Ini Tips Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh di Bulan Puasa

Senin, 08 Mei 2017 13:50
Ini Tips Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh di Bulan Puasa

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL - Berpuasa adalah hal wajib yang dilakukan umat muslim di Bulan Ramadan. Jelang masuknya bulan puasa yang tinggal beberapa minggu lagi, tentunya kita harus menjaga kesehatan tubuh, apa lagi saat ini musim kemarau.

Seperti halnya yang dijelaskan dr Winda yang merupakan Dokter Umum di Puskesmas 24 Jalan Gunung Daek Inhil, saat di bulan puasa penyakit yang populer adalah maag, naiknya asam lambung dan sembelit (susah buang air besar). "Penyakit ini sudah mayoritas dialami, salah satu penyebabnya bisa karena kurang minum (cairan) dan kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat," katanya kepada kru Bertuahpos.com, Senin (8/5/2017).

Selanjutya dr winda juga menjelaskan selama puasa bisa mengakibatkan tekanan darah rendah karena kurangnya asupan cairan dan garam. "Juga bisa mengakibatkan gula darah rendah serta radang tenggorokan, biasa terjadi karena mengkonsumsi goreng-gorengan saat sahur yang berlebihan sehingga merangsang tenggorokan jadi lebih sensitif," jelasnya.

Masuknya bulan puasa yg bertepatan dengan musim panas seperti sekarang ini, lanjutnya, tentu daya tahan tubuh cenderung menurun. Selain itu, udara kering, sumber air akan berkurang. "hal ini menyebabkan banyak lalat dan debu membuat orang lebih mudah terserang beberapa penyakit seperti infeksi oleh virus dan bakteri, "ungkapnya.

Dalam cuaca panas, tambahnya, daya tahan tubuh cenderung melemah sehingga rentan terhadap infeksi virus. "Yang paling sering dan perlu diwaspadai adalah Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA), udara yang panas akan membuat orang cenderung berkeringat. Selain itu, saat panas lingkungan cenderung tidak sehat, debu dan asap yang akan merangsang terjadinya iritasi saluran pernafasan atas dan berlanjut menjadi infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). 

Selanjutnya Diare, air bersih yang terbatas membuat lingkungan menjadi relatif lebih kotor dan masyarakat membatasi penggunaan air bersih. Kondisi lingkungan yang kotor ini akan membuat lalat menjadi lebih banyak, sehingga membuat makanan dan minuman menjadi mudah tercemar. Apabila kondisi ini terjadi maka angka diare akan meningkat," tambahnya.

Agar ketahanan tubuh serta kesehatan tetap terjaga, berikut beberapa tips untuk mencegahnya:

1. Makanlah dengan porsi yang normal, tidak berlebihan dan gizi seimbang, terutama makanan yang kaya karbohidrat, protein. Perbanyak makan buah dan sayuran segar.

2. Batasi makan makanan yang terlalu manis dan banyak mengandung gula pada saat sahur, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari. 

3. Minum air yang cukup dan hindari minuman yang berkafein seperti kopi, teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

 4. Perbanyak makan buah dan sayuran segar. Buah dan sayuran kaya vitamin akan membuat tubuh lebih segar. 

5. Olah raga rutin untuk menambah kebugaran tubuh.

Tips seperti itu bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan stamina agar tetap stabil saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, selamat memcoba. (Bpc14)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau
Jumat, 17 November 2017 23:11

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau

 Electroniccommerce atau sering disebut e commers merupakan transaksi jual beli dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Namun, bagaimana dampak yang diberikannya kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Riau?

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?
Jumat, 17 November 2017 22:09

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?

Hadir game baru setelah kasus Setya Novanto mencuat menabrak tiang listrik di Jakarta 

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu
Jumat, 17 November 2017 21:30

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu

Di hari Jumat yang penuh barokah, Bhabinkamtibmas Labuh Baru Barat dan Bandar Raya Aiptu Subagiyo beserta Lurah Bandar Raya Fachruddin Panggabean memberikan bantuan kepada warga tidak mampu

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah
Jumat, 17 November 2017 20:57

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah

 Ratusan umat muslim di Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat,  memenuhi Masjid Istiqlal, Labuah Basilang, untuk menghadiri tausiah ceramah agama yang disampaikan ustad kondang Indonesia, Felix Siauw.

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota  Lanud Rsn dan Yonko 462
Jumat, 17 November 2017 19:50

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota Lanud Rsn dan Yonko 462

Anggota Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskas kembali berdonor darah dalam kegiatan sosial yang digelar oleh Hotel Swiss Bell Inn Pekanbaru

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi
Jumat, 17 November 2017 19:19

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi

 Nama Setia Novanto (Setnov) terseret kasus korupsi E-KTP  tampaknya membuat ulah lagi. Sebelumnya ia sempat menghilang saat tim KPK akan menjemputnya secara paksa. 

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD
Jumat, 17 November 2017 18:53

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD

Terhitung dari Awal Tahun 2017 hingga 31 Oktober, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tercatat sebanyak 38 kasus.

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri  Sebut  Ada Perubahan
Jumat, 17 November 2017 17:41

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri Sebut Ada Perubahan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Selasa  (17/11) melaksanakan kegiatan penting dan berskala regional berkaitan dengan warga binaan pemasyarakatan.

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau
Jumat, 17 November 2017 16:37

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau

Saat berbicara di seminar dokter gigi internasional di Hotel Pangeran Pekanbaru, Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rahman mempromosikan hasil alam Riau. 

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun
Jumat, 17 November 2017 16:20

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun

Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), salah satu pemasok kelapa bulat terbesar di dunia, namun sangat disayangkan harga kelapa bulat di Negeri Hamparan Kelapa ini masih rendah.