Ini Tips Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh di Bulan Puasa

Senin, 08 Mei 2017 13:50
Ini Tips Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh di Bulan Puasa

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL - Berpuasa adalah hal wajib yang dilakukan umat muslim di Bulan Ramadan. Jelang masuknya bulan puasa yang tinggal beberapa minggu lagi, tentunya kita harus menjaga kesehatan tubuh, apa lagi saat ini musim kemarau.

Seperti halnya yang dijelaskan dr Winda yang merupakan Dokter Umum di Puskesmas 24 Jalan Gunung Daek Inhil, saat di bulan puasa penyakit yang populer adalah maag, naiknya asam lambung dan sembelit (susah buang air besar). "Penyakit ini sudah mayoritas dialami, salah satu penyebabnya bisa karena kurang minum (cairan) dan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat," katanya kepada kru Bertuahpos.com, Senin (8/5/2017).

Selanjutya dr winda juga menjelaskan selama puasa bisa mengakibatkan tekanan darah rendah karena kurangnya asupan cairan dan garam. "Juga bisa mengakibatkan gula darah rendah serta radang tenggorokan, biasa terjadi karena mengkonsumsi goreng-gorengan saat sahur yang berlebihan sehingga merangsang tenggorokan jadi lebih sensitif," jelasnya.

Masuknya bulan puasa yg bertepatan dengan musim panas seperti sekarang ini, lanjutnya, tentu daya tahan tubuh cenderung menurun. Selain itu, udara kering, sumber air akan berkurang. "hal ini menyebabkan banyak lalat dan debu membuat orang lebih mudah terserang beberapa penyakit seperti infeksi oleh virus dan bakteri, "ungkapnya.

Dalam cuaca panas, tambahnya, daya tahan tubuh cenderung melemah sehingga rentan terhadap infeksi virus. "Yang paling sering dan perlu diwaspadai adalah Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA), udara yang panas akan membuat orang cenderung berkeringat. Selain itu, saat panas lingkungan cenderung tidak sehat, debu dan asap yang akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan atas dan berlanjut menjadi infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). 

Selanjutnya Diare, air bersih yang terbatas membuat lingkungan menjadi relatif lebih kotor dan masyarakat membatasi penggunaan air bersih. Kondisi lingkungan yang kotor ini akan membuat lalat menjadi lebih banyak, sehingga membuat makanan dan minuman menjadi mudah tercemar. Apabila kondisi ini terjadi maka angka diare akan meningkat," tambahnya.

Agar ketahanan tubuh serta kesehatan tetap terjaga, berikut beberapa tips untuk mencegahnya:

1. Makanlah dengan porsi yang normal, tidak berlebihan dan gizi seimbang, terutama makanan yang kaya karbohidrat, protein. Perbanyak makan buah dan sayuran segar.

2. Batasi makan makanan yang terlalu manis dan banyak mengandung gula pada saat sahur, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari. 

3. Minum air yang cukup dan hindari minuman yang berkafein seperti kopi, teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

 4. Perbanyak makan buah dan sayuran segar. Buah dan sayuran kaya vitamin akan membuat tubuh lebih segar. 

5. Olah raga rutin untuk menambah kebugaran tubuh.

Tips seperti itu bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan stamina agar tetap stabil saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, selamat memcoba. (Bpc14)

TRAVELLING

Berita Terkini

Lusi Lahir di Kandang, Sempat Dikhawatirkan Si Ibu Tak Bisa Rawat Anaknya
Rabu, 26 Juli 2017 04:00

Lusi Lahir di Kandang, Sempat Dikhawatirkan Si Ibu Tak Bisa Rawat Anaknya

Bupati Banjarnegara, Budi Sarwono mengatakan Lusi dicatut dari bahasa Irlandia yang berarti cahaya. Sempat ada kekhawatiran sang ibu tidak bisa merawat anaknya

Tubuh Anak Ini Bisa Kontrol Virus HIV, Ini Langka
Rabu, 26 Juli 2017 03:00

Tubuh Anak Ini Bisa Kontrol Virus HIV, Ini Langka

Bocah asal Afrika Selatan itu menggegerkan International AIDS Conference ke 9 di Paris. Identitas anak itu di rahasiakan. Tubuhnya bisa kendalikan penyebaran virus HIV dalam kondisi tak terdetaksi sedikitpun.

Pemerintah Wajibkan Sapi Harus Bunting
Selasa, 25 Juli 2017 22:00

Pemerintah Wajibkan Sapi Harus Bunting

Pemko Pekanbaru kini harus mengurus sapi petani supaya indukannya bunting. Itu dilakukan dalam upaya mendukung program nasional Upsus SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

Unilak Konferensi Internasional, 150 Peserta Hadir dari Dalam dan Luar Indonesia
Selasa, 25 Juli 2017 21:11

Unilak Konferensi Internasional, 150 Peserta Hadir dari Dalam dan Luar Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kualitas universitas, Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar konferensi internasional. Tak tanggung-tanggung, dua konferensi Internasional langsung digelar oleh Unilak.

Jelang Idul Adha, Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dibentuk
Selasa, 25 Juli 2017 21:00

Jelang Idul Adha, Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dibentuk

Jelang hari Raya Kurban (Idul Adha), Dinas Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, segera bentuk tim pemeriksaan terhadap hewan kurban. Hal ini diterangkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Distanak Pekanbaru, Firdaus, Selasa (25/7/2017).

Mahasiswa Jadi Kurir Narkoba Dibekuk Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 20:30

Mahasiswa Jadi Kurir Narkoba Dibekuk Polisi

Seorang mahasiswa disalah satu pergurian tinggi di Jogjakarta berinisial FAP (24), asal Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, diamankan Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota.

Komentari Kebijakan RS Awal Bros, Pemilik Apotek: Tidak Sehat Persaingannya
Selasa, 25 Juli 2017 20:05

Komentari Kebijakan RS Awal Bros, Pemilik Apotek: Tidak Sehat Persaingannya

Pihak apotek di Pekanbaru berpatokan pada standarisasi pengawasan obat dan makanan. Itu terkait dengan pernyataan dilontarkan pihak RS Awal Bros Pekanabru yang meragukan mutu dan keaslian obat di luar rumah sakit itu.

Bank Riau Kepri Gelar Silaturrahmi dan Bimbingan Haji
Selasa, 25 Juli 2017 19:46

Bank Riau Kepri Gelar Silaturrahmi dan Bimbingan Haji

Jemaah Calon Haji (CJH) asal Riau dan Kepulauan Riau yang berangkat ke tanah suci tahun 2017 ini berjumlah 6.916 orang. Dari jumlah tersebut, 22 persen di antaranya atau 1.497 jemaah menggunakan produk Bank Riau Kepri (BRK) berupa Tabungan Haji Sinar Ib Dhuha.

Buang 2 Bungkus Sabu ke Saluran Air Kamar Mandi, Risman Diringkus Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 19:29

Buang 2 Bungkus Sabu ke Saluran Air Kamar Mandi, Risman Diringkus Polisi

Risman Budiarto alias Risman diringkus aparat kepolisian dari Sat Res Narkoba Polres Inhu karena tertangkap menyimpan dan memiliki narkoba jenis sabu. 

Mengintip Ratusan Personel Tentara Pegang Sapu dan Serokan Sampah
Selasa, 25 Juli 2017 19:28

Mengintip Ratusan Personel Tentara Pegang Sapu dan Serokan Sampah

Memperingati Hari Bakti TNI AU ke-70, Lanud Roesmin Nurjadin menggelar kegiatan karya bakti di lingkungan sekitar, tepatnya di wilayah RT03/RW06 kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, Selasa (25/7/2017).