Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

Jumat, 23 Desember 2016 17:55 312
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU- Sholat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim penganut agama islam, selain sholat lima waktu ada lagi sholat sunah seperti sholat idul Fitri,Idul Adha, Duha, mayat, dan banyak lagi.

Sholat jika kita lakukan akan mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya akan berdosa, tapi apakah kita mengetahui ada manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tanpa kita sadari sebelumnya?

Ustad Masnur seorang Imam Besar di Mesjid Al Ihsan menyampakain bahwa banyak manfaat dari tiap-tiap gerakan sholat untuk kesehatan kita, diantaranya yaitu:

1. Gerakan Takbiratul Ihkram
Gerakan berdiri, mengangkat tangan sampai ke telinga dan melipat nya diatas perut dekat dada dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, meregangkan dan melatih otot-otot pada tangan, dan melancarkan sistem kerja oksigen keseluruh tubuh.

2. Gerakan Ruku
Dimana pada rukuk ini badan berbentuk sudut 90○ dimana antara kepala dan punggung sejajar lurus sedangkan kedua tangan bertumpu terhadap kedua lutut, gerakan ini dapat menjaga tulang belakang agar tetap kuat, dan saraf pusat, darah akan mengalir ke seluruh tubuh bagian tengah dari perut hingga kepala, merelaksasi kan otot-otot tangan dan lutut jika gerakan ini dilakukn dengn benar.

3. Gerakan I'tidal
Pada gerakan ini tubuh berdiri lurus dan rilex sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Gerakan sujud
Dimana muka menempel ke sejadah, kedua tangan disamping telinga, dan ekor sedikit menungging sehingga badan lebih tinggi dari kepala, gerakan ini dapat menstransfer darah ke otak sehingga otak dapat mengoptimalkan sistem daya fikir kita, terhindar dari penyakit wasir, dan getah bening pada tubuh, lakukan gerakan sujud ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

5. Gerakan duduk diantara Dua sujud
Gerakan ini seperti duduk bersimpuh dimana antara tungkai bawah dan atas terlipat dan menyatu, gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot paha dan menghilangkan nyeri akibat banyak berdiri atau berjalan.

6. Gerakan Duduk Tahiyat Akhir
Gerakan ini seperti duduk antara dua sujud, tetapi pada tumit sebelah kanan bertumpu dipantat sebelah kanan. Gerakan ini sangat baik bagi pria, karena tumit menekan pantat sehingga dapat mencegah penyakit kantong kemih, prostat, dan impotensi, jika dilakukan dengan benar.

7. Gerakan Salam
Ini adalah gerakan terakhir pada sholat, dimana kepala menoleh kearah kanan dan kiri sehingga dapat bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot dileher dan kepala, melancarkan darah sehingga dapt membantu mencegah sakit kepala. Ungkapnya

Mulailah dari sekarang untuk selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari semalam, karena selain berpahala, pikiran selalu positif, hati selalu tenang, dan juga memberikan kesehatan bagi tubuh.

Penulis: Meizul Ofriananda

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Waspadai Facebook, Ada ABG Pekanbaru Dijual ke Om-Om
Kamis, 23 Pebruari 2017 15:20

Waspadai Facebook, Ada ABG Pekanbaru Dijual ke Om-Om

Kabar ada ABG cewek yang dijual temannya ke om-om di Pekanbaru mengagetkan banyak orang. Mengingat gadis tersebut baru berumur belasan tahun.

Butuh Biaya Besar Untuk Setting Uang Baru di ATM?
Kamis, 23 Pebruari 2017 15:05

Butuh Biaya Besar Untuk Setting Uang Baru di ATM?

Karena cetakan uang baru lebih kecil dari rupiah lama, uang rupiah pecahan baru belum beredar di mesin ATM. Namun, butuh waktu lama dan biaya besar untuk proses penyerangan uang baru di mesin ATM?

Bak Superman, Suparman 'Terbang' Bebas, Ini Kata Penasehat Hukum
Kamis, 23 Pebruari 2017 14:50

Bak Superman, Suparman 'Terbang' Bebas, Ini Kata Penasehat Hukum

Terseretnya nama Suparman dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Kasus Suparman terkait suap pembahasan Rancangan APBD Provinsi Riau 2014 - 2015 lalu, kini Suparman bebas dari jeratan hukum yang menimpanya.

Diskop Pekanbaru Juga Ikut Sibuk Lacak KSP Pandawa
Kamis, 23 Pebruari 2017 14:35

Diskop Pekanbaru Juga Ikut Sibuk Lacak KSP Pandawa

Dinas Koperasi (Diskop) UMKM Pekanbaru dibuat sibuk. Gara-gara adanya kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group (PMG).

Asik Main Warnet, Empat Maling Terciduk Polsek Tandun
Kamis, 23 Pebruari 2017 14:20

Asik Main Warnet, Empat Maling Terciduk Polsek Tandun

Zahkia (39) salah satu warga RT 16 RW.08 Desa Puo Raya Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu sontak terkejut dengan situasi rumahnya.  Gitar miliknya dan barang lainnya lenyap.

Tidak Ada Uang Baru di Mesin ATM
Kamis, 23 Pebruari 2017 14:05

Tidak Ada Uang Baru di Mesin ATM

Jika ingin mendapatkan uang rupiah baru, jangan harap ada di mesin ATM bank. Ternyata uang rupiah baru lebih kecil dibandingkan rupiah untuk ukuran lama. Sehingga belum beredar di mesin ATM. 

Kucing Liar di Pekanbaru Disterilisasi
Kamis, 23 Pebruari 2017 13:50

Kucing Liar di Pekanbaru Disterilisasi

Sebanyak 15 ekor kucing liar hasil rescue komunitas Independent Cat Rescue Pekanbaru, dilakukan sterilisasi terhadap organ reproduksinya. Hal ini diterangkan oleh M. Syahrulizam Main Putra salah satu anggota Independent Cat Rescue kepada kru Bertuahpos.com, Kamis (23/2/2017).

Yuk Ramaikan Travel Fair and Expo 2017 di Mall SKA Pekanbaru
Kamis, 23 Pebruari 2017 13:35

Yuk Ramaikan Travel Fair and Expo 2017 di Mall SKA Pekanbaru

Dalam memasarkan produk dari suatu brand maupun daerah, anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran.

Diresmikan Tiga Bulan Lalu, Masyarakat Pekanbaru Banyak Tak Tahu dengan Rupiah Baru
Kamis, 23 Pebruari 2017 13:20

Diresmikan Tiga Bulan Lalu, Masyarakat Pekanbaru Banyak Tak Tahu dengan Rupiah Baru

Meski sudah diluncurkan peresmiannya pada 19 Desember 2016 lalu, ternyata di Pekanbaru masyarakat banyak tidak tahu dengan tampilan uang baru, dan masih dianggap asing.

Ringankan Beban Orang Tua? Ikuti Seminar Beasiswa
Kamis, 23 Pebruari 2017 13:05

Ringankan Beban Orang Tua? Ikuti Seminar Beasiswa

Bagi kamu para scholarship hunter dan mahasiswa yang ingin meringankan beban orang tua, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Riau (UR) akan menggelar Seminar Beasiswa yang bertemakan Let's Get Your Scholarship.