Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy

Senin, 14 November 2016 09:48 294
Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy
Komika Stand Up Comedy dari kiri ke kanan : Moh Sidik, Arafah, Arif Didu

BERTUAHPOS.COM(BPC), PEKANBARU- Ayah dari dua orang anak ini akrab dikenal dengan nama Arif Didu. Pria yang memulai karir di dunia stand up comedy pada tahun 2011 ini, ternyata memiliki cerita yang mengharukan sebelum menjadi seorang standup comedi terkenal.

Sebelum menjadi seorang komika, Arif Didu sudah merasakan berbagai pekerjaan mulai dari tukang kayu, pegawai kantoran, hingga menjadi koki dan menjual masakannya. “Sebelum jadi komika, saya pekerja serabutan,” ungkap Arif Didu saat mengisi acara meet and great SUN 7 pekan lalu.

Arif Didu menceritakan awal dirinya tertarik dengan dunia standup comedy, Arif Didu belajar secara otodidak. Pada kala itu Arif bersama enam temannya belajar stand up komedi di Komedi kafe di daerah Kemang. Mereka pun mencari referensi hanya melalui google.

“Saat itu standup di Indonesia masih sangat sedikit, Cuma ada Raditya Dika sama Panji. Gua belajar dari referensinya Radit sama Panji,” sebut Arif.

Arif mengaku dirinya pernah berjalan kaki sejauh 62 kilo dari daerah Prapanca hingga ke Kemang hanya untuk belajar stand up comedi.

“Rumah gua kan di Ciputat, dan waktu itu gua cuma punya uang Rp 6000,” lanjutnya.

Karena merasa malu ketika harus meminta uang kepada sang istri. Alhasil Arif Didu memutuskan untuk memanfaatkan uang Rp6000 sebagai ongkos transportasi dari komplek perumahaannya di daerah Ciputat hingga ke daerah Prapanca. Kemudian dari daerah Prapanca Arif Didu berjalan 5,1 Km menuju Komedi Kafe di daerah Kemang.

Setelah belajar secara otodidak, tepat awal 2011 Arif Didu menjadi salah satu finalis di acara stand up comedi yang pertama kali diadakan oleh kompas tv. Dan sejak saat itu Arif Didu menjadi komika terkenal di Indonesia hingga saat ini.

Kecintaannya pada stand up lah yang menurutnya mampu membuat dirinya tetap eksis hingga sekarang

“Menjadi unik itu pasti, tapi yang penting tetap menjaga kecintaan terhadap stand up. Selalu mencari bit-bit terbaru yang akan gua sajikan, bikin orang lain seneng itu ibadah,” jawabnya

Pria yang memiliki hobi memasak ini, sangat senang ketika banyak komika baru yang bermunculan, karena bisa mewarnai dunia stand up comedi. Arif juga tidak merasa tersaingi oleh para komika muda tersebut.

Arif Didu juga menceritakan suka duka menjadi seorang komika. Berdasarkan pengalamannya menjadi seorang komika, mendidik dan melahirkan komika baru merupakan kebahagian tersendiri baginya. Dia juga menceritakan pengalaman buruk sekaligus merupakan pengalaman lucu baginya.

Disaat itu Arif Didu mengisi salah satu acara coorporate di daerah Yogyakarta,namun setibanya Arif Didu di Acara tersebut, dirinya menemui panitia acara dan bertanya kepada panitia mengenai keadaan panggung saat dirinya tampil pada acara coorporate. Namun panitia enggan menjawab pertanyaannya dan tidak mengenali dirinya sebagai Arif Didu.

Segala pengalaman yang Arif Didu miliki selalu dia berikan kepada anak didiknya saat dirinya menjadi mentor di Suca.

Selain menjadi seorang komika, ternyata Arif Didu juga mahir dalam membuat handy craf. Arif mengatakan disaat dirinya tidak lagi di dunia stand up comedi, dia akan membuat restoran dan membuat sanggar kayu.

Arif menyarankan untuk para calon komika tidak perlu takut untuk belajar. Karena saat ini tidak seperti dulu, saat ini komunitas stand up komedi banyak dan bahan-bahan referensi juga banyak, mulai dari buku sampai video juga ada. Untuk menjadi komika silahkan datang ke komunitas yang sudah ada, dan setelah itu coba untuk open mix dan yang terpenting harus tekun dan selalu belajar menulis bit-bit.

Penulis: Vina

 

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Wow, di Siak Gula Merah Bisa Dibuat Dari Sawit
Minggu, 19 Pebruari 2017 17:00

Wow, di Siak Gula Merah Bisa Dibuat Dari Sawit

gula merah beerasal dari sawit ternyata sudah dilakukan Warga Kampung Seminai Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau

Jangan Bingung Cari Kue Malam-Malam, Furaya Hotel Cake Buka 24 Jam
Minggu, 19 Pebruari 2017 16:35

Jangan Bingung Cari Kue Malam-Malam, Furaya Hotel Cake Buka 24 Jam

So tunggu apalagi,  segera dapatkan kue lezat dan enggak bikin kantong bolong.  Langsung datang saja ke Furaya Hotel Pekanbaru Jalan Sudirman nomor 72-74, Pekanbaru.

Jangan Ragu, Ternyata Ini Lima Manfaat Berdonor Darah
Minggu, 19 Pebruari 2017 16:05

Jangan Ragu, Ternyata Ini Lima Manfaat Berdonor Darah

Setelah 48 jam melakukan donor darah, tubuh akan secara berkala memperbaharui sel-sel darah baru

Lowongan Kerja Admin Bogar Delivery Pekanbaru
Minggu, 19 Pebruari 2017 15:15

Lowongan Kerja Admin Bogar Delivery Pekanbaru

Informasi tentang lowongan pekerjaan terbaru lainnya di Pekanbaru, Riau bisa anda dapatkan  di bertuahpos.com

 Bibit Jambu Madu Pekanbaru Diminati Bengkulu Hingga Jakarta
Minggu, 19 Pebruari 2017 15:05

Bibit Jambu Madu Pekanbaru Diminati Bengkulu Hingga Jakarta

Prospek bisnis jambu madu hijau (MDH) hingga bibitnya ternyata masih terbuka lebar di tahun 2017

Hari Hijab Internasional dan Tolak Valentine, DDV Riau Tebar Jilbab
Minggu, 19 Pebruari 2017 14:30

Hari Hijab Internasional dan Tolak Valentine, DDV Riau Tebar Jilbab

Saat ini jilbab sudah menjadi trend bagi dunia fashion, hal ini juga berpengaruh positif terhadap muslimah yang berniat menggunakan jilbab

Harga Buah Segar Sawit di Riau Diperkirakan Turun
Minggu, 19 Pebruari 2017 14:05

Harga Buah Segar Sawit di Riau Diperkirakan Turun

Sejak akhir Januari CPO juga terbebani oleh proyeksi kenaikan produksi Indonesia di tahun 2017

Riau Godok Mekanisme Sektor Perikanan Laut
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:50

Riau Godok Mekanisme Sektor Perikanan Laut

Perlu ada mekanisme khusus untuk membantu pelaku usaha perikanan laut untuk tambahan modal usaha

Membajak Sawah Pakai Kerbau Tetap Lestari di Era Modern
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:35

Membajak Sawah Pakai Kerbau Tetap Lestari di Era Modern

Khusus Kerbau jantan akan dilatih untuk membajak disawah. Setiap Kerbau yang sudah patuh dan terbiasa membajak, bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya.

Bersenjata Balok Kayu, Polisi Kejar Rampok di Batang Tuaka Inhil
Minggu, 19 Pebruari 2017 13:20

Bersenjata Balok Kayu, Polisi Kejar Rampok di Batang Tuaka Inhil

Saat korban terkapar, pelaku lainnya mengambil uang korban sebanyak Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah) dan HP merek Asia Fone dari saku celana korban.