Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik

Minggu, 25 Desember 2016 12:00 354
Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Robithah Irawan yang kini telah banyak memproduksi alat musik.
 
Pria berperawakan kulit putih ini bercerita memulai usahanya membuat alat musik sejak tahun 2013. Beliau menjelaskan mempelajari cara membuat alat musik seperti gitar, gambus dan kajun hanya dari buku dan internet.
 
Berawal dari kecintaanya dengan gitar terutama gitar klasik, pria yang sering disapa Robi atau Irawan ini menjelaskan semuanya berawal dari kesulitan menemukan gitar klasik yang sesusai ekspektasi. 
 
"Saat masih kuliah di jurusan sendratasik UIR saya mencari gitar klasik ke toko-toko musik yang ada di Pekanbaru, namun saya tidak menemui yang sesusai ekspetasi saya. Kebanyakan gitar klasik yang dijual merupakan gitar klasik biasa yang tidak full kayu. Jikapun ada yang full kayu harganya pasti mahal, seperti gitar klasik yang berasal dari Spanyol yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah yang tentunya tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa," terang Robi.
 
Dari kesulitannya menemukan gitar klasik yang sesuai harapan, barulah Robi dikasih wawasan oleh salah satu dosennya saat itu untuk membuat sendiri gitar klasik dengan melihat youtube dan buku yang diberi langsung oleh dosennya.
 
Butuh setahun pembelajaran bagi pria yang kini sudah memiliki dua orang anak ini untuk benar-benar berhasil menciptakan gitar klasik berstandar internasional. Banyak kendala yang ditemui Robi selama setahun. Seperti, peralatan yang belum lengkap serta material yang susah dicari karena untuk menghasilkan gitar klasik yang bagus dibutuhkan material pilihan seperti material import. Barulah ditahun 2014 Robi benar-benar bisa menghasilkan gitar klasik berstandar nasional dan sudah mulai menjualnya.
 
Untuk proses pengerjaan Robi menjelaskan dibutuhkan 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakan beberapa alat musik, terutama gitar klasik. Bertempatkan sebuah rumah tipe 36 Jalan Kubang Raya-Panam Perumahan Kualu Raya Permai, kini sudah banyak alat musik yang dihasilkan Robi. Bahkan ada beberapa alat musik yang dihasikan Robi yang pasarnya sudah menembus tingkat nasional. 
 
"Terakhir ada pesanan gitar klasik ke Medan. Untuk harga, gitar klasik berharga 3 hingga 10 juta keatas. Tentunya lebih murah setengah harga dari gitar klasik standar eropa yang bisa mencapai 20 juta rupiah, namun tentunya tidak kalah dengan gitar klasik standar internasionl," terang Robi.
 
Selain membuat alat musik yang sudah bersatndar internasional, Robi juga membuat beberapa ciri khas disetiap alat musik yang dibuatnya. Seperti menerapkan bentuk ornamen melayu pada setiap alat musik yang dibuatnya, seperti di gambus dan gitar klasik. Adapun ornamen yang sering diterapkan Robi adalah ornamen pucuk rebung dan lembah begayut.
 
"Jangan melupakan tanah kelahiran kita. Dengan menerapkan ornamen melayu pada alat musik kita, artinya kita turut melestarikan budaya kita sendiri," jelas Alumni Universitas Islam Riau ini.
 
Kedepannya, Robi berharap untuk terus tetap eksis dengan usahanya dan tidak terlalu mengharapkan bantuan yang ada tanpa bermaksud menolak jika ada yang memberi bantuan. "Sementara fokus dulu sendiri, jika ada bantuan dari pemerintah alhamdulillah, jika tidak saya masih bisa untuk terus berkarya," tambah Robi
 
Penulis: Teguh Asrin
loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia
Selasa, 24 Januari 2017 21:32

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia

Malang benar nasib Nani. Saat sang ibu melepas nyawa di Serawak, Malaysia, dia tidak ada. Kini untuk memulangkan jenazah ibunya dia tidak bisa. Karena Nani tidak punya biaya cukup untuk pulangkan jenazah ibunya.

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara
Selasa, 24 Januari 2017 21:16

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara

Kakanwil Kemenkum dan HAM Propinsi Sumatera Barat, Dwi Prasetyo Santoso didampingi  Kalapas Kelas II B Payakumbuh Bagus Prakoso, melepas bibit ikan Mas dan Lele di Lapas Kelas II B Payakumbuh.

Lowongan Kerja Web Design
Selasa, 24 Januari 2017 21:14

Lowongan Kerja Web Design

Bagi anda yang sedang mencati info lowongan kerja,  Uira Tekno Solusindo sedang membuka loker. Perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Informasi pada kota Pekanbaru Riau, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung
Selasa, 24 Januari 2017 21:05

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru saat ini masih bingung. Hak tersebut terkait penempatan 15 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang bakal dioperasikan awal Februari nanti.

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah
Selasa, 24 Januari 2017 20:53

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah

Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas UntukPapua Pekanbaru mengadakan talk show interaktif ke beberapa televisi lokal di Riau. Kegiatan talk show interaktif ini merupakan salah satu program mendukung gerakan

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes
Selasa, 24 Januari 2017 20:48

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes

Ternyata, kopi dan teh mengandung zat yang dapat melindungi peminumnya dari diabetes melitus tipe 2. Mereka memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini, dan tidak bergantung pada insulin.

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat
Selasa, 24 Januari 2017 17:33

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat

Selasa (24/01/2017), tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli) Kota Pekanbaru dikukuhkan di Aula Kantor Walikota Pekanbaru. Tim saber pungli dikukuhkan oleh Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat
Selasa, 24 Januari 2017 17:18

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat

Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain geram dan marah setelah melihat rekaman video dari udara soal perambahan hutan di Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu.

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses
Selasa, 24 Januari 2017 17:13

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses

Komunitas 1000 Guru Riau mengadakan kegiatan Traveling and Teaching (TNT) 4 dan 5, pada tanggal 20 Januari 2017 hingga 22 Januari 2017 silam. Dalam kegiatan rutinitas bulanan ini, Komunitas 1000 Guru Riau

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah
Selasa, 24 Januari 2017 17:04

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah

Persepsi yang muncul di tengah masyarakat tentang rectroverso atau gambar saling isi pada pecahan rupiah membuat masyarakat geger.