Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak

Minggu, 08 Januari 2017 08:40 248
Milad ke-6 Desa Rawa Mekar Jaya, Pengunjung Hutan Mangrove Membludak
BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK - Kompak dan semarak,  mulai dari yang muda hingga tua, antusias warga dalam memperingati hari jadi ke-6 desa Rawa Mekar Jaya kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak. 
 
Tak asing lagi jika menyebut desa Rawa Mekar Jaya (RMJ) pemekaran dari sungai rawa ini baru berumur 6 tahun kini mulai terkenal, pasalnya memiliki potensi untuk berekreasi menjelajah magrove. 
 
Merayakan hari milad,  warga mengadakan berbagai lomba,  mulai dari lomba bola voli,  futsal,  domino yang diselenggarakan selama 4 hari. 
 
Sabtu (7/1/2017) hari Puncak kegiatan ulah tahun dilaksanakan di hutan Mangrove. Mendirikan tenda ditanah lapang tepian sungai. Masyarakat berbondong-bondong hadir dalam acara tersebut. 
 
Setiono, panitia acara yang juga sebagai Ketua kelompok pecinta magrove mengatakan,  kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wib dengan acara lomba memancing udang diikuti oleh 30 peserta. 
 
"Kita sebelumnya juga ada ngadain lomba voli,  futsal,  domino dan dipuncak acara lomba mancing udang diikuti 30 peserta acara ini Perdana dilakukan di hutan mangrove, "sebut Setiyono (7/1/2017)
 
Dengan dapat mengumpulkan 3,5 kilo gram udang hasil lomba peserta. Lanjut, dengan tujuan agar warga dapat menikmati tepian sungai magrove dan ikut menjaga kelestariannya serta dapat melihat sisi yang rusak akibat ilegaloging, dengan kesadaran untuk ikut menjaga agar tidak terjadi kerusakan kembali. 
 
Pantauan bertuahpos,  hutan mangrove seketika membludak pengunjung,  para pedagang makanan berjejer dijalan masuk hutan mangrove. Selain itu jika tidak pernah melihat nenek-nenek menjelajah mangrove hal itu terjadi sabtu sore kemaren.  
 
Pemandangan lain,  anak-anak juga tak ingin ketinggalan,  tampak berbondong-bondong meniti jembatan kayu dihutan mangrove. 
 
Jembatan setapak itu,  terlihat sempat antri akibat ramainya pengunjung. Tedapat 3 rumah pohon yang masing-masing sudah duduki. Acara orgen juga dihadirkan sempena hari ulang tahun desa,  bagi-bagi hadiah dengan total Rp.  3, 5 juta berupa uang tunai dan hadiah lainnya dibagikan saat acara puncak. 
 
"Keseluruhan total hadiah yang kita bagikan dari Swadaya  masyarakat, penghulu dan lainnya Rp. 3,5 jutaan,"ungkap setiyono. 
 
Selain itu,  Setiono menambahkan tanpa dukungan kawan-kawan tidak akan berjalan,  dan kendatinya mengajak agar selalu menjaga hutan bakau dilingkungannya. 
 
 "Tanpa dukungan dari kawan-kawan tidak akan jalan,  dan kita senantiasa mengajak masyarakat sadar, agar tidak merusak saja, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan pemerintah lebih memberi mensupport kita dalam mengbangkan hutan mangrove," harap Setiono.
 
Penulis : Eli Suwanti
loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Kabur Lihat Mobil Patroli,  1 Pelaku Pungli di Dumai Akhirnya Tertangkap
Rabu, 22 Pebruari 2017 19:50

Kabur Lihat Mobil Patroli, 1 Pelaku Pungli di Dumai Akhirnya Tertangkap

Sempat kabur melarikan diri, OS akhirnya dapat ditangkap tim Patroli Mobile disekitar Jalan Wan Amir Purnama Kecamatan Dumai Barat

Nongkrong Asik, Golden Tulip Hotel Hadirkan Angkringan KWK
Rabu, 22 Pebruari 2017 19:07

Nongkrong Asik, Golden Tulip Hotel Hadirkan Angkringan KWK

Manajemen Golden Tulip Essential Hotel terus berikan promo-promo terbarunya. Seperti Forestre Coffe Lounge and Kitchen Golden Tulip Hotel, hadirkan Koetjingan

Nikmati Quick Breakfast Lezat, Rasakan Juga Sensasi Affogato Batiqa Hotel Pekanbaru
Rabu, 22 Pebruari 2017 16:43

Nikmati Quick Breakfast Lezat, Rasakan Juga Sensasi Affogato Batiqa Hotel Pekanbaru

Sarapan pagi menyenangkan kini bisa anda nikmati setiap harinya. Anda hanya mengeluarkan kocek Rp35.000, bisa menikmati dua pilihan paket hidangan berat atau ringan.

Anggota Komisi D DRPD Yogyakarta di Perpustakaan Soeman HS?
Rabu, 22 Pebruari 2017 16:00

Anggota Komisi D DRPD Yogyakarta di Perpustakaan Soeman HS?

Rabu (22/2/2017), anggota Komisi D DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta mengunjungi Perpustakaan Wilayah Soeman HS Provinsi Riau, Jalan Sudirman no.462 Pekanbaru.

Lowongan Kerja Karyawan Toko
Rabu, 22 Pebruari 2017 15:45

Lowongan Kerja Karyawan Toko

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan, saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di Toko Andi PB pada posisi

Ini Hasil Rekapitulasi Suara KPU Pekanbaru
Rabu, 22 Pebruari 2017 15:30

Ini Hasil Rekapitulasi Suara KPU Pekanbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah selesai melakukan pleno rekapitulasi perolehan suara, Rabu (22/02/2017). Dari hasil pleno ditetapkan pasangan nomor urut tiga yang paling banyak meraih suara.

ABG Jual Teman ke Om-Om, Psikolog: Kurang Perhatian Orang Tua
Rabu, 22 Pebruari 2017 15:15

ABG Jual Teman ke Om-Om, Psikolog: Kurang Perhatian Orang Tua

Terhitung dua minggu, gadis itu sebut saja Kembang berusia 13 tahun. Kembang kala itu diajak pergi bersama temannya. Setelah diusut ternyata Kembang dijual temannya kepada om-om. Ini tanggapan Psikolog mengenai hal tesebut

Wealah, Remaja Ini Berani Buat Cabul di Toilet Masjid
Rabu, 22 Pebruari 2017 15:00

Wealah, Remaja Ini Berani Buat Cabul di Toilet Masjid

Perbuatan tidak senonoh dilakukan R remaja 15 tahun. R berjenis kelamin laki-laki ini mengincar GR yang juga laki-laki.

Pengantin Pesanan Sudah Ada di Riau?
Rabu, 22 Pebruari 2017 14:45

Pengantin Pesanan Sudah Ada di Riau?

Fenomena pengantin pesanan yang marak di salah satu Provinsi di Kalimantan, kini kabarnya sudah memasuki wilayah Riau.

Pleno KPU Pekanbaru, Banyak Mancis Warna Warni Diamankan Tim Gegana
Rabu, 22 Pebruari 2017 14:30

Pleno KPU Pekanbaru, Banyak Mancis Warna Warni Diamankan Tim Gegana

Puluhan tim Gegana Brimob dikerahkan menjaga pleno KPU Pekanbaru di Hotel Aryaduta. Pengamanan ketat dilakukan untuk mengantisipasi adanya aksi teror hingga ancaman bom.