Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06 847
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

3 Konsep Sukses berawal dari Hobi
Minggu, 31 Juli 2016 09:51

3 Konsep Sukses berawal dari Hobi

Hidup sukses merupakan dambaan dari semua orang, sehingga hampir rata-rata orang sukses itu berawal dari hobi. Fakta ini tidak terbantahkan, banyak para pengusaha sukses berawal dari hobinya yang kemudian dijadikan bisnis.

5 Perusahaan Besar ini Memulai Bisnisnya dari Garasi
Minggu, 31 Juli 2016 08:51

5 Perusahaan Besar ini Memulai Bisnisnya dari Garasi

Perkembangan dari tren hobi di garasi menjadi unit bisnis yang berorientasi finansial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari revolusi digital saat ini. Lihat saja perusahaan-perusahaan ternama seperti Amazon, Apple dan Google. Ternyata, semuanya memulai bisnisnya dari garasi.

3 Hal Ini Bisa Membuat Usaha Kuliner Anda Sukses
Minggu, 31 Juli 2016 08:51

3 Hal Ini Bisa Membuat Usaha Kuliner Anda Sukses

Bisnis kuliner kini menjadi area yang banyak diincar para pemburu untung karena peluangnya yang menjanjikan. Hal itu mengingat banyak wisatawan yang sengaja pergi ke suatu daerah hanya demi mencicipi makanan khasnya saja.

Ide Bisnis Rumahan Untuk Para Ibu Rumah Tangga
Minggu, 31 Juli 2016 08:50

Ide Bisnis Rumahan Untuk Para Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga dan berhenti bekerja seringkali membuat keuangan keluarga menjadi sedikit berkurang, terutama bagi Anda yang sebelumnya memiliki pekerjaan dan sejumlah penghasilan tetap setiap bulannya.

Menteri Pariwisata Tidak Masukkan Bunaken Sebagai 10 Destinasi Indonesia, Ini Penyebabnya
Minggu, 31 Juli 2016 08:50

Menteri Pariwisata Tidak Masukkan Bunaken Sebagai 10 Destinasi Indonesia, Ini Penyebabnya

Meski sudah menjadi ikon pariwisata Sulawesi Utara, Bunaken belum bisa masuk menjadi 10 destinasi wisata di Indonesia

Komunitas dan Club Motor Ramaikan Aniversary 2th Smog Siak
Minggu, 31 Juli 2016 06:20

Komunitas dan Club Motor Ramaikan Aniversary 2th Smog Siak

Merayakan Aniversary Smog Siak, komunitas dan club motor meramaikan serangkaian Kegiatan yang berlangsung di Halaman Dapur Melayu, jalan Raja Kecik Sabtu (30/7/2016) malam

Bukan Firdaus MT, Ini Sosok Pendamping Ayat Cahyadi Maju Pilwako 2017
Sabtu, 30 Juli 2016 19:59

Bukan Firdaus MT, Ini Sosok Pendamping Ayat Cahyadi Maju Pilwako 2017

Langkah Ayat Cahyadi maju sebagai Walikota Pekanbaru semakin mantap, artinya bertarung dengan Firdaus MT yang juga sudah menyatakan keinginan untuk maju kembali di Pilwako 2017

Gaji Buruh Tak Dibayar, Pembangunan Tenayan Raya Terbengkalai
Sabtu, 30 Juli 2016 14:05

Gaji Buruh Tak Dibayar, Pembangunan Tenayan Raya Terbengkalai

Komplek perkantoran Tenayan Raya milik Pemko Pekanbaru, ternyata masih menuai permasalahan. Mulai dari permasalahan lahan, hingga uang pemko yang terbatas untuk melanjutkan pembangunan kantor tersebut.

Cek Lowongan Kerja Hari Ini
Sabtu, 30 Juli 2016 13:35

Cek Lowongan Kerja Hari Ini

Informasi lowongan pekerjaan kali ini berasal dari Ocean Spring Bed Angel Helux, merupakan perusahaan market leader Produk Springbed di Wilayah Riau, sedang membutuhkan beberapa karyawan untuk posisi:

Sop Duren Lodaya Anara Buka Lowongan Kerja
Sabtu, 30 Juli 2016 13:15

Sop Duren Lodaya Anara Buka Lowongan Kerja

Sop Duren Lodaya Anara yang sudah memiliki 36 cabang Outlet Restoran Kuliner yang tersebar di beberapa daerah, membutuhkan karyawan/ti yang handal dan profesional dalam bidang Restoran sebagai berikut: