Guru Seni Budaya Memiliki Peran Penting di Kota Wisata

Selasa, 21 Maret 2017 11:36
Guru Seni Budaya Memiliki Peran Penting di Kota Wisata
Peserta workshop seni budaya guru-guru SLTP se-Kota Bukittinggi (Foto: Khatik)

BERTUAHPOS.COM (BPC), BUKITTINGGI - Kota wisata identik dengan kekayaan nilai seni dan budaya di tengah-tengah masyarakatnya. Nilai tradisi turun temurun menjadi kearifan lokal yang tidak terpisahkan dari kehidupan generasi masyarakat lokal, telah mampu merubah arah tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata Sumatera juga memiliki nilai tradisi Anak Nagari yang telah membuat pengunjung yang datang ke kota Bukittinggi berdecak kagum.

Untuk memperkuat penguasaan terhadap nilai-nilai seni budaya bagi generasi Anak Nagari Bukittinggi di masa depan, maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi melalui Kasi Bina Seni Nilai Tradisi, menggelar workshop terhadap guru-guru seni tingkat SLTP se-Kota Bukittinggi, Selasa (21/4/2017) hingga 8 hari ke depan.

"Kita melakukan workshop ini agar guru-guru seni se-Kota Bukittinggi khusus SLTP bisa mengajarkan kepada siswa/i di sekolahnya masing-masing. Tentu sebagai kota wisata seni dan budaya harus melekat menjadi jati diri anak-anak kota ini," jelas Kasi Bina Seni Nilai Tradisi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Mul Akhiar Dt. Sinaro, di sela-sela workshop di Gedung Lenggogeni Medan nan Bapaneh.

Disampaikannya, dengan peningkatan kompetensi tenaga pendidik di bidang seni baik lukis, ukiran dan seni musik serta tari akan dapat meningkatkan kualitas anak-anak didiknya masing-masing di bidang seni dan budaya. Bila nilai seni dan budaya sudah menjadi jati diri generasi muda, maka akan menjadi nilai tambah untuk Kota Wisata seperti Bukittinggi, Propinsi Sumatera Barat.

"Kita sangat optimis dengan nilai tradisi seperti seni lukis, kerajinan tangan kemudian seni tari dan musik, akan lahir generasi dengan bakat dan talenta seni yang mendunia nantinya. Dan itu akan memiliki arti penting bagi kelangsungan kota wisata ke depan," jelas pegawai pekerja keras dan juga Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bukittinggi.

Workshop yang berlangsung di arena Gedung Lenggogeni Medan nan Bapaneh di Jantung Kota Jam Gadang itu, dipastikan mampu memberikan nilai seni baru bagi guru-guru seni se-Kota Bukittinggi tingkat SLTP. Dengan bekal itu sebut Dt. Sinaro, guru seni bisa menambah sekaligus menggali bakat siswa/i nanti di bidang seni.

Menurutnya, peran guru Seni untuk Kota Wisata sangat menentukan. Mengingat tanpa guru Seni, maka penguasaan dan penanaman nilai-nilai seni pada generasi akan pudar.

Kemudian harapnya, anak-anak yang memiliki bakat dan talenta seni yang baik akan mampu menyulap kota wisata lebih indah dan ramah ke depan. (khatik)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau
Jumat, 17 November 2017 23:11

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau

 Electroniccommerce atau sering disebut e commers merupakan transaksi jual beli dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Namun, bagaimana dampak yang diberikannya kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Riau?

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?
Jumat, 17 November 2017 22:09

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?

Hadir game baru setelah kasus Setya Novanto mencuat menabrak tiang listrik di Jakarta 

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu
Jumat, 17 November 2017 21:30

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu

Di hari Jumat yang penuh barokah, Bhabinkamtibmas Labuh Baru Barat dan Bandar Raya Aiptu Subagiyo beserta Lurah Bandar Raya Fachruddin Panggabean memberikan bantuan kepada warga tidak mampu

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah
Jumat, 17 November 2017 20:57

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah

 Ratusan umat muslim di Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat,  memenuhi Masjid Istiqlal, Labuah Basilang, untuk menghadiri tausiah ceramah agama yang disampaikan ustad kondang Indonesia, Felix Siauw.

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota  Lanud Rsn dan Yonko 462
Jumat, 17 November 2017 19:50

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota Lanud Rsn dan Yonko 462

Anggota Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskas kembali berdonor darah dalam kegiatan sosial yang digelar oleh Hotel Swiss Bell Inn Pekanbaru

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi
Jumat, 17 November 2017 19:19

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi

 Nama Setia Novanto (Setnov) terseret kasus korupsi E-KTP  tampaknya membuat ulah lagi. Sebelumnya ia sempat menghilang saat tim KPK akan menjemputnya secara paksa. 

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD
Jumat, 17 November 2017 18:53

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD

Terhitung dari Awal Tahun 2017 hingga 31 Oktober, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tercatat sebanyak 38 kasus.

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri  Sebut  Ada Perubahan
Jumat, 17 November 2017 17:41

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri Sebut Ada Perubahan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Selasa  (17/11) melaksanakan kegiatan penting dan berskala regional berkaitan dengan warga binaan pemasyarakatan.

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau
Jumat, 17 November 2017 16:37

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau

Saat berbicara di seminar dokter gigi internasional di Hotel Pangeran Pekanbaru, Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rahman mempromosikan hasil alam Riau. 

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun
Jumat, 17 November 2017 16:20

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun

Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), salah satu pemasok kelapa bulat terbesar di dunia, namun sangat disayangkan harga kelapa bulat di Negeri Hamparan Kelapa ini masih rendah.