Strategi Pemasaran Bisnis Retail

Minggu, 02 Juni 2013 12:06 964
Strategi Pemasaran Bisnis Retail

BERTUAHPOS, Membicarakan strategi pemasaran, memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai cara dan usaha bisa dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu strategi yang sudah dijalankan masyarakat dari dulu hingga sekarang adalah pemasaran dengan sistem retail atau eceran. Yang dimaksud dengan strategi pemasaran retail atau eceran sendiri adalah segala kegiatan jual-beli yang bertujuan menyalurkan barang kepada konsumen akhir, guna memenuhi kebutuhan pribadi para konsumen.

Sebagian besar pelaku usaha memilih untuk menggunakan strategi pemasaran ini, sebab peluang pasar yang paling potensial datang dari konsumen akhir, yang rata-rata membeli suatu produk untuk keperluan mereka sehari-hari. Tak heran bila saat ini perkembangan bisnis retail juga sangat pesat, lihat saja bisnis toko kelontong, minimarket, hingga bisnis retail yang sudah besar seperti Matahari, Alfamart, Indomart, dan Hero banyak dicari para konsumen.

Tingginya permintaan pasar akan produk retail, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran tersebut untuk melepas produk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun persaingan pasar bisnis retail sudah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis retail, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar :

Pertama, tentukan target pasar. Meskipun bisnis retail biasa menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah kebawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah keatas.

Kedua, ciptakan loyalitas pelanggan. Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis retail untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program-program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

Ketiga, pilih lokasi usaha yang strategis. Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket.

Keempat, cantumkan brand pada setiap produk. Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untukpemasaran bisnis retail 250x187 Strategi Pemasaran Bisnis Retailmemasarkan bisnis retail. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekedar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo disetiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis retail Anda dengan bisnis para pesaing.

Kelima, berikan pelayanan prima kepada konsumen. Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terimakasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada sebagian kecil bisnis retail, seperti Indomart. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda. Salam sukses.(bisnisukm.com)
Sumber gambar : http://farm1.static.flickr.com/117/313608149_7197d7894b.jpg dan http://balaiuji.blogdetik.com/files/2010/05/supermarket-300×225.jpg

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

FPI Minta Tarik Rupiah Baru, Sri Mulyani: Tidak Ada Simbol Palu Arit
Senin, 23 Januari 2017 22:35

FPI Minta Tarik Rupiah Baru, Sri Mulyani: Tidak Ada Simbol Palu Arit

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi santai permintaan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, agar pemerintah menarik seluruh pecahan uang rupiah tahun emisi 2016 dari peredaran.
 

Aturan Soal Bank Sistemik Akan Segera Diterbitkan
Senin, 23 Januari 2017 22:28

Aturan Soal Bank Sistemik Akan Segera Diterbitkan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menerbitkan beberapa peraturan mengenai rencana aksi, alias recovery plan bagi bank sistemik alias bank yang berada diambang kepailitan di tahun ini.

Harga Acuan Gula Jangan Hanya Untungkan Pedagang Besar
Senin, 23 Januari 2017 22:23

Harga Acuan Gula Jangan Hanya Untungkan Pedagang Besar

Kementerian Perdagangan ingin harga acuan gula tidak merugikan pedagang kecil, dan tidak hanya menguntungkan korporasi besar. Peneliti kebijakan publik bidang perdagangan Center for Indonesian Policy Studies (CIPS)

Perahu Tenggelam, Balita Hilang di Sumbar
Senin, 23 Januari 2017 21:36

Perahu Tenggelam, Balita Hilang di Sumbar

Tiga orang korban termasuk balita ikut tenggelam di Sungai Pulau Gadang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Tiga orang dalam perahu itu hilang.

Bisa Untuk Obat, Ini Jeruk Tangan Dewa
Senin, 23 Januari 2017 21:27

Bisa Untuk Obat, Ini Jeruk Tangan Dewa

Jeruk tangan dewa. Apaan tuh? Memang, jeruk ini jarang ada di pasaran. Bentuknya unik, menyerupai benjolan tersusun rapi. Susunan itu membentuk struktur seperti tangan dengan jari-jari berkuku lentik. Satu buahnya punya sekitar 5 sampai dengan 20 ‘jari lentik’.

Ekspor Minyak Sawit Ditarget Naik 8,5 %
Senin, 23 Januari 2017 21:22

Ekspor Minyak Sawit Ditarget Naik 8,5 %

Industri perkebunan dan pengolahan sawit adalah kunci perekonomian Indonesia saat ini. Ekspor minyak sawit menjadi penghasil devisa penting negara dan industri ini juga memberikan lapangan kerja bagi jutaan orang Indonesia.

Tempat Karaoke Q-MO Disegel Pemko Payakumbuh
Senin, 23 Januari 2017 20:55

Tempat Karaoke Q-MO Disegel Pemko Payakumbuh

Tidak memiliki izin lingkungan tempat Karaoke Q-MO di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Padang Tinggi, dan Cafe Cinta Fitri, di Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh

2 saksi lagi,Kasus Dugaan Korupsi Bansos Meranti Semakin Berbelit
Senin, 23 Januari 2017 19:59

2 saksi lagi,Kasus Dugaan Korupsi Bansos Meranti Semakin Berbelit

Setalah 12 orang saksi didatangkan dalam kasus dugaan korupsi Yayasan Meranti Bangkit,  pada sidang lanjutan senin (23/1/2017) di Pengadilan Negeri Pekanbaru

Ingin Nasib Mujur, Piaralah Kucing Wisnutapa
Senin, 23 Januari 2017 18:27

Ingin Nasib Mujur, Piaralah Kucing Wisnutapa

Tidak sedikit orang yang percaya kalau  memelihara kucing itu harus berhati-hati. Binatang ini memiliki jiwa yang lembut dan bersifat manja pada tuannya

Cek Sekarang! Ini Kecamatan Terbanyak Kasus DBD
Senin, 23 Januari 2017 18:14

Cek Sekarang! Ini Kecamatan Terbanyak Kasus DBD

Korban demam berdarah dengue (DBD) di Pekanbaru terus bertambah, Senin (23/01/2017). Hingga pekan ketiga Januari 2017, kasus DBD sudah mencapai 29 kasus.