Rahasia Anak Bisa Lebih "Kaya" saat Masuk Sekolah

Minggu, 03 Juli 2016 06:00
Rahasia Anak Bisa Lebih 'Kaya' saat Masuk Sekolah

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Libur sekolah biasanya waktu yang paling ditunggu anak-anak. Begitu banyak hal ingin mereka lakukan selepas banyaknya tugas sekolah, ulangan, dan juga ujian.

Anak-anak memang banyak maunya dan itu adalah wajar mengingatusia mereka yang aktif. Ada yang ingin bermain bersama teman-teman, sekadar jalan-jalan ke pusat belanja dan bermain game, menyaksikan film favorit, bahkan ada yang berharap dapat berlibur bersama orangtuanya ke luar kota atau ke luar negeri.

Tapi, bagaimana kalau Anda sebagai orangtua sedang mengalami keterbatasan waktu maupun dana untuk berlibur bersama anak-anak? Apakah Anda akan membiarkan mereka menghabiskan waktu liburannya berlalu begitu saja?

Rasanya sayang, memang. Tapi, jangan khawatir, Anda tetap dapat mengajak buah hati bertualang ke berbagai kota maupun negara melalui cerita.

Advertisment

Ada banyak buku cerita yang dapat membawa fantasi anak melintasi berbagai tempat. Salah satunya adalah buku 100 Cerita Rakyat Nusantara karya Dian Kristiani (Dian K.). Melalui 100 cerita di buku ini anak-anak dapat merasakan keberagaman dan kekayaan cerita rakyat di Indonesia, mulai Sumatera, Sulawesi, hingga Papua.

Ada cerita Buaya Perompak, si Bungsu, dan Sultan Domas dari Lampung.  Cerita La Dana dan Kerbau, La Upe, dan Putri Tandampalik dari Sulawesi Selatan. Ada juga cerita Asal Mula Tanjung Menangis, Terompah Sultan Gajadean, dan Asal Mula Telaga Biru dari Maluku Utara, serta cerita Buaya Sakti, Kasuari dan Dara Makota, Asal Usul Nama Irian dari Papua, dan masih banyak lagi.

Agar lebih menyenangkan, beri kesempatan kepada buah hati Anda untuk memilih dari provinsi mana dia akan mulai bertualang melalui cerita yang ada. Jika destinasi pertama yang dipilih anak Anda adalah Jawa Tengah, dia dapat bertemu dengan Timun Mas dan juga Cindelaras.

Setelah puas menikmati cerita rakyat dari wilayah tersebut, ajaklah anak Anda untuk menjelajah dan berkenalan dengan cerita-cerita rakyat dari provinsi lainnya. Ada kisah mengharukan tentang keluarga, ada pula cerita seru dalam menghadapi monster.

Saat membaca buku ini, setiap cerita dapat dipilih secara acak tanpa perlu mengikuti urutan yang ada. Selain itu, cerita rakyat dalam buku ini ditulis khusus untuk anak-anak sehingga tidak mengandung unsur mistis dan kekerasan.

Tak hanya itu. Setiap kisah juga memiliki pesan moral dan mengajarkan kepada anak untuk berani berjuang, cerdik menghadapi masalah, dan selalu jujur kepada siapa pun.

Nah, setelah bertualang mengunjungi 33 provinsi yang ada di Indonesia, buah hati Anda pun dapat semakin "kaya" saat masuk sekolah nanti. Selamat menjelajah Indonesia!

Sumber: kompas.com

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Selasa, 20 Pebruari 2018 06:30

DPRD: Riau Belum Siap Hadapi UNBK

Provinsi Riau baru 50% siap untuk menghadapi UNBK. Masih banyak sekolah yang 'menumpang' ke sekolah lain untuk UNBK. Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Agus Hartanto mengatakan tahun 2018 ini

FA Cup, Wigan Hentikan Langkah City
Selasa, 20 Pebruari 2018 05:08

FA Cup, Wigan Hentikan Langkah City

Wigan Athletic berhasil menghentikan langkah City di FA Cup.

Hari Ini, Ustaz Abdul Somad Akan Sandang Gelar 'Datuk Seri Ulama Setia Negara
Selasa, 20 Pebruari 2018 05:00

Hari Ini, Ustaz Abdul Somad Akan Sandang Gelar 'Datuk Seri Ulama Setia Negara

Ustaz Abdul Somad akan ditabalkan gelar 'Datuk Seri Ulama Setia Negara', hari ini, Selasa (20/2/2018). Penabalan ini akan dilakukan oleh LAM Riau di Balairung Tennas Effendi, Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Pemko Pekanbaru Optimis Pasar Induk Selesai Oktober 2018
Senin, 19 Pebruari 2018 22:00

Pemko Pekanbaru Optimis Pasar Induk Selesai Oktober 2018

Pemerintah Kota Pekanbaru optimis Pasar Induk akan selesai tepat waktu.

Dari Kurir Ayam Hingga Bartender, Kini Arief Jadi GM Termuda di Dunia Perhotelan
Senin, 19 Pebruari 2018 21:35

Dari Kurir Ayam Hingga Bartender, Kini Arief Jadi GM Termuda di Dunia Perhotelan

Kerja sampingan semasa sekolah menjadi rutinitas sehari-hari bagi pria tampan perawakan tinggi dan putih kelahiran 31 desember 1986.

Cetak Sawah di Pelalawan Rugikan Negera Rp1 Miliar
Senin, 19 Pebruari 2018 21:30

Cetak Sawah di Pelalawan Rugikan Negera Rp1 Miliar

Cetak sawah baru tahun 2012 di Desa Gambit Mutiara, Kabupaten Pelalawan, merugikan negara sebesar Rp1 miliar lebih.

Viral Video Anak Sekolah Menangis Memanggil Orang Tuanya Saat Gunung Sinabung Erupsi
Senin, 19 Pebruari 2018 20:45

Viral Video Anak Sekolah Menangis Memanggil Orang Tuanya Saat Gunung Sinabung Erupsi

Sebuah video anak-anak sekolah dasar yang sedang berlarian saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung viral di media sosial.

Sambel Nyai Resto,  Angkat Konsep Perkampungan di Tengah Kota
Senin, 19 Pebruari 2018 19:15

Sambel Nyai Resto, Angkat Konsep Perkampungan di Tengah Kota

Beratapkan daun rumbia,  tempat makan satu ini menyajikan nuansa makanan khas sunda, Sambel Nyai Resto namanya. Sambel Nyai resto berlokasi di Jalan Tiung No. 24

Besok, Ustaz Abdul Somad akan Bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara
Senin, 19 Pebruari 2018 19:00

Besok, Ustaz Abdul Somad akan Bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara

Besok, Selasa (20/2/2018), Ustaz Abdul Somad akan dianugerahkan gelar 'Datuk Seri Ulama Setia Negara'. Pemberian gelar adat ini akan dilakukan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau

Wow, Seminggu Ditayangkan Film Black Panther Untung Rp 4,8 Triliun
Senin, 19 Pebruari 2018 18:02

Wow, Seminggu Ditayangkan Film Black Panther Untung Rp 4,8 Triliun

Baru seminggu ditayangkan, film superhero berjudul Black Panther mampu meraup keuntungan US$361 juta atau jika dirupiahkan lebih dari Rp4,8 triliun.