Akal Sehat dan Perasaan

Selasa, 05 September 2017 18:01
Akal Sehat dan Perasaan
Luthfi Subagio, CEO Mediatrust Communication Strategic

Luthfi Subagio, CEO Mediatrust Communication Strategic

BERTUAHPOS.COM - Saya ditanya tentang bagaimana seharusnya melakukan klarifikasi terhadap berita bohong (hoax) dan semacamnya. Saya jawab singkat Tabayyun (konfirmasi). Namun jika konfirmasi susah, maka gunakan ‘alat’ yang melekat dalam diri kita; Akal Sehat dan Perasaan.

Media (baik cetak maupun TV) saat ini memang sudah lebih baik daripada lima tahun lalu. Mereka sudah menggunakan perasaan, karena sebelumnya sama sekali tidak menggunakan perasaan. Bahkan merekalah yang memproduksi kebiadaban, memproduksi gambar-gambar yang mengikis rasa iba.

Perseteruan antara Suku Dayak dan Madura bertahun lalu bisa menjadi contoh. Karena ada kepala manusia yang diarak. Sekarang jauh lebih beradab, meskipun masih ada saja yang nggak pakai otak.

Soal keberadaban ini, mari kita menoleh ke Jepang. Gempa yang menimbulkan Tsunami hebat 11 Maret 2011 telah meluluh-lantakkan Jepang. Sekitar 20 ribu orang tewas, sebuah angka yang tidak sedikit. Namun tidak ada kemuraman dan kengerian yang menakutkan karena tewasnya sebegitu banyak orang itu.

Yang tampak adalah air bah yang melabrak rumah dan memporakporandakan semuanya, hanya itu! Jangan berharap menemukan foto jasad manusia yang berserak dimana-mana.

Di media cetak, clear, tidak ada. Kalaupun ada, yang saya tahu adalah kaki yang terjepit reruntuhan. Itupun rasanya sudah mengguncang hati. Lalu bagaimana di media elektronik?

Yang ada adalah pemutaran detik-detik tsunami menabrak pemukiman, menjungkirbalikkan kapal dan mobil, itu yang diulang. Selebihnya adalah up date situasi dan petunjuk bagaimana mendapatkan bantuan serta step by step survival.

Tidak ada kengerian disana, yang ada adalah semangat untuk hidup, sehingga mereka dengan cepat dan taktis bangkit.
Cerita features tentang anak kehilangan bapak, bapak yang kehilangan keluarganya juga ada, namun itu dilakukan dengan santun dan penuh emphati.

Namun dalam dua tahun belakangan ini. Dunia berubah, medsos datang seperti air bah, seringkali perubahan ini menghilangkan perasaan. Medsos yang demikian berkuasa mengarahkan perasaan kita. Dalam dunia medsos, Content is the King, isi adalah raja, maka apa yang dikatakan menjadi informasi yang langsung menuju pada pribadi.

Dia akan berpengaruh pada sikap dan perilaku. Saya carikan contoh pada isi media elektronik. Kebiasaan saya setiap pagi adalah nonton berita di TV, namun belakangan saya tinggalkan karena satu sebab. Karena ada iklan pembersih WC yang mengetengahkan ‘wajah wc’. Dan iklan deodorant yang menampilkan ketiak berbulu. Benar-benar sebuah bahasa gambar yang kasar dan rendah.

Ya, kita malas membaca dan malas berpikir, akhirnya yang kita lihat adalah gambar yang apa adanya. Lepas begitu saja. Sekarang saya bertanya, apa yang kita pikirkan saat kita memposting ulang foto-foto kekejaman junta Myanmar kepada Rohingnya yang demikian mendebarkan itu?

Gambar itu jelas sekali; Kepala anak yang dikapak, Anak yang terpisah tubuh dan badanya, dibakar dan lain lain... dan lain lain. Saya tidak tega melihatnya.

Namun seakan-akan kita menghadapi tembok tebal dan seakan-akan harus memposting foto itu berulang-ulang untuk mengorek kesetiakawanan sesama muslim. Ini jelas ada yang salah. Karena banyak pihak bisa tabayyun-i dalam soal ini.

Namun saya maklum jika itu terjadi pada awal-awal kejadian, tapi untuk saat ini, ini menjadi viral dan terus dilihat oleh penggiat media sosial tentu mengenaskan. Apalagi tidak diimbangi narasi yang memadai.

Saya saja tidak setuju, jika penggiat media atau bahkan fotografer, mengeksploitasi detik dimana hewan qurban terpenggal lehernya, dan beranggapan bahwa darah yang muncrat itu adalah angel terbaik mereka. Ini tentu salah, fotografer juga harus diajarkan adab dan etika. Dan foto yang seperti itu adalah foto yang tidak beradab, meskipun terhadap hewan.

Mungkin taraf kita memang masih bahasa gambar, belum rasa, belum narasi yang justru akan memperkuat perjuangan muslim. Penting diingat bahwa peluang paling besar timbulnya hoax adalah pada ‘bahasa gambar’, apalagi sekarang tukang edit canggih ada dimana-mana.

Dan soal Rohingnya ini banyak orang pinter juga terpeleset. Mulai Tifatul Sembiring sampai Mehmet Simsek, Wakil PM Turki yang salah posting foto. Kita mungkin perlu berpikir satu tahap saja, mari berbuat dan mencari tahu siapa pembantai itu. Cukup sudah mengekploitasi gambar-gambar yang menyedihkan dan menyayat hati.

Coba bayangkan jika anak kita tampil di foto dengan kepala terpenggal, seperti apa hancurnya hati yang masih hidup. Dan itu adalah saudara kita. Saya khawatir, jangan-jangan Medsos juga sudah menghilangkan perasaan iba kita, karena yang begini akan makin banyak.

Tetaplah sehat, tanggung jawab sebagai muslim masih banyak dan masih jauh dari kemenangan yang memuliakan kita. Jangan-jangan kita sudah kehilangan perasaan. Kalau ingin ngetes tentang peka-nya rasa, lihatkan kembali film The Last Mohichan film tentang Indian yang menguliti batok kepala lawannya, atau film peraih Oscar, Revenant yang penuh kekerasan.

Terakhir, tutuplah dengan melihat film Kingdom of Heaven, kisah tentang Salahuddin yang merebut kembali Jerusalem pada tahun 1187. Anda bakal tertegun dengan kegemilangan dan adab Islam. (*)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar
Rabu, 13 Desember 2017 08:19

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar

Sidang perdana kasus korupsi yang membelit Setya Novanto dimulai hari ini. Ketua DPR RI ini menjadi tersangka dalam kasus korupsi E-KTP yang mengakibatkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera
Rabu, 13 Desember 2017 07:55

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera

BMKG Stasiun Pekanbaru mendeteksi sepanjang hari kondisi cuaca di Riau cerah dan berawan, namun tetap diintai potensi hujan ringan hingga sedang pada hari ini, Rabu (13/12/2017). 

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa
Selasa, 12 Desember 2017 20:40

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa

Pemerintah segera akan segera mengumumkan lokasi baru tempat Ibukota Indonesia yang baru. Disebutkan, ada tiga daerah luar Jawa yang menjadi kandidat untuk menjadi ibukota yang baru.

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau
Selasa, 12 Desember 2017 20:09

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau

Hari ini, Selasa (12/12/2017) Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dimulai. Ketua DPRD Riau, Septina Primawati menyebutkan bahwa Harbolnas ini bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak
Selasa, 12 Desember 2017 19:28

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak

Kasus kelangkaan gas elpiji tabung 3 kg makin mencuat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), bahkan di tingkat pengecer berani menjual Rp 50 ribu /tabung. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) kemudian Lakukan sidak, Selasa (12/12/2017).

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan
Selasa, 12 Desember 2017 19:07

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan

Anggota DPD asal Bali, Arya Wedakarna dilaporkan ke Badan Kehormatan oleh anggota DPR asal Riau, Lukman Edy. Arya Wedarkana dianggap otak dari aksi penolakan kepada Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke Bali.

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online
Selasa, 12 Desember 2017 17:40

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online

Berbelanja di zaman serba modern kini semakin mudah. Jika  biasanya jika ingin berbelanja harus ke mall atau pasar, masyarakat modern  saat ini  telah dipermudah dengan adanya toko online atau startup yang hadir dengan beragam pilihan. 

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store
Selasa, 12 Desember 2017 17:21

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Erge Store Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi. 

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas
Selasa, 12 Desember 2017 15:51

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Selasa (12/12/2017), menjadi euforia baru dalam transaksi bisnis di dunia digital. 

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus
Selasa, 12 Desember 2017 15:19

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus

Harga TBS sawit di Riau kembali mengalami penurunan harga, kondisi seperti ini biasa dialami menjelang tutup tahun.