Pemprov Riau Dorong BRK Harus Beri Kemudahan Kepada UMKM

Senin, 26 Desember 2016 13:38
Pemprov Riau Dorong BRK Harus Beri Kemudahan Kepada UMKM

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Pemprov Riau mendorong supaya Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri harus memberikan kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kemudahan itu dalam bentuk pinjaman kredit dalam menunjang perekonomian, khususnya sektor rill.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi mengatakan kemudahan sistem yang dilakukan Bank Riau Kepri (BRK) untuk kedua sektor itu akan memberikan stimulus pergerakan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. 

Selama ini, para pelaku UMKM di Riau acap kali mengeluhkan soal tambahan modal untuk membangun dan kembangkan usaha. Misalnya saja, kemudahan yang diberikan yakni dalam permohonan kredit termasuk kepada nasabah lainnya. Pemprov Riau meyakini pergerakan sektor rill dengan dikucurkan kredit oleh BRK akan memberikan ketahanan bahkan peningkatan perekonomian masyarakat. 

BPD plat merah itu, selama ini sudah banyak serap uang, karena kas daerah ditabung di perbankan itu. Selain fresh money juga diraup dari Dana Pihak Ketiga (DPK). Artinya akan banyak rupiah yang bisa dimanfaatkan Bank Riau Kepri untuk menyalurkan kredit ke masyarakat. 

Keuntungannya tentu saja berbanding luruh dengan jumlah kredit yang disalurkan perbankan. "Kami sangat dorong supaya BRK itu bisa jemput bola, dan memanfaatkan DPK," katanya. Penguqtan ekonomi masyarakat jelas bisa diukur dengan bertambahnya nasabah UMKM yang melakukan pinjaman modal usahanya di BRK. Pemprov Riau juga meyakini bahwa jumlah UMKM yang menggunakan jasa BRK dalam penguatan modal, akan membuat usaha mikro itu tumbuh dan berkembang. 

Sepak terjang BRK tentu saja tidak hanya sebatas itu. Hal lain yang bisa dilakukan yakni dengan cara memberikan mibingan, sebagai jasa fasilitator untuk membantu melakukan pemasaran terhadap produk UMKM nasabahnya. Sementara peran Pemprov Riau sendiri akan menjadi wadah untuk membuka pasar. Fasilitas tersebut jika berjalan sinergi, diyakini akan mampu mendongkrak pertumbuban ekonomi masyarakat Riau secara keseluruhan. 

Penulis: Melba Ferry Fadly

TRAVELLING

Berita Terkini

Kamis, 25 Mei 2017 18:17

Ruko Penyedia Velg Mobil di Jalan Paus Ludes Terbakar

Satu unit Rumah Toko (ruko) yang menjual Velg dan ban mobil di Jalan Paus, Pekanbaru Kamis (25/5) ludes terbakar. Hingga pukul 17.39 WIB, petugas masih melakukan pemadaman.

Kamis, 25 Mei 2017 16:54

Disparpora dan BKD Rohil Tawarkan Program Nada dan Dakwah Saat Ramadan

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rohil, menawarkan program Nada dan Dakwah yang diperkirakan akan berlansug pada bulan Ramadan.

Kamis, 25 Mei 2017 14:54

Jelang Ramadan, Sekda Rohil Minta Kenyamanan dan Keamanan Masjid Ditingkatkan

Sekda Rohil, Surya Arfan meminta para pengurus masjid dan mushola di sekitar Bagansiapiapi untuk mampu menjadikan masjid, sebagai tempat yang nyaman terutama selama Ramadan.

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar
Kamis, 25 Mei 2017 14:51

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar

Aktifitas arus mudik para penumpang yang menggunakan, kapal Jelatik tujuan Selatpanjang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, terpantau ramai lancar. "Banyak yang mudik menuju Selat Panjang, tercatat arus dalam

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah
Kamis, 25 Mei 2017 14:44

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah

Tepat tanggal 27 Mei 2017 nanti seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan atas nama

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam
Kamis, 25 Mei 2017 12:58

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam

Polresta Pekanbaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan Cipta Kondisi berupa Penertiban Gepeng (Pengemis) yang dipimpin oleh Kabid Ops Pol. PP Kota Pekanbaru Desheriyanto, kemarin.

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu
Kamis, 25 Mei 2017 12:55

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu

Dua ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur menewaskan tiga orang polisi dan 10 orang lainnya.  Dijelaskan Bripda Febrianto Sinaga, anggota kepolisian yang tengah ditugaskan 

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD
Kamis, 25 Mei 2017 12:46

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD

Total 2000 BUMD di Indonesia  bersaing untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2017 dari Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center, Rabu (24/05/17) di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta.

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana
Kamis, 25 Mei 2017 11:14

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana

Beroperasi tanpa izin, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) terancam bakal terkena sanksi. Hal tersebut berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru terhadap gudang  MTF di Jalan Rambutan.

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium
Kamis, 25 Mei 2017 11:12

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium

Pemprov Riau berjanji akan memanggil pihak PT Pertamina (Persero) terkait isu pengurangan distribusi BBM jenis premium belakangan ini.