UKMI Ar-Royan Ingin Menciptakan Mahasiswa Agamis

Selasa, 10 Januari 2017 14:04 206
UKMI Ar-Royan Ingin Menciptakan Mahasiswa Agamis
UKMI Ar-Royan Universitas Riau (Foto: Teguh)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Keberadaan Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Royan Universitas Riau (UR) di sekitar perkampusan sangat krusial keberadaannya. Seperti yang diucapkan oleh Dimas Agustin Syahputra selaku ketua UKMI Ar-Royan UR saat dijumpai Bertuahpos.com, Selasa (9/1). Keberadaan UKMI Ar-Royan UR merupaka sebagai sarana wadah untuk mahasiswa-mahasiswi muslim di Universitas Riau khususnya.

Sejarahnya, UKMI Ar-Royan sudah berdiri sejak tanggal 15 Juli 1996 silam. UKMI Ar-Royan disyahkan langsung oleh Rektor Universitas Riau saat itu berdasarakan SK no.160 tahun 1996.

Organisasi UKMI Ar-Royan Universitas Riau sendiri memiliki sekretariat yang berkedudukan di Masjid Arfa'unnas Jalan Bina Widya KM 12,5 Kelurahan Simpang Baru, Panam Pekanbaru. Masjid yang terletak dikawasan Universitas Riau.

"Adapun tujuan berdirinya UKMI Ar-Royan yakni untuk menciptakan masyarakat kampus Universitas Riau yang agamis, serta berperan penting dalam mewujudkan masyarakat kampus yang madani," terang Dimas Agustin Syahputra.

Dalam kegiatannya, UKMK Ar-Royan UR memiliki berbagai kegiatan agamis. Diantaranya ada seminar nasional, bertujuan untuk menciptakan mahasiswa cerdas bermoral. Selain itu juga diharapkan mampu menanamkan nilai nilai keislaman pada diri mahasiswa. Seminar nasional biasanya diadakan UKMI Ar-Royan saat adanya beberapa fenomena yang sedang membooming disekitar masyarakat, salah satunya fenomena LGBT.

Selain itu, UKMI Ar-Royan juga memiliki kegiatan kajian kitab rutin mingguan. Biasanya diadakan setiap Kamis sore bada sholat ashar. Dalam kegiatan ini, UKMI Ar-Royan mengundang pemateri yang kompeten di bidangnya. Ini bertujuan untuk menciptakan suhu iklim yang agamis.

"Selanjutnya kami ada kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah Nasional atau yang disingkat GSBN. Agenda bulanan ini sudah masuk tingkat nasional. Bertujuan untuk menghidupkan kembali masjid. Kami juga ada MTQ tinggkat UR dan perayaan hari islam," terang Dimas Agustin Syahputra.

Dalam waktu dekat, UKMI Ar-Royan juga akan mengadakan Big Event, Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional yang bertemakan menuju generasi emas Indonesia. Dimana Riau menjadi tuan rumah, dan UKMI Ar-Royan sebagai penggerak.

"Tujuannya Ingin mensyiarkan betapa indahnya persaudaraan dan ajaran islam secara luas," tutup Dimas Agustin Syahputra.

Penulis: Teguh Asrin

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar
Senin, 23 Januari 2017 11:15

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar

Anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk parfum ruangan dari APBD Riau itu dianggap wajar.

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi
Senin, 23 Januari 2017 10:25

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau, diminta lebih aktif dalam upaya memperbaiki masalah internal. Sehingga berdampak positif terhadap hasil produks

Lowongan Kerja di Tranvision
Senin, 23 Januari 2017 10:00

Lowongan Kerja di Tranvision

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan kerja seputar Pekanbaru,  kini Transvision Perusahaan dari Trans Media CT Corps di Pekanbaru yang bergerak dibidang TV berlangganan

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu
Senin, 23 Januari 2017 09:40

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tidak memenuhi undangannya untuk hadir di menara Dang Merdu, Bank Riau Kepri, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (23/01/2017).

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau
Senin, 23 Januari 2017 09:30

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau

Senin (23/01/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui pantauan satelit mendeteksi tidak ada hotspot atau titik panas di Provinsi Riau. Sebelumnya Riau selalu rawan jika mulai memasuki musim kemarau.

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan
Senin, 23 Januari 2017 09:00

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selain pagi hari hujan masih berkemungkinan turun pada sore atau malam hari, Senin (23/01/2017). Saat ini memang Riau sedang memasuki musim peralihand ari hujan ke kemarau.

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja
Senin, 23 Januari 2017 08:30

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja

Mencari informasi lowongan kerja?  Kini salah satu perusahaan, yakni PT. AXA Financial lndonesia merupakan Perusahaan yang bergerak dibidangJasa Asuransi berskala Internasional.

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara
Senin, 23 Januari 2017 08:10

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara

Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau, menjadi masalah yang paling dipersoalkan. Faktanya, identitas Riau sebagai salah satu daerah penyumbang kabut asap, bukan hanya dikancah nasional. Tapi internasional.

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura
Minggu, 22 Januari 2017 23:12

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura

Sejarah Kota Anuradhapura memang luar biasa. Kota ini pusat agama Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Buddha di China, Korea, Amerika Serikat, Bangkok, Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari kota ini.

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan
Minggu, 22 Januari 2017 21:29

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan

Keberadaan beberapa komunitas memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung aksi dari beberapa komunitas, ada yang menilai komunitas hanya sebagai ajang untuk memperbanyak teman atau hura-hura semata.