Hobi Jalan-Jalan, Pria Ini Hafal Legenda dan Tradisi Mistik di Indonesia

Minggu, 06 November 2016 22:44
Hobi Jalan-Jalan, Pria Ini Hafal Legenda dan Tradisi Mistik di Indonesia

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sebagai salah seorang wartawan senior, nama Djoko Su’ud Sukahar tentu sudah tidak asing lagi. Berbagai tulisan telah dilahirkannya.

Bagi anda yang penasaran dengan siapa itu Djoko Su’ud Sukahar, berikut ini sekilas mengenai kehidupan pria yang akrab dipanggil Djoko tersebut.

Djoko Su’ud Sukahar lahir pada tanggal 17 November 1954 di sebuah desa kecil bernama Karanggeneng, Lamongan, Jawa Timur. Besar dalam ‘kultur Majapahit’ dan ‘tradisi wali’ membuatnya tertarik mendalami serat, babad, dan sejarah sejak muda.

Kesukaannya jalan-jalan menjadikannya hafal legenda, sejarah serta tradisi mistik suku-suku di Indonesia. Sekitar 60 persen sampai 70 persen pernik-pernik suku itu didalaminya. Bahkan, berbagai keyakinan serta mantra dia kritisi untuk diambil hikmahnya, dan diuji secara pribadi tingkat kebaikan serta destruksinya.

Tidak hanya seputar tradisi mistis di Indonesia saja yang dia jelajahi, Djoko sendiri ternyata pernah cukup lama bermukim di Negera Srilanka dan India. Wilayah-wilayah mistik di ‘Negara Buddha’ dan ‘Negara Hindu’ itu dimasukinya.

"Dulu masa muda gak pernah diam, kamana-mana saya lakoni, kedarah-daerah yang banyak mistiknya sudah dilewati, dengan berkunjung dinegara lain dan wilayah lain. Banyak hal yang dapat diketahui, mulai dari budaya dan mistiknya," ujarnya kepada kru bertuahpos dengan logat jawanya.

'Wong Lamongan' Djoko su'ud Sukahar atau akrab dipanggil mas Joko ini selalu bernomaden, dan tak lantas juga menjalankan umroh di penghujung millennium tiga, tepat bulan puasa sampai Hari Raya Idul Fitri. 

Sebagai seorang penulis, kala itu metafisika Indonesia terdegradasi akibat ‘ketidak-tahuan’ penulisnya, melalui Jawa Pos Grup mas Joko juga mendirikan Tabloid Posmo. Tujuannya untuk menggugah para spiritualis dan antropolog negeri ini kritis, agar ‘kekayaan’ tidak dilahap bangsa lain.

"Bikin tabloid yang namanya Tabloid Posmo kala itu, tujuannya untuk menggugah para spiritualis dan antropolog biar gak diambil bangsa lain, "sebutnya. 

Sekarang penulis sebagai kolumnis tetap di detik serta mengisi kolom sama di Harian Politik Rakyat Merdeka, Jakarta. Di harian politik itu penulis mendapat atribut sebagai ‘Dukun Politik’, memprediksi ‘negara dan nayaganya’ setiap terjadi momen besar politik.

Sebagai wartawan dan sastrawan, tahun 1970-an penulis mendirikan Majalah Seniman ‘Loka Sastra’. Majalah ini kerjasama dengan Dewan Kesenian Surabaya (DKS). 

Setelah itu pernah sebagai redaktur Harian Pagi Memorandum Surabaya, Redaktur Pelaksana Mingguan Lensa Utara Manado, Redaktur Pelaksana The Archipelago Magazine Denpasar, Pemimpin Redaksi Tabloid Politik Oposisi, Pemimpin Redaksi Tabloid Hukum Gugat dan Pemimpin Umum Tabloid Metafisika Posmo yang berpusat di Surabaya.

Tidak hanya itu, dia juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi Harian Pagi Hukum dan Kriminal Pos Metro Jakarta, Pemimpin Redaksi Tabloid Ekonomi Tender dan Proyek Jakarta, Pemimpin Redaksi Majalah Agrofarm Jakarta dan saat ini dia menjadi Pemimpin Redaksi Nasionalisme.co.

Tiga buku telah diterbitkan oleh bapak berambut gondrong ini, Pertama berjudul Tafsir Serat Suluk Gatolotjo, diterbitkan Penerbit Bentang Budaya, Jogyakarta. Kedua Tafsir Gatolotjo & Sakralitas Yoni, diterbitkan Penerbit Narasi, Jogyakarta. Terakhir adalah Satrio Piningit, Menunggu Ratu Adil Nusantara, diterbitkan  Penerbit Narasi, Jogyakarta.

Penulis : Ely

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif
Rabu, 13 Desember 2017 20:37

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif

PT. RAPP memberi jawaban klarifikasi atas semua tuduhan. Termasuk tudingan bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto itu telah membangkang, dan melawan negara. 

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?
Rabu, 13 Desember 2017 20:02

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?

Polda Riau pernah punya rekor bagus tangani kasus lingkungan hidup dan kehutanan.

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba
Rabu, 13 Desember 2017 19:58

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba

Pansus Napza DPRD Riau meminta pihak penyedia dunia hiburan memberikan peranannya dalam mencegah peredaran narkoba.

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!
Rabu, 13 Desember 2017 18:50

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!

PT BATIQA Hotel Manajemen akan segera membuka hotel ke-tujuhnya, BATIQA Hotel Darmo – Surabaya yang berlokasi strategis di Jl. Darmokali No. 60, pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang. Jelang pembukaan acara tersebut, tim BATIQA Hotels telah menginformasikan serangkaian acara pre-opening, termasuk di dalamnya kompetisi seni: BATIQART Competition yang mengangkat tema “Bangga Dadi Arek Suroboyo” bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di kota Surabaya.

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar
Rabu, 13 Desember 2017 16:33

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar

Bersempena dengan kegiatan sosial Ayo khitan Indonesia (AKHI) 2017,  juga akan digelar Tabligh Akbar bersama Ustaz Mustafa Umar yang akan dilaksanakan di Masjid Raya An Nur Pekanbaru,  Ahad (24/12/2017). 

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla
Rabu, 13 Desember 2017 16:20

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla

Di 100 hari kinerjanya, Kapolda Riau dianggap tak terbuka terhadap perkembangan kasus karhutla di Riau.

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia
Rabu, 13 Desember 2017 16:12

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia

 Peredaran narkoba mulai masuk di tingkat yang mengkhawatirkan. Dari seluruh daerah di Indonesia, Riau menempati peringkat 13 daerah dengan peredaran narkoba terbanyak.

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri
Rabu, 13 Desember 2017 15:20

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri

Jikalahari nilai kinerja Polda Riau lamban dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Karenanya Jikalahari akan teruskan kasus tersebut pada Mabes Polri.

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres
Rabu, 13 Desember 2017 15:10

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memenuhi undangan untuk menghadiri acara pisah sambut Kapolres Inhil di Gedung Abdurrahman Siddik STAI Auliaurrasyidin, Tembilahan Hulu. 

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar
Rabu, 13 Desember 2017 14:57

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar

Bangun Riau Complex, RAPP disebut mendapatkan utangan dari pihak ketiga sebanyak USD 1 miliar.