Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy

Senin, 14 November 2016 09:48
Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy
Komika Stand Up Comedy dari kiri ke kanan : Moh Sidik, Arafah, Arif Didu

BERTUAHPOS.COM(BPC), PEKANBARU- Ayah dari dua orang anak ini akrab dikenal dengan nama Arif Didu. Pria yang memulai karir di dunia stand up comedy pada tahun 2011 ini, ternyata memiliki cerita yang mengharukan sebelum menjadi seorang standup comedi terkenal.

Sebelum menjadi seorang komika, Arif Didu sudah merasakan berbagai pekerjaan mulai dari tukang kayu, pegawai kantoran, hingga menjadi koki dan menjual masakannya. “Sebelum jadi komika, saya pekerja serabutan,” ungkap Arif Didu saat mengisi acara meet and great SUN 7 pekan lalu.

Arif Didu menceritakan awal dirinya tertarik dengan dunia standup comedy, Arif Didu belajar secara otodidak. Pada kala itu Arif bersama enam temannya belajar stand up komedi di Komedi kafe di daerah Kemang. Mereka pun mencari referensi hanya melalui google.

“Saat itu standup di Indonesia masih sangat sedikit, Cuma ada Raditya Dika sama Panji. Gua belajar dari referensinya Radit sama Panji,” sebut Arif.

Arif mengaku dirinya pernah berjalan kaki sejauh 62 kilo dari daerah Prapanca hingga ke Kemang hanya untuk belajar stand up comedi.

“Rumah gua kan di Ciputat, dan waktu itu gua cuma punya uang Rp 6000,” lanjutnya.

Karena merasa malu ketika harus meminta uang kepada sang istri. Alhasil Arif Didu memutuskan untuk memanfaatkan uang Rp6000 sebagai ongkos transportasi dari komplek perumahaannya di daerah Ciputat hingga ke daerah Prapanca. Kemudian dari daerah Prapanca Arif Didu berjalan 5,1 Km menuju Komedi Kafe di daerah Kemang.

Setelah belajar secara otodidak, tepat awal 2011 Arif Didu menjadi salah satu finalis di acara stand up comedi yang pertama kali diadakan oleh kompas tv. Dan sejak saat itu Arif Didu menjadi komika terkenal di Indonesia hingga saat ini.

Kecintaannya pada stand up lah yang menurutnya mampu membuat dirinya tetap eksis hingga sekarang

“Menjadi unik itu pasti, tapi yang penting tetap menjaga kecintaan terhadap stand up. Selalu mencari bit-bit terbaru yang akan gua sajikan, bikin orang lain seneng itu ibadah,” jawabnya

Pria yang memiliki hobi memasak ini, sangat senang ketika banyak komika baru yang bermunculan, karena bisa mewarnai dunia stand up comedi. Arif juga tidak merasa tersaingi oleh para komika muda tersebut.

Arif Didu juga menceritakan suka duka menjadi seorang komika. Berdasarkan pengalamannya menjadi seorang komika, mendidik dan melahirkan komika baru merupakan kebahagian tersendiri baginya. Dia juga menceritakan pengalaman buruk sekaligus merupakan pengalaman lucu baginya.

Disaat itu Arif Didu mengisi salah satu acara coorporate di daerah Yogyakarta,namun setibanya Arif Didu di Acara tersebut, dirinya menemui panitia acara dan bertanya kepada panitia mengenai keadaan panggung saat dirinya tampil pada acara coorporate. Namun panitia enggan menjawab pertanyaannya dan tidak mengenali dirinya sebagai Arif Didu.

Segala pengalaman yang Arif Didu miliki selalu dia berikan kepada anak didiknya saat dirinya menjadi mentor di Suca.

Selain menjadi seorang komika, ternyata Arif Didu juga mahir dalam membuat handy craf. Arif mengatakan disaat dirinya tidak lagi di dunia stand up comedi, dia akan membuat restoran dan membuat sanggar kayu.

Arif menyarankan untuk para calon komika tidak perlu takut untuk belajar. Karena saat ini tidak seperti dulu, saat ini komunitas stand up komedi banyak dan bahan-bahan referensi juga banyak, mulai dari buku sampai video juga ada. Untuk menjadi komika silahkan datang ke komunitas yang sudah ada, dan setelah itu coba untuk open mix dan yang terpenting harus tekun dan selalu belajar menulis bit-bit.

Penulis: Vina

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen
Minggu, 24 September 2017 19:03

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen

Berbicara tentang ayam, tentu tidak asing lagi jika diolah menjadi beragam menu yang menggugah selera makan anda, apalagi ditambah sambal khas.  

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam
Minggu, 24 September 2017 15:59

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam

PT PLN (Persero) cabang Tembilahan terpaksa melakukan pemadaman dibeberapa wilayah. Pemadaman Sementara ini dikarnakan Gangguan di OGF 5 tepatnya di Rec.Coconaco (tiang listrik) karena di tabrak mobil, Ahad (24/9/2017)

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 15:05

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru

Pekanbaru Cassatta  bereksplorasi  dan mencoba  terobosan baru dalam mengolah buah Nanas yang menjadi  ciri  khas Kota Pekanbaru sebagai penghasil buah Nanas terbanyak dari inodnesia. Hal itulah yang menjadikan alasan sang komedian Deni Cagur membuka bisnisnya di Pekanbaru.

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi
Minggu, 24 September 2017 15:00

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi

Ibarat pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya, seperti aksi Ayah dan anak di Inhil ini. Har alias Mi (35) dan anaknya Oj Bin Har (13), terpaksa harus diamankan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil), di Jalan Gunung Daek, Tembilahan karna telah melakukan pelaku Curanmor, Ahad (24/9/2017) sekitar pukul 00.30 WIB.

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali
Minggu, 24 September 2017 14:18

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali

Ahad (24/9/2017). Laksanakan Nonton bareng (Nobar) Film G-30S/PKI, tadi malam di Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Tempuling, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Masyarakat berharap dapat di putar kembali dengan Versi

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 13:13

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru

Siapa yang tak kenal Masjid An-Namira?, Masjid An-namira yang terletak di depan Mall SKA tepatnya di Jalan Tuanku Tambusai, Minggu (24/09/17). Masjid ini bercorakkan tulisan kaligrafi disetiap dindingnya

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau
Minggu, 24 September 2017 13:03

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau

Disperindag Pekanbaru menegaskan setiap penyewa kendaraan yang menggunakan mesin tidak diperbolehkan melintasi areal Car Free Day (CFD) Pekanbaru. 

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri
Minggu, 24 September 2017 13:01

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri

Pengunjung yang ingin membeli kue di  Pekanbaru Casatta hari ini dilayani langsung oleh Deni Cagur beserta istri, Minggu (24/9/2017)

 Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!
Minggu, 24 September 2017 12:56

Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!

Sejak pedagang Car Free Day (CFD) Pekanbaru ditata, pengunjung CFD yang ingin mencari makan atau minuman harus berbagi ruang dengan kendaraan yang melintas. Seperti yang trlihat dari pantauan bertuahpos.com, Minggu (24/9/2017)

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bupati Inhil: Masyarakat Harus Berolahraga
Minggu, 24 September 2017 12:51

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Bupati Inhil: Masyarakat Harus Berolahraga

Himbau masyarakat jauhi narkoba, Bupati HM Wardan mengajak masyarakat berolahraga di waktu senggang. Ahad (24/9/2017). Himbauan ini disampaikan Wardan saat membuka kegiatan jalan santai