Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur

Minggu, 26 April 2015 17:13
Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHU - Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap, Kamis (23/4) sore. Pacu sampan tradisional yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu bekerjasama dengan Kecamatan Batang Peranap ini diikuti 32 jalur yang berasal dari Kabupaten Inhu dan Kabupaten Kuansing.

Selain pacu sampan besar, panitia juga menggelar pacu sampan mini yang telah dilaksanakan dari Selasa hingga Rabu (21-22/4) kemarin. Pada kategori ini, sampan mini dari Kecamatan Rengat Barat mendominasi dengan meraih juara pertama hingga ketiga, berturut-turut sampan mini Tuah Pangeran Mambang di Alam dari Desa Redang, Lantaklah dari Desa Danau Baru dan Rantau Bertuah dari Desa Redang. Sedangkan juara keempat diraih sampan mini Pangeran Muda Cahaya Intan dari Kecamatan Inuman.

Camat Batang Peranap Suhadi SE MM mengungkapkan bahwa pacu sampan tradisional yang diselenggarakan di Titian Komang, Desa Pematang ini telah memasuki tahun kedua. Dibanding tahun 2014 lalu, jumlah peserta tahun 2015 ini mengalami peningkatan. “Tahun lalu jumlah peserta untuk sampan besar hanya 21 sampan, sementara tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 32 sampan,” ujar Suhadi.

Suhadi mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Inhu yang memilih Kecamatan Batang Peranap sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan pacu sampan tradisional yang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. “Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,’” ucapnya.

Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah mengungkapkan bahwa pada lomba pacu sampan tradisional ini terdapat dua kategori lomba, yakni pacu sampan mini dan pacu sampan besar. Tiap kategori, panitia telah menyiapkan hadiah mulai juara pertama hingga peringkat ke sepuluh.

Dari 32 peserta yang ikut pada kategori sampan besar, 21 diantaranya berasal dari Kabupaten Kuansing, masing-masing 7 sampan dari Kecamatan Pengean, 6 sampan dari Kecamatan Kuantan Hilir, 3 sampan dari Inuman, 2 sampan dari Kecamatan Benai, 2 sampan dari Kecamatan Cerenti dan 1 sampan dari Kecamatan Logas Tanah Darat. Sedangkan sisanya dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Inhu, yakni 3 sampan dari Kecamatan Rengat, 2 sampan dari Kecamatan Rengat Barat, 2 sampan dari Kecamatan Peranap, 2 sampan dari Kecamatan Batang Peranap dan 1 sampan dari Kecamatan Lirik.

Ditambahkannya, pacu sampan tradisional ini diselenggarakan sebagai ajang seleksi untuk menghadapi event pacu jalur yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kuansing. Bahkan pada tahun 2015 ini, atas instruksi Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, Pemkab Inhu sudah mengalokasikan anggaran bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur asal Kabupaten Inhu yang mampu meraih juara pertama.“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi atlet dayung Kabupaten Inhu untuk terus meningkatkan kemampuannya dan berhasil meraih juara di event pacu jalur,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengaku bangga atas penyelenggaran lomba pacu sampan tradisional yang dilaksanakan di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap. Hal ini disebabkan karena penyelenggaran semakin baik.

Selain itu, dibanding tahun sebelumnya jumlah peserta mengalami peningkatan, sehingga event ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. “Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini akan lebih baik dan semarak dengan merangkainya melalui berbagai kegiatan kesenian masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati juga membenarkan bahwa pada tahun 2015 ini, Pemkab Inhu telah mengalokasikan bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur yang berhasil meraih juara pertama pada event pacu jalur di Kabupaten Kuansing. Bupati berharap bonus ini mampu memberikan motivasi kepada atlet dayung di Kabupaten Inhu.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat Kecamatan Batang Peranap bersama-sama pemerintah melaksanakan pembangunan sehingga Kecamatan Batang Peranap mampu lebih baik dari kecamatan lain di Inhu maupun di Provinsi Riau. “Alhamdulillah, dibanding tahun-tahun sebelumnya sudah banyak kemajuan yang dicapai Kecamatan Batang Peranap. Saya berharap ini dapat terus kita tingkatkan dan lanjutkan,” jelasnya. (advetorial)

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyalami para pelajar yang menyambutnya saat hadir di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyerahkan piala bergilir pacu sampan tradisional kepada Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah

Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Ketua DPRD Inhu Miswanto SE saat menyusuri Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melepas peserta pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Kajari Rengat Teuku Rahman SH MH dan Camat Batang Peranap Suhadi menaiki pompong untuk menyusuri arena pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyapa warga yang menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Dilarang Makan Dalam Kawasan RTH
Jumat, 23 Juni 2017 17:20

Dilarang Makan Dalam Kawasan RTH

Pemerintah melarang pengunjung untuk makan di dalam Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Oleh-oleh 'Keripik Keroyokan' Lengkapi Kue Lebaran
Jumat, 23 Juni 2017 17:06

Oleh-oleh "Keripik Keroyokan" Lengkapi Kue Lebaran

Buat anda yang masih bingung memilih atau kekurangan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman, "Keripik Keroyokan" dari Dapur Mandeh bisa menjadi pilihan. Cemilan satu ini bisa menjadi pelengkap kue lebaran anda.

Gubri dan Kapolda Riau Kembali Tinjau Posko Mudik Lebaran
Jumat, 23 Juni 2017 16:50

Gubri dan Kapolda Riau Kembali Tinjau Posko Mudik Lebaran

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjenpol Zulkarnain, kembali melakukan tinjauan Posko Mudik lebaran.

RTH Sediakan Fasilitas Wifi Gratis
Jumat, 23 Juni 2017 16:40

RTH Sediakan Fasilitas Wifi Gratis

Dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Pekanbaru sudah diresmikan.

Pemprov Riau Desak Pemko Pekanbaru Tuntaskan Masalah Banjir
Jumat, 23 Juni 2017 16:25

Pemprov Riau Desak Pemko Pekanbaru Tuntaskan Masalah Banjir

Pemprov Riau desak Pemko Pekanbaru untuk tuntaskan masalah banjir.

Hari Jadi Pekanbaru, Komunitas Sosial: Perhatikan Komunitas Sosial Kecil Juga
Jumat, 23 Juni 2017 16:15

Hari Jadi Pekanbaru, Komunitas Sosial: Perhatikan Komunitas Sosial Kecil Juga

Di hari jadinya yang ke-233, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah Kota Pekanbaru.

Malam Ini Jadi Puncak Arus Mudik Riau-Sumbar
Jumat, 23 Juni 2017 16:05

Malam Ini Jadi Puncak Arus Mudik Riau-Sumbar

Puncak arus mudik di jalur Nasional Sumbar-Riau diprediksi bakal terjadi pada Jumat (23/06/2017) malam ini.

H-2 Lebaran, Cuaca Pekanbaru Mendung Jalanan Ramai Lancar
Jumat, 23 Juni 2017 15:52

H-2 Lebaran, Cuaca Pekanbaru Mendung Jalanan Ramai Lancar

Dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1438H, suasana  mendung menyelimuti Kota Pekanbaru, Jumat(23/6/2017). 

Rohil Sediakan 4 Spot Rest Area Bagi Para Pemudik, Cek Disini
Jumat, 23 Juni 2017 15:41

Rohil Sediakan 4 Spot Rest Area Bagi Para Pemudik, Cek Disini

Aktivitas mudik lebaran merupakan salah satu tradisi tahunan yang ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Banyak para perantau baik dari dalam dan luar kota Bagansiapiapi yang pulang ke kampung halamannya.

Diguyur Hujan Lebat Hotspot Riau 'Sirna
Jumat, 23 Juni 2017 15:35

Diguyur Hujan Lebat Hotspot Riau 'Sirna

Hujan lebat merata mengguyur Provinsi Riau dan sekitarnya, Jumat (23/06/2017). Hal ini membuat hotspot atau titik panas di Riau 'sirna'.