Cerita Seorang Ibu Banting Tulang Demi Menafkahi Dua Orang Anaknya

Rabu, 15 November 2017 08:23
Cerita Seorang Ibu Banting Tulang Demi Menafkahi Dua Orang Anaknya
Foto: Ida/mg2

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Zubaida, wanita umur setengah abad  yang biasa disapa Ida ini, asli dari Desa Pulau Gadang, tepatnya di Kecamatan XIII Koto Kampar. Ia memiliki dua orang anak Diana dan Dendi, kedua anaknya kuliah di Universitas Riau. Namanya Diana, semester tujuh dan Dendi, semester lima. 

Zubaida seorang petani penyadap karet yang berpenghasilan pas-pasan untuk kehidupannya, tidak hanya pas-pasan bahkan kekurangan karena kebutuhan anaknya yang kuliah. Pagi buta sebelum berangkat bekerja Ibu dua anak ini shalat subuh terlebih dahulu.

Setiap hari Ida melakukan Pekerjaan itu. Memang begitu berat, karena jarang ada seorang ibu sekuat ini. Tapi, merasa sedih, nangis, kesal dan menyesal rasanya melihat Ida setelah tahu begitu beratnya mencari uang seribu demi seribu. 

Namun dengan penghasilan yang kekurangn, Ida tetap semangat dan bersyukur menghadapi kehidupannya. Pagi-pagi Ida sudah membersihkan rumahnya kemudian membawa pisau pek (pisau untuk menyadap karet) dan membawa ember bekas tempat cat, dengan berjalan kaki sejauh dua KM menuju kebunnya. 

Tak pernah lelah Ia selalu mengayunkan kakinya sejauh dua KM tiap hari dengan penuh semangat demi nafkah hidup dan keperluan kuliah anaknya agar kelak anaknya tidak seperti ibunya. "Saya berharap kenak anak saya tidak seperti saya," ungkapnya.

Ida sudah ditinggal suaminya 20 tahun yang lalu, sedari anak bungsunya masih dalam kandungan. Semenjak itu Ida sudah menafkahi anaknya sendiri tanpa seorang suami dan ayah dari anak-anaknya. Tak pernah mengeluh, itu yang selalu ia tanamkan dalam dirinya agar kelak anaknya bisa menamatkan gelar sarjana.

Tiap hari, Ida melakukan rutinitasnya menjadi penyadap karet. Itupun Ida menyadap karet orang yang hasilnya harus dibagi dengan pemiliknya. Sekali dalam seminggu Ida mulai panen hasil karetnya, kemudian memikul ember cat yang berisi karet dengan berat sekitar 50 Kg menuju ditepi jalan besar, berharap nanti si pembeli karet menjemputnya.

Tak nentu hasil yang dia dapat. Jika musim hujan karet tak bisa dipanen karena pohonnya basah jika musim panas malahan getahnya kering. "Berharap musim sedang-sedang saja sehingga hasilnyapun banyak. Namun cuaca tak menentu kadang panas kadang hujan," ungakapnya sambil lemas.

Jika hujan ia pun harus memberi pupuk pada getah satu persatu agar getah karet cepat beku dan tidak habis terkena hujan. Belum lagi saat menyadap karet banyak hewan buas yang dihadapi di dalam kebun. Tanpa disengaja terkadang binatang buas itu mengejutkan Ida yang datang tiba-tiba seperti ular, babi, dan masih ada binatang kecil yang lengket dikakinya seperti pacat. Ida tak mengenal rasa takut, lelah, penat, namun ibu dua orang anak ini tetap semangat melakonkan pekerjaannya.

Subuh-subuh Ida sudah bersiap-siap bergegas menuju kebun "karena cuaca masih dingin dan supaya cepat selesai dan dan tidak terlalu panas kadang ada yang merasa kasihan melihatnya saya dan memberikan tumpangan" katanya.

Hasil yang Ida dapat perminggu tidaklah banyak belum lagi kiriman belanja untuk anaknya di Pekanbaru tiap minggu, jika cuaca bagus maka ada dua ember karet yang Ia dapat namun jika cuaca tak bagus maka hanya satu ember yang Ida dapat, isi dalam ember tersebut berkisar lebih kurang 50 Kg. 

"Harga karet yang semakin lama semakin menurun hingga mencapai Rp.7.000,00 dulu ditahun 2008-2010 harga karet meninggkat hingga mencapai Rp. 15.000,00" ungkap Ida.

Itulah yang harus dirasakan ibu dua anak ini, membagi hasil panennya tiap minggu dengan dua anaknya yang kuliah di Pekanbaru, dan dibagi lagi dengan sipemilik kebun, banyak masyarakat yang terharu dengan Ida, dengan umurnya yang semakin tua, Ia masih kuat berjalan dua KM tiap harinya, demi kedua anaknya berharap kelak anaknya menjadi orang yang berguna bagi orang banyak nanatinya.

(mg2)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Diduga tak Waras, Aman Tikam Warga Hingga 3 Kali
Minggu, 19 November 2017 22:18

Diduga tak Waras, Aman Tikam Warga Hingga 3 Kali

Harianto (37) salah seorang warga Jalan Sungai Beringin Kelurahan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan,

 Keasaman Air Penyebab Tingginya Angka Kerusakan Gigi di Riau
Minggu, 19 November 2017 21:45

Keasaman Air Penyebab Tingginya Angka Kerusakan Gigi di Riau

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyebutkan bahwa kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut pada masyarakat Riau cukup tinggi.

HIPMI Akan Seleksi Penerima KUR Rp 25 Miliar
Minggu, 19 November 2017 19:06

HIPMI Akan Seleksi Penerima KUR Rp 25 Miliar

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau masih akan melakukan pemilahakn kelompok pengusaha pemula untuk dapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Setnov Masih Dijaga Ketat dan Belum Bisa Dibesuk
Minggu, 19 November 2017 18:55

Setnov Masih Dijaga Ketat dan Belum Bisa Dibesuk

Ketum Golkar Setya Novanto masih mendapatkan kawalan ketat dan belum bisa dibesuk. Hal demikian diungkapkan oleh Kuasa Hukum, Novanto Fredrich Yunadi.

M Dong : Bapaslon Perseorangan Inhil Harus Miliki 38.273 Dukungan dari 11 Kecamatan
Minggu, 19 November 2017 17:00

M Dong : Bapaslon Perseorangan Inhil Harus Miliki 38.273 Dukungan dari 11 Kecamatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) umumkan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhil Tahun 2018 mendatang. 

Pondok Khitan Berbagi Teknik Sunatan Modern, Seminar dan Workshop Berlangsung di Wagoon Coffee Pekanbaru
Minggu, 19 November 2017 16:29

Pondok Khitan Berbagi Teknik Sunatan Modern, Seminar dan Workshop Berlangsung di Wagoon Coffee Pekanbaru

Membagikan perkembangan khitan modern, Minggu (19/11/2017) Seminar dan Workshop dilaksanakan di Wagoon Coffee Pekanbaru.

Hei Ladies..  Ada Lowongan Kerja Admin Online Nih
Minggu, 19 November 2017 16:24

Hei Ladies.. Ada Lowongan Kerja Admin Online Nih

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja.  Toko Butik Pakaian & Hijab Mymimit Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi Admin Online 

Hingga Akhir Bulan November, CS Mal Hadirkan Program Hadiah
Minggu, 19 November 2017 16:22

Hingga Akhir Bulan November, CS Mal Hadirkan Program Hadiah

Ciputra Seraya Mal pekanbaru mengadakan program hadiah bagi para custumer disepanjang bulan November 2017.

Kenali Penyakit Filariasis dan Gejalanya, Serta Obat Pencegahan
Minggu, 19 November 2017 16:18

Kenali Penyakit Filariasis dan Gejalanya, Serta Obat Pencegahan

Penyakit Filariasis atau yang sering dikenal degan sebutan penyakit Kaki Gajah yang merupakan golongan penyakit menular. Penyakit ini disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk.

Jelang HGN 2017. Wardan : Berikan Pemahaman Kepada Anak Didik mengenai Ragam Suku, Agama, Ras dan Golongan
Minggu, 19 November 2017 15:35

Jelang HGN 2017. Wardan : Berikan Pemahaman Kepada Anak Didik mengenai Ragam Suku, Agama, Ras dan Golongan

Jelang masuknya Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 25 November, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sampaikan pesan tentang peran guru dalam pendidikan.