Mengenal Lebih Dekat Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru

Senin, 20 November 2017 18:04
Mengenal Lebih Dekat Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru
Robert Manurung, GM Winstar Hotel Pekanbaru/bpc7

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Sebagai  General Manager (GM) Hotel bisa dikatakan sebagai posisi tertinggi di dalam bisnis dunia perhotelan. Mereka tentu saja sangat sibuk dengan jadwal yang padat.

Berkiprah di dunia perhotelan membuat Robert Manurung menyadari benar bagaimana menangani bisnis ini. Dia pertama kali menjabat sebagai GM Hotel pada usia 27 tahun, atau tepatnya tahun 2005 silam di kota Surabaya. Ini pengalaman pertama Robert, mengendalikan bisnis hotel. Di tangannya pula menjadi penentu kualitas pelayanan.

"Melihat potensi hotel di masa depan, saya begitu optimis. Dunia hotel akan eksis. Jadi saya mengambil sekolah perhotelan dari pada harus mengambil pendidikan SMA, dan seterusnya," ungkapnya kepada bertuahpos.com.

Selepas menuntaskan pendidikan Robert memutuskan untuk bekerja, bekal pendidikan semasa sekolah dan kuliah, dianggapnya cukup untuk menunjang karir pemulannya itu. Robert diterima bekerja dengan posisi waiter. 

“Saya mulai bekerja di hotel dari posisi bawah. Pertama kali sebagai waiter. Jadi saya memulai dari posisi paling bawah. Karena dengan dari bawah kita tau permasalahan yang terjadi itu apa,” ujarnya.

Dari posisi operator waiter itulah, perlahan Robert meniti karier. Berpindah ke posisi resepsionis, supervisor, hingga posisi manajer. Selanjutnya dipercaya menjadi night manager, front office manager, sales & marketing manager, room division manager, hingga menjadi general manager.

“Posisi saya terakhir di Surabaya sebagai General Manager tahun 2005 sampai sekarang,” terang Robert.

Passionnya di dunia perhotelan kemudian membawanya ke kota-kota lain seperti Kuala Lumpur, Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Batam, Bandung, Bali, Makassar, Papua, Bali lagi, lalu sekarang di Pekanbaru dan menjabat General Manager Hotel Winstar Pekanbaru Riau.

Laki-Laki kelahiran Jakarta, 4 Desember 1975 ini memang menyukai tantangan di bisnis perhotelan. Di antaranya setiap hari bertemu dengan orang banyak yang berbeda-beda wataknya. 

Lebih menarik lagi, jika berpindah tugas ke kota lain berarti bertambah lagi saudara baru. Tantangan lainnya yakni harus terus berkreasi, berinovasi, dan berinisiatif. Jika tidak, pasti tertinggal. 

Bagi anak kedua dari 7 bersaudara ini, menilai seseorang yang sukses adalah orang yang dapat menyediakan waktu untuk keluarganya. Pada saat mereka pulang, mereka mematikan telepon genggam dan komputer dan meluangkan waktu bersama keluarga. Mereka meninggalkan pekerjaan dan urusan-urusan kantor dan memusatkan perhatian kepada orang yang mereka cintai. Ini akan memberikan dampak baik dalam hubungan keluarga. 

"Jika Anda sedang di luar kota untuk perjalanan bisnis maupun dalam urusan pekerjaan, sempatkan untuk menghubungi keluarga Anda dengan telepon. Zaman sudah modern dan kemajuan teknologi semakin pesat. Saya dapat menggunakan internet untuk melihat keluarga melalui video call," sebutnya.

Menurut Robert, pepatah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, harus diterapkan. "Harus bangga di tempat kita bekerja. Karena hanya kitalah yang bisa membanggakan perusahaan kita tempat bekerja," sambung Robert.

Robert begitu senang membaca buku. Dia juga suka traveling. Baginya karyawan adalah aset, bukan sebagai mesin pencari uang. 

"Kalau mesin pencari uang dia tidak akan menghargai kita sebagai manusia. Untuk mencapai karir didalam dunia perhotelan ada 4 hal yang perlu diperhatikan," tambahnya.

4 hal itu, hargai pekerjaan, hargai pemilik usaha, kerja harus punya target, dan berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja dan berkarir. 

"Artinya, bukan bersosialisasi yang tidak menghasilkan. Yang penting, pruduktifitas yang paling utama," pungkasnya.

Jangan sampai di umur 35 masih mengantre lowongan kerja dengan fresh graduate. Karena masih banyak orang saat ini melamar kerja di umur 35. 

"Saat kita melamar bukan kita melamar, tapi orang yang meminta kita join. Target Nama hotel dikenal orang, karyawan mendapatkan masukan yang bagus, ketiga pendapatan," ujarnya. (bpc7)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK
Selasa, 20 Pebruari 2018 21:20

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK

DPRD Riau anggarkan lebih dari Rp 40 miliar pada tahun 2018 untuk UNBK. Ade Agus Hartanto, Komisi V DPRD Riau menyebutkan bahwa tahun ini adalah kali kedua Riau melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:58

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet

Orang Indonesia makin sadar internet. Itu terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:27

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan

Pada bulan Desember 2017,  tampaknya pemerintah membuat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini merupakan sebuah peningkatan Jalan di Gang Sungai Sago, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kelurahan Sukaramai.

Kopi Rambah Pasar Vietnam
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:16

Kopi Rambah Pasar Vietnam

Kopi Indonesia rambah pasar Vietnam. Ini sangat mungkin terwujud lantaran Vietnam salah satu negara dengan tingkat konsumsi tinggi. Duta Besar RI Vietnam Ibnu Hadi menmgatakan promosi kopi ditarget perdagangan bilateral USD10 miliar pada tahun 2020.

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:40

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis

Baliho program kerja petahana tampak masih terpampang di tengah kota Bengkalis, Selasa (20/2/2018). Dalam pantauan bertuahpos.com, baliho yang terpajang adalah program kerja 

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:35

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru ke-51 rencananya akan digelar di SMP Madani atau Islamic Center Tabrani. Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, mentakan

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:30

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam

Perintah Bawaslu untuk menurunkan semua baliho yang menampilkan Calon Gubernur (Cagub) Riau tahun 2018 seperti tidak diindahkan. Pasalnya, sampai saat ini spanduk-spanduk tersebut masih terpajang di berbagai titik di Kota Pekanbaru.

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:15

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi

Pemerintah tengah evaluasi belanja proyek trategis nasional. Termasuk mengukur efektifitas belanja dari setiap proyek itu. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan 

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:00

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov

Dua bupati di Riau, yakni Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti) dan HM Wardan (Bupati Inhil non aktif) disebut sebagai bagian penerima aliran dana dalam kasus korupsi e-KTP yang kini menjerat Setya Novanto sebagai terdakwa.

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti
Selasa, 20 Pebruari 2018 18:45

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti

Polisi tengah mengumpulkan alat bukti atas kasus penelantaran anak yang diduga dilakukan oleh mantan Ketua Kadin Pekanbaru berinisia S. Proses mengumpulkan alat bukti itu kini masih dilakukan oleh Direktorat Reserse