UKMI Ar-Royan Ingin Menciptakan Mahasiswa Agamis

Selasa, 10 Januari 2017 14:04
UKMI Ar-Royan Ingin Menciptakan Mahasiswa Agamis
UKMI Ar-Royan Universitas Riau (Foto: Teguh)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Keberadaan Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Royan Universitas Riau (UR) di sekitar perkampusan sangat krusial keberadaannya. Seperti yang diucapkan oleh Dimas Agustin Syahputra selaku ketua UKMI Ar-Royan UR saat dijumpai Bertuahpos.com, Selasa (9/1). Keberadaan UKMI Ar-Royan UR merupaka sebagai sarana wadah untuk mahasiswa-mahasiswi muslim di Universitas Riau khususnya.

Sejarahnya, UKMI Ar-Royan sudah berdiri sejak tanggal 15 Juli 1996 silam. UKMI Ar-Royan disyahkan langsung oleh Rektor Universitas Riau saat itu berdasarakan SK no.160 tahun 1996.

Organisasi UKMI Ar-Royan Universitas Riau sendiri memiliki sekretariat yang berkedudukan di Masjid Arfa'unnas Jalan Bina Widya KM 12,5 Kelurahan Simpang Baru, Panam Pekanbaru. Masjid yang terletak dikawasan Universitas Riau.

"Adapun tujuan berdirinya UKMI Ar-Royan yakni untuk menciptakan masyarakat kampus Universitas Riau yang agamis, serta berperan penting dalam mewujudkan masyarakat kampus yang madani," terang Dimas Agustin Syahputra.

Dalam kegiatannya, UKMK Ar-Royan UR memiliki berbagai kegiatan agamis. Diantaranya ada seminar nasional, bertujuan untuk menciptakan mahasiswa cerdas bermoral. Selain itu juga diharapkan mampu menanamkan nilai nilai keislaman pada diri mahasiswa. Seminar nasional biasanya diadakan UKMI Ar-Royan saat adanya beberapa fenomena yang sedang membooming disekitar masyarakat, salah satunya fenomena LGBT.

Selain itu, UKMI Ar-Royan juga memiliki kegiatan kajian kitab rutin mingguan. Biasanya diadakan setiap Kamis sore bada sholat ashar. Dalam kegiatan ini, UKMI Ar-Royan mengundang pemateri yang kompeten di bidangnya. Ini bertujuan untuk menciptakan suhu iklim yang agamis.

"Selanjutnya kami ada kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah Nasional atau yang disingkat GSBN. Agenda bulanan ini sudah masuk tingkat nasional. Bertujuan untuk menghidupkan kembali masjid. Kami juga ada MTQ tinggkat UR dan perayaan hari islam," terang Dimas Agustin Syahputra.

Dalam waktu dekat, UKMI Ar-Royan juga akan mengadakan Big Event, Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional yang bertemakan menuju generasi emas Indonesia. Dimana Riau menjadi tuan rumah, dan UKMI Ar-Royan sebagai penggerak.

"Tujuannya Ingin mensyiarkan betapa indahnya persaudaraan dan ajaran islam secara luas," tutup Dimas Agustin Syahputra.

Penulis: Teguh Asrin

TRAVELLING

Berita Terkini

Untuk Pariwisata, Riau Dorong Investasi Homestay
Minggu, 25 Juni 2017 22:39

Untuk Pariwisata, Riau Dorong Investasi Homestay

Pemprov Riau mendorong pengembangan infrastruktur kepariwisataan ke bisnis penginapan dalam bentuk homestay, bukan hotel berbintang. 

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan
Minggu, 25 Juni 2017 20:33

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan

Penyidikan terhadap dugaan korupsi SPPD Fiktif di Dispenda Riau terus dilakukan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Riau.

Inilah  Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung
Minggu, 25 Juni 2017 19:29

Inilah Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung

Setelah melaksanakan ibadah puasa satu bulan. Lebaran  adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu.Malam takbiran

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH
Minggu, 25 Juni 2017 17:35

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH

Penyidik Kejaksaan Tinggi Riau segera mengumumkan tersangka korupsi proyek Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Integritas Anti Korupsi

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?
Minggu, 25 Juni 2017 15:23

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?

 Beberapa waktu lalu, pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan perintah bahwasanya mobil dinas dilarang untuk digunakan mudik.

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi
Minggu, 25 Juni 2017 14:09

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi

Setiap yang merasakan indahnya pertemuan, akan mengerti pahitnya perpisahan. Setidaknya itulah pesan Ustaz Asril, Lc yang menjadi Khatib Salat Id

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah.