Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik

Minggu, 25 Desember 2016 12:00
Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Robithah Irawan yang kini telah banyak memproduksi alat musik.
 
Pria berperawakan kulit putih ini bercerita memulai usahanya membuat alat musik sejak tahun 2013. Beliau menjelaskan mempelajari cara membuat alat musik seperti gitar, gambus dan kajun hanya dari buku dan internet.
 
Berawal dari kecintaanya dengan gitar terutama gitar klasik, pria yang sering disapa Robi atau Irawan ini menjelaskan semuanya berawal dari kesulitan menemukan gitar klasik yang sesusai ekspektasi. 
 
"Saat masih kuliah di jurusan sendratasik UIR saya mencari gitar klasik ke toko-toko musik yang ada di Pekanbaru, namun saya tidak menemui yang sesusai ekspetasi saya. Kebanyakan gitar klasik yang dijual merupakan gitar klasik biasa yang tidak full kayu. Jikapun ada yang full kayu harganya pasti mahal, seperti gitar klasik yang berasal dari Spanyol yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah yang tentunya tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa," terang Robi.
 
Dari kesulitannya menemukan gitar klasik yang sesuai harapan, barulah Robi dikasih wawasan oleh salah satu dosennya saat itu untuk membuat sendiri gitar klasik dengan melihat youtube dan buku yang diberi langsung oleh dosennya.
 
Butuh setahun pembelajaran bagi pria yang kini sudah memiliki dua orang anak ini untuk benar-benar berhasil menciptakan gitar klasik berstandar internasional. Banyak kendala yang ditemui Robi selama setahun. Seperti, peralatan yang belum lengkap serta material yang susah dicari karena untuk menghasilkan gitar klasik yang bagus dibutuhkan material pilihan seperti material import. Barulah ditahun 2014 Robi benar-benar bisa menghasilkan gitar klasik berstandar nasional dan sudah mulai menjualnya.
 
Untuk proses pengerjaan Robi menjelaskan dibutuhkan 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakan beberapa alat musik, terutama gitar klasik. Bertempatkan sebuah rumah tipe 36 Jalan Kubang Raya-Panam Perumahan Kualu Raya Permai, kini sudah banyak alat musik yang dihasilkan Robi. Bahkan ada beberapa alat musik yang dihasikan Robi yang pasarnya sudah menembus tingkat nasional. 
 
"Terakhir ada pesanan gitar klasik ke Medan. Untuk harga, gitar klasik berharga 3 hingga 10 juta keatas. Tentunya lebih murah setengah harga dari gitar klasik standar eropa yang bisa mencapai 20 juta rupiah, namun tentunya tidak kalah dengan gitar klasik standar internasionl," terang Robi.
 
Selain membuat alat musik yang sudah bersatndar internasional, Robi juga membuat beberapa ciri khas disetiap alat musik yang dibuatnya. Seperti menerapkan bentuk ornamen melayu pada setiap alat musik yang dibuatnya, seperti di gambus dan gitar klasik. Adapun ornamen yang sering diterapkan Robi adalah ornamen pucuk rebung dan lembah begayut.
 
"Jangan melupakan tanah kelahiran kita. Dengan menerapkan ornamen melayu pada alat musik kita, artinya kita turut melestarikan budaya kita sendiri," jelas Alumni Universitas Islam Riau ini.
 
Kedepannya, Robi berharap untuk terus tetap eksis dengan usahanya dan tidak terlalu mengharapkan bantuan yang ada tanpa bermaksud menolak jika ada yang memberi bantuan. "Sementara fokus dulu sendiri, jika ada bantuan dari pemerintah alhamdulillah, jika tidak saya masih bisa untuk terus berkarya," tambah Robi
 
Penulis: Teguh Asrin
Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Muhammad Adil: Hanya di Gubernur Ini, Tidak Ada Bantuan Rumah Ibadah
Selasa, 17 Oktober 2017 08:22

Muhammad Adil: Hanya di Gubernur Ini, Tidak Ada Bantuan Rumah Ibadah

Anggota komisi V DPRD Riau, Muhammad Adil menyebutkan bahwa di periode gubernur sekarang, tidak ada bantuan pembangunan musholla dan masjid. Padahal, menurut Adil, APBD Riau sangat besar.

Lebih Lama Mana Urus Sertifikat Halal di MUI Atau di BPJPH?
Selasa, 17 Oktober 2017 08:18

Lebih Lama Mana Urus Sertifikat Halal di MUI Atau di BPJPH?

Bada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sudah dibentuk belum lama ini. Lembaga ini dianggap sebagai bentuk transpormasi baru dalam kepengurusan sertifikat halal terhadap produk makanan. 

Evluasi Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UIN Suska Riau: Ya, Kami Akan Aksi
Selasa, 17 Oktober 2017 08:02

Evluasi Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UIN Suska Riau: Ya, Kami Akan Aksi

Aksi unjuk rasa dalam rangka evaluasi tig tahun kinerja Presiden Jokowi, rencananya juga akan di lakukan oleh Presiden Mahasiswa (Presma) dari UIN Suska Riau.

BPJPH Dibentuk, Ini komentar Ketua DPRD Riau
Selasa, 17 Oktober 2017 07:53

BPJPH Dibentuk, Ini komentar Ketua DPRD Riau

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati angkat bicara mengenai dibentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) oleh Kemenag. Menurut Septina, selama subtansi halal tak halalnya masih sama, maka tidak akan ada masalah.

Akan Ada Aksi Tiga Tahun Kinerja Jokowi
Selasa, 17 Oktober 2017 07:41

Akan Ada Aksi Tiga Tahun Kinerja Jokowi

Tepat tanggal 20 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo genap tiga tahun memimpin Indonesia. Seperti bsnysk presiden di Indonesia selama masa kepemimpinan Jokowi juga meninggalkan bekas yang perlu dievaluasi

WR III Unilak Bangga Atlit Renang Unilak Sumbang Emas di POMNAS 2017
Senin, 16 Oktober 2017 21:59

WR III Unilak Bangga Atlit Renang Unilak Sumbang Emas di POMNAS 2017

Bahagia bercampur bangga, hal inilah yang dirasakan oleh Wakil Rektor III Universitas Lancang Kuning (Unilak), Dr Eddy Asnawi, saat atlit renang putri Riau yang juga mahasiswi Unilak di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 mampu mendulang medali emas, Senin (16/10/2017).

Pengamat Kebijakan Publik Kritik Pelaksanaan Riau Job Fair, Ada Apa?
Senin, 16 Oktober 2017 21:48

Pengamat Kebijakan Publik Kritik Pelaksanaan Riau Job Fair, Ada Apa?

Pelaksanaan Riau Job Fair 2017 mendapat kritikan keras dari salah seorang pengamat kebijakan publik yang ada di Pekanbaru, Saiman Pakpahan.

Bawa Sabu, Seorang Laki-Laki Diringkus Polisi
Senin, 16 Oktober 2017 21:13

Bawa Sabu, Seorang Laki-Laki Diringkus Polisi

Sat Reskrim Narkoba Polres Siak ringkus seorang laki-laki pelaku tindak perkara Narkotika jenis sabu -Sabu, Selasa (16/10/2017), sekira pukul 18.00 WIB.

Polsek Tambang Amankan 2 Pelaku Pungli Supir Angkutan Barang Pada Operasi Bina Kusuma 2017
Senin, 16 Oktober 2017 20:43

Polsek Tambang Amankan 2 Pelaku Pungli Supir Angkutan Barang Pada Operasi Bina Kusuma 2017

 Dalam rangka penggelaran Operasi Bina Kusuma 2017, Jajaran Polsek Tambang Polres Kampar Senin (16/10/2017) telah mengamankan 2 pelaku premanisme yang kedapatan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap mobil angkutan barang di daerah Simpang Sungai Pinang Kecamatan Tambang. 

UMKM Keluhkan Pungutan Biaya Riau Expo 2017
Senin, 16 Oktober 2017 20:25

UMKM Keluhkan Pungutan Biaya Riau Expo 2017

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) keluhkan besarnya pungutan biaya Riau Expo terhadap setiap stand-stand yang disewakan.