Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06 813
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

ads800

Berita Terkini

11 Hari Operasi Patuh, 1000 Lebih Unit Kendaraan Terjaring Satlantas Siak
Kamis, 26 Mei 2016 18:10

11 Hari Operasi Patuh, 1000 Lebih Unit Kendaraan Terjaring Satlantas Siak

Hari kesebelas operasi  patuh,Satlantas kabupaten Siak sudah menjaring seribu unit lebih pengendara sepeda motor dan mobil, pada kamis (26/05/2016) dijalan Tengku Agung Sultana latifah. Hal itu di ungkapkan oleh Kanit Turjawali Lantas Polres Siak Aipda Minasri SH

Pengguna Behel, Ini Perawatan Yang Wajib Dilakukan
Kamis, 26 Mei 2016 17:53

Pengguna Behel, Ini Perawatan Yang Wajib Dilakukan

Tren memasang kawat gigi hingga saat ini masih tetap populer di tengah kaum remaja

Upload Foto Istri Dengan Desy Ratnasari 'Ridwan Kamil' Ingin Poligami?
Kamis, 26 Mei 2016 17:42

Upload Foto Istri Dengan Desy Ratnasari "Ridwan Kamil" Ingin Poligami?

Siapa yang tidak kenal dengan walikota Bandung satu ini, bapak Ridwan Kamil atau biasa kita panggil dengan Kang Emil, beliau kembali membuat aksi iseng di media sosial Instagram.

Masyarakat Bisa Minta ke KY untuk Pantau Sidang
Kamis, 26 Mei 2016 17:41

Masyarakat Bisa Minta ke KY untuk Pantau Sidang

Kepala Perwakilan Komisi Yudisial (KY) Riau, Parulian Siahaan SH mengatakan masyarakat bisa melakukan permintaan kepada KY perwakilan di daerah Riau untuk memantau jalannya proses sidang sebuah kasus yang di peradilan.

Gaji dan Pengurangan THL Pemko Batal Dilakukan
Kamis, 26 Mei 2016 17:28

Gaji dan Pengurangan THL Pemko Batal Dilakukan

Meski Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sempat akan mengurangi tenaga harian lepas (THL) yang ada dilingkungan Pemko Pekanbaru, ternyata hal tersebut tidak jadi dilaksanakan.

Siak Adakan Turnamen Gasing Tingkat Kabupaten
Kamis, 26 Mei 2016 17:11

Siak Adakan Turnamen Gasing Tingkat Kabupaten

Dalam rangka melestarikan permainan gasing yang kian tergusur oleh permainan modern

Mau Bertanya Tentang Industri? Disperindag Buka Klinik Konsultasi IKM
Kamis, 26 Mei 2016 16:48

Mau Bertanya Tentang Industri? Disperindag Buka Klinik Konsultasi IKM

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT meresmikan counter pelayanan sekaligus Klinik Konsultasi IKM

Usai Pelantikan, Gubri Diminta Reshuffle Kepala Dinas
Kamis, 26 Mei 2016 16:27

Usai Pelantikan, Gubri Diminta Reshuffle Kepala Dinas

Usai dilantik sebagai Gubernur Riau definitif, Arsyadjuliandi Rachman menghadapi

Bupati Buka IBI-KB Kesehatan Tingkat Rohil 2016
Kamis, 26 Mei 2016 16:16

Bupati Buka IBI-KB Kesehatan Tingkat Rohil 2016

"Bukan tidak boleh lebih dari dua, itu tergantung kesepakatan dari bapak ibuk. Rohil ini ada kampung KB yang dipusatkan di Batu Hampar. Kita (pemerintah, red) beserta DPRD mendukung program ini," tukas Suyatno.

Sudah Punya Momen Menarik Saat Berbuka, Hotel Pangeran Bisa Jadi Referensi
Kamis, 26 Mei 2016 15:59

Sudah Punya Momen Menarik Saat Berbuka, Hotel Pangeran Bisa Jadi Referensi

Sebagai hotel yang dikenal dengan kelezatan makanan dan kenyamanan suasananya, pada bulan Ramadan di Hotel Pangeran Pekanbaru menyajikan menu berbuka puasa khas Nusantara dan spesifik menu khas melayu