Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

Selasa, 15 November 2016 13:20
Support Sang Suami Membuat Yuniarti Aktif di Kegiatan Sosial

BERTUAHPOS. COM(BPC),PEKANBARU- Hj. Yuniarti, SE, MSi adalah salah satu wanita yang aktif di organisasi sosial. Dulunya Yuniarti adalah gadis kutu buku. Semasa kuliah ia menghabiskan waktunya untuk belajar dan sangat tidak tertarik bergabung dengan organisasi.

Saat bertuahpos.com berkunjung ke kediamannya, Yuniarti menceritakan alasannya lebih memilih belajar dari pada aktif berorganisasi.

Yuniarti berasal dari keluarga yang kurang mampu. saat ia berumur lima tahun ayahnya meninggal dunia. Dan ibunya harus menghidupi dua belas orang anaknya. Yuniarti yang menjadi anak ke sepuluh ini, memiliki target untuk menyelesaikan kuliahnya dengan nilai yang bagus, kemudian bekerja dan mendapatkan uang.

Setelah Yuniarti menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Yuniarti langsung mengabdikan diri menjadi dosen di Universitas Riau. Tahun 1988 Yuniarti menjadi dosen dan berstatus pegawai negeri sipil.

"Alhamdulillah saya diberikan anugerah kepintaran, setelah saya lulus saya langsung mengajar sambil mengikuti tes PNS pada waktu itu," ujar Yuniarti kepada kru Bertuahpos.

Tepat Tahun 1989 Yuniarti memutuskan untuk menikah dengan Ramli Walid. Setelah menikah selama 5 tahun, tahun 1994 Yuniarti memutuskan untuk melanjutkan pendidikan  Masternya di IPB mengambil jurusan Perencanaan Pembangunan Pedesaan. Awalnya Yuniarti tidak ingin melanjutkan pendidikannya, karena alasan kedua anaknya yang masih kecil.

" Tapi saat itu,  suami saya selalu support saya, kasih motivasi kalau anak-anak tidak menghalangi kita untuk menuntuk ilmu, " ungkapnya.

Tepat tahun 1996 Yuniarti dan sang suami wisuda pasca sarjana di IPB. Dan ditahun yang sama mereka kembali ke Pekanbaru.  Setibanya Yuniarti di Pekanbaru, inilah awal mula dirinya memulai organisasi. Dikarenakan sang suami menjadi kepala dinas di salah satu kantor pemerintahan.

"Tanpa saya sadari saya diarahkan untuk menjadi organisator oleh suami saya," katanya, berawal dari organisasi Darma Wanita.

Lalu saat itu Yuniarti berkata dalam hati "Kenapa sih harus berorganisasi," tambahnya

Setelah Yuniarti menjalani organisasi pertamanya di darma wanita, kebahagiannya muncul ketika Yuniarti melihat orang yang ia bantu bahagia. Yuniarti juga sempat aktif di PKK khusus di Pogja 2 bagian Pendidikan di Tembilahan dan pada tahun 2004-2006 Yuniarti juga menjabat sebagai Direktur Politeknik Tembilahan.

Saat Yuniarti kembali lagi ke Pekanbaru, Ia aktif lagi di PKK kota Pekanbaru dan juga di PK3S di bidang Litbang dan lebih banyak kegiatan organisasi di Darma Wanita. Di darma wanita Yuniarti menjabat sebagai ketua satu.

Yuniarti mengaku melalu organisasi Darma wanita ini lah Ia bisa berbuat banyak untuk masyarakat. Dan  Yuniarti selalu mengerahkan ibu-ibu untuk mendonasikan zakatnya dan diberikan kepada masyarakat. Berkampanye untuk mengumpulkan koin juga menjadi progjanya di Darma Wanita.

"Dalam satu tahun kita bisa mengumpulkan Rp. 1.500.000-1.700.000. Dana tersebut kita salurkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan, seperti sekolah marjinal di daerah sungai rambai," jelasnya.

Setelah 22 tahun mengajar di Universitas Riau, Yuniarti juga menjadi pengajar Widya Iswara atau menjadi pengajar LPJ di kabupaten-kabupaten Provinsi Riau.

Saat ini kesibukan wanita yang hobi bernyanyi ini,  yaitu mengajar sambil berkegiatan sosial. Ketika ditanya motto yang melatar belakanginya sangat aktif di bidang sosial,  katanya " Dari hal kecil bisa menjadi besar jika ditangani dengan benar, " pungkas

Penulis: Vina

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif
Rabu, 13 Desember 2017 20:37

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif

PT. RAPP memberi jawaban klarifikasi atas semua tuduhan. Termasuk tudingan bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto itu telah membangkang, dan melawan negara. 

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?
Rabu, 13 Desember 2017 20:02

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?

Polda Riau pernah punya rekor bagus tangani kasus lingkungan hidup dan kehutanan.

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba
Rabu, 13 Desember 2017 19:58

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba

Pansus Napza DPRD Riau meminta pihak penyedia dunia hiburan memberikan peranannya dalam mencegah peredaran narkoba.

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!
Rabu, 13 Desember 2017 18:50

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!

PT BATIQA Hotel Manajemen akan segera membuka hotel ke-tujuhnya, BATIQA Hotel Darmo – Surabaya yang berlokasi strategis di Jl. Darmokali No. 60, pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang. Jelang pembukaan acara tersebut, tim BATIQA Hotels telah menginformasikan serangkaian acara pre-opening, termasuk di dalamnya kompetisi seni: BATIQART Competition yang mengangkat tema “Bangga Dadi Arek Suroboyo” bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di kota Surabaya.

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar
Rabu, 13 Desember 2017 16:33

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar

Bersempena dengan kegiatan sosial Ayo khitan Indonesia (AKHI) 2017,  juga akan digelar Tabligh Akbar bersama Ustaz Mustafa Umar yang akan dilaksanakan di Masjid Raya An Nur Pekanbaru,  Ahad (24/12/2017). 

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla
Rabu, 13 Desember 2017 16:20

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla

Di 100 hari kinerjanya, Kapolda Riau dianggap tak terbuka terhadap perkembangan kasus karhutla di Riau.

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia
Rabu, 13 Desember 2017 16:12

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia

 Peredaran narkoba mulai masuk di tingkat yang mengkhawatirkan. Dari seluruh daerah di Indonesia, Riau menempati peringkat 13 daerah dengan peredaran narkoba terbanyak.

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri
Rabu, 13 Desember 2017 15:20

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri

Jikalahari nilai kinerja Polda Riau lamban dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Karenanya Jikalahari akan teruskan kasus tersebut pada Mabes Polri.

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres
Rabu, 13 Desember 2017 15:10

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memenuhi undangan untuk menghadiri acara pisah sambut Kapolres Inhil di Gedung Abdurrahman Siddik STAI Auliaurrasyidin, Tembilahan Hulu. 

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar
Rabu, 13 Desember 2017 14:57

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar

Bangun Riau Complex, RAPP disebut mendapatkan utangan dari pihak ketiga sebanyak USD 1 miliar.