Sejuta Pejabat Korup Dihukum Pemerintah China

Rabu, 11 Januari 2017 18:30 183
Sejuta Pejabat Korup Dihukum Pemerintah China
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Sudah 1,2 juta pejabat China dijatuhi hukuman. Semua itu terkait kasus korupsi. Dan Pemerintah China berjanji akan meningkatkan upaya pemberantasan korupsi.

Menurut Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin (CCDI), lapor AFP, Selasa (10/1), ini sebagai bagian dari kampanye antigratifikasi. Untuk itu, nyaris 2.600 buronan telah diekstradisi dan direpatriasi. Sedangkan aset sebesar 8,6 miliar yuan (Rp 16,5 triliun) berhasil dikembalikan. 

Pemerintah China memiliki perjanjian ekstradisi dengan 48 negara di dunia, termasuk Spanyol, Italia, dan Prancis. Pada September tahun lalu, Pemerintah Prancis mengekstradisi seorang buronan kasus korupsi ke China.

Dalam konferensi pers, pejabat senior CCDI Luo Dongchuan menjanjikan, bahwa upaya pemberantasan korupsi akan terus berlanjut. "Harus tetap menjaga momentum penggerusan korupsi," kata Luo.
Sedang pejabat CCDI lainnya, Xiao Pei menyebut, bahwa jumlah kasus korupsi yang dilaporkan kepada CCDI pada tahun 2016 mengalami penurunan untuk pertama kalinya sejak tahun 2012.
 
Xiao tidak merinci jumlah pastinya. Dia hanya menyebut, bahwa dari jumlah kasus korupsi di tahun 2016 ini, sebanyak 57 ribu kasus di antaranya terungkap karena pengakuan tersangka.
Menurut China Daily, sepanjang tahun 2016, ada 410 ribu pejabat China yang terjerat kasus korupsi dan telah dijatuhi hukuman. Dari jumlah itu, sekitar 76 orang di antaranya memegang jabatan setingkat menteri atau di atasnya. 

Pernyataan CCDI ini dirilis setelah Pemerintah China mengumumkan akan memperketat pengawasan para penyidik antikorupsi. Itu setelah lebih dari 7.900 orang di China, termasuk 17 pejabat CCDI dihukum atas pelanggaran hukum.

Korupsi dalam pemerintahan masih merajalela di China. Presiden Xi Jinping telah memimpin kampanye antigratifikasi yang dipublikasi besar-besaran semenjak dia menjabat tahun 2012. Beberapa pihak menyebut kampanye antigratifikasi itu sebagai 'pembersihan politik'.
 
Penulis : Jss
loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar
Senin, 20 Pebruari 2017 23:02

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar

KPU Kota Pekanbaru telah jadwalkan rapat pleno hasil rekapitulasi surat suara dalam Pilkada serentak yang berlangsung 15 Februari lalu, akan digelar pada Rabu (22/02/2017).

Berawal Dari Facebook,  Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu
Senin, 20 Pebruari 2017 22:38

Berawal Dari Facebook, Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu

Sebut saja Angga, ABG 15 tahun ini harus menuruti perbuatan bejat MA (19). Pertemuan Angga berawal dari sebuah akun media sosial Facebook. Kala itu dia bertemu dengan kenalannya MA, di areal kebun sawit daerah Sungai Pinang

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya
Senin, 20 Pebruari 2017 20:24

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya

Polsek Tenayan Raya, meringkus tiga pelaku perampok bersenjata. Adapun barang bukti berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor dan senjata jenis air softgun

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong
Senin, 20 Pebruari 2017 19:47

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong

Pengen liburan murah meriah dengan budget tipis dan waktu yang enggak panjang? Belitung adalah jawaban yang tepat buat kamu. Kenapa? Pulau ini benar-benar

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop
Senin, 20 Pebruari 2017 18:15

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah berupaya agar pembayaran pajak terfokus pada sistem bank saja. Sehingga lagi mesti datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru.  

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon
Senin, 20 Pebruari 2017 18:00

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon

Membawa misi dan nama baik universitas terutama fakultas, dua mahasiswa Universitas Riau Fakultas Pertanian akan mewakili UR di lomba essay nasional yang diselenggarakan di Universitas Patimura, Ambon, pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2017 mendatang.

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau
Senin, 20 Pebruari 2017 17:48

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau

Setelah dilajukan penyerahan jabatan antara Brigjen TNI Nurendi ke Kolonel (Inf) Abdul Karim, sebagai Danrem 031 Wira Bima, Kolonel Abdul Karim langsung menjabat sebagai Komandan Tim Satgas Karhutla Riau.

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD
Senin, 20 Pebruari 2017 17:36

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru masih enggan menyebutkan nama warung bakso terkontaminasi babi. Hal ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Pekanbaru.

Lowongan Kerja Guru Agama
Senin, 20 Pebruari 2017 17:25

Lowongan Kerja Guru Agama

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan,  saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di SD IT Taruna Islam pada posisi Guru Agama,

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 17:13

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat Februari Riau sudah masuk musim panas (kemarau). Daerah Riau bagian pesisir masuk dalam kategori ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).