Fitra Riau Sebut Agenda DPRD Riau Ke Luar Negeri Tak Ada Relevansinya

Senin, 21 Agustus 2017 16:15
Fitra Riau Sebut Agenda DPRD Riau Ke Luar Negeri Tak Ada Relevansinya

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau menilai, rencana DPRD Riau akan pelesiran ke luar negeri tidak jelas relevansinya. Rencana kunjungan ini malah akan mencuatkan opini publik bahwa praktek hamburkan uang masih terjadi di lembaga perwakilan rakyat itu. 

Hal ini diungkapkan oleh Tim Peneliti Fitra Riau, Triono Hadi kepada bertuahpos.com, Senin (21/8/2017). "Mestinya harus ditanya jelas mengapa anggota DPRD Riau itu ngotot mau jalan ke luar negeri? Apa relevansinya dengan hal yang sedang dibahas saat ini?" katanya. 

Dia melihat, mestinya pertimbangan Mendagri menolak memberikan izin untuk pelesiran ke luar negeri itu sudah jelas. Sebab yang dituju oleh DPRD Riau dengan masalah yang dihadapi saat ini sangat tidak relevan. 

"Pertanyaan kedua, berapa orang yang akan kunjungan ke luar negeri itu? Satu komisi, satu fraksi atau satu kantor DPRD?" tambahnya. 

Menurutnya, jika memang tugas ke luar negeri itu mendesak, sebaiknya hanya diutus dengan jumlah yang terbatas. Dengan kata lain hanya orang memeliki kecakapan dan kemampuan sesuai. Bukan malah satu rombongan dan belum tentu ada manfaatnya bagi Riau. 

"Saya setuju dengan Pak Gubri yang tidak menyetujui pelesiran itu. Saya juga setuju dengan Pak Mendagri yang tidak memberikan izin kepada mereka untuk jalan ke luar negeri," tambahnya. 

"Karena selama ini publik juga tahu apa yang dihasilkan dari perjalanan tersebut. Tidak menghasilkan apa-apa," ujar Tri.

Di tengah anggaran pemerintah yang sulit sebaiknya para dewan wakil rakyat itu berpikir logis dengan tidak memaksakan kehendak dengan berfoya-foya habiskan anggaran untuk sesuatu yang tidak penting. 

"Jangan direplikasi atau diterapkan di Riau. Pak Noviwaldy saja sebagai Wakil Ketua DPRD Riau tidak mengizinkan. Jadi apa maksudnya anggota DPRD Riau yang ngotot itu?" sambungnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menolak keinginan sejumlah anggota DPRD Riau plesiran ke luar negeri. Penolakan itu ternyata mendapat dukungan dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Dimana keputusan sepenuhnya menjadi hak Kemendagri. 

Apapun hasil keputusan Kemendagri harus dipatuhi. Bahkan jika rencana pelesiran itu batal, tentunya anggaran bisa digunakan untuk penghematan. Andi Rachman sendiri menolak kalau Pemprov Riau tidak mengakomodir keinginan dewan. Sebab hak sepenuhnya memberikan izin bukan pada dirinya. 

Informasi rencana Dinas Luar Negeri Dewan ini diketahui setelah Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri memberi penjelasan. Kemudian tanggal 10 Juli kembali diajukan melalui surat Gubernur Riau. Ada dua kelompok PDLN. Tujuannya London Inggris, berangkat 13 sampai 17 Juli. Sebagaimana data yang ada di Kemendagri pengajuan perjalanan Dinas Dewan Riau itu sudah dimulai sejak 16 Juni lalu. Ada dua kelompok Anggota Dewan yang mengajukan perjalanan dinas ke Amerika dan Canada. (bpc3)

TRAVELLING

Berita Terkini

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS
Senin, 25 September 2017 21:55

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menegaskan selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka
Senin, 25 September 2017 21:40

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka

Pasca temuan beberapa apotek di Kota Pekanbaru yang tidak memiliki izin, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menegaskan apotek-apotek tersebut dikenakan sanksi penutupan.

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi
Senin, 25 September 2017 20:58

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi

 Setelah MIS, kini Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menciduk Sya alias Pud (37), warga Jalan Tanjung Pura Kotabaru Siberida Kecamatan Keritang, di kediamannya. Lantaran menjadi penadah sepeda motor curian, Senin (25/9/2017).

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun
Senin, 25 September 2017 20:44

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun

Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017, akhirnya disahkan dengan penandatangan MoU, Senin (25/9/2017).

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru
Senin, 25 September 2017 20:39

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru

Setelah penyidikan secara marathon beberapa hari terakhir, akhirnya penyidik Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan empat orang sebagai tersangka korupsi pengadaan lampu LED dan lampu taman Pemko Pekanbaru.

AHY Sampai Diranah Minang, 'Sersan' di Payakumbuh
Senin, 25 September 2017 20:34

AHY Sampai Diranah Minang, "Sersan" di Payakumbuh

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) Senin (25/9/2017) sampai di Ranah Minang, Sumbar. Sesuai rencana AHY akan berada di Sumbar sampai Selasa sore.

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas
Senin, 25 September 2017 20:28

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas

Titik panas kembali mengganas di Pulau Sumatera, sore ini, Senin (25/9/2017). Pantauan BMKG Pekanbaru, setidaknya ada 49 titik pada level convidence 50 persen.

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai
Senin, 25 September 2017 20:18

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai

Pelayanan dan manajemen SPBU Batu Empat, Bagansiapiapi sungguh menjengkelkan dan membuat warga kecewa. Bagaimana tidak, selama hampir 15 menit menunggu petugas untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite, namun tidak satupun dilayani oleh petugas SPBU yang ada di lokasi. 

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW
Senin, 25 September 2017 20:13

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW

Setelah melalui proses panjang, akhirnya siang ini (25/9/2017), DPRD Riau mensahkan RTRW Riau 2017-2037 sebagai ranperda. Palu pengesahan ini diketuk oleh Sunaryo, wakil ketua DPRD Riau disaksikan oleh pimpinan DPRD dan instansi terkait serta Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel
Senin, 25 September 2017 20:07

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel

Senin (25/9/2017), penandatanganan MoU KUPA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017 batal dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru.