Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

BEM UR 'Sindir' Pemerintah Dengan Musikalisasi Puisi dan Nyanyian
Senin, 23 Oktober 2017 21:56

BEM UR "Sindir" Pemerintah Dengan Musikalisasi Puisi dan Nyanyian

Sindir pemerintah yang dianggap tidak lagi mendengarkan aspirasi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) mengadakan musikalisasi puisi dan nyanyian, bertempat Kampus Universitas Riau, Senin (23/10/2017).

Lulusan S1 Bahasa Inggris dan Matematika? Kirim Lowongan Kerja Disini
Senin, 23 Oktober 2017 19:59

Lulusan S1 Bahasa Inggris dan Matematika? Kirim Lowongan Kerja Disini

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja. Lembaga Talking English Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi Guru.

Ini Penyebab Cuaca Panas Riau Satu Bulan Terakhir
Senin, 23 Oktober 2017 19:55

Ini Penyebab Cuaca Panas Riau Satu Bulan Terakhir

Cuaca panas di Riau dalam beberapa bulan terakhir ternyata disebabkan oleh Badai La Nina yang melanda Filipina. Badai La Nina menarik semua uap air Indonesia, termasuk yang ada di Riau sehingga menyebabkan suhu panas di di Riau.

Waduh, Tarif Parkir Melebihi Perda, Dishub Pekanbaru Salahkan Masyarakat
Senin, 23 Oktober 2017 19:16

Waduh, Tarif Parkir Melebihi Perda, Dishub Pekanbaru Salahkan Masyarakat

Masih adanya petugas parkir yang menerima tarif diatas Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2009, menurut Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru merupakan kesalahan dari masyarakat Kota Pekanbaru itu sendiri.

Gugatan Praperadilan Dua Tersangka Korupsi Lampu Pekanbaru Kandas
Senin, 23 Oktober 2017 19:09

Gugatan Praperadilan Dua Tersangka Korupsi Lampu Pekanbaru Kandas

Gugatan praperadilan yang diajukan dua tersangka korupsi proyek lampu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Masdauri dan Abdul Rahman, terhadap Kejati Riau Kandas. Hakim menyatakan menolak permohonan kedua tersangka.

Demo Buruh, Pelayanan Bandara SSQ II Normal
Senin, 23 Oktober 2017 19:01

Demo Buruh, Pelayanan Bandara SSQ II Normal

Kondisi Bandara Sultan Syarif Qasim II terlihat normal dan aman, meski hari ini, Senin (23/10/2017) Pekanbaru diwarnai aksi demo buruh. Pelayanan dan penerbangan pun terlihat lancar walaupun sempat diberitakan Jalan Jendral Sudirman ditutup akibat aksi besar-besaran buruh.

Wow, Potensi Pajak Restoran di Pekanbaru Mencapai Rp 87,6 M!
Senin, 23 Oktober 2017 18:37

Wow, Potensi Pajak Restoran di Pekanbaru Mencapai Rp 87,6 M!

Perkembangan pesat Kota Pekanbaru dilihatkan dengan tingginya potensi pajak yang diperoleh dari beberapa sektor, salah satunya potensi pajak restoran di Kota Pekanbaru.

SMAN 4 Pekanbaru Jalankan 6 Program Literasi
Senin, 23 Oktober 2017 18:00

SMAN 4 Pekanbaru Jalankan 6 Program Literasi

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pekanbaru menjalankan program literasi. Terhitung ada 6 program literasi yang dijalankan sekolah yang berada di Jalan Adi Sucipto tersebut.

Sidang Korupsi, Saksi Sebut Ada Setoran 10 Persen Untuk Wan Amir
Senin, 23 Oktober 2017 17:50

Sidang Korupsi, Saksi Sebut Ada Setoran 10 Persen Untuk Wan Amir

Sidang perkara korupsi di Bappeda Rohil tahun 2011 dengan terdakwa mantan Kepala Bappeda Rohil, Wan Amir Firdaus dan tiga pegawai honorer, Senin (23/10/2017), kembali digelar di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Ini Dia 'Si Kaca Mata Gila' dari Riau
Senin, 23 Oktober 2017 17:50

Ini Dia 'Si Kaca Mata Gila' dari Riau

Komik merupakan sebuah kumpulan gambar kartun yang disusun secara teratur sehingga dapat membentuk sebuah cerita. Orang yang membuat komik biasanya mendapat julukan Komikus.