I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

Rabu, 06 April 2016 10:40
I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Hampir semua orang pernah memiliki mimpi atau cita-cita dalam hidupnya. Hanya saja tidak semua tergerak untuk mewujudkannya menjadi nyata, terutama para kaula muda.

Buku karya Arif Rahman Lubis yang berjudul 'I Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah' mencoba mengingatkan pembaca bahwa mimpi yang baik itu harus diwujudkan.

Dalam buku yang bersampul warna kuning ini berisi kiat-kiat untuk mewujudkan mimpi baik itu pendidikan atau bisnis.

Caranya kuatkan keinginan kita dalam mencapai cita-cita. Selalulah bertanya ke dalam diri kita, kemudian ingatkan betapa kita sangat menginginkan cita cita itu. Selalulah mengevaluasi sebelum tidur, apa yang sudah kita lakukan hari ini Demi menggapai cita-cita.

Menariknya penyampaian pesan di dalam buku ini banyak memakai contoh kisah-kisah nyata baik dari dalam negeri atau luar negeri. Hanya saja, terkadang bagian cerita inspiratif terasa terlalu panjang. Apalagi dengan ilustrasi atau gambar yang minim, sehingga buku dengan tebal 228 halaman bisa bikin jenuh.

Namun tetap saja buku ini menarik dibaca. Terutama saat membahas mengapa muda mesti sudah menggapai cita cita. Sebenarnya tidak ada kata terlalu muda untuk menggapai cita cita. Terkadang kita mennunda menggapai cita cita karena anggap kita masih muda. Kita terlena dengan waktu luang, kesehatan yang prima, dan tanggungan belum ada.

Dalam buku ini Arif mencoba memberikan motivasi dan menggali potensi potensi diri untuk meraih sukses Dan bahagia.  Dilengkapibdeegan banyak kisah nyata yang inspirasi Dan menyangati kita dalam membuka perjalanan menuju sukses Dan meraih cita cita sejak muda.

Gaya bertutur dalam penulisan setidaknya membuatnya ringan dibaca. Cocok bagi anak-anak muda.

Dalam buku ini juga disebut ada empat peranan hidup yang penting. Peran dalam hal ibadah kepada Allah, peran dalam keluarga, peran dalam pendidikan atau pekerjaan atau bisnis, serta peran pertemanan atau dalam masyarakat.

Memang dalam proses meraih sukses tak jarang ada berbagai ujian. Bahkan tidak sedikit dari kita yang menyerah merengkuh cita-cita.

Di situlah Arif, menulis kisah nyata, Mansyur Semma seorang dosen di Sulawesi Selatan menyelesaikan gelar doktor, studi S3  dengan matanya yang tak lagi bisa melihat akibat mala praktek. Sempat putus asa. Akhirnya bertemu dengan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) di sana pula tempat Mansyur berbagi keluh kesah. Hingga akhirnya mendapatkan kepercayaan dirinya kembali apalagi ia teringat akan anak-anaknya yang masih kecil dan istrinya.

Segala suka duka, termasuk pernah hinggap pengemis. Dirinya pergi ke Jakarta ditemankan seorang anaknya untuk menemui keluarga dan teman-teman dekat muchtar lubis. Sebagai bahan desertasi guna meraih gelar doktor. Akhirnya dengan kesabaran, Mansyur bisa meraih gelar doktornya. Membuktikan bahwa selagi ada kemauan pasti ada jalan.

Cita cita tidak menjadi kenyataan kecuali lewat kuatnya kemauan dan hebatnya perjuangan. Cita cita yang sudah kita tuliskan haruslah diperjuangkan. Jika tidak ia hanya akan menjadi coretan angan dan hayalan. Perjuangan bisa jadi memakan waktu yang panjang. Bisa jadi bertahun tahun baikan lebih panjang. Tetapi selagi ada kemauan pasti akan terbuka jalan mewujudkannya.

Ada enam cara meraih mimpi yang coba dibagi Arif, yaitu belajar sepanjang usia, desainlah hidupmu, bekerja keras, fokus pada kekuatan, tebar kebaikan, dan jangan mudah menyerah. (Riki)

Judul: 'lI Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah.
Penerbit: Qultum Media, Jakarta Selatan
Cetakan pertama: 2014
Halaman: 228 halaman
Pengarang: Arif Rahman Lubis

TRAVELLING

Berita Terkini

Mayday, Polda Riau Sejauh Ini Belum Terima Surat Adanya Demo
Kamis, 27 April 2017 19:53

Mayday, Polda Riau Sejauh Ini Belum Terima Surat Adanya Demo

Pihak kepolisian Polda Riau menanggapi tentang adanya aksi buruh turun ke jalan memperingati Mayday atau hari buruh internasional. Sampai hari ini belum dapat kabarnya.

Hut Pemasyarakatan ke 53, Ini Pesan Kakanwil Riau
Kamis, 27 April 2017 18:35

Hut Pemasyarakatan ke 53, Ini Pesan Kakanwil Riau

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Ferdinand Siagian, memimpin upacara Hut Pemasyarkatan ke 53 tahun di Rumah Tahanan Kelas II Pekanbaru, Kamis (27/4/2017).

Awas, Bulan Puasa Musim Kemarau
Kamis, 27 April 2017 18:25

Awas, Bulan Puasa Musim Kemarau

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan bulan puasa adalah puncak musim kemarau.

MUI: Travel Jangan Permainkan Niat Baik Jemaah!
Kamis, 27 April 2017 18:15

MUI: Travel Jangan Permainkan Niat Baik Jemaah!

Akbarizan selaku Ketua Fatwa MUI Kota Pekanbaru menyayangkan adanya calon jemaah umroh yang batal berangkat.

Sita Jetski, Dua Buah Kendaraan Ini Untuk Angkut Narkoba di Perairan Bengkalis
Kamis, 27 April 2017 18:00

Sita Jetski, Dua Buah Kendaraan Ini Untuk Angkut Narkoba di Perairan Bengkalis

Direktorat Reserse Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang Kepolisian Daerah Riau, mengangkut dan menyita dua Jetski diduga bandar narkoba.

Video: Sepiring Nasi Goreng Kampung di Sore Hari
Kamis, 27 April 2017 17:50

Video: Sepiring Nasi Goreng Kampung di Sore Hari

Seolah tidak ada habisnya kalau berbicara tentang kuliner. Apalagi di Pekanbaru, jajaan kuliner beragam, mulai dari varian modern hingga tradisional. Nah, bagaimana kalau menikmati sepiring nasi goreng kampung di sore hari? Pasti nikmat.

Kapolda Riau: 14 Hari Penemuan Harus Dimusnahkan, 'Tersangka Hukum Mati
Kamis, 27 April 2017 17:40

Kapolda Riau: 14 Hari Penemuan Harus Dimusnahkan, 'Tersangka Hukum Mati

Barang bukti tangkapan pada 7 April lalu sebanyak 40 kilogram sabu dan 163 ribu pil ekstasi dari tiga tersangka, hari ini dimusnahkan, Kamis (27/04/2017).

Berburu Butiran Emas, Warga Serbu Hutan Kolaka
Kamis, 27 April 2017 17:30

Berburu Butiran Emas, Warga Serbu Hutan Kolaka

Ratusan warga memasuki kawasan lindung. Mereka melakukan pencarian emas di area ini.

Berenang di Kolong Rumah, Seorang Pemuda Ditangkap
Kamis, 27 April 2017 17:20

Berenang di Kolong Rumah, Seorang Pemuda Ditangkap

Seorang pemuda yang ternyata merupakan pencuri yaitu R (21 tahun) berhasil ditangkap di salah satu kolong rumah warga pada Selasa (25/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Sidang ke-5 Gugatan Terhadap KPU Kota Pekanbaru, Pelawan dan Terlawan Serahkan Berkas Kesimpulan
Kamis, 27 April 2017 17:10

Sidang ke-5 Gugatan Terhadap KPU Kota Pekanbaru, Pelawan dan Terlawan Serahkan Berkas Kesimpulan

Kamis (27/4/2017), sidang gugatan terhadap penetapan pasangan Calon Walikota Pekanbaru terhadap KPU Kota Pekanbaru kembali dilanjutkan.