Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy

Senin, 14 November 2016 09:48 366
Cerita Arif Didu, Terkenal Berkat Stand Up Comedy
Komika Stand Up Comedy dari kiri ke kanan : Moh Sidik, Arafah, Arif Didu

BERTUAHPOS.COM(BPC), PEKANBARU- Ayah dari dua orang anak ini akrab dikenal dengan nama Arif Didu. Pria yang memulai karir di dunia stand up comedy pada tahun 2011 ini, ternyata memiliki cerita yang mengharukan sebelum menjadi seorang standup comedi terkenal.

Sebelum menjadi seorang komika, Arif Didu sudah merasakan berbagai pekerjaan mulai dari tukang kayu, pegawai kantoran, hingga menjadi koki dan menjual masakannya. “Sebelum jadi komika, saya pekerja serabutan,” ungkap Arif Didu saat mengisi acara meet and great SUN 7 pekan lalu.

Arif Didu menceritakan awal dirinya tertarik dengan dunia standup comedy, Arif Didu belajar secara otodidak. Pada kala itu Arif bersama enam temannya belajar stand up komedi di Komedi kafe di daerah Kemang. Mereka pun mencari referensi hanya melalui google.

“Saat itu standup di Indonesia masih sangat sedikit, Cuma ada Raditya Dika sama Panji. Gua belajar dari referensinya Radit sama Panji,” sebut Arif.

Arif mengaku dirinya pernah berjalan kaki sejauh 62 kilo dari daerah Prapanca hingga ke Kemang hanya untuk belajar stand up comedi.

“Rumah gua kan di Ciputat, dan waktu itu gua cuma punya uang Rp 6000,” lanjutnya.

Karena merasa malu ketika harus meminta uang kepada sang istri. Alhasil Arif Didu memutuskan untuk memanfaatkan uang Rp6000 sebagai ongkos transportasi dari komplek perumahaannya di daerah Ciputat hingga ke daerah Prapanca. Kemudian dari daerah Prapanca Arif Didu berjalan 5,1 Km menuju Komedi Kafe di daerah Kemang.

Setelah belajar secara otodidak, tepat awal 2011 Arif Didu menjadi salah satu finalis di acara stand up comedi yang pertama kali diadakan oleh kompas tv. Dan sejak saat itu Arif Didu menjadi komika terkenal di Indonesia hingga saat ini.

Kecintaannya pada stand up lah yang menurutnya mampu membuat dirinya tetap eksis hingga sekarang

“Menjadi unik itu pasti, tapi yang penting tetap menjaga kecintaan terhadap stand up. Selalu mencari bit-bit terbaru yang akan gua sajikan, bikin orang lain seneng itu ibadah,” jawabnya

Pria yang memiliki hobi memasak ini, sangat senang ketika banyak komika baru yang bermunculan, karena bisa mewarnai dunia stand up comedi. Arif juga tidak merasa tersaingi oleh para komika muda tersebut.

Arif Didu juga menceritakan suka duka menjadi seorang komika. Berdasarkan pengalamannya menjadi seorang komika, mendidik dan melahirkan komika baru merupakan kebahagian tersendiri baginya. Dia juga menceritakan pengalaman buruk sekaligus merupakan pengalaman lucu baginya.

Disaat itu Arif Didu mengisi salah satu acara coorporate di daerah Yogyakarta,namun setibanya Arif Didu di Acara tersebut, dirinya menemui panitia acara dan bertanya kepada panitia mengenai keadaan panggung saat dirinya tampil pada acara coorporate. Namun panitia enggan menjawab pertanyaannya dan tidak mengenali dirinya sebagai Arif Didu.

Segala pengalaman yang Arif Didu miliki selalu dia berikan kepada anak didiknya saat dirinya menjadi mentor di Suca.

Selain menjadi seorang komika, ternyata Arif Didu juga mahir dalam membuat handy craf. Arif mengatakan disaat dirinya tidak lagi di dunia stand up comedi, dia akan membuat restoran dan membuat sanggar kayu.

Arif menyarankan untuk para calon komika tidak perlu takut untuk belajar. Karena saat ini tidak seperti dulu, saat ini komunitas stand up komedi banyak dan bahan-bahan referensi juga banyak, mulai dari buku sampai video juga ada. Untuk menjadi komika silahkan datang ke komunitas yang sudah ada, dan setelah itu coba untuk open mix dan yang terpenting harus tekun dan selalu belajar menulis bit-bit.

Penulis: Vina

 

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini
Sabtu, 25 Maret 2017 21:40

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini

beberapa organisasi kampus yang ikut serta antara lain Lembaga pers kampus Gagasan, Radio Suska Fm, Cophote, Mapala Suska Green Vibe, Latah Tuah dan masih banyak lagi.

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru
Sabtu, 25 Maret 2017 21:12

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru

Menang lagi, itulah yang menggambarkan pertandingan uji coba PSPS Riau, Sabtu (25/3/2017). Tim berjuluk Asykar Bertuah ini berhasil mengalahkan tim sepak bola PSSI Pekanbaru dengan skor telak, 5-0.

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 20:20

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu

Putra raja dangdut Rhoma Irama ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Ridho Rhoma itu ditangkap di sebuah hotel

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai
Sabtu, 25 Maret 2017 20:19

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai

Minyak bersemburan tersebut jatuh ke dalam laut atau perairan laut Dumai dengan perkiraan jumlah lebih kurang 100 Kg minyak CPO

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba
Sabtu, 25 Maret 2017 20:11

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Akhirnya polisi menetapkan Ridho Rhoma Irama sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Dia ditangkap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat dengan barang bukti berupa paket sabu

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar
Sabtu, 25 Maret 2017 19:48

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar

Akhirnya PBB memutuskan untuk menyelidiki perkosaan dan pembunuhan yang dilakukan pasukan keamanan Myanmar terhadap etnis Rohingya

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017
Sabtu, 25 Maret 2017 18:09

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

Bank Riau Kepri terima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel Harris Sunset Road, Kuta, Bali

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah
Sabtu, 25 Maret 2017 18:02

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah

Sempat menembus angka Rp.100 ribu perkilogram, kini harga cabai rawit makin turun

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 17:54

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu

Manajer Ridho sangat terkejut dengan penangkapan Ridho. Itu karena putra Rhoma Irama itu izin nonton bioskop bersama teman-temannya

Besok,  JAT TNI AU Akan Hiasi Langit Pekanbaru
Sabtu, 25 Maret 2017 17:41

Besok, JAT TNI AU Akan Hiasi Langit Pekanbaru

Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU akan menggelar atraksi di langit Kota Pekanbaru,  usai membawa nama Indonesia di Langkawi Internasional Maritime and Aerospace