Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

Jumat, 23 Desember 2016 17:55 368
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU- Sholat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim penganut agama islam, selain sholat lima waktu ada lagi sholat sunah seperti sholat idul Fitri,Idul Adha, Duha, mayat, dan banyak lagi.

Sholat jika kita lakukan akan mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya akan berdosa, tapi apakah kita mengetahui ada manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tanpa kita sadari sebelumnya?

Ustad Masnur seorang Imam Besar di Mesjid Al Ihsan menyampakain bahwa banyak manfaat dari tiap-tiap gerakan sholat untuk kesehatan kita, diantaranya yaitu:

1. Gerakan Takbiratul Ihkram
Gerakan berdiri, mengangkat tangan sampai ke telinga dan melipat nya diatas perut dekat dada dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, meregangkan dan melatih otot-otot pada tangan, dan melancarkan sistem kerja oksigen keseluruh tubuh.

2. Gerakan Ruku
Dimana pada rukuk ini badan berbentuk sudut 90○ dimana antara kepala dan punggung sejajar lurus sedangkan kedua tangan bertumpu terhadap kedua lutut, gerakan ini dapat menjaga tulang belakang agar tetap kuat, dan saraf pusat, darah akan mengalir ke seluruh tubuh bagian tengah dari perut hingga kepala, merelaksasi kan otot-otot tangan dan lutut jika gerakan ini dilakukn dengn benar.

3. Gerakan I'tidal
Pada gerakan ini tubuh berdiri lurus dan rilex sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Gerakan sujud
Dimana muka menempel ke sejadah, kedua tangan disamping telinga, dan ekor sedikit menungging sehingga badan lebih tinggi dari kepala, gerakan ini dapat menstransfer darah ke otak sehingga otak dapat mengoptimalkan sistem daya fikir kita, terhindar dari penyakit wasir, dan getah bening pada tubuh, lakukan gerakan sujud ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

5. Gerakan duduk diantara Dua sujud
Gerakan ini seperti duduk bersimpuh dimana antara tungkai bawah dan atas terlipat dan menyatu, gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot paha dan menghilangkan nyeri akibat banyak berdiri atau berjalan.

6. Gerakan Duduk Tahiyat Akhir
Gerakan ini seperti duduk antara dua sujud, tetapi pada tumit sebelah kanan bertumpu dipantat sebelah kanan. Gerakan ini sangat baik bagi pria, karena tumit menekan pantat sehingga dapat mencegah penyakit kantong kemih, prostat, dan impotensi, jika dilakukan dengan benar.

7. Gerakan Salam
Ini adalah gerakan terakhir pada sholat, dimana kepala menoleh kearah kanan dan kiri sehingga dapat bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot dileher dan kepala, melancarkan darah sehingga dapt membantu mencegah sakit kepala. Ungkapnya

Mulailah dari sekarang untuk selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari semalam, karena selain berpahala, pikiran selalu positif, hati selalu tenang, dan juga memberikan kesehatan bagi tubuh.

Penulis: Meizul Ofriananda

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Diguyur Hujan Deras, Kualifikasi MotoGP 2017 Qatar Dibatalkan
Minggu, 26 Maret 2017 02:18

Diguyur Hujan Deras, Kualifikasi MotoGP 2017 Qatar Dibatalkan

Seperti biasa, kali ini pun seri pertama MotoGP 2017 diselenggarakan di Qatar. Sabtu (25/03/2017) adalah pelaksanaan kualifikasi seri pertama MotoGP musim 2017. Namun, kualifikasi yang sebelumnya akan didahului free practice keempat (FP4) ini dibatalkan.

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini
Sabtu, 25 Maret 2017 21:40

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini

beberapa organisasi kampus yang ikut serta antara lain Lembaga pers kampus Gagasan, Radio Suska Fm, Cophote, Mapala Suska Green Vibe, Latah Tuah dan masih banyak lagi.

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru
Sabtu, 25 Maret 2017 21:12

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru

Menang lagi, itulah yang menggambarkan pertandingan uji coba PSPS Riau, Sabtu (25/3/2017). Tim berjuluk Asykar Bertuah ini berhasil mengalahkan tim sepak bola PSSI Pekanbaru dengan skor telak, 5-0.

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 20:20

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu

Putra raja dangdut Rhoma Irama ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Ridho Rhoma itu ditangkap di sebuah hotel

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai
Sabtu, 25 Maret 2017 20:19

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai

Minyak bersemburan tersebut jatuh ke dalam laut atau perairan laut Dumai dengan perkiraan jumlah lebih kurang 100 Kg minyak CPO

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba
Sabtu, 25 Maret 2017 20:11

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Akhirnya polisi menetapkan Ridho Rhoma Irama sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Dia ditangkap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat dengan barang bukti berupa paket sabu

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar
Sabtu, 25 Maret 2017 19:48

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar

Akhirnya PBB memutuskan untuk menyelidiki perkosaan dan pembunuhan yang dilakukan pasukan keamanan Myanmar terhadap etnis Rohingya

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017
Sabtu, 25 Maret 2017 18:09

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

Bank Riau Kepri terima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel Harris Sunset Road, Kuta, Bali

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah
Sabtu, 25 Maret 2017 18:02

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah

Sempat menembus angka Rp.100 ribu perkilogram, kini harga cabai rawit makin turun

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 17:54

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu

Manajer Ridho sangat terkejut dengan penangkapan Ridho. Itu karena putra Rhoma Irama itu izin nonton bioskop bersama teman-temannya