Dan Asa itu bernama Ekonomi Berjama'ah

Jumat, 13 November 2015 17:58
Dan Asa itu bernama Ekonomi Berjama'ah
foto/istimewa

PEKANBARU, BERTUAHPOS.COM (BPC) - Baru beberapa hari dilantik menjadi Ketua DPD PKS Pekanbaru, Sofyan Siroj Lc MM sudah memiliki gebrakan dalam mengembangkan ekonomi rakyat. Sofyan Siroj yang juga dikenal sebagai dai sekaligus pengusaha di Pekanbaru ini memaparkan pandangan dan langkahnya, yang akan dilakukan dalam mendorong usaha di masyarakat, usaha di dalam keluarga. Berikut petikan wawancaranya dengan Muhammad, wartawan BertuahPos.com, Jumat (13/11/2015).

Ekonomi melambat, bagaimana Anda melihat ekonomi di Pekanbaru dan Indonesia secara umum?

Layaknya roda yang selalu berputar, ekonomi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan bagi setiap orang. Entah mereka dari kalangan kurang mampu sampai yang paling mapan sekalipun.

Bahkan dalam perlambatan ekonomi seperti sekarang ini, tingkat konsumsi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari tetap berjalan.

Mengambil tema Ekonomi Berjama’ah yang bertajuk berjejaring, bertumbuh, berbagi, kita ingin mengembalikan "kolam-kolam ummat" kepada pemiliknya. Sebagaimana sabda Nabi saw, "Sebaik-baik harta adalah harta yang dimiliki oleh hamba yang shalih" (HR. Muslim).

Bagaimana peran dari umat Islam dalam aktivitas perekonomian di Indonesia maupun Pekanbaru?

Seorang muslim, harus menjadi peran utama dalam menjalankan roda perekonomian. Namun apa yang kita lihat hari ini terbalik. Sebagai contoh saja saat Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha yang merupakan "kolam umat islam", namun bertahun-tahun sudah yang lebih dominan menyiapkan stok baju lebaran dan berbagai keperluan sembako kita justru orang lain.

Kalaupun ada inisiatif-inisiatif yang selama ini digagas oleh sebagian elemen ummat, sebagian besarnya masih sangat mudah dipatahkan dalam pertarungan ekonomi dan bisnis yang asimetris (tidak berimbang).

Jadi bagaimana? Apa solusinya, apa langkahnya?

Inilah urgensi kita kembali mentadabburi Al-Qur’an, khususnya dalam menggali keterikatan antara perniagaan dengan sebuah barisan yang teratur. Sebagaimana rapih dan teraturnya barisan saf sholat berjama'ah kita. Dan hasilnya, telah lama Allah tuliskan dalam Al-Qur’an dan sejarah awal pertumbuhan ekonomi ummat islam ketika baru saja hijrah ke madinah al munawaroh, yaitu sebagai kalangan "minoritas yang menentukan".

Begitu besar potensi yang dimiliki oleh para pengusaha dalam memperkuat ekonomi ummat. Gerakan "Satu Keluarga Satu Pengusaha" yang digagas DPP Partai Keadilan Sejahtera, merupakan langkah awal dari kebangkitan ekonomi berjama'ah ummat dalam mengimbangi pertarungan ekonomi yang tidak berimbang ini.

Selain itu, sebagai muslim yang shodiq (benar), kita sangat menyakini posisi tawar bisnis syariah sebagai perniagaan yang tidak pernah merugi dengan konsep industri halal yang memberikan keunggulan dibanding industri konvensional.

Bagaiman Anda melihat peran muslim di Indonesia terhadap dunia?

Sebagai negara muslim terbesar didunia dengan dua ratusan juta ummat islam didalamnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berperan dalam perkembangan dunia islam seluruhnya.

Maka untuk membingkai gerakan ini kedepan, DPD PKS Pekanbaru merencanakan peluncuran Program bernama GERAI RAKYAT. Dimana secara bertahap gerai-gerai ini nantinya akan dikelola secara ter-integrasi dengan struktur DPC dan DPRa PKS ditingkat kecamatan maupun ranting. Dengan harapan gerai-gerai ini nantinya akan menjadi backbone (tulang punggung) dari pengembangan industri retail syariah yang berkonsep Mitralaba denga seluruh elemen ummat islam.

Terakhir, langkah dalam waktu dekat yang akan DPD PKS Pekanbaru lakukan dalam menggerak ekonomi rakyat?

Seperti sebelumnya saya sampaikan. Kita akan gagas kebangkitan ekonomi berjama’ah. Kita dorong setiap rumah tangga memiliki usaha, mampu mandiri dengan usaha yang dijalankannya, dan ini akan menjadi penopang negara. Karena seperti kita ketahui, usaha mikro kecil dan menengah manjadi usaha yang paling kokoh, paling tangguh dalam menghadapi badai krisis. Satu lagi, kita akan menjalin, merangkul semua pihak, baik stakholder maupun shareholder dalam mewujudkan hal ini. InsyaAllah (mj)

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemerintah Wajibkan Sapi Harus Bunting
Selasa, 25 Juli 2017 22:00

Pemerintah Wajibkan Sapi Harus Bunting

Pemko Pekanbaru kini harus mengurus sapi petani supaya indukannya bunting. Itu dilakukan dalam upaya mendukung program nasional Upsus SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting).

Unilak Konferensi Internasional, 150 Peserta Hadir dari Dalam dan Luar Indonesia
Selasa, 25 Juli 2017 21:11

Unilak Konferensi Internasional, 150 Peserta Hadir dari Dalam dan Luar Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kualitas universitas, Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar konferensi internasional. Tak tanggung-tanggung, dua konferensi Internasional langsung digelar oleh Unilak.

Jelang Idul Adha, Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dibentuk
Selasa, 25 Juli 2017 21:00

Jelang Idul Adha, Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dibentuk

Jelang hari Raya Kurban (Idul Adha), Dinas Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, segera bentuk tim pemeriksaan terhadap hewan kurban. Hal ini diterangkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Distanak Pekanbaru, Firdaus, Selasa (25/7/2017).

Mahasiswa Jadi Kurir Narkoba Dibekuk Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 20:30

Mahasiswa Jadi Kurir Narkoba Dibekuk Polisi

Seorang mahasiswa disalah satu pergurian tinggi di Jogjakarta berinisial FAP (24), asal Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, diamankan Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota.

Komentari Kebijakan RS Awal Bros, Pemilik Apotek: Tidak Sehat Persaingannya
Selasa, 25 Juli 2017 20:05

Komentari Kebijakan RS Awal Bros, Pemilik Apotek: Tidak Sehat Persaingannya

Pihak apotek di Pekanbaru berpatokan pada standarisasi pengawasan obat dan makanan. Itu terkait dengan pernyataan dilontarkan pihak RS Awal Bros Pekanabru yang meragukan mutu dan keaslian obat di luar rumah sakit itu.

Bank Riau Kepri Gelar Silaturrahmi dan Bimbingan Haji
Selasa, 25 Juli 2017 19:46

Bank Riau Kepri Gelar Silaturrahmi dan Bimbingan Haji

Jemaah Calon Haji (CJH) asal Riau dan Kepulauan Riau yang berangkat ke tanah suci tahun 2017 ini berjumlah 6.916 orang. Dari jumlah tersebut, 22 persen di antaranya atau 1.497 jemaah menggunakan produk Bank Riau Kepri (BRK) berupa Tabungan Haji Sinar Ib Dhuha.

Buang 2 Bungkus Sabu ke Saluran Air Kamar Mandi, Risman Diringkus Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 19:29

Buang 2 Bungkus Sabu ke Saluran Air Kamar Mandi, Risman Diringkus Polisi

Risman Budiarto alias Risman diringkus aparat kepolisian dari Sat Res Narkoba Polres Inhu karena tertangkap menyimpan dan memiliki narkoba jenis sabu. 

Mengintip Ratusan Personel Tentara Pegang Sapu dan Serokan Sampah
Selasa, 25 Juli 2017 19:28

Mengintip Ratusan Personel Tentara Pegang Sapu dan Serokan Sampah

Memperingati Hari Bakti TNI AU ke-70, Lanud Roesmin Nurjadin menggelar kegiatan karya bakti di lingkungan sekitar, tepatnya di wilayah RT03/RW06 kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, Selasa (25/7/2017).

Rawan Oplosan, Bulog Riau Sulit Deteksi Niat Jahat
Selasa, 25 Juli 2017 18:40

Rawan Oplosan, Bulog Riau Sulit Deteksi Niat Jahat

Tingginya harga beras di pasaran, membuat beras komersil Bulog Divre Riau Kepri jadi incaran.

Pengajuan Ranperda di Paripurna DPRD Sebagai Ajang Minta Tambah Tunjangan
Selasa, 25 Juli 2017 18:15

Pengajuan Ranperda di Paripurna DPRD Sebagai Ajang Minta Tambah Tunjangan

Rapat paripurna yang digelar oleh DPRD Rohil bersama Pemkab Rohil di Gedung DPRD Rohil, tampak menjadi salah satu kesempatan bagi anggota DPRD Kabupaten dalam menyampaikan usulan Ranperda penambahan beberapa tunjangan jabatan.