Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur

Minggu, 26 April 2015 17:13
Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHU - Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap, Kamis (23/4) sore. Pacu sampan tradisional yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu bekerjasama dengan Kecamatan Batang Peranap ini diikuti 32 jalur yang berasal dari Kabupaten Inhu dan Kabupaten Kuansing.

Selain pacu sampan besar, panitia juga menggelar pacu sampan mini yang telah dilaksanakan dari Selasa hingga Rabu (21-22/4) kemarin. Pada kategori ini, sampan mini dari Kecamatan Rengat Barat mendominasi dengan meraih juara pertama hingga ketiga, berturut-turut sampan mini Tuah Pangeran Mambang di Alam dari Desa Redang, Lantaklah dari Desa Danau Baru dan Rantau Bertuah dari Desa Redang. Sedangkan juara keempat diraih sampan mini Pangeran Muda Cahaya Intan dari Kecamatan Inuman.

Camat Batang Peranap Suhadi SE MM mengungkapkan bahwa pacu sampan tradisional yang diselenggarakan di Titian Komang, Desa Pematang ini telah memasuki tahun kedua. Dibanding tahun 2014 lalu, jumlah peserta tahun 2015 ini mengalami peningkatan. “Tahun lalu jumlah peserta untuk sampan besar hanya 21 sampan, sementara tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 32 sampan,” ujar Suhadi.

Suhadi mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Inhu yang memilih Kecamatan Batang Peranap sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan pacu sampan tradisional yang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. “Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,’” ucapnya.

Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah mengungkapkan bahwa pada lomba pacu sampan tradisional ini terdapat dua kategori lomba, yakni pacu sampan mini dan pacu sampan besar. Tiap kategori, panitia telah menyiapkan hadiah mulai juara pertama hingga peringkat ke sepuluh.

Dari 32 peserta yang ikut pada kategori sampan besar, 21 diantaranya berasal dari Kabupaten Kuansing, masing-masing 7 sampan dari Kecamatan Pengean, 6 sampan dari Kecamatan Kuantan Hilir, 3 sampan dari Inuman, 2 sampan dari Kecamatan Benai, 2 sampan dari Kecamatan Cerenti dan 1 sampan dari Kecamatan Logas Tanah Darat. Sedangkan sisanya dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Inhu, yakni 3 sampan dari Kecamatan Rengat, 2 sampan dari Kecamatan Rengat Barat, 2 sampan dari Kecamatan Peranap, 2 sampan dari Kecamatan Batang Peranap dan 1 sampan dari Kecamatan Lirik.

Ditambahkannya, pacu sampan tradisional ini diselenggarakan sebagai ajang seleksi untuk menghadapi event pacu jalur yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kuansing. Bahkan pada tahun 2015 ini, atas instruksi Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, Pemkab Inhu sudah mengalokasikan anggaran bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur asal Kabupaten Inhu yang mampu meraih juara pertama.“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi atlet dayung Kabupaten Inhu untuk terus meningkatkan kemampuannya dan berhasil meraih juara di event pacu jalur,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengaku bangga atas penyelenggaran lomba pacu sampan tradisional yang dilaksanakan di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap. Hal ini disebabkan karena penyelenggaran semakin baik.

Selain itu, dibanding tahun sebelumnya jumlah peserta mengalami peningkatan, sehingga event ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. “Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini akan lebih baik dan semarak dengan merangkainya melalui berbagai kegiatan kesenian masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati juga membenarkan bahwa pada tahun 2015 ini, Pemkab Inhu telah mengalokasikan bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur yang berhasil meraih juara pertama pada event pacu jalur di Kabupaten Kuansing. Bupati berharap bonus ini mampu memberikan motivasi kepada atlet dayung di Kabupaten Inhu.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat Kecamatan Batang Peranap bersama-sama pemerintah melaksanakan pembangunan sehingga Kecamatan Batang Peranap mampu lebih baik dari kecamatan lain di Inhu maupun di Provinsi Riau. “Alhamdulillah, dibanding tahun-tahun sebelumnya sudah banyak kemajuan yang dicapai Kecamatan Batang Peranap. Saya berharap ini dapat terus kita tingkatkan dan lanjutkan,” jelasnya. (advetorial)

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyalami para pelajar yang menyambutnya saat hadir di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyerahkan piala bergilir pacu sampan tradisional kepada Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah

Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Ketua DPRD Inhu Miswanto SE saat menyusuri Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melepas peserta pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Kajari Rengat Teuku Rahman SH MH dan Camat Batang Peranap Suhadi menaiki pompong untuk menyusuri arena pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyapa warga yang menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

 

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru Pukau Pengunjung dengan Save Rohingya di Ska Education Fair 2017
Sabtu, 21 Oktober 2017 23:15

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru Pukau Pengunjung dengan Save Rohingya di Ska Education Fair 2017

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru unjuk kebolehan tampilkan drama Save Rohingya di Ska Education Fair 2017. Sabtu (21/10/2017)

Malam Puncak Telkom Peduli Budaya Nusantara Berlangsung Meriah
Sabtu, 21 Oktober 2017 22:45

Malam Puncak Telkom Peduli Budaya Nusantara Berlangsung Meriah

Ratusan siswa terlihat antusias mengikuti acara penutupan Telkom Peduli Budaya Nusantara yang digelar di SMP/SMA Darma Yudha Jl SM Amin, Pekanbaru, Sabtu (21/10/2017). 

Sreed Audition Indonesian Idol Pertama di Riau
Sabtu, 21 Oktober 2017 22:25

Sreed Audition Indonesian Idol Pertama di Riau

Streed Audition pertama kali hadir di Riau setelah sembilan seson, ini tahun pertama kali Streed Indonesian Idol dilaksanakan di Riau.Jumat (21/10/17).
 

Streed Audition Indonesian Idol Seson Sembilan
Sabtu, 21 Oktober 2017 21:45

Streed Audition Indonesian Idol Seson Sembilan

Audisi Indonesian Idol seson sembilan yang dinamakan Streed Audition 21 hingga 22 Oktober mendatang, yang  akan dilaksanakan di 16 kota di seluruh Indonesia.  Dan hari ini berjalan di  sembilan kota seperti di Aceh, Balik Papan, Banjar Masin, Pekanbaru, Pontianak, Menado dan lain sebagainya.Kemudian minggu depan akan berlanjut di Padang. Sabtu (21/10/17).

Hari ke 4 Ska Education Fair Ramai Pengunjung
Sabtu, 21 Oktober 2017 21:20

Hari ke 4 Ska Education Fair Ramai Pengunjung

 Dalam rangka memperingati 12 tahun hari jadi mall Ska, mall Ska adakan SKA Education Fair digelar di Atrium Kampar Mal Ska. Sabtu (21/10/2017)

Yuk Hadiri Aku, Kamu dan Kita , Menghafal Al-Qur'an di Aula Masjid An-nur
Sabtu, 21 Oktober 2017 20:45

Yuk Hadiri Aku, Kamu dan Kita , Menghafal Al-Qur'an di Aula Masjid An-nur

Anak muda biasa identik dengan anak yang suka dengan pesta dan juga hura-hura. Menghabiskan waktu hanya untuk kesenangan. Mencari jati diri serta mengikuti arus yang ada sehingga mendapat gelar anak gaul.

Elpiya Suhana Jadi Wisudawan Terbaik Unilak di Wisudawan Sarjana ke-55
Sabtu, 21 Oktober 2017 20:15

Elpiya Suhana Jadi Wisudawan Terbaik Unilak di Wisudawan Sarjana ke-55

Elpiya Suhana, seorang mahasiswi dari Fakultas Hukum menjadi wisudawan terbaik di Wisuda Sarjana yang ke-55 Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Polda Riau Bentuk Tim Awasi Dana Desa
Sabtu, 21 Oktober 2017 19:45

Polda Riau Bentuk Tim Awasi Dana Desa

Polri dilibatkan dalam pengawasan penggunaan dana desa. Sebelum ini Kapolri Jendral Tito Karnavian melakukan video Confrence dengan Pimpinan Polda Riau. Dia memberi arahan, untuk segera dibentuk tim pengawasan dana desa dengan melibatkan instansi terkait lainnya di Provinsi Riau. 

1.012 Mahasiswa Unilak Wisuda Hari Ini, Rektor: Mereka Siap Bersaing
Sabtu, 21 Oktober 2017 19:05

1.012 Mahasiswa Unilak Wisuda Hari Ini, Rektor: Mereka Siap Bersaing

Sebanyak 1.012 mahasiswa Unversitas Lancang Kuning (Unilak) mengikuti proses sidang senat wisuda hari ini, Sabtu (21/10/2017), bertempat Grand Ball Room Hotel Labersa, Kampar, Riau.

Besok, CS Mall Hadirkan Senam Modern Zumba 3 Berhadiah Loh
Sabtu, 21 Oktober 2017 18:06

Besok, CS Mall Hadirkan Senam Modern Zumba 3 Berhadiah Loh

Jika anda tidak ada rencana liburan weekend ini, coba datang saja ke Ciputra Seraya (CS) Mall Pekanbaru.  Pasalnya minggu (22/10/2017)  CS Mall mengadakan event “Senam Modern Zumba 3 by CS Mall”.