Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik

Minggu, 25 Desember 2016 12:00 443
Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Robithah Irawan yang kini telah banyak memproduksi alat musik.
 
Pria berperawakan kulit putih ini bercerita memulai usahanya membuat alat musik sejak tahun 2013. Beliau menjelaskan mempelajari cara membuat alat musik seperti gitar, gambus dan kajun hanya dari buku dan internet.
 
Berawal dari kecintaanya dengan gitar terutama gitar klasik, pria yang sering disapa Robi atau Irawan ini menjelaskan semuanya berawal dari kesulitan menemukan gitar klasik yang sesusai ekspektasi. 
 
"Saat masih kuliah di jurusan sendratasik UIR saya mencari gitar klasik ke toko-toko musik yang ada di Pekanbaru, namun saya tidak menemui yang sesusai ekspetasi saya. Kebanyakan gitar klasik yang dijual merupakan gitar klasik biasa yang tidak full kayu. Jikapun ada yang full kayu harganya pasti mahal, seperti gitar klasik yang berasal dari Spanyol yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah yang tentunya tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa," terang Robi.
 
Dari kesulitannya menemukan gitar klasik yang sesuai harapan, barulah Robi dikasih wawasan oleh salah satu dosennya saat itu untuk membuat sendiri gitar klasik dengan melihat youtube dan buku yang diberi langsung oleh dosennya.
 
Butuh setahun pembelajaran bagi pria yang kini sudah memiliki dua orang anak ini untuk benar-benar berhasil menciptakan gitar klasik berstandar internasional. Banyak kendala yang ditemui Robi selama setahun. Seperti, peralatan yang belum lengkap serta material yang susah dicari karena untuk menghasilkan gitar klasik yang bagus dibutuhkan material pilihan seperti material import. Barulah ditahun 2014 Robi benar-benar bisa menghasilkan gitar klasik berstandar nasional dan sudah mulai menjualnya.
 
Untuk proses pengerjaan Robi menjelaskan dibutuhkan 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakan beberapa alat musik, terutama gitar klasik. Bertempatkan sebuah rumah tipe 36 Jalan Kubang Raya-Panam Perumahan Kualu Raya Permai, kini sudah banyak alat musik yang dihasilkan Robi. Bahkan ada beberapa alat musik yang dihasikan Robi yang pasarnya sudah menembus tingkat nasional. 
 
"Terakhir ada pesanan gitar klasik ke Medan. Untuk harga, gitar klasik berharga 3 hingga 10 juta keatas. Tentunya lebih murah setengah harga dari gitar klasik standar eropa yang bisa mencapai 20 juta rupiah, namun tentunya tidak kalah dengan gitar klasik standar internasionl," terang Robi.
 
Selain membuat alat musik yang sudah bersatndar internasional, Robi juga membuat beberapa ciri khas disetiap alat musik yang dibuatnya. Seperti menerapkan bentuk ornamen melayu pada setiap alat musik yang dibuatnya, seperti di gambus dan gitar klasik. Adapun ornamen yang sering diterapkan Robi adalah ornamen pucuk rebung dan lembah begayut.
 
"Jangan melupakan tanah kelahiran kita. Dengan menerapkan ornamen melayu pada alat musik kita, artinya kita turut melestarikan budaya kita sendiri," jelas Alumni Universitas Islam Riau ini.
 
Kedepannya, Robi berharap untuk terus tetap eksis dengan usahanya dan tidak terlalu mengharapkan bantuan yang ada tanpa bermaksud menolak jika ada yang memberi bantuan. "Sementara fokus dulu sendiri, jika ada bantuan dari pemerintah alhamdulillah, jika tidak saya masih bisa untuk terus berkarya," tambah Robi
 
Penulis: Teguh Asrin
loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Pelaku Sedang Melancong ke Negeri Jiran,3 Kilo Sabu Diamankan Polres Dumai
Sabtu, 25 Pebruari 2017 22:30

Pelaku Sedang Melancong ke Negeri Jiran,3 Kilo Sabu Diamankan Polres Dumai

Sabu sebanyak 3 kilogram berhasil diamankan keberadaanya. Narkotika jenis sabu ini ditemukan salah satu rumah di jalan Pangkalan Sena Kecamatan Dumai Barat

Jago Merah Lahap Rumah Warga Tembilahan,  Korban Alami Luka Bakar
Sabtu, 25 Pebruari 2017 21:12

Jago Merah Lahap Rumah Warga Tembilahan, Korban Alami Luka Bakar

Rumah warga sabtu (25/2/2017) hangus terbakar di Jalan Pembangunan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan,  Indragiri Hilir,  Pekanbaru,  Riau

Ini Dia Pemenang shop and win ska family card tahap 1 periode VIII
Sabtu, 25 Pebruari 2017 20:51

Ini Dia Pemenang shop and win ska family card tahap 1 periode VIII

 Management Mal SKA Pekanbaru sudah melakukan pencabutan undian program belanja Shop & Win ska Family Card tahap 1 periode VIII pada hari Sabtu

Bayang-bayang Dayun dari Negeri Serumpun
Sabtu, 25 Pebruari 2017 20:10

Bayang-bayang Dayun dari Negeri Serumpun

Nah, tujuan saya hanya mengunjungi rumah kecil dimana saya dilahirin. Di sebuah desa yang jauh dari gedung-gedung bertingkat,  mal atau pun cafe kongkow-kongkow (tongkrongannya anak sekarang).

Akhir Februari Hotspot di Riau Nihil
Sabtu, 25 Pebruari 2017 20:03

Akhir Februari Hotspot di Riau Nihil

Sabtu (25/02/2017), Riau kembali bebas dari hotspot atau titik panas. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sampai penghujung Februari, Riau 

Akhir Pekan, Warga Kabupaten Tetangga Ramai Cuci Mata di Taman PCR
Sabtu, 25 Pebruari 2017 19:49

Akhir Pekan, Warga Kabupaten Tetangga Ramai Cuci Mata di Taman PCR

Sebagai Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru memiliki magnet untuk warga dari luar daerah untuk berlanja atau sekedar jalan-jalan. Seperti di Taman PCR 

Kekayaan Taipan Ini Sama 40% Orang Miskin di Indonesia
Sabtu, 25 Pebruari 2017 18:11

Kekayaan Taipan Ini Sama 40% Orang Miskin di Indonesia

Namanya Budi dan Michael Hartono. Taipan ini masuk dalam daftar urutan teratas orang terkaya di Indoensia. Lembaga nirlaba yang fokus terhadap kemiskinan Oxfam.

 Manis, Ubi Asal Benua Amerika Ini Harganya Murah di Pekanbaru
Sabtu, 25 Pebruari 2017 17:54

Manis, Ubi Asal Benua Amerika Ini Harganya Murah di Pekanbaru

Mau coba makan ubi cilembu. Tidak hanya di daerah Jawa. Ubi ini juga ada di Pekanbaru. Namun karena bentuknya yang kurang menarik, ubi ini hanya dianggap seperti ubi rebus biasa.

Polisi Bercinta di Mobil Patroli, Direkam Teman Sesama Polisi
Sabtu, 25 Pebruari 2017 17:45

Polisi Bercinta di Mobil Patroli, Direkam Teman Sesama Polisi

Sepasang polisi ini kena batunya. Mobil patroli yang biasa dikendarainya, hari itu dipakai untuk bercinta

Kantor PWI Riau Digruduk Ratusan Wartawan
Sabtu, 25 Pebruari 2017 17:29

Kantor PWI Riau Digruduk Ratusan Wartawan

Sabtu (25/2/2017) Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jalan Arifin Ahmad di geruduk ratusan wartawan.