Hobi Jalan-Jalan, Pria Ini Hafal Legenda dan Tradisi Mistik di Indonesia

Minggu, 06 November 2016 22:44
Hobi Jalan-Jalan, Pria Ini Hafal Legenda dan Tradisi Mistik di Indonesia

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sebagai salah seorang wartawan senior, nama Djoko Su’ud Sukahar tentu sudah tidak asing lagi. Berbagai tulisan telah dilahirkannya.

Bagi anda yang penasaran dengan siapa itu Djoko Su’ud Sukahar, berikut ini sekilas mengenai kehidupan pria yang akrab dipanggil Djoko tersebut.

Djoko Su’ud Sukahar lahir pada tanggal 17 November 1954 di sebuah desa kecil bernama Karanggeneng, Lamongan, Jawa Timur. Besar dalam ‘kultur Majapahit’ dan ‘tradisi wali’ membuatnya tertarik mendalami serat, babad, dan sejarah sejak muda.

Kesukaannya jalan-jalan menjadikannya hafal legenda, sejarah serta tradisi mistik suku-suku di Indonesia. Sekitar 60 persen sampai 70 persen pernik-pernik suku itu didalaminya. Bahkan, berbagai keyakinan serta mantra dia kritisi untuk diambil hikmahnya, dan diuji secara pribadi tingkat kebaikan serta destruksinya.

Tidak hanya seputar tradisi mistis di Indonesia saja yang dia jelajahi, Djoko sendiri ternyata pernah cukup lama bermukim di Negera Srilanka dan India. Wilayah-wilayah mistik di ‘Negara Buddha’ dan ‘Negara Hindu’ itu dimasukinya.

"Dulu masa muda gak pernah diam, kamana-mana saya lakoni, kedarah-daerah yang banyak mistiknya sudah dilewati, dengan berkunjung dinegara lain dan wilayah lain. Banyak hal yang dapat diketahui, mulai dari budaya dan mistiknya," ujarnya kepada kru bertuahpos dengan logat jawanya.

'Wong Lamongan' Djoko su'ud Sukahar atau akrab dipanggil mas Joko ini selalu bernomaden, dan tak lantas juga menjalankan umroh di penghujung millennium tiga, tepat bulan puasa sampai Hari Raya Idul Fitri. 

Sebagai seorang penulis, kala itu metafisika Indonesia terdegradasi akibat ‘ketidak-tahuan’ penulisnya, melalui Jawa Pos Grup mas Joko juga mendirikan Tabloid Posmo. Tujuannya untuk menggugah para spiritualis dan antropolog negeri ini kritis, agar ‘kekayaan’ tidak dilahap bangsa lain.

"Bikin tabloid yang namanya Tabloid Posmo kala itu, tujuannya untuk menggugah para spiritualis dan antropolog biar gak diambil bangsa lain, "sebutnya. 

Sekarang penulis sebagai kolumnis tetap di detik serta mengisi kolom sama di Harian Politik Rakyat Merdeka, Jakarta. Di harian politik itu penulis mendapat atribut sebagai ‘Dukun Politik’, memprediksi ‘negara dan nayaganya’ setiap terjadi momen besar politik.

Sebagai wartawan dan sastrawan, tahun 1970-an penulis mendirikan Majalah Seniman ‘Loka Sastra’. Majalah ini kerjasama dengan Dewan Kesenian Surabaya (DKS). 

Setelah itu pernah sebagai redaktur Harian Pagi Memorandum Surabaya, Redaktur Pelaksana Mingguan Lensa Utara Manado, Redaktur Pelaksana The Archipelago Magazine Denpasar, Pemimpin Redaksi Tabloid Politik Oposisi, Pemimpin Redaksi Tabloid Hukum Gugat dan Pemimpin Umum Tabloid Metafisika Posmo yang berpusat di Surabaya.

Tidak hanya itu, dia juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi Harian Pagi Hukum dan Kriminal Pos Metro Jakarta, Pemimpin Redaksi Tabloid Ekonomi Tender dan Proyek Jakarta, Pemimpin Redaksi Majalah Agrofarm Jakarta dan saat ini dia menjadi Pemimpin Redaksi Nasionalisme.co.

Tiga buku telah diterbitkan oleh bapak berambut gondrong ini, Pertama berjudul Tafsir Serat Suluk Gatolotjo, diterbitkan Penerbit Bentang Budaya, Jogyakarta. Kedua Tafsir Gatolotjo & Sakralitas Yoni, diterbitkan Penerbit Narasi, Jogyakarta. Terakhir adalah Satrio Piningit, Menunggu Ratu Adil Nusantara, diterbitkan  Penerbit Narasi, Jogyakarta.

Penulis : Ely

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Mutasi Kepala SMA Asal-asalan, DPRD Riau Panggil Dinas Pendidikan
Rabu, 21 Pebruari 2018 10:15

Mutasi Kepala SMA Asal-asalan, DPRD Riau Panggil Dinas Pendidikan

DPRD Riau akan memanggil Dinas Pendidikan dalam waktu dekat.

Lowongan Kerja Tenaga Pengajar di Pekanbaru
Rabu, 21 Pebruari 2018 10:00

Lowongan Kerja Tenaga Pengajar di Pekanbaru

SD & SMP Islam Plus As-Syahira Amka sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi tenaga pengajar/guru.

Pemprov Riau Dituding Asal-asalan Mutasi Kepala SMA
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:45

Pemprov Riau Dituding Asal-asalan Mutasi Kepala SMA

Pemprov Riau dituding melakukan mutasi Kepala SMA dengan asal-asalan.

Rencana Bangun Pasar Induk, Pemprov Riau Ingin Pemko Tawarkan Konsep Jelas
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:30

Rencana Bangun Pasar Induk, Pemprov Riau Ingin Pemko Tawarkan Konsep Jelas

Pemprov Riau ingin Pemko Pekanbaru punya tawaran konsep jelas terkait rencana akan dibangunnya pasar induk.

Cek Daerah yang Terimbas Pemadaman Listrik di Pekanbaru Hari Ini
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:15

Cek Daerah yang Terimbas Pemadaman Listrik di Pekanbaru Hari Ini

PLN kembali akan melakukan pemadaman listrik untuk daerah Kota Pekanbaru dan sekitarnya hari ini, Rabu (21/2/2018).

Pagi dan Siang Cerah Berawan, Malam Hari Riau Diguyur Hujan
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:00

Pagi dan Siang Cerah Berawan, Malam Hari Riau Diguyur Hujan

BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan kondisi cuaca di Riau pada pagi ini, Rabu (21/2/2018) cerah dan berawan pada pagi hingga siang hari.

Kriteria Calon Suami(1): Seorang Mukmin Dengan Akidah yang Lurus dan Taat
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:45

Kriteria Calon Suami(1): Seorang Mukmin Dengan Akidah yang Lurus dan Taat

Memilih pasangan hidup bukan hanya harus dilakukan oleh kaum laki-laki, tetapi juga perempuan. Perempuan harus tahu lelaki seperti apa yang dianjurkan Islam untuk menikah dengannya.

3 Hotspot Muncul Lagi di Riau
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:31

3 Hotspot Muncul Lagi di Riau

Sebanyak 3 titik panas (hotspot) kembali terdeteksi keberadaanya di Provinsi Riau.

BKD Riau: Oknum PNS Penipu Itu Sudah Lama Tak Masuk Kantor
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:13

BKD Riau: Oknum PNS Penipu Itu Sudah Lama Tak Masuk Kantor

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan mengatakan oknum PNS melakukan penipuan itu memang sudah lama tidak masuk kantor. Namanya Yulizarman Indal. Kata Ikwan dia adalah pegawai di Biro Umum Setdaprov Riau.

UCL: Munchen Benamkan Besiktas 5-0
Rabu, 21 Pebruari 2018 05:27

UCL: Munchen Benamkan Besiktas 5-0

Bayern Munchen mampu memetik kemenangan telak di pertandingan leg pertama babak 16 besar final UEFA Champions League (UCL), Rabu (21/2/2018) dini hari.