Michiko Frizdew, Duta Lingkungan Pekanbaru yang juga Mahasiswa Berprestasi

Selasa, 25 Oktober 2016 13:04 339
Michiko Frizdew, Duta Lingkungan Pekanbaru yang juga Mahasiswa Berprestasi

BERTUAHPOS. COM(BPC),PEKANBARU- Sejak umur 3 tahun bakat Michiko Frizdew sudah mulai terlihat. Dari hobinya berbicara didepan umum dan kesukaannya memegang microfon, sejak TK sampai kuliah di Universitas Riau, dirinya dipercaya menjadi pembawa acara dan menjadi perwakilan untuk menjadi narasumber dibeberapa pihak.

"Saat kuliah kebetulan aku aktif mengikuti kompetisi debat dan pidato," katanya kepada kru bertuahpos, selasa, (25/10/16)

Beberapa kali dirinya mendapatkan penghargaan sebagai pembicara terbaik di lomba debat. Namun dirinya sangat terpukul ketika ia tidak lulus di Universitas impiannya. " Saya terpukul sekali ketika gak lulus masuk universitas impianku, rasanya tumpang tindih dengan banyak penghargaan yang aku capai, "ujarnya

Akhirnya dia mengingat pesan dari pelatihnya,"jika dia lulus di universitas impiannya,ia akan menjadi kompetitor dan jika ia kuliah disini maka ia akan menjadi pengembang," katanya sambil mengingat. 

Setelah itu akhirnya dia bangkit lagi dan menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang impiannya.

Sambil kuliah di UR, dirinya juga menjadi wartawan lepas dan menjadi penyiar. Kemudian ia mengikuti seleksi Duta Lingkungan yang diadakan oleh Badan Lingkungan Hidup. "Alhamdulillah dalam ajang pemilihan Duta Lingkungan, saya menjadi juara satu sehingga tepat tanggal 27 November 2015 hingga saat ini saya menyandang Duta Lingkungan Pekanbaru," tambahnya.

Tanggung jawabnya menjadi Duta Lingkungan membuatnya memberikan kontribusi yang sangat dirasakan oleh orang-orang disekitarnya. Dirinya secara pribadi menjalankan program Duta Lingkungan Go to School. 

"Kegiatan Go to School ini saya buat agar saya bisa mengabdikan diri sebagai duta lingkungan dengan memberikan sosialisasi kepada pelajar agar mereka lebih peduli terhadap lingkungan," katanya.

Kini gadis 20 tahun ini menjalankan banyak kegiatan seperti kuliah, siaran, kampanye lingkungan, motivasi dan moderator beberapa seminar. Namun segala kegiatannya ini tidak mengganggu akademiknya di bangku kuliah. 

"Alhamdulillah kemarin bisa dapat IP 3,90. Saya mau buktiin, kalau aktif di luar, masih bisa kok mempertahankan prestasi akademiknya," katanya

Gadis yang memiliki hobi membaca dan menulis ini mengaku saat ini dirinya juga menginisiasi kelompok belajar untuk teman-teman seangkatan dan juniornya. " Dikelompok belajar ini saya sharing tentang cara bikin catatan kreatif ala mind mapping, bikin bahan presentasi, public speaking, serba serbi kuliah," tambahnya.

Kini berkat pengabdiannya dan kegiatan sosialnya dirinya menjadi perwakilan Riau untuk ke Selandia Baru dalam kompetisi Zetizen National Challenge,  kompetisi ini mencari anak-anak muda yang beraksi positif dan berdampak nyata untuk sekitarnya.

Dia tidak ingin kalau ungkapan duta cuma modal fisik tapi juga memberikan kinerja yang bermanfaat untuk orang-orang disekitarnya. Gadis yang bercita-cita sebagai new anchor ini akan tetap selalu memberikan manfaat kepada orang-orang disekitarnya walaupun nantinya dia tidak menjabat lagi menjadi Duta Lingkungan.

Penulis: Vina

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Pasar Bawah yang Melegenda
Sabtu, 21 Januari 2017 11:00

Pasar Bawah yang Melegenda

Siapa yang tidak tahu dengan Pasar Bawah Pekanbaru? Hampir semua warga Kota Pekanbaru mengetahui pasar yang terletak di Jalan Ahmad Yani Ujung ini. Bahkan ada yang menyebutkan belum ke Pekanbaru kalau belum berkunjung ke Pasar Bawah.

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump
Sabtu, 21 Januari 2017 10:43

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump

Detik-detik menjelang pelantikan Donald Trump, aksi penolakan juga terjadi. Mereka memblokir area menuju acara. Mereka membawa spanduk-spanduk berisi penolakan. Dan beberapa di antara

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun
Sabtu, 21 Januari 2017 10:39

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun

Pemerintah targetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Rp 100 trilun menjadi sebesar Rp 110 pada tahun 2017 ini, suoaya KUR juga mengalir ke sektor produksi di luar perdagangan. Seperti pertanian dan perikanan.
 

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:30

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman pastikan Edwar Sanger naik jadi Penjabat Sementara (Pj) Walikota Pekanbaru. Edwar kini sudah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt)  Wali Kota Pekanbaru.

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting
Sabtu, 21 Januari 2017 10:20

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menegaskan kepala dinas tidak hanya pikirkan bagaimana realisasi APBD tinggi. Sedangkan kualitas dari pembangunan buruk. 

Modus Memukul Adek,  Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal
Sabtu, 21 Januari 2017 10:07

Modus Memukul Adek, Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal

Perampasan dan pengancaman terjadi Jumat malam (20/1/2017). Pemerasan dialami VA (14), yang mana awa terjadinya pemerasan dan pengancaman

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:00

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru

Pasar bawah merupakan pasar tertua di Pekanbaru. Meski tidak banyak referensi yang menjelaskan kepasrian tahun berdirinya pasar ini. Awalnya hanya pasar tradisional biasa.

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?
Sabtu, 21 Januari 2017 09:56

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?

Disney-Pixar menghadirkan film animasi berjudul Coco. Seperti film-film sebelumnya, Disney-Pixar menghadirkan film yang sarat pesan kehidupan. Coco yang disutradari oleh Lee Unkrich berfokus pada

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri
Sabtu, 21 Januari 2017 09:52

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencekal ke luar negeri terhadap ‎mantan Direktur Operasional (Dirops) PT Citilink Indonesia, Hadinoto Soedigno.

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing
Sabtu, 21 Januari 2017 09:45

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Yudi Harimurti mengatakan sangat wajar, jika mata uang NKRI mirip dengan mata uang asing.