Chris Willy: Kerja Itu Jangan Perhitungan

Senin, 23 Oktober 2017 07:34
Chris Willy: Kerja Itu Jangan Perhitungan
Hotel Manager Red Planet Chris Willy

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Karir yang dijalani Manager Red Planet Hotel Chris Willy terbilang cukup cepat. Di usia 28 tahun dia sudah dipercaya menjabat sebagai manager.

Selepas meeting, Chris akhirnya bisa ditemui di Red Planet Hotel Pekanbaru dan mengajak bertuahpos.com ke Kopi Oey. Mengenakan jas hitam, pria asli Pekanbaru tersebut menceritakan perjalanan karirnya sambil menikmati minuman.

Chris Willy sejak dulu memang ingin menjajal dunia perhotelan. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Chris memilih kuliah bidang Perhotelan di Malaysia. 

“Awalnya enggak ada kepikiran di dunia perhotelan. Kemudian ada teman ngajakin, ini bro kuliah diperhotelan. Kemudian saya browsing dan cari tahu segala informasinya, dan ternyata perhotelan itu kuliahnya lebih banyak geraknya, kebetulan saya tipe orang yang suka banyak interaksi dan prakteknya dari pada teori,” ungkapnya.

Keluarga Chris sendiri tidak mempersoalkan dirinya mengambil kuliah di bidang perhotelan, meski di waktu itu, sebagian masyarakat masih ada yang beranggapan dunia hotel itu 'agak gelap'. Namun, ia berhasil meyakinkan keluarga bahwa hotel itu cakupannya besar dan keluargapun berpesan, agar kuliah dengan beres dan jangan main-main.

Masuk dan lulus dari bangku kuliah tahun 2008 sampai 2010 akhir, dikatakan Chris, saat itu kebetulan Silk Air opening di Pekanbaru Riau ia memilih untuk bergabung sebelum mendapatkan lowongan di dunia perhotelan. “Sebelas duabelas, sih. Yang namanya bidang jasa itu pasti ada menghadapi komplain-komplain,” kata Anak ke keempat dari empat bersaudara ini.
 
Tidak butuh waktu lama, selama 6 bulan bekerja di maskapai penerbangan, dia mendapat referensi dari teman yang bekerja di hotel rekanan. “Kebetulan ada Human Resources Development (HRD) hotel Red Planet yang menginap di hotel rekanan. Jadi saat itu Red Planet sedang membuka lowongan, masih ada kurang 1 karyawan yang mau dicari. Lalu saya ditelepon teman saya, dia saat itu baru bekerja di hotel rekanan, jadi dia referensikan ke saya,” kenang Chris.
 
Lalu Chris menghubungi HRD-nya, dan besoknya langsung interview ekspress. “Jadi siangnya HRD sudah mau kembali ke Jakarta, jadi paginya saya interview. Lalu HRD melihat tidak ada kekurangan, lulusan juga ok. Kenapa tidak, bisa berbahasa inggris juga jadi nilai plus, dan akhirnya keterima,” sebut laki-laki yang memiliki hobi olahraga ini.
 
Diterima pertama kali di Red Planet sebagai resepsionis selama 1,5 tahun, dari tahun 2012, ia tidak butuh waktu lama dan kembali mendapat promosi menjadi supervisor selama 1,5 tahun kemudian dan kembali dipromosi menjadi HM  pada tahun 2015.
 
Laki-Laki yang masih lajang ini tentu punya cerita suka duka yang dialami selama menggeluti dunia perhotelan ini, baginya dengan perusahaan jangan pernah perhitungan dalam bekerja. Hal ini sudah dibuktikan Chris selam 5 tahun ini, menurutnya apa yang didapat selama ini sesuai dengan apa yang ia lakukan untuk perusahaan. “Yang penting jangan bekerja dengan perhitunganlah, dikit-dikit perhitungan. Pelit,” sarannya.
 
Ketika disinggung bagaimana ia menghadapi kondisi saat jenuh dalam bekerja, pria kelahiran Pekanbaru, 31 Juli 1989 ini mengatakan bahwa dia akan keluar cari teman untuk ngobrol dan berguna dan pastinya sambil jualan. “Kalau misalnya bosan, tidak ada kegiatan sama sekali, ya paling saya keluar cari temen gitu, ngobrol. Ya teman yang bergunalah yah, mungkin yang ada perusahaannya. Sambil kenalin, sambil jualan gitu. Dan lumayan lah ya, paling 60%
atau 70% ada lah kasih tamunya ke kita. Setidaknya ya produktif lah,” katanya.

Biasanya jadwal saya, sambungnya, kalau di pagi hari saya kerjain dulu kerjaan kantor. Terus nanti makan siang baru barengan sama temen-temen saya yang bekerja di PT lain. "Terus nanti sekitar pukul 13.00 WIB itu saya ngopi sama orang pemerintahan. Jadi saya sudah ada temen di pemerintahan itu memang sudah lumayan dekat. Terutama di bagian militer, brimob, satpol pp, dan Polri. Jadi setiap siang itu saya pasti ngopi sama mereka, sosialisasi lah, kita enggak tau kapan kita butuh bantuan mereka," katanya. “Kita bukan memanfaatkan, kita pasti suatu hari ada butuh bantuan dari mereka, baik itu kita
udah gak bekerja disini ataupun dimana kita bekerja nanti,” tukasnya.(mg3/bpc7)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Ini Alasan Pengunjung Pilih Berolahraga Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 20:25

Ini Alasan Pengunjung Pilih Berolahraga Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru

Sore hari,  Masjid Raya An Nur kerap menjadi pilihan masyarakat untuk berolahraga. 

Bawaslu Sebut Dirinya Terlibat Politik Praktis, Sekda M Noer bersikukuh Tak Bersalah
Selasa, 23 Januari 2018 20:14

Bawaslu Sebut Dirinya Terlibat Politik Praktis, Sekda M Noer bersikukuh Tak Bersalah

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer, tetap bersikukuh dirinya tidak bersalah sekalipun Badan Pengawas Pemilhan Umum (Bawaslu) Riau telah mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Potret Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 19:02

Potret Sore di Masjid Raya An Nur Pekanbaru

Terik matahari mulai memudar, angin sepoi-sepoi membuat dedaunan disekitaran halaman Masjid Raya An Nur manari-nari. 

12 Februari 2018, Paslon Gubri Petahana Wajib Cuti Kampanye
Selasa, 23 Januari 2018 17:36

12 Februari 2018, Paslon Gubri Petahana Wajib Cuti Kampanye

KPU Riau akan menetapkan Paslon Gubri pada tanggal 12 Februari nanti. Setelah itu, para calon kepala daerah aktif sudah harus cuti kampanye.

Usai Tes, ASN Melepas Penat di Masjid Kantor Walikota Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 17:27

Usai Tes, ASN Melepas Penat di Masjid Kantor Walikota Pekanbaru

Usai mengikuti tes kompetensi, beberapa orang Aparatur Sipil Negera (ASN) yang mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kota Pekanbaru, memilih untuk beristirahat di Masjid Kantor Walikota Pekanbaru.

Hafal Juz Amma? Ada Info Lowongan Kerja Guru dan Kepala Sekolah
Selasa, 23 Januari 2018 17:10

Hafal Juz Amma? Ada Info Lowongan Kerja Guru dan Kepala Sekolah

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini SD Taruna Islam sedang membuka kesempatan kerja untuk ditempatkan di SD dan TK pada posisi guru dan kepala sekolah. 

Pantau Pelanggaran di Media Sosial, Bawaslu Riau Bentuk Tim Siber
Selasa, 23 Januari 2018 17:00

Pantau Pelanggaran di Media Sosial, Bawaslu Riau Bentuk Tim Siber

Bawaslu Riau akan membentuk tim siber yang bertugas untuk memantau pelanggaran pemilu di dunia maya. Tim siber ini mempunyai 4 sampai 6 personel, dan merupakan orang yang ahli di bidangnya.

49 ASN Ikuti Tes kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan PTP Pemko Pekanbaru
Selasa, 23 Januari 2018 16:36

49 ASN Ikuti Tes kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan PTP Pemko Pekanbaru

Usai lulus seleksi administrasi, sebanyak 49 orang Aparatur Sipil Negera (ASN) eselon II dan eselon III mengikuti tes kompetensi seleksi terbuka yang dilaksanakan mulai siang ini, Selasa (23/1/2018).

Bawaslu Riau Telah Rekomendasikan Kasus Sekdako Pekanbaru ke Menpan-RB
Selasa, 23 Januari 2018 16:25

Bawaslu Riau Telah Rekomendasikan Kasus Sekdako Pekanbaru ke Menpan-RB

Bawaslu Riau tetap bergeming dan telah melimpahkan kasus indikasi ketidaknetralan politik Sekdako Pekanbaru M. Noer ke Menpan-RB, KASN dan instansi terkait.

Arara Cafe dan Resto, Tempat Makan Baru Sajikan Santapan Melayu Minang
Selasa, 23 Januari 2018 16:15

Arara Cafe dan Resto, Tempat Makan Baru Sajikan Santapan Melayu Minang

Mencari tempat makan siang bersama rekan, sahabat dan juga keluarga? Coba saja datang ke Arara Cafe dan Resto, di Jalan Kenanga Pekanbaru.