Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy

Senin, 14 November 2016 09:48
Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy
Komika Stand Up Comedy dari kiri ke kanan : Moh Sidik, Arafah, Arif Didu

BERTUAHPOS.COM(BPC), PEKANBARU- Ayah dari dua orang anak ini akrab dikenal dengan nama Arif Didu. Pria yang memulai karir di dunia stand up comedy pada tahun 2011 ini, ternyata memiliki cerita yang mengharukan sebelum menjadi seorang standup comedi terkenal.

Sebelum menjadi seorang komika, Arif Didu sudah merasakan berbagai pekerjaan mulai dari tukang kayu, pegawai kantoran, hingga menjadi koki dan menjual masakannya. “Sebelum jadi komika, saya pekerja serabutan,” ungkap Arif Didu saat mengisi acara meet and great SUN 7 pekan lalu.

Arif Didu menceritakan awal dirinya tertarik dengan dunia standup comedy, Arif Didu belajar secara otodidak. Pada kala itu Arif bersama enam temannya belajar stand up komedi di Komedi kafe di daerah Kemang. Mereka pun mencari referensi hanya melalui google.

“Saat itu standup di Indonesia masih sangat sedikit, Cuma ada Raditya Dika sama Panji. Gua belajar dari referensinya Radit sama Panji,” sebut Arif.

Arif mengaku dirinya pernah berjalan kaki sejauh 62 kilo dari daerah Prapanca hingga ke Kemang hanya untuk belajar stand up comedi.

“Rumah gua kan di Ciputat, dan waktu itu gua cuma punya uang Rp 6000,” lanjutnya.

Karena merasa malu ketika harus meminta uang kepada sang istri. Alhasil Arif Didu memutuskan untuk memanfaatkan uang Rp6000 sebagai ongkos transportasi dari komplek perumahaannya di daerah Ciputat hingga ke daerah Prapanca. Kemudian dari daerah Prapanca Arif Didu berjalan 5,1 Km menuju Komedi Kafe di daerah Kemang.

Setelah belajar secara otodidak, tepat awal 2011 Arif Didu menjadi salah satu finalis di acara stand up comedi yang pertama kali diadakan oleh kompas tv. Dan sejak saat itu Arif Didu menjadi komika terkenal di Indonesia hingga saat ini.

Kecintaannya pada stand up lah yang menurutnya mampu membuat dirinya tetap eksis hingga sekarang

“Menjadi unik itu pasti, tapi yang penting tetap menjaga kecintaan terhadap stand up. Selalu mencari bit-bit terbaru yang akan gua sajikan, bikin orang lain seneng itu ibadah,” jawabnya

Pria yang memiliki hobi memasak ini, sangat senang ketika banyak komika baru yang bermunculan, karena bisa mewarnai dunia stand up comedi. Arif juga tidak merasa tersaingi oleh para komika muda tersebut.

Arif Didu juga menceritakan suka duka menjadi seorang komika. Berdasarkan pengalamannya menjadi seorang komika, mendidik dan melahirkan komika baru merupakan kebahagian tersendiri baginya. Dia juga menceritakan pengalaman buruk sekaligus merupakan pengalaman lucu baginya.

Disaat itu Arif Didu mengisi salah satu acara coorporate di daerah Yogyakarta,namun setibanya Arif Didu di Acara tersebut, dirinya menemui panitia acara dan bertanya kepada panitia mengenai keadaan panggung saat dirinya tampil pada acara coorporate. Namun panitia enggan menjawab pertanyaannya dan tidak mengenali dirinya sebagai Arif Didu.

Segala pengalaman yang Arif Didu miliki selalu dia berikan kepada anak didiknya saat dirinya menjadi mentor di Suca.

Selain menjadi seorang komika, ternyata Arif Didu juga mahir dalam membuat handy craf. Arif mengatakan disaat dirinya tidak lagi di dunia stand up comedi, dia akan membuat restoran dan membuat sanggar kayu.

Arif menyarankan untuk para calon komika tidak perlu takut untuk belajar. Karena saat ini tidak seperti dulu, saat ini komunitas stand up komedi banyak dan bahan-bahan referensi juga banyak, mulai dari buku sampai video juga ada. Untuk menjadi komika silahkan datang ke komunitas yang sudah ada, dan setelah itu coba untuk open mix dan yang terpenting harus tekun dan selalu belajar menulis bit-bit.

Penulis: Vina

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Payudara Diremas Laki-Laki, Eh Gadis Muda Ini Malah Pura-Pura Tertidur
Selasa, 25 Juli 2017 01:55

Payudara Diremas Laki-Laki, Eh Gadis Muda Ini Malah Pura-Pura Tertidur

Merasakan sentuhan itu, gadis ini sedikit membuka matanya. Dia tidak bereaksi, dan membiarkan tangan laki-laki itu liar bergerak di area itu.

Waahh.. Stand Tiap Kecamatan di MTQ Pekanbaru Bersinar
Senin, 24 Juli 2017 23:00

Waahh.. Stand Tiap Kecamatan di MTQ Pekanbaru Bersinar

Stand-stand tiap kecamatan yang berdiri dibuat semegah dan se Islami mungkin. Ini dapat dilihat dari bentuk fasad (bentuk depan) stand yang menyerupai bentuk depan masjid.

Firdaus MT Minta Disdik Pekanbaru Evaluasi Oknum Nakal
Senin, 24 Juli 2017 20:15

Firdaus MT Minta Disdik Pekanbaru Evaluasi Oknum Nakal

Firdaus juga menjelaskan, bagi sekolah apalagi oknum yang melakukan pungutan liar, untuk segera mendapat evaluasi dari Dinas Pendidikan

Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taruf MTQ Pekanbaru ke-50
Senin, 24 Juli 2017 19:15

Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taruf MTQ Pekanbaru ke-50

Dalam pawai ta'ruf yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, setiap kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru mengutuskan perwakilannya.

PT Waskita Karya Diduga Suap Kadis PU Rohil dan Staf, Terkait Jembatan Pedamaran II
Senin, 24 Juli 2017 19:00

PT Waskita Karya Diduga Suap Kadis PU Rohil dan Staf, Terkait Jembatan Pedamaran II

Dari persidangan ini terungkap adanya pemberian sejumlah uang dari PT Waskita Karya, selaku kontraktor pelaksana  kepada Kepala Dinas PU Kabupaten Rohil.

Mobil Pribadi Kepala Jorong Dijadikan Ambulance
Senin, 24 Juli 2017 18:00

Mobil Pribadi Kepala Jorong Dijadikan Ambulance

Dirinya merasa tak tega melihat masyarakat yang dipimpinnya kesulitan saat hendak berobat mencari kenderaan transportasi menuju Rumah Sakit.

Kagum, Wabup Promosikan Hasil Karya Siswa SLB di Lingkungan Pemkab Rohil
Senin, 24 Juli 2017 17:55

Kagum, Wabup Promosikan Hasil Karya Siswa SLB di Lingkungan Pemkab Rohil

Wabup Rohil, Jamiludin mengaku terkesan dengan hasil karya siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) N 1 Bagansiapiapi.

Ketua DPRD Pekanbaru Dikabarkan Adu Jotos Dengan Anggota DPRD Riau
Senin, 24 Juli 2017 17:41

Ketua DPRD Pekanbaru Dikabarkan Adu Jotos Dengan Anggota DPRD Riau

Ketua DPRD Pekanbaru, Syahril, dikabarkan terlibat adu jotos dengan Masnur, anggota DPRD Riau, di salah satu ruangan Gedung DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Senin (24/7/2017).

BNNK Payakumbuh Sosialisasi Bahaya Narkoba Pada Komunitas Scooterist
Senin, 24 Juli 2017 17:36

BNNK Payakumbuh Sosialisasi Bahaya Narkoba Pada Komunitas Scooterist

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, menggelar pameran promosi P4GN pada acara Bavespa di Bumi Galamai - Taragak Basuo Scooterist Se-Sumatera ke XXIII di GOR Kubu Gadang Payakumbuh.

Seluruh Bakal Calon Penghulu di Siak Wajib Tes Baca Al-Quran
Senin, 24 Juli 2017 17:23

Seluruh Bakal Calon Penghulu di Siak Wajib Tes Baca Al-Quran

Sebanyak 115 bakal calon (balon) penghulu seluruh Kabupaten Siak melakukan tes tertulis di Kantor Bupati Siak pada hari ini, Senin (24/07/2017).