Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik

Minggu, 25 Desember 2016 12:00
Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Robithah Irawan yang kini telah banyak memproduksi alat musik.
 
Pria berperawakan kulit putih ini bercerita memulai usahanya membuat alat musik sejak tahun 2013. Beliau menjelaskan mempelajari cara membuat alat musik seperti gitar, gambus dan kajun hanya dari buku dan internet.
 
Berawal dari kecintaanya dengan gitar terutama gitar klasik, pria yang sering disapa Robi atau Irawan ini menjelaskan semuanya berawal dari kesulitan menemukan gitar klasik yang sesusai ekspektasi. 
 
"Saat masih kuliah di jurusan sendratasik UIR saya mencari gitar klasik ke toko-toko musik yang ada di Pekanbaru, namun saya tidak menemui yang sesusai ekspetasi saya. Kebanyakan gitar klasik yang dijual merupakan gitar klasik biasa yang tidak full kayu. Jikapun ada yang full kayu harganya pasti mahal, seperti gitar klasik yang berasal dari Spanyol yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah yang tentunya tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa," terang Robi.
 
Dari kesulitannya menemukan gitar klasik yang sesuai harapan, barulah Robi dikasih wawasan oleh salah satu dosennya saat itu untuk membuat sendiri gitar klasik dengan melihat youtube dan buku yang diberi langsung oleh dosennya.
 
Butuh setahun pembelajaran bagi pria yang kini sudah memiliki dua orang anak ini untuk benar-benar berhasil menciptakan gitar klasik berstandar internasional. Banyak kendala yang ditemui Robi selama setahun. Seperti, peralatan yang belum lengkap serta material yang susah dicari karena untuk menghasilkan gitar klasik yang bagus dibutuhkan material pilihan seperti material import. Barulah ditahun 2014 Robi benar-benar bisa menghasilkan gitar klasik berstandar nasional dan sudah mulai menjualnya.
 
Untuk proses pengerjaan Robi menjelaskan dibutuhkan 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakan beberapa alat musik, terutama gitar klasik. Bertempatkan sebuah rumah tipe 36 Jalan Kubang Raya-Panam Perumahan Kualu Raya Permai, kini sudah banyak alat musik yang dihasilkan Robi. Bahkan ada beberapa alat musik yang dihasikan Robi yang pasarnya sudah menembus tingkat nasional. 
 
"Terakhir ada pesanan gitar klasik ke Medan. Untuk harga, gitar klasik berharga 3 hingga 10 juta keatas. Tentunya lebih murah setengah harga dari gitar klasik standar eropa yang bisa mencapai 20 juta rupiah, namun tentunya tidak kalah dengan gitar klasik standar internasionl," terang Robi.
 
Selain membuat alat musik yang sudah bersatndar internasional, Robi juga membuat beberapa ciri khas disetiap alat musik yang dibuatnya. Seperti menerapkan bentuk ornamen melayu pada setiap alat musik yang dibuatnya, seperti di gambus dan gitar klasik. Adapun ornamen yang sering diterapkan Robi adalah ornamen pucuk rebung dan lembah begayut.
 
"Jangan melupakan tanah kelahiran kita. Dengan menerapkan ornamen melayu pada alat musik kita, artinya kita turut melestarikan budaya kita sendiri," jelas Alumni Universitas Islam Riau ini.
 
Kedepannya, Robi berharap untuk terus tetap eksis dengan usahanya dan tidak terlalu mengharapkan bantuan yang ada tanpa bermaksud menolak jika ada yang memberi bantuan. "Sementara fokus dulu sendiri, jika ada bantuan dari pemerintah alhamdulillah, jika tidak saya masih bisa untuk terus berkarya," tambah Robi
 
Penulis: Teguh Asrin
TRAVELLING

Berita Terkini

Terendus Dugaan Kartel Bawang Putih, Harganyapun Melambung
Selasa, 23 Mei 2017 21:27

Terendus Dugaan Kartel Bawang Putih, Harganyapun Melambung

Ada dugaan kartel bawang puti di Medan. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akhirnya meningkatkan status dugaan 'permainan' itu ke tahap penyidikan.

Ada Nanas Warna Pink
Selasa, 23 Mei 2017 21:18

Ada Nanas Warna Pink

Buah nanas umumnya memiliki warna kulit dan daging yang kuning, tapi sekarang rekayasa genetik mengubah stigma masyarakat dengan munculnya nanas merah muda. Kalau di Pekanbaru,

Bintang Film James Bond Meninggal Dunia
Selasa, 23 Mei 2017 21:05

Bintang Film James Bond Meninggal Dunia

Ada kabar duka dari Hollywood. Roger Moore meninggal dunia. Roger sangat terkenal dengan pilm James Bond yang dibintanginya. Dia meninggal karena diserang peyakit kanker.

Dapatkan Hasil Selfie Maksimal dengan Kamera 16 MP di Oppo F3 Plus
Selasa, 23 Mei 2017 20:51

Dapatkan Hasil Selfie Maksimal dengan Kamera 16 MP di Oppo F3 Plus

Untuk kamu yang penggila selvie, dan mengabiskan momen dengan mengabikannya. Mendingan kamu coba Oppo 3 Plus yang sudah di jual di Pekanbaru. Atau bisa langsung kamu temui salah satu konter besar Oppo di Jalan Durian, Pekanbaru.

Terkait Bom di Konser Ariana Grande, Polisi Amankan Dua Pria yang Dicurigai
Selasa, 23 Mei 2017 20:47

Terkait Bom di Konser Ariana Grande, Polisi Amankan Dua Pria yang Dicurigai

Ledakan bom terjadi di kompleks Manchester Arena yang menjadi lokasi konser penyanyi ternama Amerika Serikat (AS) Ariana Grande mengejutkan dunia. Kepolisian Inggris menangkap seorang pria berusia 23 tahun, yang diduga terkait bom bunuh diri di Manchester.

Pemkab Rohil Klaim Masyarakat Tahu Bahaya HIV, Tapi...
Selasa, 23 Mei 2017 20:24

Pemkab Rohil Klaim Masyarakat Tahu Bahaya HIV, Tapi...

Menurut Sekretaris Dinkes Kabupaten Rohil, Syamsul, sudah banyak masyarakat yang mengetahui tentang bahaya virus HIV/AIDS bagi tubuh, namun masih sangat minim dalam implementasi.  Hal ini diungkapkannya kepada saat berbincang dengan bertuahpos.com, Selasa (23/5/2017).

Puluhan Ton Gula Tidak Memiliki Izin Edar BPOM Disegel
Selasa, 23 Mei 2017 20:19

Puluhan Ton Gula Tidak Memiliki Izin Edar BPOM Disegel

Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1438 H-2017 M, BBPOM Sumbar melakukan penyegelan puluhan ton gula tidak memiliki izin edar BPOM di Kota Payakumbuh

Inilah Tempat Pengabdian Tenaga Medis Nusantara Sehat di Rohil
Selasa, 23 Mei 2017 20:14

Inilah Tempat Pengabdian Tenaga Medis Nusantara Sehat di Rohil

Kecamatan Pasir Limau Kapas merupakan salah satu kecamatan dan daerah yang berada di area perbatasan Kabupaten Rokan Hilir. Daerah ini merupakan salah satu area terluar, sehingga

Sudirman Cup, Indonesia Dipermak India 1-4
Selasa, 23 Mei 2017 20:05

Sudirman Cup, Indonesia Dipermak India 1-4

Tim beregu campuran bulutangkis Indonesia memulai petualangannya di Piala Sudirman 2017, menghadapi India di grup 1A, di Carrara Sport and Leissure, Gold Coast, Australia, Selasa (23/5/17).

Tradisi Balimau Kasai di Kampar Datangkan Berkah Bagi Pengusaha Pelampung
Selasa, 23 Mei 2017 20:00

Tradisi Balimau Kasai di Kampar Datangkan Berkah Bagi Pengusaha Pelampung

Tradisi Balimau Kasai oleh masyarakat Kampar, Riau, ternyata mendatangkan berkah bagi Azhar, sorang penyedia jasa sewa ban bekas sebagai pelampung untuk berenang.