Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

Selasa, 15 November 2016 13:20
Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

BERTUAHPOS. COM(BPC),PEKANBARU- Hj. Yuniarti, SE, MSi adalah salah satu wanita yang aktif di organisasi sosial. Dulunya Yuniarti adalah gadis kutu buku. Semasa kuliah ia menghabiskan waktunya untuk belajar dan sangat tidak tertarik bergabung dengan organisasi.

Saat bertuahpos.com berkunjung ke kediamannya, Yuniarti menceritakan alasannya lebih memilih belajar dari pada aktif berorganisasi.

Yuniarti berasal dari keluarga yang kurang mampu. saat ia berumur lima tahun ayahnya meninggal dunia. Dan ibunya harus menghidupi dua belas orang anaknya. Yuniarti yang menjadi anak ke sepuluh ini, memiliki target untuk menyelesaikan kuliahnya dengan nilai yang bagus, kemudian bekerja dan mendapatkan uang.

Setelah Yuniarti menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Yuniarti langsung mengabdikan diri menjadi dosen di Universitas Riau. Tahun 1988 Yuniarti menjadi dosen dan berstatus pegawai negeri sipil.

"Alhamdulillah saya diberikan anugerah kepintaran, setelah saya lulus saya langsung mengajar sambil mengikuti tes PNS pada waktu itu," ujar Yuniarti kepada kru Bertuahpos.

Tepat Tahun 1989 Yuniarti memutuskan untuk menikah dengan Ramli Walid. Setelah menikah selama 5 tahun, tahun 1994 Yuniarti memutuskan untuk melanjutkan pendidikan  Masternya di IPB mengambil jurusan Perencanaan Pembangunan Pedesaan. Awalnya Yuniarti tidak ingin melanjutkan pendidikannya, karena alasan kedua anaknya yang masih kecil.

" Tapi saat itu,  suami saya selalu support saya, kasih motivasi kalau anak-anak tidak menghalangi kita untuk menuntuk ilmu, " ungkapnya.

Tepat tahun 1996 Yuniarti dan sang suami wisuda pasca sarjana di IPB. Dan ditahun yang sama mereka kembali ke Pekanbaru.  Setibanya Yuniarti di Pekanbaru, inilah awal mula dirinya memulai organisasi. Dikarenakan sang suami menjadi kepala dinas di salah satu kantor pemerintahan.

"Tanpa saya sadari saya diarahkan untuk menjadi organisator oleh suami saya," katanya, berawal dari organisasi Darma Wanita.

Lalu saat itu Yuniarti berkata dalam hati "Kenapa sih harus berorganisasi," tambahnya

Setelah Yuniarti menjalani organisasi pertamanya di darma wanita, kebahagiannya muncul ketika Yuniarti melihat orang yang ia bantu bahagia. Yuniarti juga sempat aktif di PKK khusus di Pogja 2 bagian Pendidikan di Tembilahan dan pada tahun 2004-2006 Yuniarti juga menjabat sebagai Direktur Politeknik Tembilahan.

Saat Yuniarti kembali lagi ke Pekanbaru, Ia aktif lagi di PKK kota Pekanbaru dan juga di PK3S di bidang Litbang dan lebih banyak kegiatan organisasi di Darma Wanita. Di darma wanita Yuniarti menjabat sebagai ketua satu.

Yuniarti mengaku melalu organisasi Darma wanita ini lah Ia bisa berbuat banyak untuk masyarakat. Dan  Yuniarti selalu mengerahkan ibu-ibu untuk mendonasikan zakatnya dan diberikan kepada masyarakat. Berkampanye untuk mengumpulkan koin juga menjadi progjanya di Darma Wanita.

"Dalam satu tahun kita bisa mengumpulkan Rp. 1.500.000-1.700.000. Dana tersebut kita salurkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan, seperti sekolah marjinal di daerah sungai rambai," jelasnya.

Setelah 22 tahun mengajar di Universitas Riau, Yuniarti juga menjadi pengajar Widya Iswara atau menjadi pengajar LPJ di kabupaten-kabupaten Provinsi Riau.

Saat ini kesibukan wanita yang hobi bernyanyi ini,  yaitu mengajar sambil berkegiatan sosial. Ketika ditanya motto yang melatar belakanginya sangat aktif di bidang sosial,  katanya " Dari hal kecil bisa menjadi besar jika ditangani dengan benar, " pungkas

Penulis: Vina

TRAVELLING

Berita Terkini

Segera Dapatkan Diskon 10% Untuk Semua Produk Bagi Member Ace Hardware
Sabtu, 29 April 2017 22:13

Segera Dapatkan Diskon 10% Untuk Semua Produk Bagi Member Ace Hardware

Bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan di penghujung dan awal bulan, ACE Hardware menghadirkan  diskon 10% untuk semua produk yang ada

Begini Suasana Resepsi Pernikahan Momo Geisha di Hotel Arya Duta
Sabtu, 29 April 2017 21:57

Begini Suasana Resepsi Pernikahan Momo Geisha di Hotel Arya Duta

Suasana meriah terlihat di area pool Arya Duta Hotel Pekanbaru. Vokalis band Geisha, Novara Morina Sinaga atau Momo  dan Nicola Reza Samudra melangsungkan resepsi pernikahannya Sabtu (29/4/2017) malam.

“Selamat Jalan Syafii Manas”
Sabtu, 29 April 2017 21:21

“Selamat Jalan Syafii Manas”

Setelah berjuang dengan sakit gagal ginjal hingga sempat koma, Syafii Manas akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Daerah Jangan Menempatkan ASN Karena Balas Budi
Sabtu, 29 April 2017 21:03

Kepala Daerah Jangan Menempatkan ASN Karena Balas Budi

Sudah menjadi rasia umum dimana setiap kali berganti Kepala Daerah baik Bupati ataupun Gubernur, maka ASN mulai dilanda kegelisahan terutama yang tidak berjasa kepada Kepala Daerah terpilih.

Empat Narapidana Ini Disuntik Mati
Sabtu, 29 April 2017 20:40

Empat Narapidana Ini Disuntik Mati

Empat narapidana disuntik mati. Itu dilakukan Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat (AS). Negeri itu mengeksekusi empat narapidana sejak 20 April

Persiapan UN, SMP Negeri 1 Lubuk Dalam Sudah 100%
Sabtu, 29 April 2017 15:56

Persiapan UN, SMP Negeri 1 Lubuk Dalam Sudah 100%

Jelang Ujian Nasional tingkat SMP yang akan di lakukan mulai Selasa (02/05/2017) besok, setiap sekolah telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Sabtu, 29 April 2017 15:52

101 Personel Brimob Polda Riau Dikirim ke Papua

Sebanyak 101 personel dari Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau
Rendahnya Penerapan PHBS, Masyarakat Masih Buang Air di Parit Depan Rumah
Sabtu, 29 April 2017 15:45

Rendahnya Penerapan PHBS, Masyarakat Masih Buang Air di Parit Depan Rumah

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

Jurusan Untuk Beasiswa S1 Bergantung pada Kebutuhan Pemda
Sabtu, 29 April 2017 15:35

Jurusan Untuk Beasiswa S1 Bergantung pada Kebutuhan Pemda

Beasiswa untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, yang dilaksanakan oleh Pemkab Rokan Hilir  ternyata memiliki keterbatasan jurusan,

Guru Wajib di Sekolah 8 Jam, Kadis Pendidikan Anggap Itu Sudah Dari Zaman Kemerdekaan
Sabtu, 29 April 2017 15:25

Guru Wajib di Sekolah 8 Jam, Kadis Pendidikan Anggap Itu Sudah Dari Zaman Kemerdekaan

Terkait dengan wacana Presiden RI Joko Widodo melalui Mendikbud Muhadjir Effendy, yang menyatakan tentang kewajiban guru berada di sekolah selama 8 jam ditanggapi oleh Kadis Pendidikan Rohil, M. Rusli.