Belajar Pengalaman Dari Binariyanti Sembiring: Tekun dan Fokus Pada Pekerjaan

Sabtu, 25 November 2017 15:01
Belajar Pengalaman Dari Binariyanti Sembiring: Tekun dan Fokus Pada Pekerjaan
Regional Director Sales and Marketing di Red Planet Indonesia, Binariyanti Sembiring

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru merupakan salah satu hal yang disukai Binariyanti Sembiring, sebagai pekerja di dunia Perhotelan. Dipercaya sebagai Regional Director Sales and Marketing di Red Planet Indonesia, Binariyanti harus bisa berinovasi dalam menjual dan memperkenalkan hotelnya di tengah kondisi ekonomi yang serba tak menentu.

Karier Binariyanti di dunia perhotelan bisa dibilang cukup lama dan dimulai dari nol. Dikisahkan perempuan kelahiran Medan 12 Oktober 1969 ini, mulai mengenal dunia perhotelan saat masuk sekolah pariwisata pada tahun 1988 lalu.

"Awalnya kecelakaan yah. Soalnya saya tipe orang yang senang jadi pengabdi negara, misalnya seperti polisi wanita (polwan). Tapi papa kurang setuju, saat itu papa kerja di dinas perhubungan. Jadi perhubungan sama pariwisata saat itu masih ada koneksi yah. Jadi papa mendaftarkan kesana," kenangnya saat awal mula sekolah pariwisata kepada bertuahpos.com.

Kuliah empat tahun, masuk perhotelan membuat dia mulai cocok, karena mulai banyak trip objek wisata yang berhubungan langsung dengan banyak orang.

"Di situ mulai serius dan tertarik. Menyukai bahasa inggris dan berangan-angan kerja di luar negeri, sehingga fokus mendalami dan fokus di dunia pariwisata," katanya.

Dikatakannya, awal mula kerja di hotel tahun 1992 dan sudah beberapa kali keluar negeri dan pindah-pindah kota, mulai dari Dubai, Medan, Palembang dan mentok-mentok balik ke Jakarta. "Bukan hanya disitu, saya juga pernah sempat bekerja di kapal pesiar," sebutnya.

Terapai cita-cita dan tidak salah jurusan, itulah yang dirasakan wanita yang suka masakan Manado ini. Posisi awal yang dilakoninya pada tahun 1992 saat itu adalah bagian Food & Beverage (F&B) Cashier. 

"Awalnya di bagian F&B Cashier yah, habis itu mulai pindah ke bagian lainnya. Semua posisi di bagian hotel sudah pernah digeluti. Kecuali bagian housekeeping dan security hotel," ujar Binariyanti. 

Adapun pengalaman yang berkesan adalah di saat dirinya berhadapan dengan owner di salah satu hotel yang ada di Medan. Saat itu ia dihadapkan sama owner yang mau ambil alih semua, terjun langsung dan handle langsung. "Pengalaman dengan owner inilah yang buat saya belajar kemampuan bernegosiasi antara owner dan manajemen," tukasnya.

Tidak mudah memang mencapai karier hingga menjadi Regional Director Sales and Marketing di Red Planed Hotel Indonesia. Motivasi dengan kerja keras dan ikut traininglah yang mengantarkan ibu dari 2 orang anak ini hingga mencapai karier saat ini. "Tekun dan fokus sama pekerjaan. Itu moto saya dulu. Saya mencintai pekerjaan. Itu pula yang membuat kita bermutu dan otomatis karier akan mengikuti," katanya.

Diakui Binariyanti, awal-awal dirinya sempat dikomplain oleh anak-anak, karena kesibukannya dalam bekerja harus membuatnya membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. 

"Awal-awal sempat, tapi diberi pengertian bahwa saya bekerja mencari pendapatan untuk sekolah anak-anak. Dan biasanya usai tugas keluar kota saya harus bawa sesuatu seperti oleh-oleh. Yah, namanya juga anak-anak yah. Atau weekend bawa mereka jalan-jalan. Selain itu dengan tetap menjalin komunikasi seperti melakukan panggilan telepon dan saat ini juga sudah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti video call," katanya.

Selain kecintaannya terhadap dunia perhotelan, perempuan yang memiliki hobi memasak ini bercita-cita kelak dirinya akan membuka sebuah restoran. 

"Cita-cita pengen buka usaha restoran karena memang hobi masak. Mengaplikasikan yang saya punya dan hobi. Kebetulan suami dan keluarga support, dan saya suka masakan tradisional," pungkasnya. (bpc7)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Bayu Krisnamurthi: Petani Sawit Jangan Tunggu Bantuan Pemerintah untuk Replanting
Kamis, 14 Desember 2017 12:35

Bayu Krisnamurthi: Petani Sawit Jangan Tunggu Bantuan Pemerintah untuk Replanting

Tanaman kelapa sawit hanya mempunyai umur 25 tahun. Untuk itu, petani Riau harus siap sedia untuk replanting kebunnya setiap 25 tahun tersebut tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah.

Ramalan BI Soal Ekonomi Riau 2018: Tumbuh 2%-3%
Kamis, 14 Desember 2017 12:25

Ramalan BI Soal Ekonomi Riau 2018: Tumbuh 2%-3%

Bank Indonesia (BI) meramalkan pergerakan ekonomi Riau 2018 akan membaik. Itu diramalkan berdasarkan beberapa indikator penunjang pergerakan perekonomian daerah, yang diperkirakan masih akan tumbuh bagus di tahun depan. 

Sebelum Meninggal AM Fatwa Titip Ini ke Oesman Sapta
Kamis, 14 Desember 2017 12:15

Sebelum Meninggal AM Fatwa Titip Ini ke Oesman Sapta

Sebelum menyembuhkan nafas terakhir, anggota DPD RI AM Fatwa sempat menyampaikan beberapa pesan ke Oesman Sapta. AM Fatwa menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (14/12/2017). 

Riau Jangan Takut Melawan Kampanye Hitam Tentang Sawit
Kamis, 14 Desember 2017 12:05

Riau Jangan Takut Melawan Kampanye Hitam Tentang Sawit

Riau sebagai pusat sawit di Indonesia jangan takut untuk melawan kampanye hitam tentang sawit. Lawan saja Eropa dan Amerika, dan buktikan bahwa semua stigma negatif itu tidak benar.

Jelang Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Riau Menurun
Kamis, 14 Desember 2017 11:55

Jelang Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Riau Menurun

Jelang akhir tahun 2017, okupansi hotel di Riau mengalami penurunan dibandingkan pada akhir tahun yang lalu. 

Bayu Krisnamurthi: Sawit Tidak Serap Banyak Air
Kamis, 14 Desember 2017 11:45

Bayu Krisnamurthi: Sawit Tidak Serap Banyak Air

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia, Bayu Krisnamurthi menyebutkan bahwa tidak benar sawit itu membutuhkan banyak air.

Kredit Konsumtif Bank Riau Kepri Siak Naik Signifikan
Kamis, 14 Desember 2017 11:35

Kredit Konsumtif Bank Riau Kepri Siak Naik Signifikan

Beberapa bulan ini pencairan kredit di Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Siak mengalami peningkatan, terutama sektor agribisnis dan konsumtif (KAG). 

Meski Optimis, Syamsuar Mulai Ragukan PAN
Kamis, 14 Desember 2017 11:25

Meski Optimis, Syamsuar Mulai Ragukan PAN

Kesempatan Syamsuar untuk maju dalam Pilgub Riau 2018 memang masih terbuka lebar. Setelah mendapat dukungan dari PAN, peluang itu kian terbuka.

Sejahtera Karena Sawit Adalah Hak Rakyat Indonesia
Kamis, 14 Desember 2017 11:15

Sejahtera Karena Sawit Adalah Hak Rakyat Indonesia

Kesejahteraan rakyat Indonesia dengan minyak sawit merupakan hak rakyat Indonesia. Negara Eropa atau Amerika tidak berhak mencampuri urusan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dewan Kehormatan PWI Desak Dewan Pers Keluarkan Surat Kewajiban UKW
Kamis, 14 Desember 2017 11:05

Dewan Kehormatan PWI Desak Dewan Pers Keluarkan Surat Kewajiban UKW

Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) menegaskan Ujian Kompetensi Wartawan atau UKW wajib untuk diikuti oleh wartawan.