Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak

Minggu, 08 Januari 2017 08:40 200
Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak
BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK - Kompak dan semarak,  mulai dari yang muda hingga tua, antusias warga dalam memperingati hari jadi ke-6 desa Rawa Mekar Jaya kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak. 
 
Tak asing lagi jika menyebut desa Rawa Mekar Jaya (RMJ) pemekaran dari sungai rawa ini baru berumur 6 tahun kini mulai terkenal, pasalnya memiliki potensi untuk berekreasi menjelajah magrove. 
 
Merayakan hari milad,  warga mengadakan berbagai lomba,  mulai dari lomba bola voli,  futsal,  domino yang diselenggarakan selama 4 hari. 
 
Sabtu (7/1/2017) hari Puncak kegiatan ulah tahun dilaksanakan di hutan Mangrove. Mendirikan tenda ditanah lapang tepian sungai. Masyarakat berbondong-bondong hadir dalam acara tersebut. 
 
Setiono, panitia acara yang juga sebagai Ketua kelompok pecinta magrove mengatakan,  kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wib dengan acara lomba memancing udang diikuti oleh 30 peserta. 
 
"Kita sebelumnya juga ada ngadain lomba voli,  futsal,  domino dan dipuncak acara lomba mancing udang diikuti 30 peserta acara ini Perdana dilakukan di hutan mangrove, "sebut Setiyono (7/1/2017)
 
Dengan dapat mengumpulkan 3,5 kilo gram udang hasil lomba peserta. Lanjut, dengan tujuan agar warga dapat menikmati tepian sungai magrove dan ikut menjaga kelestariannya serta dapat melihat sisi yang rusak akibat ilegaloging, dengan kesadaran untuk ikut menjaga agar tidak terjadi kerusakan kembali. 
 
Pantauan bertuahpos,  hutan mangrove seketika membludak pengunjung,  para pedagang makanan berjejer dijalan masuk hutan mangrove. Selain itu jika tidak pernah melihat nenek-nenek menjelajah mangrove hal itu terjadi sabtu sore kemaren.  
 
Pemandangan lain,  anak-anak juga tak ingin ketinggalan,  tampak berbondong-bondong meniti jembatan kayu dihutan mangrove. 
 
Jembatan setapak itu,  terlihat sempat antri akibat ramainya pengunjung. Tedapat 3 rumah pohon yang masing-masing sudah duduki. Acara orgen juga dihadirkan sempena hari ulang tahun desa,  bagi-bagi hadiah dengan total Rp.  3, 5 juta berupa uang tunai dan hadiah lainnya dibagikan saat acara puncak. 
 
"Keseluruhan total hadiah yang kita bagikan dari Swadaya  masyarakat, penghulu dan lainnya Rp. 3,5 jutaan,"ungkap setiyono. 
 
Selain itu,  Setiono menambahkan tanpa dukungan kawan-kawan tidak akan berjalan,  dan kendatinya mengajak agar selalu menjaga hutan bakau dilingkungannya. 
 
 "Tanpa dukungan dari kawan-kawan tidak akan jalan,  dan kita senantiasa mengajak masyarakat sadar, agar tidak merusak saja, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan pemerintah lebih memberi mensupport kita dalam mengbangkan hutan mangrove," harap Setiono.
 
Penulis : Eli Suwanti
loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura
Minggu, 22 Januari 2017 23:12

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura

Sejarah Kota Anuradhapura memang luar biasa. Kota ini pusat agama Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Buddha di China, Korea, Amerika Serikat, Bangkok, Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari kota ini.

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan
Minggu, 22 Januari 2017 21:29

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan

Keberadaan beberapa komunitas memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung aksi dari beberapa komunitas, ada yang menilai komunitas hanya sebagai ajang untuk memperbanyak teman atau hura-hura semata.

Ini Kata Camat Tampan Soal Keberadaan RSAB Panam
Minggu, 22 Januari 2017 21:26

Ini Kata Camat Tampan Soal Keberadaan RSAB Panam

Bersempena hari jadi Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Panam Pekanbaru yang ke-3, Syamsuir selaku Camat Tampan mengapresiasi keberadaan RSAB Panam yang sudah berdiri selama tiga tahun tersebut.

Sebuah Hotel Ambruk Dihantam Tanah Longsor
Minggu, 22 Januari 2017 21:23

Sebuah Hotel Ambruk Dihantam Tanah Longsor

Akibat tanah longsor di China, sebuah hotel ambruk. Sementara ini didua ada 12 orang tewas, seperti dilaporkan oleh Media setempat, seperti dikutip dari ABC News, Minggu (22/1/2017).

Peruri Produksi Rupiah di Kerawang
Minggu, 22 Januari 2017 21:05

Peruri Produksi Rupiah di Kerawang

Peruri memproduksi Rupiah di kawasan Karawang, Jawa Barat. Okezone pun berkesempatan mengunjungi pabrik produksi uang di Desa Parung Mulya, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Kawasan produksi Peruri memiliki penjagaan yang sangat ketat.

Ratusan Penumpang Express Air Keluar Darah di Hidung
Minggu, 22 Januari 2017 20:56

Ratusan Penumpang Express Air Keluar Darah di Hidung

Ratusan Penumpang pesawat Express Air keluar darah dari hidung. Pesawat Express Air dengan nomor penerbangan XN 811 lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang menuju Bandara Deo, Kota Sorong, Minggu (22/1/2017).

Amritzar, Kota Kelahiran Rama dan Shinta
Minggu, 22 Januari 2017 20:44

Amritzar, Kota Kelahiran Rama dan Shinta

Pernah ke Amritsar Punjab? Jika sudah, pasti tidak asing dengan Kuil Emas. Ini memadukan sejarah, pusat Agama Sikh yang tersebar di dunia, sentral meditasi, dan konon, Rama & Shinta dalam Ramayana lahir di kota ini.

Kajian Studi Ilmiah, Sawit Bukan Penyebab Utama Deforestasi
Minggu, 22 Januari 2017 15:34

Kajian Studi Ilmiah, Sawit Bukan Penyebab Utama Deforestasi

NGO Dunia akui kelapa sawit bukan penyebab utama deforestasi. Pendapat dunia barat yang menyudutkan deforestasi karena sawit dibantah oleh pakar sekaligus peneliti di bidang iklim dan energi dari Union of Concern Scientist (UCS).

Pasangan Berbohong soal Orgasme saat Berhubungan Seks? Mungkin Ini 3 Penyebabnya
Minggu, 22 Januari 2017 15:30

Pasangan Berbohong soal Orgasme saat Berhubungan Seks? Mungkin Ini 3 Penyebabnya

Karena masalah kecil yang terjadi di dalam kehidupan rumah tangga, bisa merusak gairah seks. Bahkan, pasangan Anda akan berbohong ketika diminta untuk bercinta di suatu malam.

Peringatan Tsunami Akibat Gempa Papua Nugini, Dicabut
Minggu, 22 Januari 2017 15:20

Peringatan Tsunami Akibat Gempa Papua Nugini, Dicabut

Wilayah Arawa, Papua Nugini, diguncang gempa dahsyat berkekuatan 8,00 Skala Richter (SR). Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di wilayah Samudera Pasifik, termasuk Indonesia