Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik

Minggu, 25 Desember 2016 12:00
Lewat Buku dan Internet, Robi Hasilkan Banyak Alat Musik
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya. Seperti yang dilakukan oleh Robithah Irawan yang kini telah banyak memproduksi alat musik.
 
Pria berperawakan kulit putih ini bercerita memulai usahanya membuat alat musik sejak tahun 2013. Beliau menjelaskan mempelajari cara membuat alat musik seperti gitar, gambus dan kajun hanya dari buku dan internet.
 
Berawal dari kecintaanya dengan gitar terutama gitar klasik, pria yang sering disapa Robi atau Irawan ini menjelaskan semuanya berawal dari kesulitan menemukan gitar klasik yang sesusai ekspektasi. 
 
"Saat masih kuliah di jurusan sendratasik UIR saya mencari gitar klasik ke toko-toko musik yang ada di Pekanbaru, namun saya tidak menemui yang sesusai ekspetasi saya. Kebanyakan gitar klasik yang dijual merupakan gitar klasik biasa yang tidak full kayu. Jikapun ada yang full kayu harganya pasti mahal, seperti gitar klasik yang berasal dari Spanyol yang harganya mencapai 20 jutaan rupiah yang tentunya tidak terjangkau oleh dompet mahasiswa," terang Robi.
 
Dari kesulitannya menemukan gitar klasik yang sesuai harapan, barulah Robi dikasih wawasan oleh salah satu dosennya saat itu untuk membuat sendiri gitar klasik dengan melihat youtube dan buku yang diberi langsung oleh dosennya.
 
Butuh setahun pembelajaran bagi pria yang kini sudah memiliki dua orang anak ini untuk benar-benar berhasil menciptakan gitar klasik berstandar internasional. Banyak kendala yang ditemui Robi selama setahun. Seperti, peralatan yang belum lengkap serta material yang susah dicari karena untuk menghasilkan gitar klasik yang bagus dibutuhkan material pilihan seperti material import. Barulah ditahun 2014 Robi benar-benar bisa menghasilkan gitar klasik berstandar nasional dan sudah mulai menjualnya.
 
Untuk proses pengerjaan Robi menjelaskan dibutuhkan 1 hingga 3 bulan untuk mengerjakan beberapa alat musik, terutama gitar klasik. Bertempatkan sebuah rumah tipe 36 Jalan Kubang Raya-Panam Perumahan Kualu Raya Permai, kini sudah banyak alat musik yang dihasilkan Robi. Bahkan ada beberapa alat musik yang dihasikan Robi yang pasarnya sudah menembus tingkat nasional. 
 
"Terakhir ada pesanan gitar klasik ke Medan. Untuk harga, gitar klasik berharga 3 hingga 10 juta keatas. Tentunya lebih murah setengah harga dari gitar klasik standar eropa yang bisa mencapai 20 juta rupiah, namun tentunya tidak kalah dengan gitar klasik standar internasionl," terang Robi.
 
Selain membuat alat musik yang sudah bersatndar internasional, Robi juga membuat beberapa ciri khas disetiap alat musik yang dibuatnya. Seperti menerapkan bentuk ornamen melayu pada setiap alat musik yang dibuatnya, seperti di gambus dan gitar klasik. Adapun ornamen yang sering diterapkan Robi adalah ornamen pucuk rebung dan lembah begayut.
 
"Jangan melupakan tanah kelahiran kita. Dengan menerapkan ornamen melayu pada alat musik kita, artinya kita turut melestarikan budaya kita sendiri," jelas Alumni Universitas Islam Riau ini.
 
Kedepannya, Robi berharap untuk terus tetap eksis dengan usahanya dan tidak terlalu mengharapkan bantuan yang ada tanpa bermaksud menolak jika ada yang memberi bantuan. "Sementara fokus dulu sendiri, jika ada bantuan dari pemerintah alhamdulillah, jika tidak saya masih bisa untuk terus berkarya," tambah Robi
 
Penulis: Teguh Asrin
TRAVELLING

Berita Terkini

Realisasi Rumah Subsidi REI Riau Baru 58 Persen
Rabu, 23 Agustus 2017 13:15

Realisasi Rumah Subsidi REI Riau Baru 58 Persen

Real Estate Indonesia (REI) wilayah Riau baru berhasil membangun 58 persen rumah bersubsidi. Sepanjang tahun 2017, REI menargetkan sebanyak 12 ribu unit rumah bersubsidi di Riau.

Triwulan III Tahun 2017, Okupansi Hotel Alami Penurunan
Rabu, 23 Agustus 2017 13:05

Triwulan III Tahun 2017, Okupansi Hotel Alami Penurunan

Pada triwulan III tahun 2017, okupansi atau jumlah hunian kamar alami penurunan. Seperti yang diungkapkan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Riau, Ondik Sukmara.

Bisnis Tahunan Sapi Kurban Ternyata Menjanjikan
Rabu, 23 Agustus 2017 12:51

Bisnis Tahunan Sapi Kurban Ternyata Menjanjikan

Momentum lebaran Idul Adha mendatangkan berkah bagi pedagang sapi kurban. Maka tidak jarang di antara mereka harus meninggalkan bisnis lain, hanya untuk berjualan sapi kurban jelang lebaran. 

Gong Berbunyi, Pacu Jalur 2017 Resmi Dibuka
Rabu, 23 Agustus 2017 12:38

Gong Berbunyi, Pacu Jalur 2017 Resmi Dibuka

Pembukaan festival pacu jalur 2017, dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (23/8/2017), bertempat Lapangan Limuno, Teluk Kuantan.

Samsung J5 Pro, Smartphone Terlaris Minggu Ini
Rabu, 23 Agustus 2017 12:25

Samsung J5 Pro, Smartphone Terlaris Minggu Ini

Samsung J5 Pro tampaknya menjadi idola di Pekanbaru akhir-akhir ini. Terbukti di Gerai Samsung Mall Pekanbaru, smartphone terlaris adalah Samsung J5 Pro.

Takut Rugi, Peternak Pilih Turunkan Jumlah Pasokan Sapi Kurban
Rabu, 23 Agustus 2017 12:25

Takut Rugi, Peternak Pilih Turunkan Jumlah Pasokan Sapi Kurban

Kenaikan harga sapi kurban tahun ini membuat pedagang sapi kurban menurunkan jumlah stok sapi. Hal ini diuangkapkan oleh Indra, seorang pedagang sapi kurban di Pekanbaru. 

#PilgubRiau Ini Alasan Achmad Pilih Perahu PPP
Rabu, 23 Agustus 2017 12:15

#PilgubRiau Ini Alasan Achmad Pilih Perahu PPP

Setelah mengantarkan berkas penjaringan ke PAN, Achmad mengembalikan formulir Pendaftaran bakal calon Gubernur Riau ke DPW PPP.

Ada Rahim Buatan Untuk Bayi Prematur
Rabu, 23 Agustus 2017 12:02

Ada Rahim Buatan Untuk Bayi Prematur

Tim ilmuan di Philadelphia, Amerika Serikat berhasil menciptakan rahim buatan untuk bayi prematur. Mereka telah mempubliskan penelitian itu dengan uji coba terhadap anak domba prematur awal tahun lalu.

Harga Sapi Kurban Naik Sampai Rp 1 Juta di Pekanbaru
Rabu, 23 Agustus 2017 11:25

Harga Sapi Kurban Naik Sampai Rp 1 Juta di Pekanbaru

Harga sapi kurban pada lebaran Idul Adha tahun ini mengalami kenaikan hingga Rp 1 juta.

Antar Berkas Pendaftaran, Achmad Tiba Lebih Dulu Ketimbang Firdaus MT
Rabu, 23 Agustus 2017 11:15

Antar Berkas Pendaftaran, Achmad Tiba Lebih Dulu Ketimbang Firdaus MT

Bakal calon Gubernur Riau, Achmad tiba lebih dulu ke Kantor DPW PPP Wilayah Riau, Rabu (23/08/2017).