu jika tidak pernah melihat nenek-nenek menjelajah mangrove hal itu terjadi sabtu sore kemaren.  
 
Pemandangan lain,  anak-anak juga tak ingin ketinggalan,  tampak berbondong-bondong meniti jembatan kayu dihutan mangrove. 
 
Jembatan setapak itu,  terlihat sempat antri akibat ramainya pengunjung. Tedapat 3 rumah pohon yang masing-masing sudah duduki. Acara orgen juga dihadirkan sempena hari ulang tahun desa,  bagi-bagi hadiah dengan total Rp.  3, 5 juta berupa uang tunai dan hadiah lainnya dibagikan saat acara puncak. 
 
"Keseluruhan total hadiah yang kita bagikan dari Swadaya  masyarakat, penghulu dan lainnya Rp. 3,5 jutaan,"ungkap setiyono. 
 
Selain itu,  Setiono menambahkan tanpa dukungan kawan-kawan tidak akan berjalan,  dan kendatinya mengajak agar selalu menjaga hutan bakau dilingkungannya. 
 
 "Tanpa dukungan dari kawan-kawan tidak akan jalan,  dan kita senantiasa mengajak masyarakat sadar, agar tidak merusak saja, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan pemerintah lebih memberi mensupport kita dalam mengbangkan hutan mangrove," harap Setiono.
 
Penulis : Eli Suwanti
TRAVELLING

Berita Terkini

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan
Minggu, 25 Juni 2017 07:25

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan

Minggu (25/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi Riau dan sekitarnya cerah berawan. Sehingga bagi umat muslim dapat melaksanakan salat di luar masjid.

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah
Minggu, 25 Juni 2017 01:05

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah

Pasca kegiatan pawai takbir akbar Teluk Kuantan, Senin (24/6/2017), area Taman Pacu Jalur yang merupakan pusat pelaksanaan kegiatan berubah menjadi tumpukan sampah.

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah
Sabtu, 24 Juni 2017 23:56

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah

Sabtu (24/6/2017), pelaksanaan pawai takbir akbar menyambut datangnya 1 Syawal di Teluk Kuantan berlangsung meriah.

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas
Sabtu, 24 Juni 2017 23:05

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, ada keceriahan dari balik jeruji penjara.Terdapat 382 narapidana yang beragama Islam menikmati kebebasan. Mereka mendapat Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 2017.

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit
Sabtu, 24 Juni 2017 22:35

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit

Bukit longsor, ratusan orang tertimbun tanah.