Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

Jumat, 23 Desember 2016 17:55
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU- Sholat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim penganut agama islam, selain sholat lima waktu ada lagi sholat sunah seperti sholat idul Fitri,Idul Adha, Duha, mayat, dan banyak lagi.

Sholat jika kita lakukan akan mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya akan berdosa, tapi apakah kita mengetahui ada manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tanpa kita sadari sebelumnya?

Ustad Masnur seorang Imam Besar di Mesjid Al Ihsan menyampakain bahwa banyak manfaat dari tiap-tiap gerakan sholat untuk kesehatan kita, diantaranya yaitu:

1. Gerakan Takbiratul Ihkram
Gerakan berdiri, mengangkat tangan sampai ke telinga dan melipat nya diatas perut dekat dada dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, meregangkan dan melatih otot-otot pada tangan, dan melancarkan sistem kerja oksigen keseluruh tubuh.

2. Gerakan Ruku
Dimana pada rukuk ini badan berbentuk sudut 90○ dimana antara kepala dan punggung sejajar lurus sedangkan kedua tangan bertumpu terhadap kedua lutut, gerakan ini dapat menjaga tulang belakang agar tetap kuat, dan saraf pusat, darah akan mengalir ke seluruh tubuh bagian tengah dari perut hingga kepala, merelaksasi kan otot-otot tangan dan lutut jika gerakan ini dilakukn dengn benar.

3. Gerakan I'tidal
Pada gerakan ini tubuh berdiri lurus dan rilex sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Gerakan sujud
Dimana muka menempel ke sejadah, kedua tangan disamping telinga, dan ekor sedikit menungging sehingga badan lebih tinggi dari kepala, gerakan ini dapat menstransfer darah ke otak sehingga otak dapat mengoptimalkan sistem daya fikir kita, terhindar dari penyakit wasir, dan getah bening pada tubuh, lakukan gerakan sujud ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

5. Gerakan duduk diantara Dua sujud
Gerakan ini seperti duduk bersimpuh dimana antara tungkai bawah dan atas terlipat dan menyatu, gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot paha dan menghilangkan nyeri akibat banyak berdiri atau berjalan.

6. Gerakan Duduk Tahiyat Akhir
Gerakan ini seperti duduk antara dua sujud, tetapi pada tumit sebelah kanan bertumpu dipantat sebelah kanan. Gerakan ini sangat baik bagi pria, karena tumit menekan pantat sehingga dapat mencegah penyakit kantong kemih, prostat, dan impotensi, jika dilakukan dengan benar.

7. Gerakan Salam
Ini adalah gerakan terakhir pada sholat, dimana kepala menoleh kearah kanan dan kiri sehingga dapat bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot dileher dan kepala, melancarkan darah sehingga dapt membantu mencegah sakit kepala. Ungkapnya

Mulailah dari sekarang untuk selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari semalam, karena selain berpahala, pikiran selalu positif, hati selalu tenang, dan juga memberikan kesehatan bagi tubuh.

Penulis: Meizul Ofriananda

TRAVELLING

Berita Terkini

Segera Dapatkan Diskon 10% Untuk Semua Produk Bagi Member Ace Hardware
Sabtu, 29 April 2017 22:13

Segera Dapatkan Diskon 10% Untuk Semua Produk Bagi Member Ace Hardware

Bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan di penghujung dan awal bulan, ACE Hardware menghadirkan  diskon 10% untuk semua produk yang ada

Begini Suasana Resepsi Pernikahan Momo Geisha di Hotel Arya Duta
Sabtu, 29 April 2017 21:57

Begini Suasana Resepsi Pernikahan Momo Geisha di Hotel Arya Duta

Suasana meriah terlihat di area pool Arya Duta Hotel Pekanbaru. Vokalis band Geisha, Novara Morina Sinaga atau Momo  dan Nicola Reza Samudra melangsungkan resepsi pernikahannya Sabtu (29/4/2017) malam.

“Selamat Jalan Syafii Manas”
Sabtu, 29 April 2017 21:21

“Selamat Jalan Syafii Manas”

Setelah berjuang dengan sakit gagal ginjal hingga sempat koma, Syafii Manas akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Daerah Jangan Menempatkan ASN Karena Balas Budi
Sabtu, 29 April 2017 21:03

Kepala Daerah Jangan Menempatkan ASN Karena Balas Budi

Sudah menjadi rasia umum dimana setiap kali berganti Kepala Daerah baik Bupati ataupun Gubernur, maka ASN mulai dilanda kegelisahan terutama yang tidak berjasa kepada Kepala Daerah terpilih.

Empat Narapidana Ini Disuntik Mati
Sabtu, 29 April 2017 20:40

Empat Narapidana Ini Disuntik Mati

Empat narapidana disuntik mati. Itu dilakukan Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat (AS). Negeri itu mengeksekusi empat narapidana sejak 20 April

Persiapan UN, SMP Negeri 1 Lubuk Dalam Sudah 100%
Sabtu, 29 April 2017 15:56

Persiapan UN, SMP Negeri 1 Lubuk Dalam Sudah 100%

Jelang Ujian Nasional tingkat SMP yang akan di lakukan mulai Selasa (02/05/2017) besok, setiap sekolah telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Sabtu, 29 April 2017 15:52

101 Personel Brimob Polda Riau Dikirim ke Papua

Sebanyak 101 personel dari Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau
Rendahnya Penerapan PHBS, Masyarakat Masih Buang Air di Parit Depan Rumah
Sabtu, 29 April 2017 15:45

Rendahnya Penerapan PHBS, Masyarakat Masih Buang Air di Parit Depan Rumah

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. 

Jurusan Untuk Beasiswa S1 Bergantung pada Kebutuhan Pemda
Sabtu, 29 April 2017 15:35

Jurusan Untuk Beasiswa S1 Bergantung pada Kebutuhan Pemda

Beasiswa untuk melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi, yang dilaksanakan oleh Pemkab Rokan Hilir  ternyata memiliki keterbatasan jurusan,

Guru Wajib di Sekolah 8 Jam, Kadis Pendidikan Anggap Itu Sudah Dari Zaman Kemerdekaan
Sabtu, 29 April 2017 15:25

Guru Wajib di Sekolah 8 Jam, Kadis Pendidikan Anggap Itu Sudah Dari Zaman Kemerdekaan

Terkait dengan wacana Presiden RI Joko Widodo melalui Mendikbud Muhadjir Effendy, yang menyatakan tentang kewajiban guru berada di sekolah selama 8 jam ditanggapi oleh Kadis Pendidikan Rohil, M. Rusli.