Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

Jumat, 23 Desember 2016 17:55
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU- Sholat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim penganut agama islam, selain sholat lima waktu ada lagi sholat sunah seperti sholat idul Fitri,Idul Adha, Duha, mayat, dan banyak lagi.

Sholat jika kita lakukan akan mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya akan berdosa, tapi apakah kita mengetahui ada manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tanpa kita sadari sebelumnya?

Ustad Masnur seorang Imam Besar di Mesjid Al Ihsan menyampakain bahwa banyak manfaat dari tiap-tiap gerakan sholat untuk kesehatan kita, diantaranya yaitu:

1. Gerakan Takbiratul Ihkram
Gerakan berdiri, mengangkat tangan sampai ke telinga dan melipat nya diatas perut dekat dada dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, meregangkan dan melatih otot-otot pada tangan, dan melancarkan sistem kerja oksigen keseluruh tubuh.

2. Gerakan Ruku
Dimana pada rukuk ini badan berbentuk sudut 90○ dimana antara kepala dan punggung sejajar lurus sedangkan kedua tangan bertumpu terhadap kedua lutut, gerakan ini dapat menjaga tulang belakang agar tetap kuat, dan saraf pusat, darah akan mengalir ke seluruh tubuh bagian tengah dari perut hingga kepala, merelaksasi kan otot-otot tangan dan lutut jika gerakan ini dilakukn dengn benar.

3. Gerakan I'tidal
Pada gerakan ini tubuh berdiri lurus dan rilex sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Gerakan sujud
Dimana muka menempel ke sejadah, kedua tangan disamping telinga, dan ekor sedikit menungging sehingga badan lebih tinggi dari kepala, gerakan ini dapat menstransfer darah ke otak sehingga otak dapat mengoptimalkan sistem daya fikir kita, terhindar dari penyakit wasir, dan getah bening pada tubuh, lakukan gerakan sujud ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

5. Gerakan duduk diantara Dua sujud
Gerakan ini seperti duduk bersimpuh dimana antara tungkai bawah dan atas terlipat dan menyatu, gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot paha dan menghilangkan nyeri akibat banyak berdiri atau berjalan.

6. Gerakan Duduk Tahiyat Akhir
Gerakan ini seperti duduk antara dua sujud, tetapi pada tumit sebelah kanan bertumpu dipantat sebelah kanan. Gerakan ini sangat baik bagi pria, karena tumit menekan pantat sehingga dapat mencegah penyakit kantong kemih, prostat, dan impotensi, jika dilakukan dengan benar.

7. Gerakan Salam
Ini adalah gerakan terakhir pada sholat, dimana kepala menoleh kearah kanan dan kiri sehingga dapat bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot dileher dan kepala, melancarkan darah sehingga dapt membantu mencegah sakit kepala. Ungkapnya

Mulailah dari sekarang untuk selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari semalam, karena selain berpahala, pikiran selalu positif, hati selalu tenang, dan juga memberikan kesehatan bagi tubuh.

Penulis: Meizul Ofriananda

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Muhammad Adil: Hanya di Gubernur Ini, Tidak Ada Bantuan Rumah Ibadah
Selasa, 17 Oktober 2017 08:22

Muhammad Adil: Hanya di Gubernur Ini, Tidak Ada Bantuan Rumah Ibadah

Anggota komisi V DPRD Riau, Muhammad Adil menyebutkan bahwa di periode gubernur sekarang, tidak ada bantuan pembangunan musholla dan masjid. Padahal, menurut Adil, APBD Riau sangat besar.

Lebih Lama Mana Urus Sertifikat Halal di MUI Atau di BPJPH?
Selasa, 17 Oktober 2017 08:18

Lebih Lama Mana Urus Sertifikat Halal di MUI Atau di BPJPH?

Bada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sudah dibentuk belum lama ini. Lembaga ini dianggap sebagai bentuk transpormasi baru dalam kepengurusan sertifikat halal terhadap produk makanan. 

Evluasi Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UIN Suska Riau: Ya, Kami Akan Aksi
Selasa, 17 Oktober 2017 08:02

Evluasi Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UIN Suska Riau: Ya, Kami Akan Aksi

Aksi unjuk rasa dalam rangka evaluasi tig tahun kinerja Presiden Jokowi, rencananya juga akan di lakukan oleh Presiden Mahasiswa (Presma) dari UIN Suska Riau.

BPJPH Dibentuk, Ini komentar Ketua DPRD Riau
Selasa, 17 Oktober 2017 07:53

BPJPH Dibentuk, Ini komentar Ketua DPRD Riau

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati angkat bicara mengenai dibentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) oleh Kemenag. Menurut Septina, selama subtansi halal tak halalnya masih sama, maka tidak akan ada masalah.

Akan Ada Aksi Tiga Tahun Kinerja Jokowi
Selasa, 17 Oktober 2017 07:41

Akan Ada Aksi Tiga Tahun Kinerja Jokowi

Tepat tanggal 20 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo genap tiga tahun memimpin Indonesia. Seperti bsnysk presiden di Indonesia selama masa kepemimpinan Jokowi juga meninggalkan bekas yang perlu dievaluasi

WR III Unilak Bangga Atlit Renang Unilak Sumbang Emas di POMNAS 2017
Senin, 16 Oktober 2017 21:59

WR III Unilak Bangga Atlit Renang Unilak Sumbang Emas di POMNAS 2017

Bahagia bercampur bangga, hal inilah yang dirasakan oleh Wakil Rektor III Universitas Lancang Kuning (Unilak), Dr Eddy Asnawi, saat atlit renang putri Riau yang juga mahasiswi Unilak di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 mampu mendulang medali emas, Senin (16/10/2017).

Pengamat Kebijakan Publik Kritik Pelaksanaan Riau Job Fair, Ada Apa?
Senin, 16 Oktober 2017 21:48

Pengamat Kebijakan Publik Kritik Pelaksanaan Riau Job Fair, Ada Apa?

Pelaksanaan Riau Job Fair 2017 mendapat kritikan keras dari salah seorang pengamat kebijakan publik yang ada di Pekanbaru, Saiman Pakpahan.

Bawa Sabu, Seorang Laki-Laki Diringkus Polisi
Senin, 16 Oktober 2017 21:13

Bawa Sabu, Seorang Laki-Laki Diringkus Polisi

Sat Reskrim Narkoba Polres Siak ringkus seorang laki-laki pelaku tindak perkara Narkotika jenis sabu -Sabu, Selasa (16/10/2017), sekira pukul 18.00 WIB.

Polsek Tambang Amankan 2 Pelaku Pungli Supir Angkutan Barang Pada Operasi Bina Kusuma 2017
Senin, 16 Oktober 2017 20:43

Polsek Tambang Amankan 2 Pelaku Pungli Supir Angkutan Barang Pada Operasi Bina Kusuma 2017

 Dalam rangka penggelaran Operasi Bina Kusuma 2017, Jajaran Polsek Tambang Polres Kampar Senin (16/10/2017) telah mengamankan 2 pelaku premanisme yang kedapatan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap mobil angkutan barang di daerah Simpang Sungai Pinang Kecamatan Tambang. 

UMKM Keluhkan Pungutan Biaya Riau Expo 2017
Senin, 16 Oktober 2017 20:25

UMKM Keluhkan Pungutan Biaya Riau Expo 2017

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) keluhkan besarnya pungutan biaya Riau Expo terhadap setiap stand-stand yang disewakan.