Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

Selasa, 15 November 2016 13:20 718
Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

BERTUAHPOS. COM(BPC),PEKANBARU- Hj. Yuniarti, SE, MSi adalah salah satu wanita yang aktif di organisasi sosial. Dulunya Yuniarti adalah gadis kutu buku. Semasa kuliah ia menghabiskan waktunya untuk belajar dan sangat tidak tertarik bergabung dengan organisasi.

Saat bertuahpos.com berkunjung ke kediamannya, Yuniarti menceritakan alasannya lebih memilih belajar dari pada aktif berorganisasi.

Yuniarti berasal dari keluarga yang kurang mampu. saat ia berumur lima tahun ayahnya meninggal dunia. Dan ibunya harus menghidupi dua belas orang anaknya. Yuniarti yang menjadi anak ke sepuluh ini, memiliki target untuk menyelesaikan kuliahnya dengan nilai yang bagus, kemudian bekerja dan mendapatkan uang.

Setelah Yuniarti menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Yuniarti langsung mengabdikan diri menjadi dosen di Universitas Riau. Tahun 1988 Yuniarti menjadi dosen dan berstatus pegawai negeri sipil.

"Alhamdulillah saya diberikan anugerah kepintaran, setelah saya lulus saya langsung mengajar sambil mengikuti tes PNS pada waktu itu," ujar Yuniarti kepada kru Bertuahpos.

Tepat Tahun 1989 Yuniarti memutuskan untuk menikah dengan Ramli Walid. Setelah menikah selama 5 tahun, tahun 1994 Yuniarti memutuskan untuk melanjutkan pendidikan  Masternya di IPB mengambil jurusan Perencanaan Pembangunan Pedesaan. Awalnya Yuniarti tidak ingin melanjutkan pendidikannya, karena alasan kedua anaknya yang masih kecil.

" Tapi saat itu,  suami saya selalu support saya, kasih motivasi kalau anak-anak tidak menghalangi kita untuk menuntuk ilmu, " ungkapnya.

Tepat tahun 1996 Yuniarti dan sang suami wisuda pasca sarjana di IPB. Dan ditahun yang sama mereka kembali ke Pekanbaru.  Setibanya Yuniarti di Pekanbaru, inilah awal mula dirinya memulai organisasi. Dikarenakan sang suami menjadi kepala dinas di salah satu kantor pemerintahan.

"Tanpa saya sadari saya diarahkan untuk menjadi organisator oleh suami saya," katanya, berawal dari organisasi Darma Wanita.

Lalu saat itu Yuniarti berkata dalam hati "Kenapa sih harus berorganisasi," tambahnya

Setelah Yuniarti menjalani organisasi pertamanya di darma wanita, kebahagiannya muncul ketika Yuniarti melihat orang yang ia bantu bahagia. Yuniarti juga sempat aktif di PKK khusus di Pogja 2 bagian Pendidikan di Tembilahan dan pada tahun 2004-2006 Yuniarti juga menjabat sebagai Direktur Politeknik Tembilahan.

Saat Yuniarti kembali lagi ke Pekanbaru, Ia aktif lagi di PKK kota Pekanbaru dan juga di PK3S di bidang Litbang dan lebih banyak kegiatan organisasi di Darma Wanita. Di darma wanita Yuniarti menjabat sebagai ketua satu.

Yuniarti mengaku melalu organisasi Darma wanita ini lah Ia bisa berbuat banyak untuk masyarakat. Dan  Yuniarti selalu mengerahkan ibu-ibu untuk mendonasikan zakatnya dan diberikan kepada masyarakat. Berkampanye untuk mengumpulkan koin juga menjadi progjanya di Darma Wanita.

"Dalam satu tahun kita bisa mengumpulkan Rp. 1.500.000-1.700.000. Dana tersebut kita salurkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan, seperti sekolah marjinal di daerah sungai rambai," jelasnya.

Setelah 22 tahun mengajar di Universitas Riau, Yuniarti juga menjadi pengajar Widya Iswara atau menjadi pengajar LPJ di kabupaten-kabupaten Provinsi Riau.

Saat ini kesibukan wanita yang hobi bernyanyi ini,  yaitu mengajar sambil berkegiatan sosial. Ketika ditanya motto yang melatar belakanginya sangat aktif di bidang sosial,  katanya " Dari hal kecil bisa menjadi besar jika ditangani dengan benar, " pungkas

Penulis: Vina

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia
Selasa, 24 Januari 2017 21:32

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia

Malang benar nasib Nani. Saat sang ibu melepas nyawa di Serawak, Malaysia, dia tidak ada. Kini untuk memulangkan jenazah ibunya dia tidak bisa. Karena Nani tidak punya biaya cukup untuk pulangkan jenazah ibunya.

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara
Selasa, 24 Januari 2017 21:16

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara

Kakanwil Kemenkum dan HAM Propinsi Sumatera Barat, Dwi Prasetyo Santoso didampingi  Kalapas Kelas II B Payakumbuh Bagus Prakoso, melepas bibit ikan Mas dan Lele di Lapas Kelas II B Payakumbuh.

Lowongan Kerja Web Design
Selasa, 24 Januari 2017 21:14

Lowongan Kerja Web Design

Bagi anda yang sedang mencati info lowongan kerja,  Uira Tekno Solusindo sedang membuka loker. Perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Informasi pada kota Pekanbaru Riau, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung
Selasa, 24 Januari 2017 21:05

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru saat ini masih bingung. Hak tersebut terkait penempatan 15 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang bakal dioperasikan awal Februari nanti.

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah
Selasa, 24 Januari 2017 20:53

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah

Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas UntukPapua Pekanbaru mengadakan talk show interaktif ke beberapa televisi lokal di Riau. Kegiatan talk show interaktif ini merupakan salah satu program mendukung gerakan

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes
Selasa, 24 Januari 2017 20:48

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes

Ternyata, kopi dan teh mengandung zat yang dapat melindungi peminumnya dari diabetes melitus tipe 2. Mereka memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini, dan tidak bergantung pada insulin.

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat
Selasa, 24 Januari 2017 17:33

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat

Selasa (24/01/2017), tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli) Kota Pekanbaru dikukuhkan di Aula Kantor Walikota Pekanbaru. Tim saber pungli dikukuhkan oleh Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat
Selasa, 24 Januari 2017 17:18

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat

Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain geram dan marah setelah melihat rekaman video dari udara soal perambahan hutan di Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu.

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses
Selasa, 24 Januari 2017 17:13

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses

Komunitas 1000 Guru Riau mengadakan kegiatan Traveling and Teaching (TNT) 4 dan 5, pada tanggal 20 Januari 2017 hingga 22 Januari 2017 silam. Dalam kegiatan rutinitas bulanan ini, Komunitas 1000 Guru Riau

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah
Selasa, 24 Januari 2017 17:04

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah

Persepsi yang muncul di tengah masyarakat tentang rectroverso atau gambar saling isi pada pecahan rupiah membuat masyarakat geger.