Rentan Serangan Siber, Drone DJI Bisa Jadi Mata-mata

Rabu, 09 Agustus 2017 22:00
Rentan Serangan Siber, Drone DJI Bisa Jadi Mata-mata

Menanggapi ditariknya drone buatan DJI dari US Army (militer Amerika Serikat/AS), Researcher Drone dan Mobile Ad Hoc Network (Manet) dari Universitas Gunadarma‎, M Akbar Marwan menilai bahwa perangkat lunak DJI tak hanya rentan serangan siber, tapi juga dicurigai dapat memata-matai aktivitas pengguna.

"Bukan itu saja, bahkan ada sebuah laporan yang sangat rinci soal data yang diambil oleh drone DJI," kata Akbar.

Kemungkinan besar hal itu yang melatarbelakangi militer AS menyetop penggunaan drone DJI, baik dari sisi elektronik, perangkat lunak, pengendali penerbangan, dan sistem kontrol kecepatan.

Akbar berujar, bila seorang pilot drone menggunakan aplikasi DJI GO 4 dan mengunggah catatan penerbangan ke server DJI dengan menggunakan pengaturan default di aplikasi, akan ada banyak detail yang terkait dengan misi drone tersebut.

Misalnya, kata akbar, seperti telemetri yaitu kondisi ketika drone diterbangkan, termasuk koordinat GPS, ketinggian, kecepatan, dan rincian kinerja pesawat lainnya.

"Kemudian video, di mana versi video thumbnail juga disediakan untuk DJI menunjukkan rekamannya. Selain itu, saat menggunakan smartphone atau tablet, rekaman mikrofon untuk semua percakapan dan suara juga disertakan dengan file cache video," imbuhnya menjelaskan.

Bila sensor memiliki mikrofon, drone juga berbagi audio. Kombinasi data tersebut menghasilkan catatan lengkap setiap penerbangan yang diambil oleh drone menggunakan aplikasi DJI dan Drone. Informasi ini disebut-sebut tersimpan di serverDJI di Amerika Serikat, China, dan Hong Kong.

Menurut Akbar, informasi yang detail seperti telemetri, audio, dan video yang didapatkan oleh drone sangat diperlukan oleh pilot dalam melakukan misi menggunakan drone.

"Pun demikian, antisipasi pemindahan informasi tanpa izin oleh aplikasi dan drone masih bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi sejenis yang sudah melakukan blocking terhadap transfer data ke internet," tutupnya memberikan solusi kepada para pengguna drone DJI.

Sebelumnya, militer AS Amerika Serikat menghentikan penggunaan drone DJI karena berkaitan dengan kerentanan siber pada perangkatnya. Upaya pelarangan menggunakan drone besutan perusahaan Tiongkok itu dilakukan melalui memo yang dikeluarkan oleh Angkatan Darat AS pada 2 Agustus 2017.

Mengutip laman Reuters, larangan tersebut berlaku untuk semua produk drone DJI dan sistem yang menggunakan komponen atau perangkat lunak DJI.

Dalam memo internal tertulis, "Semua personil militer harus menghentikan penggunaan DJI, menghapus semua aplikasi DJI, dan menghentikan penggunaan baterai serta mengamankan seluruh ruang penyimpanan."

Sekadar diketahui, dalam memo itu juga menyebut, ketimbang merek lain, drone DJI merupakan yang paling banyak dipakai oleh militer Amerika Serikat. Sementara itu, dilansir VOA Indonesia, DJI mengaku terkejut dan kecewa dengan pembatasan drone besutan mereka yang dikeluarkan tiba-tiba tanpa perundingan terlebih dahulu.

Pihaknya juga menyebut, bakal menghubungi militer AS untuk memastikan kerentanan siber apa yang mungkin ada pada produknya. DJI juga menyatakan, pihaknya bersedia bekerja sama dengan Pentagon untuk membahas permasalahan ini. (lip6)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar
Rabu, 13 Desember 2017 08:19

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar

Sidang perdana kasus korupsi yang membelit Setya Novanto dimulai hari ini. Ketua DPR RI ini menjadi tersangka dalam kasus korupsi E-KTP yang mengakibatkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera
Rabu, 13 Desember 2017 07:55

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera

BMKG Stasiun Pekanbaru mendeteksi sepanjang hari kondisi cuaca di Riau cerah dan berawan, namun tetap diintai potensi hujan ringan hingga sedang pada hari ini, Rabu (13/12/2017). 

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa
Selasa, 12 Desember 2017 20:40

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa

Pemerintah segera akan segera mengumumkan lokasi baru tempat Ibukota Indonesia yang baru. Disebutkan, ada tiga daerah luar Jawa yang menjadi kandidat untuk menjadi ibukota yang baru.

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau
Selasa, 12 Desember 2017 20:09

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau

Hari ini, Selasa (12/12/2017) Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dimulai. Ketua DPRD Riau, Septina Primawati menyebutkan bahwa Harbolnas ini bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak
Selasa, 12 Desember 2017 19:28

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak

Kasus kelangkaan gas elpiji tabung 3 kg makin mencuat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), bahkan di tingkat pengecer berani menjual Rp 50 ribu /tabung. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) kemudian Lakukan sidak, Selasa (12/12/2017).

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan
Selasa, 12 Desember 2017 19:07

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan

Anggota DPD asal Bali, Arya Wedakarna dilaporkan ke Badan Kehormatan oleh anggota DPR asal Riau, Lukman Edy. Arya Wedarkana dianggap otak dari aksi penolakan kepada Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke Bali.

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online
Selasa, 12 Desember 2017 17:40

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online

Berbelanja di zaman serba modern kini semakin mudah. Jika  biasanya jika ingin berbelanja harus ke mall atau pasar, masyarakat modern  saat ini  telah dipermudah dengan adanya toko online atau startup yang hadir dengan beragam pilihan. 

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store
Selasa, 12 Desember 2017 17:21

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Erge Store Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi. 

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas
Selasa, 12 Desember 2017 15:51

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Selasa (12/12/2017), menjadi euforia baru dalam transaksi bisnis di dunia digital. 

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus
Selasa, 12 Desember 2017 15:19

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus

Harga TBS sawit di Riau kembali mengalami penurunan harga, kondisi seperti ini biasa dialami menjelang tutup tahun.