Mengenal Lebih Dekat Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru

Senin, 20 November 2017 18:04
Mengenal Lebih Dekat Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru
Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru/bpc7

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Sebagai  General Manager (GM) Hotel bisa dikatakan sebagai posisi tertinggi di dalam bisnis dunia perhotelan. Mereka tentu saja sangat sibuk dengan jadwal yang padat.

Berkiprah di dunia perhotelan membuat Robert Manurung menyadari benar bagaimana menangani bisnis ini. Dia pertama kali menjabat sebagai GM Hotel pada usia 27 tahun, atau tepatnya tahun 2005 silam di kota Surabaya. Ini pengalaman pertama Robert, mengendalikan bisnis hotel. Di tangannya pula menjadi penentu kualitas pelayanan.

"Melihat potensi hotel di masa depan, saya begitu optimis. Dunia hotel akan eksis. Jadi saya mengambil sekolah perhotelan dari pada harus mengambil pendidikan SMA, dan seterusnya," ungkapnya kepada bertuahpos.com.

Selepas menuntaskan pendidikan Robert memutuskan untuk bekerja, bekal pendidikan semasa sekolah dan kuliah, dianggapnya cukup untuk menunjang karir pemulannya itu. Robert diterima bekerja dengan posisi waiter. 

“Saya mulai bekerja di hotel dari posisi bawah. Pertama kali sebagai waiter. Jadi saya memulai dari posisi paling bawah. Karena dengan dari bawah kita tau permasalahan yang terjadi itu apa,” ujarnya.

Dari posisi operator waiter itulah, perlahan Robert meniti karier. Berpindah ke posisi resepsionis, supervisor, hingga posisi manajer. Selanjutnya dipercaya menjadi night manager, front office manager, sales & marketing manager, room division manager, hingga menjadi general manager.

“Posisi saya terakhir di Surabaya sebagai General Manager tahun 2005 sampai sekarang,” terang Robert.

Passionnya di dunia perhotelan kemudian membawanya ke kota-kota lain seperti Kuala Lumpur, Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Batam, Bandung, Bali, Makassar, Papua, Bali lagi, lalu sekarang di Pekanbaru dan menjabat General Manager Hotel Winstar Pekanbaru Riau.

Laki-Laki kelahiran Jakarta, 4 Desember 1975 ini memang menyukai tantangan di bisnis perhotelan. Di antaranya setiap hari bertemu dengan orang banyak yang berbeda-beda wataknya. 

Lebih menarik lagi, jika berpindah tugas ke kota lain berarti bertambah lagi saudara baru. Tantangan lainnya yakni harus terus berkreasi, berinovasi, dan berinisiatif. Jika tidak, pasti tertinggal. 

Bagi anak kedua dari 7 bersaudara ini, menilai seseorang yang sukses adalah orang yang dapat menyediakan waktu untuk keluarganya. Pada saat mereka pulang, mereka mematikan telepon genggam dan komputer dan meluangkan waktu bersama keluarga. Mereka meninggalkan pekerjaan dan urusan-urusan kantor dan memusatkan perhatian kepada orang yang mereka cintai. Ini akan memberikan dampak baik dalam hubungan keluarga. 

"Jika Anda sedang di luar kota untuk perjalanan bisnis maupun dalam urusan pekerjaan, sempatkan untuk menghubungi keluarga Anda dengan telepon. Zaman sudah modern dan kemajuan teknologi semakin pesat. Saya dapat menggunakan internet untuk melihat keluarga melalui video call," sebutnya.

Menurut Robert, pepatah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, harus diterapkan. "Harus bangga di tempat kita bekerja. Karena hanya kitalah yang bisa membanggakan perusahaan kita tempat bekerja," sambung Robert.

Robert begitu senang membaca buku. Dia juga suka traveling. Baginya karyawan adalah aset, bukan sebagai mesin pencari uang. 

"Kalau mesin pencari uang dia tidak akan menghargai kita sebagai manusia. Untuk mencapai karir didalam dunia perhotelan ada 4 hal yang perlu diperhatikan," tambahnya.

4 hal itu, hargai pekerjaan, hargai pemilik usaha, kerja harus punya target, dan berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja dan berkarir. 

"Artinya, bukan bersosialisasi yang tidak menghasilkan. Yang penting, pruduktifitas yang paling utama," pungkasnya.

Jangan sampai di umur 35 masih mengantre lowongan kerja dengan fresh graduate. Karena masih banyak orang saat ini melamar kerja di umur 35. 

"Saat kita melamar bukan kita melamar, tapi orang yang meminta kita join. Target Nama hotel dikenal orang, karyawan mendapatkan masukan yang bagus, ketiga pendapatan," ujarnya. (bpc7)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Bayu Krisnamurthi: Petani Sawit Jangan Tunggu Bantuan Pemerintah untuk Replanting
Kamis, 14 Desember 2017 12:35

Bayu Krisnamurthi: Petani Sawit Jangan Tunggu Bantuan Pemerintah untuk Replanting

Tanaman kelapa sawit hanya mempunyai umur 25 tahun. Untuk itu, petani Riau harus siap sedia untuk replanting kebunnya setiap 25 tahun tersebut tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah.

Ramalan BI Soal Ekonomi Riau 2018: Tumbuh 2%-3%
Kamis, 14 Desember 2017 12:25

Ramalan BI Soal Ekonomi Riau 2018: Tumbuh 2%-3%

Bank Indonesia (BI) meramalkan pergerakan ekonomi Riau 2018 akan membaik. Itu diramalkan berdasarkan beberapa indikator penunjang pergerakan perekonomian daerah, yang diperkirakan masih akan tumbuh bagus di tahun depan. 

Sebelum Meninggal AM Fatwa Titip Ini ke Oesman Sapta
Kamis, 14 Desember 2017 12:15

Sebelum Meninggal AM Fatwa Titip Ini ke Oesman Sapta

Sebelum menyembuhkan nafas terakhir, anggota DPD RI AM Fatwa sempat menyampaikan beberapa pesan ke Oesman Sapta. AM Fatwa menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (14/12/2017). 

Riau Jangan Takut Melawan Kampanye Hitam Tentang Sawit
Kamis, 14 Desember 2017 12:05

Riau Jangan Takut Melawan Kampanye Hitam Tentang Sawit

Riau sebagai pusat sawit di Indonesia jangan takut untuk melawan kampanye hitam tentang sawit. Lawan saja Eropa dan Amerika, dan buktikan bahwa semua stigma negatif itu tidak benar.

Jelang Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Riau Menurun
Kamis, 14 Desember 2017 11:55

Jelang Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Riau Menurun

Jelang akhir tahun 2017, okupansi hotel di Riau mengalami penurunan dibandingkan pada akhir tahun yang lalu. 

Bayu Krisnamurthi: Sawit Tidak Serap Banyak Air
Kamis, 14 Desember 2017 11:45

Bayu Krisnamurthi: Sawit Tidak Serap Banyak Air

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia, Bayu Krisnamurthi menyebutkan bahwa tidak benar sawit itu membutuhkan banyak air.

Kredit Konsumtif Bank Riau Kepri Siak Naik Signifikan
Kamis, 14 Desember 2017 11:35

Kredit Konsumtif Bank Riau Kepri Siak Naik Signifikan

Beberapa bulan ini pencairan kredit di Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Siak mengalami peningkatan, terutama sektor agribisnis dan konsumtif (KAG). 

Meski Optimis, Syamsuar Mulai Ragukan PAN
Kamis, 14 Desember 2017 11:25

Meski Optimis, Syamsuar Mulai Ragukan PAN

Kesempatan Syamsuar untuk maju dalam Pilgub Riau 2018 memang masih terbuka lebar. Setelah mendapat dukungan dari PAN, peluang itu kian terbuka.

Sejahtera Karena Sawit Adalah Hak Rakyat Indonesia
Kamis, 14 Desember 2017 11:15

Sejahtera Karena Sawit Adalah Hak Rakyat Indonesia

Kesejahteraan rakyat Indonesia dengan minyak sawit merupakan hak rakyat Indonesia. Negara Eropa atau Amerika tidak berhak mencampuri urusan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dewan Kehormatan PWI Desak Dewan Pers Keluarkan Surat Kewajiban UKW
Kamis, 14 Desember 2017 11:05

Dewan Kehormatan PWI Desak Dewan Pers Keluarkan Surat Kewajiban UKW

Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) menegaskan Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW wajib untuk diikuti oleh wartawan.