Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06 862
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Angka Kekerasan dan Perceraian Tinggi, Bupati Siak Pilih Perlindungan Dari Pada Pemberdayaan
Rabu, 24 Agustus 2016 17:35

Angka Kekerasan dan Perceraian Tinggi, Bupati Siak Pilih Perlindungan Dari Pada Pemberdayaan

Kabupaten Siak memiliki angka kekerasan , perceraian dan pelecehan serta penelantaran terhadap perempuan tinggi

Tidak Terima Gaji Dipotong Sepihak, Ratusan Tenaga Honor “Duduki” Kantor Walikota
Rabu, 24 Agustus 2016 16:57

Tidak Terima Gaji Dipotong Sepihak, Ratusan Tenaga Honor “Duduki” Kantor Walikota

Tidak terima pemotongan gaji secara sepihak, ratusan Tenaga Honorer K2 di Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru lakukan aksi demo, Rabu sore (24/08/2016).

Cerita Dibalik Bracelet Cat Pekanbaru
Rabu, 24 Agustus 2016 16:44

Cerita Dibalik Bracelet Cat Pekanbaru

Berawal dari hobi yang gemar dengan hewan, khususnya kucing, membuat peluang usaha yang akan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Seperti yang diciptakan oleh Dwiky sang owner Bracelet Cat Pekanbaru.

Ratusan Titik Panas Muncul di Lahan Milik Perusahaan SP3 Larutkan
Rabu, 24 Agustus 2016 15:31

Ratusan Titik Panas Muncul di Lahan Milik Perusahaan SP3 Larutkan

Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), mencatat ada sebanyak 247 titik panas, muncul di kawasan perusahaan yang sebelumnya di SP3 oleh Polda Riau, dalam kasus Karhutla.

Alokasi DAU Untuk Rohul dan Inhil Ditunda, Pemprov Riau Belum Tahu Penyebabnya
Rabu, 24 Agustus 2016 15:04

Alokasi DAU Untuk Rohul dan Inhil Ditunda, Pemprov Riau Belum Tahu Penyebabnya

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Ijazi mengakui belum tahu mengapa pemerintah menunda penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) ke Riau.

Sukses dengan Event Kompen, Tahun Depan Artis Papan Atas Akan Hadir Kembali
Rabu, 24 Agustus 2016 14:54

Sukses dengan Event Kompen, Tahun Depan Artis Papan Atas Akan Hadir Kembali

Komunitas Pecinta Musik, Komedi dan Pendidikan (Kompen) akan kembali menghadirkan para artis ternama tingkat nasional dalam pergelaran rutin tahunannya.

19 Ekor Sapi Sudah Terkumpul Siap Dikurbankan
Rabu, 24 Agustus 2016 14:35

19 Ekor Sapi Sudah Terkumpul Siap Dikurbankan

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mengumpulkan sebanyak 19 ekor sapi yang akan dikurbankan. Sapi paling banyak berasal dari Dinas Pendidikan (Disdik) dengan 14 ekor sapi.

Tambah Uang Saku dari Aksesoris Kalung Kucing
Rabu, 24 Agustus 2016 14:33

Tambah Uang Saku dari Aksesoris Kalung Kucing

Menjajaki sebuah bisnis disertai dengan kegemaran dan hobi, tentu tidak menjadi hal yang sulit bagi sang pelaku usaha. Diawali dengan kecintaan menjadi peluang dan pundi-pundi rupiah yang akan masuk ke saku celananya.

All Varian Kalung Kucing Hanya Rp25 Ribu di Bracelet Cat Pekanbaru
Rabu, 24 Agustus 2016 14:12

All Varian Kalung Kucing Hanya Rp25 Ribu di Bracelet Cat Pekanbaru

Memelihara kucing memang sangat menyenangkan, selain bisa menjadi teman, bisa juga kita hias kucing tersebut dengan beberapa aksesoris khusus hewan yang lucu dan unik-unik.

Ikut Musnahkan Barang Bukti, Syamsuar : Ini Uang harus Dimusnahkan
Rabu, 24 Agustus 2016 14:05

Ikut Musnahkan Barang Bukti, Syamsuar : Ini Uang harus Dimusnahkan

Markas Besar Polisi Resort (Mapolres) Siak memusnahkan barang bukti (bb) hasil temuan bawang ilegal dan narkotika jenis sabu-sabu rabu (24/8/2016).