Rahasia Anak Bisa Lebih "Kaya" saat Masuk Sekolah

Minggu, 03 Juli 2016 06:00
Rahasia Anak Bisa Lebih 'Kaya' saat Masuk Sekolah

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Libur sekolah biasanya waktu yang paling ditunggu anak-anak. Begitu banyak hal ingin mereka lakukan selepas banyaknya tugas sekolah, ulangan, dan juga ujian.

Anak-anak memang banyak maunya dan itu adalah wajar mengingatusia mereka yang aktif. Ada yang ingin bermain bersama teman-teman, sekadar jalan-jalan ke pusat belanja dan bermain game, menyaksikan film favorit, bahkan ada yang berharap dapat berlibur bersama orangtuanya ke luar kota atau ke luar negeri.

Tapi, bagaimana kalau Anda sebagai orangtua sedang mengalami keterbatasan waktu maupun dana untuk berlibur bersama anak-anak? Apakah Anda akan membiarkan mereka menghabiskan waktu liburannya berlalu begitu saja?

Rasanya sayang, memang. Tapi, jangan khawatir, Anda tetap dapat mengajak buah hati bertualang ke berbagai kota maupun negara melalui cerita.

Advertisment

Ada banyak buku cerita yang dapat membawa fantasi anak melintasi berbagai tempat. Salah satunya adalah buku 100 Cerita Rakyat Nusantara karya Dian Kristiani (Dian K.). Melalui 100 cerita di buku ini anak-anak dapat merasakan keberagaman dan kekayaan cerita rakyat di Indonesia, mulai Sumatera, Sulawesi, hingga Papua.

Ada cerita Buaya Perompak, si Bungsu, dan Sultan Domas dari Lampung.  Cerita La Dana dan Kerbau, La Upe, dan Putri Tandampalik dari Sulawesi Selatan. Ada juga cerita Asal Mula Tanjung Menangis, Terompah Sultan Gajadean, dan Asal Mula Telaga Biru dari Maluku Utara, serta cerita Buaya Sakti, Kasuari dan Dara Makota, Asal Usul Nama Irian dari Papua, dan masih banyak lagi.

Agar lebih menyenangkan, beri kesempatan kepada buah hati Anda untuk memilih dari provinsi mana dia akan mulai bertualang melalui cerita yang ada. Jika destinasi pertama yang dipilih anak Anda adalah Jawa Tengah, dia dapat bertemu dengan Timun Mas dan juga Cindelaras.

Setelah puas menikmati cerita rakyat dari wilayah tersebut, ajaklah anak Anda untuk menjelajah dan berkenalan dengan cerita-cerita rakyat dari provinsi lainnya. Ada kisah mengharukan tentang keluarga, ada pula cerita seru dalam menghadapi monster.

Saat membaca buku ini, setiap cerita dapat dipilih secara acak tanpa perlu mengikuti urutan yang ada. Selain itu, cerita rakyat dalam buku ini ditulis khusus untuk anak-anak sehingga tidak mengandung unsur mistis dan kekerasan.

Tak hanya itu. Setiap kisah juga memiliki pesan moral dan mengajarkan kepada anak untuk berani berjuang, cerdik menghadapi masalah, dan selalu jujur kepada siapa pun.

Nah, setelah bertualang mengunjungi 33 provinsi yang ada di Indonesia, buah hati Anda pun dapat semakin "kaya" saat masuk sekolah nanti. Selamat menjelajah Indonesia!

Sumber: kompas.com

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pakar: Jangan Salah, Asas Praduga Tak Bersalah Hanya untuk Hakim
Selasa, 12 Desember 2017 09:14

Pakar: Jangan Salah, Asas Praduga Tak Bersalah Hanya untuk Hakim

Jangan salah, asas praduga tak bersalah disebutkan berlaku hanya untuk hakim. Sedangkan bagi penyidik, mereka harus menduga bersalah.

Pemadaman Listrik Bergilir Lagi Hari Ini di Pekanbaru, Ini Jadwalnya
Selasa, 12 Desember 2017 08:56

Pemadaman Listrik Bergilir Lagi Hari Ini di Pekanbaru, Ini Jadwalnya

Pemadaman listrik kembali akan diadakan di sebagian Kota Pekanbaru hari ini, Selasa (12/12/2017).

57 Goweser Jajaran Kantor BRK Cabang Pekanbaru Ramaikan Sport Gathering
Selasa, 12 Desember 2017 08:38

57 Goweser Jajaran Kantor BRK Cabang Pekanbaru Ramaikan Sport Gathering

Bank Riau Kepri cabang Pekanbaru berikut dengan jajaran kantor di bawahnya, Sabtu (9/12) pagi, melakukan olahraga bersama dengan sepedaan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, dan Sutomo. 

Hari Ini, Sidang Praperadilan Setya Novanto Digelar
Selasa, 12 Desember 2017 08:22

Hari Ini, Sidang Praperadilan Setya Novanto Digelar

Hari ini, Selasa (12/12/2017), sidang parperadilan Setya Novanto digelar. Agenda sidang pada hari ini adalah mendengarkan keterangan saksi ahli terkait status tersangka Setya Novanto.

Kecam AS, Jokowi Ke Turki Bahas Yerusalem di Sidang OKI
Selasa, 12 Desember 2017 08:18

Kecam AS, Jokowi Ke Turki Bahas Yerusalem di Sidang OKI

Presiden Jokowi dijadwalkan terbang ke Istambul, Turki. Dia akan membahas soal Yerusalem dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Selasa (12/12/2017). Yerusalem kini menjadi sorotan dunia, setelah

Melenggang Ke Paris, Menteri Jonan Lempar Kritik Tajam Soal Sawit RI Ditolak Eropa
Selasa, 12 Desember 2017 07:58

Melenggang Ke Paris, Menteri Jonan Lempar Kritik Tajam Soal Sawit RI Ditolak Eropa

Untuk menghadiri One Planet Summit 2017, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, melenggang ke Paris. Kertika itu, sambutan yang Jonan paparkan membuat 

PT Home Centre Indonesia Buka Lowongan Kerja
Selasa, 12 Desember 2017 07:50

PT Home Centre Indonesia Buka Lowongan Kerja

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini  PT. Home Center Indonesia berupa perusahaan yang bergerak dibidang retail furniture, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi berikut:

Tahun Baru, The Premiere Hadirkan Loft Sweat Party
Selasa, 12 Desember 2017 00:00

Tahun Baru, The Premiere Hadirkan Loft Sweat Party

Tidak terasa, dentingan jam menuju 2018 sebentar lagi akan terdengar. 2017 akan menjadi kenangan dan selamat datang 2018. 

Cegah Difteri, Dokter Anak: MUI Sebut Vaksin Diperbolehkan
Senin, 11 Desember 2017 22:58

Cegah Difteri, Dokter Anak: MUI Sebut Vaksin Diperbolehkan

Difteri kembali mewabah di Indonesia. Satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan cara vaksinasi. Namun ada sebagian orang menganggap bahwa vaksin haram.

Trend 2018, Warna Lipstik Lebih Strong
Senin, 11 Desember 2017 22:43

Trend 2018, Warna Lipstik Lebih Strong

Tahun 2017,  penggunaan lipstik identik dengan warna ringan atau nude.