Rudi Habibi, Kisah Masa Muda Sang Visioner

Sabtu, 16 Juli 2016 08:42
Rudi Habibi, Kisah Masa Muda Sang Visioner
Film Rudy Habibie (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Kecerdasan yang dimiliki Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) membuat sejumlah orang banyak termotivasi. Hal ini terbukti setelah sukses dirilisnya film pertamanya Habibie & Ainun, Rumah produksi MD Pictures kembali akan menayangkan film Rudy Habibie.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini, menuai banyak sanjungan dari penggemar dunia perfilman Indonesia. Sosok Reza Rahardian yang berperan sebagai Rudy Habibie masih mampu menyedot perhatian dengan karakter persis seperti Habibie sebenarnya.

Film yang mulai tayang pada 30 Juni 2016 lalu diadaptasi dari buku Gina S Noer berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner. Buku tersebut juga ditulis berdasarkan cerita dari Habibie itu langsung. Gina juga didapuk sebagai penulis naskah.

Pada bagian pertama penonton akan disuguhkan dengan kisah kecil Habibie dengan keluarganya yang hidup di masa Penjajahan Jepang. Beberapa scine begitu jelas menyajikan nuansa tempo dulu dengan pesan bahwa tanah air ketika itu sangat jauh dari kata damai.

Film ini bercerita tentang masa muda Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof Dr Ing Bacharuddin Jusuf Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian. Habibie yang masa mudanya lebih dikenal dengan nama panggilan Rudy Habibie menempuh studinya di Aachen, Jerman.

Rudy yang menempuh studi di luar negeri dengan biaya pribadi dari keluarganya, dengan gigih menimba ilmu di negeri orang demi meraih mimpi. Kegigihannya untuk mewujudkan mimpinya akan industri dirgantara Indonesia serta lika-liku yang harus ia hadapi tergambar di film ini.

Di masa kuliahnya pula, Rudy bertemu dengan Ilona yang diperankan oleh Chelsea Islan, gadis Jerman asal Polandia yang mencuri hatinya dan menjadi kekasihnya selama di Jerman.
Ilona juga menjadi salah satu pendukung visi Habibie untuk mendirikan industri dirgantara di Indonesia meskipun pada akhirnya kisah mereka harus kandas karena perbedaan kultur dan prinsip.

Produser Rudy Habibie sekaligus CEO MD Corp., Manoj Punjabi MD Pictures tampaknya berupaya meningkatkan kualitas berstandar internasional setaraf film Hollywood dengan melakukan sound mixing di Los Angeles Amerika Serikat, bekerja sama dengan sound designer Chris David yang pernah mendapat nominasi Piala Oscar untuk film Legends of the Fall (1994).

Ada banyak peristiwa unik dan menarik yang dialami Habibie semasa dia menjalankan pendidikannya di German. Termasuk kecerdasan sang visioner yang acap kali membuat saingannya tertegun. Film yang berdurasi lebih kurang 2 setengah jam itu juga dihiasi dengan adegan adekan kocak, dan romantis.

Namun sang sutradara lebih menonjolkan pada sisi kecintaan Habibie kepada tanah air. Habibie harus berjuang keras demi rasa cintanya pada Indonesia. Dalam situasi ekonomi keluarga yang sudah kembang kempis, dia berusaha meyakinkan diri untuk membangun Indonesia dari German. Bahkan rasa cintanya itu mengalahkan rasa cintanya pada Ilona. Film ini sangat rekomendet untuk disaksikan semua kalangan, sebab mengandung banyak nilai moral dan pendidikan tinggi. Terutama bagi pelajar yang tengah berjuang di luar negeri.

Penulis: Arie

 

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Empat Hari Razia Pajak Kendaraan di Pekanbaru, 426 Unit Kendaraan Melanggar
Jumat, 24 November 2017 21:13

Empat Hari Razia Pajak Kendaraan di Pekanbaru, 426 Unit Kendaraan Melanggar

Empat hari pelaksanaan razia pajak kendaraan yang digelar di Kota Pekanbaru, sejak tanggal 20 November 2017 hingga 23 November 2017, tercatat ada sebanyak 426 unit kendaraan yang melanggar

Besok,  PGTI Bersama Ciputra Seraya Mall Buka Giat Donor Darah
Jumat, 24 November 2017 20:55

Besok, PGTI Bersama Ciputra Seraya Mall Buka Giat Donor Darah

 Ciputra Seraya Mall akan menjadi venue aksi sosial Donor Darah yang akan diselenggarakan pada Sabtu (25/11/ 2017) besok.

Golden Tulip Esential Hotel Pekanbaru Beri Penghargaan Bagi Karyawan Terbaik
Jumat, 24 November 2017 20:15

Golden Tulip Esential Hotel Pekanbaru Beri Penghargaan Bagi Karyawan Terbaik

Jumat (24/11/2017) Golden Tulip Pekanbaru Hotel memberi penghargaan kepada karyawan terbaik melalui program Best Best Worployee yang diadakan setiap tahun

Disebut Berpasangan Dengan LE, Asri Auzar: Tunggu Tanggal Mainnya
Jumat, 24 November 2017 19:49

Disebut Berpasangan Dengan LE, Asri Auzar: Tunggu Tanggal Mainnya

ama Asri Auzar, ketua Demokrat Riau belakangan ini disebut-sebut akan maju dalam pilgubri 2018 mendampingi Lukman Edy, bakal calon Gubernur Riau dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Desakan Munaslub Golkar, Ini Komentar Andi Rachman
Jumat, 24 November 2017 19:37

Desakan Munaslub Golkar, Ini Komentar Andi Rachman

 Soal desakan Munaslub Golkar terus menggelinding. Bahkan mencuat kabar sudah ada 26 DPD tingkat I berkumpul untuk membahas soal Munaslub. 

Every Saturday! Pesonna Hotel Rp 375 ribu, Sudah Termasuk Dinner dan Breakfast
Jumat, 24 November 2017 18:58

Every Saturday! Pesonna Hotel Rp 375 ribu, Sudah Termasuk Dinner dan Breakfast

Cari penginapan di waktu weekend?  Tidak perlu binggung, kini Pesonna Hotel memberikan harga special khusus hari sabtu untuk anda. 

Nasabah Haji dan Umroh di Bank Syariah Mandiri Riau Capai 1,2 Juta
Jumat, 24 November 2017 17:43

Nasabah Haji dan Umroh di Bank Syariah Mandiri Riau Capai 1,2 Juta

Antusias masyarakat di Riau terbilang tinggi dalam menunaikan ibadah umroh. Pasalnya sebanyak 1,2 juta rekening tercatat di Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk melakukan ibadah umroh ke tanah suci. 

Harga Ayam Potong di Tembilahan Turun Rp 2.000 di Tingkat Pengecer
Jumat, 24 November 2017 16:26

Harga Ayam Potong di Tembilahan Turun Rp 2.000 di Tingkat Pengecer

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhil, Azwar C sebut harga daging ayam di Indragiri Hilir (Inhil) terutama di Tembilahan Kota mengalami penurunan. 

Soal Ranperda RTRW, Ketua Pansus: Biar Mendagri yang Jawab Keinginan KLHK
Jumat, 24 November 2017 15:24

Soal Ranperda RTRW, Ketua Pansus: Biar Mendagri yang Jawab Keinginan KLHK

Ketua Panitia Khusus (Pansus), Asri Auzar menyebutkan bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau 2017-2037 sudah disetujui untuk menjadi Perda oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Zulaikhah Resmi Lantik PAC Muslimat NU Pelangiran
Jumat, 24 November 2017 15:13

Zulaikhah Resmi Lantik PAC Muslimat NU Pelangiran

Kemarin, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikhah Wardan melantik secara resmi pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Pelangiran di Halaman Kantor Desa Teluk Bunian.