Bunyi Motor Anda 'Krek-krek'? Tandanya Rantai Temeng Harus Diganti

Sabtu, 06 Mei 2017 12:20
Bunyi Motor Anda 'Krek-krek'?  Tandanya Rantai Temeng Harus Diganti
Rantai Temeng/net

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi Anda yang tidak mengerti dengan kondisi kendaraan, memang susah untuk mengetahui apa 'penyakit' sehingga menyebabkan suara motor kesayangan anda menjadi kasar.

Biasanya di saat mesin motor sedang dingin suara itu tidak terdengar, namun jika sudah menempuh perjalanan seharian dan menyebabkan mesin panas. Mulailah suara kasar itu terdengar sehingga menyebabkan Anda khawatir untuk menempuh perjalanan jauh.

"Kalau bunyinya sudah 'krek, krek' seperti itu. Tandanya rantai temeng sudah perlu diganti," kata Udi, seorang pemilik bengkel di Jalan Durian, Pekanbaru, saat berbincang dengan bertuahpos.com, Sabtu (6/5/2017).

Harganya Rp 125 ribu plus ongkos pasang. Dijamin motor suara motor kesayangan Anda normal. Udi menjelaskan, rantai temeng itu memang harus diganti dalam skala waktu atau jarak tempuh tertentu. Membiarkan rantai temeng yang sudah rusak, juga beresiko di perjalanan, jika sewaktu-waktu motor Anda rusak.

Istilah lain dari rantai temeng ini, biasanya dikenal dengan rantai keteng. Sistem kerjanya, rantai ini menerima putaran dari crankshaft untuk kemudian putaran tadi, digunakan untuk menggerakkan camshaft di bagian head silinder.

Camshaft sendiri mengatur buka tutup dari klep-klep yang mengatur gas masuk dan gas buang dari ruang bakar. Mengapa bisa rusak?. "Sama juga seperti rantai sproket, rantai keteng juga bisa melar, biasanya karena suhu tinggi, putaran mesin yang tinggi, umur material, dan banyak lagi penyebab lain," tambahnya.

Efek dari kendornya rantai temeng ini akan menyebabkan putaran dari crankshaft tidak disalurkan dengan baik ke camshaft. Sehingga buka dan tutup klep bisa-bisa tidak akurat.

Udi menjekaskan, pada tahap pembiaran ekstrim, rantai ini bisa loss atau copot dan sangat berbahaya dampaknya bagi mesin, karena rantai tadi bisa berhamburan di daerah gearbox dan head silinder sehingga mengenai part-part yang sedang bekerja pada putaran yang umumnya tinggi. "Bahaya, bisa pecah semua nanti part-partnya," tambahnya. (bpc3) 

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil
Sabtu, 20 Januari 2018 22:00

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pemutakhiran data pemilih. Mengawali tahapan tersebut, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menyambangi Bupati Inhil, HM Wardan, Sabtu (20/1/2018) pagi.

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 21:26

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru

Bagi Anda fans klub Manchester United (MU) khususnya yang berada di Kota Pekanbaru sekitarnya, ramaikan nonton bareng (nobar) pertandingan MU berhadapan dengan Burnley malam ini, Sabtu (20/12/2018).

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar
Sabtu, 20 Januari 2018 21:00

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer, enggan mengomentari pernyataan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau yang mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Sensasi Dengan Beragam Toping,  Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 20:30

Sensasi Dengan Beragam Toping, Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru

Menikmati degan alias  kelapa segar bersama keluarga dan sahabat? Anda hanya merogoh kocek Rp25.000. 

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS
Sabtu, 20 Januari 2018 20:00

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS

Baru ini masih hangat diperbincangkan tentang dibalik keunggulan kemiliteran negara Amerika Serikat, bahwa pada hari Jumat (19/1/2018) kemarin pentagon membuat sebuah strategi pertahanan baru yang mereka  dikeluarkan.

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri
Sabtu, 20 Januari 2018 19:30

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri

Setelah sebelumnya menjadi pionir penerapan SIMDA di kawasan Propinsi Kepulauan Riau, kali ini Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri tentang pelaksanaan transaksi non tunai, Jumat (19/1/18).

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia
Sabtu, 20 Januari 2018 19:15

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia

Lima partai politik telah setuju LGBT berkembang di Indonesia. Bahkan, Undang-undang tentang LGBT juga tengah dibahas di DPR RI.

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini
Sabtu, 20 Januari 2018 19:02

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini

Gunung Sinabung kembali erupsi hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja
Sabtu, 20 Januari 2018 12:54

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Idola Celluler Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja.

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik
Sabtu, 20 Januari 2018 12:30

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik

Harga beras akhir pekan ini di Pekanbaru perlahan naik. Selain harga beras, harga gula khususnya gula merah juga mengalami kenaikan harga.