Guru Seni Budaya Memiliki Peran Penting di Kota Wisata

Selasa, 21 Maret 2017 11:36
Guru Seni Budaya Memiliki Peran Penting di Kota Wisata
Peserta workshop seni budaya guru-guru SLTP se-Kota Bukittinggi (Foto: Khatik)

BERTUAHPOS.COM (BPC), BUKITTINGGI - Kota wisata identik dengan kekayaan nilai seni dan budaya di tengah-tengah masyarakatnya. Nilai tradisi turun temurun menjadi kearifan lokal yang tidak terpisahkan dari kehidupan generasi masyarakat lokal, telah mampu merubah arah tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata Sumatera juga memiliki nilai tradisi Anak Nagari yang telah membuat pengunjung yang datang ke kota Bukittinggi berdecak kagum.

Untuk memperkuat penguasaan terhadap nilai-nilai seni budaya bagi generasi Anak Nagari Bukittinggi di masa depan, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi melalui Kasi Bina Seni Nilai Tradisi, menggelar workshop terhadap guru-guru seni tingkat SLTP se-Kota Bukittinggi, Selasa (21/4/2017) hingga 8 hari ke depan.

"Kita melakukan workshop ini agar guru-guru seni se-Kota Bukittinggi khusus SLTP bisa mengajarkan kepada siswa/i di sekolahnya masing-masing. Tentu sebagai kota wisata seni dan budaya harus melekat menjadi jati diri anak-anak kota ini," jelas Kasi Bina Seni Nilai Tradisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Mul Akhiar Dt. Sinaro, di sela-sela workshop di Gedung Lenggogeni Medan nan Bapaneh.

Disampaikannya, dengan peningkatan kompetensi tenaga pendidik di bidang seni baik lukis, ukiran dan seni musik serta tari akan dapat meningkatkan kualitas anak-anak didiknya masing-masing di bidang seni dan budaya. Bila nilai seni dan budaya sudah menjadi jati diri generasi muda, maka akan menjadi nilai tambah untuk Kota Wisata seperti Bukittinggi, Propinsi Sumatera Barat.

"Kita sangat optimis dengan nilai tradisi seperti seni lukis, kerajinan tangan kemudian seni tari dan musik, akan lahir generasi dengan bakat dan talenta seni yang mendunia nantinya. Dan itu akan memiliki arti penting bagi kelangsungan kota wisata ke depan," jelas pegawai pekerja keras dan juga Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bukittinggi.

Workshop yang berlangsung di arena Gedung Lenggogeni Medan nan Bapaneh di Jantung Kota Jam Gadang itu, dipastikan mampu memberikan nilai seni baru bagi guru-guru seni se-Kota Bukittinggi tingkat SLTP. Dengan bekal itu sebut Dt. Sinaro, guru seni bisa menambah sekaligus menggali bakat siswa/i nanti di bidang seni.

Menurutnya, peran guru Seni untuk Kota Wisata sangat menentukan. Mengingat tanpa guru Seni, maka penguasaan dan penanaman nilai-nilai seni pada generasi akan pudar.

Kemudian harapnya, anak-anak yang memiliki bakat dan talenta seni yang baik akan mampu menyulap kota wisata lebih indah dan ramah ke depan. (khatik)

TRAVELLING

Berita Terkini

Dilarang Makan Dalam Kawasan RTH
Jumat, 23 Juni 2017 17:20

Dilarang Makan Dalam Kawasan RTH

Pemerintah melarang pengunjung untuk makan di dalam Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Oleh-oleh 'Keripik Keroyokan' Lengkapi Kue Lebaran
Jumat, 23 Juni 2017 17:06

Oleh-oleh "Keripik Keroyokan" Lengkapi Kue Lebaran

Buat anda yang masih bingung memilih atau kekurangan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman, "Keripik Keroyokan" dari Dapur Mandeh bisa menjadi pilihan. Cemilan satu ini bisa menjadi pelengkap kue lebaran anda.

Gubri dan Kapolda Riau Kembali Tinjau Posko Mudik Lebaran
Jumat, 23 Juni 2017 16:50

Gubri dan Kapolda Riau Kembali Tinjau Posko Mudik Lebaran

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjenpol Zulkarnain, kembali melakukan tinjauan Posko Mudik lebaran.

RTH Sediakan Fasilitas Wifi Gratis
Jumat, 23 Juni 2017 16:40

RTH Sediakan Fasilitas Wifi Gratis

Dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Pekanbaru sudah diresmikan.

Pemprov Riau Desak Pemko Pekanbaru Tuntaskan Masalah Banjir
Jumat, 23 Juni 2017 16:25

Pemprov Riau Desak Pemko Pekanbaru Tuntaskan Masalah Banjir

Pemprov Riau desak Pemko Pekanbaru untuk tuntaskan masalah banjir.

Hari Jadi Pekanbaru, Komunitas Sosial: Perhatikan Komunitas Sosial Kecil Juga
Jumat, 23 Juni 2017 16:15

Hari Jadi Pekanbaru, Komunitas Sosial: Perhatikan Komunitas Sosial Kecil Juga

Di hari jadinya yang ke-233, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah Kota Pekanbaru.

Malam Ini Jadi Puncak Arus Mudik Riau-Sumbar
Jumat, 23 Juni 2017 16:05

Malam Ini Jadi Puncak Arus Mudik Riau-Sumbar

Puncak arus mudik di jalur Nasional Sumbar-Riau diprediksi bakal terjadi pada Jumat (23/06/2017) malam ini.

H-2 Lebaran, Cuaca Pekanbaru Mendung Jalanan Ramai Lancar
Jumat, 23 Juni 2017 15:52

H-2 Lebaran, Cuaca Pekanbaru Mendung Jalanan Ramai Lancar

Dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1438H, suasana  mendung menyelimuti Kota Pekanbaru, Jumat(23/6/2017). 

Rohil Sediakan 4 Spot Rest Area Bagi Para Pemudik, Cek Disini
Jumat, 23 Juni 2017 15:41

Rohil Sediakan 4 Spot Rest Area Bagi Para Pemudik, Cek Disini

Aktivitas mudik lebaran merupakan salah satu tradisi tahunan yang ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Banyak para perantau baik dari dalam dan luar kota Bagansiapiapi yang pulang ke kampung halamannya.

Diguyur Hujan Lebat Hotspot Riau 'Sirna
Jumat, 23 Juni 2017 15:35

Diguyur Hujan Lebat Hotspot Riau 'Sirna

Hujan lebat merata mengguyur Provinsi Riau dan sekitarnya, Jumat (23/06/2017). Hal ini membuat hotspot atau titik panas di Riau 'sirna'.