Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur

Minggu, 26 April 2015 17:13
Pemkab Inhu Siapkan Bonus Rp 150 Juta Peraih Juara Pacu Jalur
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHU - Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap, Kamis (23/4) sore. Pacu sampan tradisional yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Inhu bekerjasama dengan Kecamatan Batang Peranap ini diikuti 32 jalur yang berasal dari Kabupaten Inhu dan Kabupaten Kuansing.

Selain pacu sampan besar, panitia juga menggelar pacu sampan mini yang telah dilaksanakan dari Selasa hingga Rabu (21-22/4) kemarin. Pada kategori ini, sampan mini dari Kecamatan Rengat Barat mendominasi dengan meraih juara pertama hingga ketiga, berturut-turut sampan mini Tuah Pangeran Mambang di Alam dari Desa Redang, Lantaklah dari Desa Danau Baru dan Rantau Bertuah dari Desa Redang. Sedangkan juara keempat diraih sampan mini Pangeran Muda Cahaya Intan dari Kecamatan Inuman.

Camat Batang Peranap Suhadi SE MM mengungkapkan bahwa pacu sampan tradisional yang diselenggarakan di Titian Komang, Desa Pematang ini telah memasuki tahun kedua. Dibanding tahun 2014 lalu, jumlah peserta tahun 2015 ini mengalami peningkatan. “Tahun lalu jumlah peserta untuk sampan besar hanya 21 sampan, sementara tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 32 sampan,” ujar Suhadi.

Suhadi mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Inhu yang memilih Kecamatan Batang Peranap sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan pacu sampan tradisional yang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. “Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan,’” ucapnya.

Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah mengungkapkan bahwa pada lomba pacu sampan tradisional ini terdapat dua kategori lomba, yakni pacu sampan mini dan pacu sampan besar. Tiap kategori, panitia telah menyiapkan hadiah mulai juara pertama hingga peringkat ke sepuluh.

Dari 32 peserta yang ikut pada kategori sampan besar, 21 diantaranya berasal dari Kabupaten Kuansing, masing-masing 7 sampan dari Kecamatan Pengean, 6 sampan dari Kecamatan Kuantan Hilir, 3 sampan dari Inuman, 2 sampan dari Kecamatan Benai, 2 sampan dari Kecamatan Cerenti dan 1 sampan dari Kecamatan Logas Tanah Darat. Sedangkan sisanya dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Inhu, yakni 3 sampan dari Kecamatan Rengat, 2 sampan dari Kecamatan Rengat Barat, 2 sampan dari Kecamatan Peranap, 2 sampan dari Kecamatan Batang Peranap dan 1 sampan dari Kecamatan Lirik.

Ditambahkannya, pacu sampan tradisional ini diselenggarakan sebagai ajang seleksi untuk menghadapi event pacu jalur yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kuansing. Bahkan pada tahun 2015 ini, atas instruksi Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, Pemkab Inhu sudah mengalokasikan anggaran bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur asal Kabupaten Inhu yang mampu meraih juara pertama.“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi atlet dayung Kabupaten Inhu untuk terus meningkatkan kemampuannya dan berhasil meraih juara di event pacu jalur,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengaku bangga atas penyelenggaran lomba pacu sampan tradisional yang dilaksanakan di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap. Hal ini disebabkan karena penyelenggaran semakin baik.

Selain itu, dibanding tahun sebelumnya jumlah peserta mengalami peningkatan, sehingga event ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. “Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini akan lebih baik dan semarak dengan merangkainya melalui berbagai kegiatan kesenian masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati juga membenarkan bahwa pada tahun 2015 ini, Pemkab Inhu telah mengalokasikan bonus senilai Rp 150 juta bagi jalur yang berhasil meraih juara pertama pada event pacu jalur di Kabupaten Kuansing. Bupati berharap bonus ini mampu memberikan motivasi kepada atlet dayung di Kabupaten Inhu.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat Kecamatan Batang Peranap bersama-sama pemerintah melaksanakan pembangunan sehingga Kecamatan Batang Peranap mampu lebih baik dari kecamatan lain di Inhu maupun di Provinsi Riau. “Alhamdulillah, dibanding tahun-tahun sebelumnya sudah banyak kemajuan yang dicapai Kecamatan Batang Peranap. Saya berharap ini dapat terus kita tingkatkan dan lanjutkan,” jelasnya. (advetorial)

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyalami para pelajar yang menyambutnya saat hadir di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyerahkan piala bergilir pacu sampan tradisional kepada Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah

Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Ketua DPRD Inhu Miswanto SE saat menyusuri Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE melepas peserta pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Ketua DPRD Inhu Miswanto SE, Kajari Rengat Teuku Rahman SH MH dan Camat Batang Peranap Suhadi menaiki pompong untuk menyusuri arena pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyapa warga yang menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu menyaksikan pacu sampan tradisional di Titian Komang, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap

 

TRAVELLING

Berita Terkini

Dinas Peternakan Pekanbaru Prediksi Tahun Ini Kebutuhan Hewan Qurban Capai 9556 Ekor
Jumat, 18 Agustus 2017 15:45

Dinas Peternakan Pekanbaru Prediksi Tahun Ini Kebutuhan Hewan Qurban Capai 9556 Ekor

Jelang Hari Raya Idul Adha, atau Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan Kota Pekanbaru, memprediksi kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Minggu ke-3 Agustus 2017, Harga Cabai Tidak Mengalami Kenaikan
Jumat, 18 Agustus 2017 15:35

Minggu ke-3 Agustus 2017, Harga Cabai Tidak Mengalami Kenaikan

Hingga minggu ke-3 di bulan Aguatus 2017, Jumat (18/8/2017), harga kebutuhan terutama cabai, cenderung stabil ataupun tidak mengalami kenaikan harga.

Ustaz Somad Khatib, Jamaah Membludak, Pedagang Untung Hingga 3 Kali Lipat
Jumat, 18 Agustus 2017 15:25

Ustaz Somad Khatib, Jamaah Membludak, Pedagang Untung Hingga 3 Kali Lipat

Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Namira, Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, Jumat (18/8/2017), dihadiri oleh Ustaz Abdul Somad selaku khatib Salat Jumat.

Pelaku Bakar Mayat Wanita di Rumbai Itu Terancam Hukuman Penjara Seumur Hidup
Jumat, 18 Agustus 2017 15:15

Pelaku Bakar Mayat Wanita di Rumbai Itu Terancam Hukuman Penjara Seumur Hidup

Pelaku pembunuhan dan membakar mayat Emi Desrita (21), yakni Supriadi (27) terancam hukuman berat penjara seumur hidup.

My Wedding Dream, Temukan Kebutuhan Pernikahan Impian Anda di Sadira Plaza
Jumat, 18 Agustus 2017 14:53

My Wedding Dream, Temukan Kebutuhan Pernikahan Impian Anda di Sadira Plaza

Pernikahan sesuai keinginan tentu menjadi impian bagi semua orang. Untuk menjawab semua itu, kali ini acara My Weeding Dream by Market hadir di Sadira Plaza Jalan Riau, Pekanbaru untuk anda dan pasangan yang sedang merencanakan pernikahan.

Usai Salat Jumat, Ustad Somad Dikerumuni Jamaah
Jumat, 18 Agustus 2017 14:42

Usai Salat Jumat, Ustad Somad Dikerumuni Jamaah

Jumat (18/8/2017), pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Namira, Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, menghadirkan Ustad Abdul Solmed sebagai pengisi Khutbah Jumat.

Makna Kemerdekaan Sesungguhnya Menurut Ustaz Abdul Muhaimin
Jumat, 18 Agustus 2017 14:33

Makna Kemerdekaan Sesungguhnya Menurut Ustaz Abdul Muhaimin

Sudah 72 tahun bangsa Indonesia bebas dari belenggu jajahan bangsa asing yang menguasai Indonesia atau dulunya disebut nusantara. 

Sebanyak 398 Napi Lapas Kelas II A Tembilahan Dapat Remisi
Jumat, 18 Agustus 2017 14:23

Sebanyak 398 Napi Lapas Kelas II A Tembilahan Dapat Remisi

Sebanyak 398 Narapidana (Napi) atau Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tembilahan mendapatkan remisi.

Sebagian Daerah Riau Sudah Masuk Musim Hujan
Jumat, 18 Agustus 2017 14:12

Sebagian Daerah Riau Sudah Masuk Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikka (BMKG) mencatat sebagian wilayah Riau sudah mulai masuk musim penghujan. Sehingga saat ini masuk musim peralihan, Jumat (18/08/2017).

Jamaah Rela Jauh-jauh dari Luar Pekanbaru Untuk Dengarkan Ustaz Somad Berkhotbah
Jumat, 18 Agustus 2017 14:02

Jamaah Rela Jauh-jauh dari Luar Pekanbaru Untuk Dengarkan Ustaz Somad Berkhotbah

Jumat (18/8/2017), pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Namira, Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, menghadirkan Ustaz Abdul Somad sebagai khatib.