Meski Dihukum Berat, Korupsi Merajalela di Pemerintah China

Rabu, 11 Januari 2017 22:22
Meski Dihukum Berat, Korupsi Merajalela di Pemerintah China

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Sudah 1,2 juta pejabat China dijatuhi hukuman. Semua itu terkait kasus korupsi. Dan Pemerintah China berjanji akan meningkatkan upaya pemberantasan korupsi.

Menurut Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin (CCDI), lapor AFP, Selasa (10/1), ini sebagai bagian dari kampanye antigratifikasi. Untuk itu, nyaris 2.600 buronan telah diekstradisi dan direpatriasi. Sedangkan aset sebesar 8,6 miliar yuan (Rp 16,5 triliun) berhasil dikembalikan.

Pemerintah China memiliki perjanjian ekstradisi dengan 48 negara di dunia, termasuk Spanyol, Italia, dan Prancis. Pada September tahun lalu, Pemerintah Prancis mengekstradisi seorang buronan kasus korupsi ke China.

Dalam konferensi pers, pejabat senior CCDI Luo Dongchuan menjanjikan, bahwa upaya pemberantasan korupsi akan terus berlanjut. “Harus tetap menjaga momentum penggerusan korupsi,” kata Luo.

Sedang pejabat CCDI lainnya, Xiao Pei menyebut, bahwa jumlah kasus korupsi yang dilaporkan kepada CCDI pada tahun 2016 mengalami penurunan untuk pertama kalinya sejak tahun 2012.

Xiao tidak merinci jumlah pastinya. Dia hanya menyebut, bahwa dari jumlah kasus korupsi di tahun 2016 ini, sebanyak 57 ribu kasus di antaranya terungkap karena pengakuan tersangka.

Menurut China Daily, sepanjang tahun 2016, ada 410 ribu pejabat China yang terjerat kasus korupsi dan telah dijatuhi hukuman. Dari jumlah itu, sekitar 76 orang di antaranya memegang jabatan setingkat menteri atau di atasnya.

Pernyataan CCDI ini dirilis setelah Pemerintah China mengumumkan akan memperketat pengawasan para penyidik antikorupsi. Itu setelah lebih dari 7.900 orang di China, termasuk 17 pejabat CCDI dihukum atas pelanggaran hukum.

Korupsi dalam pemerintahan masih merajalela di China. Presiden Xi Jinping telah memimpin kampanye antigratifikasi yang dipublikasi besar-besaran semenjak dia menjabat tahun 2012. Beberapa pihak menyebut kampanye antigratifikasi itu sebagai ‘pembersihan politik’. (JSS)

TRAVELLING

Berita Terkini

Kamis, 25 Mei 2017 18:17

Ruko Penyedia Velg Mobil di Jalan Paus Ludes Terbakar

Satu unit Rumah Toko (ruko) yang menjual Velg dan ban mobil di Jalan Paus, Pekanbaru Kamis (25/5) ludes terbakar. Hingga pukul 17.39 WIB, petugas masih melakukan pemadaman.

Kamis, 25 Mei 2017 16:54

Disparpora dan BKD Rohil Tawarkan Program Nada dan Dakwah Saat Ramadan

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rohil, menawarkan program Nada dan Dakwah yang diperkirakan akan berlansug pada bulan Ramadan.

Kamis, 25 Mei 2017 14:54

Jelang Ramadan, Sekda Rohil Minta Kenyamanan dan Keamanan Masjid Ditingkatkan

Sekda Rohil, Surya Arfan meminta para pengurus masjid dan mushola di sekitar Bagansiapiapi untuk mampu menjadikan masjid, sebagai tempat yang nyaman terutama selama Ramadan.

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar
Kamis, 25 Mei 2017 14:51

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar

Aktifitas arus mudik para penumpang yang menggunakan, kapal Jelatik tujuan Selatpanjang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, terpantau ramai lancar. "Banyak yang mudik menuju Selat Panjang, tercatat arus dalam

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah
Kamis, 25 Mei 2017 14:44

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah

Tepat tanggal 27 Mei 2017 nanti seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan atas nama

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam
Kamis, 25 Mei 2017 12:58

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam

Polresta Pekanbaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan Cipta Kondisi berupa Penertiban Gepeng (Pengemis) yang dipimpin oleh Kabid Ops Pol. PP Kota Pekanbaru Desheriyanto, kemarin.

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu
Kamis, 25 Mei 2017 12:55

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu

Dua ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur menewaskan tiga orang polisi dan 10 orang lainnya.  Dijelaskan Bripda Febrianto Sinaga, anggota kepolisian yang tengah ditugaskan 

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD
Kamis, 25 Mei 2017 12:46

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD

Total 2000 BUMD di Indonesia  bersaing untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2017 dari Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center, Rabu (24/05/17) di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta.

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana
Kamis, 25 Mei 2017 11:14

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana

Beroperasi tanpa izin, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) terancam bakal terkena sanksi. Hal tersebut berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru terhadap gudang  MTF di Jalan Rambutan.

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium
Kamis, 25 Mei 2017 11:12

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium

Pemprov Riau berjanji akan memanggil pihak PT Pertamina (Persero) terkait isu pengurangan distribusi BBM jenis premium belakangan ini.