Rahasia Anak Bisa Lebih "Kaya" saat Masuk Sekolah

Minggu, 03 Juli 2016 06:00 504
Rahasia Anak Bisa Lebih 'Kaya' saat Masuk Sekolah

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Libur sekolah biasanya waktu yang paling ditunggu anak-anak. Begitu banyak hal ingin mereka lakukan selepas banyaknya tugas sekolah, ulangan, dan juga ujian.

Anak-anak memang banyak maunya dan itu adalah wajar mengingatusia mereka yang aktif. Ada yang ingin bermain bersama teman-teman, sekadar jalan-jalan ke pusat belanja dan bermain game, menyaksikan film favorit, bahkan ada yang berharap dapat berlibur bersama orangtuanya ke luar kota atau ke luar negeri.

Tapi, bagaimana kalau Anda sebagai orangtua sedang mengalami keterbatasan waktu maupun dana untuk berlibur bersama anak-anak? Apakah Anda akan membiarkan mereka menghabiskan waktu liburannya berlalu begitu saja?

Rasanya sayang, memang. Tapi, jangan khawatir, Anda tetap dapat mengajak buah hati bertualang ke berbagai kota maupun negara melalui cerita.

Advertisment

Ada banyak buku cerita yang dapat membawa fantasi anak melintasi berbagai tempat. Salah satunya adalah buku 100 Cerita Rakyat Nusantara karya Dian Kristiani (Dian K.). Melalui 100 cerita di buku ini anak-anak dapat merasakan keberagaman dan kekayaan cerita rakyat di Indonesia, mulai Sumatera, Sulawesi, hingga Papua.

Ada cerita Buaya Perompak, si Bungsu, dan Sultan Domas dari Lampung.  Cerita La Dana dan Kerbau, La Upe, dan Putri Tandampalik dari Sulawesi Selatan. Ada juga cerita Asal Mula Tanjung Menangis, Terompah Sultan Gajadean, dan Asal Mula Telaga Biru dari Maluku Utara, serta cerita Buaya Sakti, Kasuari dan Dara Makota, Asal Usul Nama Irian dari Papua, dan masih banyak lagi.

Agar lebih menyenangkan, beri kesempatan kepada buah hati Anda untuk memilih dari provinsi mana dia akan mulai bertualang melalui cerita yang ada. Jika destinasi pertama yang dipilih anak Anda adalah Jawa Tengah, dia dapat bertemu dengan Timun Mas dan juga Cindelaras.

Setelah puas menikmati cerita rakyat dari wilayah tersebut, ajaklah anak Anda untuk menjelajah dan berkenalan dengan cerita-cerita rakyat dari provinsi lainnya. Ada kisah mengharukan tentang keluarga, ada pula cerita seru dalam menghadapi monster.

Saat membaca buku ini, setiap cerita dapat dipilih secara acak tanpa perlu mengikuti urutan yang ada. Selain itu, cerita rakyat dalam buku ini ditulis khusus untuk anak-anak sehingga tidak mengandung unsur mistis dan kekerasan.

Tak hanya itu. Setiap kisah juga memiliki pesan moral dan mengajarkan kepada anak untuk berani berjuang, cerdik menghadapi masalah, dan selalu jujur kepada siapa pun.

Nah, setelah bertualang mengunjungi 33 provinsi yang ada di Indonesia, buah hati Anda pun dapat semakin "kaya" saat masuk sekolah nanti. Selamat menjelajah Indonesia!

Sumber: kompas.com

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar
Senin, 23 Januari 2017 11:15

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar

Anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk parfum ruangan dari APBD Riau itu dianggap wajar.

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi
Senin, 23 Januari 2017 10:25

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau, diminta lebih aktif dalam upaya memperbaiki masalah internal. Sehingga berdampak positif terhadap hasil produks

Lowongan Kerja di Tranvision
Senin, 23 Januari 2017 10:00

Lowongan Kerja di Tranvision

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan kerja seputar Pekanbaru,  kini Transvision Perusahaan dari Trans Media CT Corps di Pekanbaru yang bergerak dibidang TV berlangganan

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu
Senin, 23 Januari 2017 09:40

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tidak memenuhi undangannya untuk hadir di menara Dang Merdu, Bank Riau Kepri, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (23/01/2017).

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau
Senin, 23 Januari 2017 09:30

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau

Senin (23/01/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui pantauan satelit mendeteksi tidak ada hotspot atau titik panas di Provinsi Riau. Sebelumnya Riau selalu rawan jika mulai memasuki musim kemarau.

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan
Senin, 23 Januari 2017 09:00

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selain pagi hari hujan masih berkemungkinan turun pada sore atau malam hari, Senin (23/01/2017). Saat ini memang Riau sedang memasuki musim peralihand ari hujan ke kemarau.

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja
Senin, 23 Januari 2017 08:30

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja

Mencari informasi lowongan kerja?  Kini salah satu perusahaan, yakni PT. AXA Financial lndonesia merupakan Perusahaan yang bergerak dibidangJasa Asuransi berskala Internasional.

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara
Senin, 23 Januari 2017 08:10

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara

Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau, menjadi masalah yang paling dipersoalkan. Faktanya, identitas Riau sebagai salah satu daerah penyumbang kabut asap, bukan hanya dikancah nasional. Tapi internasional.

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura
Minggu, 22 Januari 2017 23:12

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura

Sejarah Kota Anuradhapura memang luar biasa. Kota ini pusat agama Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Buddha di China, Korea, Amerika Serikat, Bangkok, Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari kota ini.

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan
Minggu, 22 Januari 2017 21:29

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan

Keberadaan beberapa komunitas memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung aksi dari beberapa komunitas, ada yang menilai komunitas hanya sebagai ajang untuk memperbanyak teman atau hura-hura semata.