Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06 830
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

USTADZ

Berita Terkini

Ada 8 Alasan, Mengapa Anda Harus Berkebun di Halaman Rumah
Senin, 27 Juni 2016 03:47

Ada 8 Alasan, Mengapa Anda Harus Berkebun di Halaman Rumah

Malas berkebun dan membiarkan halaman rumah hanya ditanami tanaman liar akibat tak terurus? Sebaiknya mulailah bergerak dan mempercantik halaman rumah Anda.

Ternyata Berbahaya Bekukan Es Krim yang Sudah Meleleh
Senin, 27 Juni 2016 03:46

Ternyata Berbahaya Bekukan Es Krim yang Sudah Meleleh

Ternyata jangan pernah berfikir untuk membekukan kembali es krim yang sudah meleleh, berbahaya!

Mungkinkah RAL Hidup Kembali? Ini Jawaban Gubri
Senin, 27 Juni 2016 03:45

Mungkinkah RAL Hidup Kembali? Ini Jawaban Gubri

Pemerintah Provinsi Riau bisa berbuat banyak terhadap segudang masalah yang terjadi dalam tubuh BUMD PT Riau Air Line

Salurkan Beragam Perangkat Salat, @pekanbarukuliner Salurkann Bantuan Kepada 5 Panti Asuhan Ini
Senin, 27 Juni 2016 01:23

Salurkan Beragam Perangkat Salat, @pekanbarukuliner Salurkann Bantuan Kepada 5 Panti Asuhan Ini

Kegiatan sosial yang ditaja oleh @pekanbarukuliner dalam bakti sosial "Pekanbaru Berbagi" pada bulan Ramadan tahun 2016 ini berjalan lancar dan sukses, serta telah diserahkan kepada

Temu Kangen SMPN 8 Mandau Sambil Santunan Anak Panti Asuhan
Minggu, 26 Juni 2016 22:24

Temu Kangen SMPN 8 Mandau Sambil Santunan Anak Panti Asuhan

Sejumlah alumni SMPN 8 Mandau Kabupaten Bengkalis angkatan 2005, 2006 dan 2007, melepas kangen sekaligus menggelar buka bersama dan santunan anak Panti Asuhan

Begini Suasana Mall di Pekanbaru Menjelang Lebaran
Minggu, 26 Juni 2016 22:01

Begini Suasana Mall di Pekanbaru Menjelang Lebaran

Menjelang seminggu sebelum memasuki hari Raya Idul Fitri 1437 H, suasana beberapa Mal di Pekanbaru terlihat sudah mulai banyak dipadati oleh Pengunjung. Baik dalam kota maupun luar kota

Etika Makan dan Minum yang Harus Diperhatikan dalam Islam
Minggu, 26 Juni 2016 19:31

Etika Makan dan Minum yang Harus Diperhatikan dalam Islam

Makan dan minum yang teratur baik bagi kesehatan. Apa lagi jika makanan yang dikonsumsi memenuhi gizi seimbang dan tidak berlebihan maka akan terhindar dari berbagai penyakit.

Amalan Khusus Apa yang Harus Dilakukan di 10 Malam Terakhir Ramadan?
Minggu, 26 Juni 2016 19:21

Amalan Khusus Apa yang Harus Dilakukan di 10 Malam Terakhir Ramadan?

Pada 10 malam terakhir bulan ramadan apakah ada amalan khusus yang mesti dilakukan?

10 Rekomendasi Cafe di Pekanbaru yang Cocok untuk Buka Bersama
Minggu, 26 Juni 2016 13:31

10 Rekomendasi Cafe di Pekanbaru yang Cocok untuk Buka Bersama

Bagi yang bingung ingin melaksanakan buka bersama dimana, Bertuahpos.com akan memberi 10 rekomendasi cafe untuk buka bersama yang cocok dan seru

Kronologi Polemik Sampah Pekanbaru, dari Aksi Mogok Lalu Pemutusan Kontrak Hingga Pencopotan Kepala Dinas
Minggu, 26 Juni 2016 13:20

Kronologi Polemik Sampah Pekanbaru, dari Aksi Mogok Lalu Pemutusan Kontrak Hingga Pencopotan Kepala Dinas

Eks karyawan PT MIG masih harap-harap cemas, janji dari Pemko Pekanbaru masih belum ditunaikan