Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

Jumat, 23 Desember 2016 17:55 261
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Tubuh

BERTUAHPOS.COM (BPC) PEKANBARU- Sholat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim penganut agama islam, selain sholat lima waktu ada lagi sholat sunah seperti sholat idul Fitri,Idul Adha, Duha, mayat, dan banyak lagi.

Sholat jika kita lakukan akan mendapatkan pahala dan jika meninggalkannya akan berdosa, tapi apakah kita mengetahui ada manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tanpa kita sadari sebelumnya?

Ustad Masnur seorang Imam Besar di Mesjid Al Ihsan menyampakain bahwa banyak manfaat dari tiap-tiap gerakan sholat untuk kesehatan kita, diantaranya yaitu:

1. Gerakan Takbiratul Ihkram
Gerakan berdiri, mengangkat tangan sampai ke telinga dan melipat nya diatas perut dekat dada dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, meregangkan dan melatih otot-otot pada tangan, dan melancarkan sistem kerja oksigen keseluruh tubuh.

2. Gerakan Ruku
Dimana pada rukuk ini badan berbentuk sudut 90○ dimana antara kepala dan punggung sejajar lurus sedangkan kedua tangan bertumpu terhadap kedua lutut, gerakan ini dapat menjaga tulang belakang agar tetap kuat, dan saraf pusat, darah akan mengalir ke seluruh tubuh bagian tengah dari perut hingga kepala, merelaksasi kan otot-otot tangan dan lutut jika gerakan ini dilakukn dengn benar.

3. Gerakan I'tidal
Pada gerakan ini tubuh berdiri lurus dan rilex sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Gerakan sujud
Dimana muka menempel ke sejadah, kedua tangan disamping telinga, dan ekor sedikit menungging sehingga badan lebih tinggi dari kepala, gerakan ini dapat menstransfer darah ke otak sehingga otak dapat mengoptimalkan sistem daya fikir kita, terhindar dari penyakit wasir, dan getah bening pada tubuh, lakukan gerakan sujud ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa.

5. Gerakan duduk diantara Dua sujud
Gerakan ini seperti duduk bersimpuh dimana antara tungkai bawah dan atas terlipat dan menyatu, gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot paha dan menghilangkan nyeri akibat banyak berdiri atau berjalan.

6. Gerakan Duduk Tahiyat Akhir
Gerakan ini seperti duduk antara dua sujud, tetapi pada tumit sebelah kanan bertumpu dipantat sebelah kanan. Gerakan ini sangat baik bagi pria, karena tumit menekan pantat sehingga dapat mencegah penyakit kantong kemih, prostat, dan impotensi, jika dilakukan dengan benar.

7. Gerakan Salam
Ini adalah gerakan terakhir pada sholat, dimana kepala menoleh kearah kanan dan kiri sehingga dapat bermanfaat untuk merelaksasikan otot-otot dileher dan kepala, melancarkan darah sehingga dapt membantu mencegah sakit kepala. Ungkapnya

Mulailah dari sekarang untuk selalu melaksanakan sholat wajib lima waktu sehari semalam, karena selain berpahala, pikiran selalu positif, hati selalu tenang, dan juga memberikan kesehatan bagi tubuh.

Penulis: Meizul Ofriananda

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia
Selasa, 24 Januari 2017 21:32

Karena Tak Punya Duit, Jenazah TKI Ini Tertahan di Malaysia

Malang benar nasib Nani. Saat sang ibu melepas nyawa di Serawak, Malaysia, dia tidak ada. Kini untuk memulangkan jenazah ibunya dia tidak bisa. Karena Nani tidak punya biaya cukup untuk pulangkan jenazah ibunya.

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara
Selasa, 24 Januari 2017 21:16

Ketika Bibit Ikan Mas dan Lele Dilepas di Penjara

Kakanwil Kemenkum dan HAM Propinsi Sumatera Barat, Dwi Prasetyo Santoso didampingi  Kalapas Kelas II B Payakumbuh Bagus Prakoso, melepas bibit ikan Mas dan Lele di Lapas Kelas II B Payakumbuh.

Lowongan Kerja Web Design
Selasa, 24 Januari 2017 21:14

Lowongan Kerja Web Design

Bagi anda yang sedang mencati info lowongan kerja,  Uira Tekno Solusindo sedang membuka loker. Perusahaan yang bergerak dibidang Teknologi Informasi pada kota Pekanbaru Riau, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung
Selasa, 24 Januari 2017 21:05

Mau Operasikan 15 Bus TMP, Dishub Pekanbaru Malah Bingung

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru saat ini masih bingung. Hak tersebut terkait penempatan 15 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang bakal dioperasikan awal Februari nanti.

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah
Selasa, 24 Januari 2017 20:53

Ini yang Dilakukan Pemuda Pekanbaru Agar Anak Papua Bisa Sekolah

Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas UntukPapua Pekanbaru mengadakan talk show interaktif ke beberapa televisi lokal di Riau. Kegiatan talk show interaktif ini merupakan salah satu program mendukung gerakan

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes
Selasa, 24 Januari 2017 20:48

Kopi Itu Bisa Cegah Diabetes

Ternyata, kopi dan teh mengandung zat yang dapat melindungi peminumnya dari diabetes melitus tipe 2. Mereka memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini, dan tidak bergantung pada insulin.

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat
Selasa, 24 Januari 2017 17:33

Soal Pungli, Antara Kepala Kejari dan Plt Walikota Silang Pendapat

Selasa (24/01/2017), tim sapu bersih (saber) pungutan liar (pungli) Kota Pekanbaru dikukuhkan di Aula Kantor Walikota Pekanbaru. Tim saber pungli dikukuhkan oleh Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat
Selasa, 24 Januari 2017 17:18

Kapolda Riau: Kalau Aktornya Polisi, Saya Tembak di Tempat

Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain geram dan marah setelah melihat rekaman video dari udara soal perambahan hutan di Kabupaten Pelalawan beberapa waktu lalu.

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses
Selasa, 24 Januari 2017 17:13

TNT 4 dan 5 Komunitas 1000 Guru Riau Berjalan Sukses

Komunitas 1000 Guru Riau mengadakan kegiatan Traveling and Teaching (TNT) 4 dan 5, pada tanggal 20 Januari 2017 hingga 22 Januari 2017 silam. Dalam kegiatan rutinitas bulanan ini, Komunitas 1000 Guru Riau

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah
Selasa, 24 Januari 2017 17:04

Begini Cara Kerja Gambar Saling Isi pada Rupiah

Persepsi yang muncul di tengah masyarakat tentang rectroverso atau gambar saling isi pada pecahan rupiah membuat masyarakat geger.