I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

Rabu, 06 April 2016 10:40 635
I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Hampir semua orang pernah memiliki mimpi atau cita-cita dalam hidupnya. Hanya saja tidak semua tergerak untuk mewujudkannya menjadi nyata, terutama para kaula muda.

Buku karya Arif Rahman Lubis yang berjudul 'I Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah' mencoba mengingatkan pembaca bahwa mimpi yang baik itu harus diwujudkan.

Dalam buku yang bersampul warna kuning ini berisi kiat-kiat untuk mewujudkan mimpi baik itu pendidikan atau bisnis.

Caranya kuatkan keinginan kita dalam mencapai cita-cita. Selalulah bertanya ke dalam diri kita, kemudian ingatkan betapa kita sangat menginginkan cita cita itu. Selalulah mengevaluasi sebelum tidur, apa yang sudah kita lakukan hari ini Demi menggapai cita-cita.

Menariknya penyampaian pesan di dalam buku ini banyak memakai contoh kisah-kisah nyata baik dari dalam negeri atau luar negeri. Hanya saja, terkadang bagian cerita inspiratif terasa terlalu panjang. Apalagi dengan ilustrasi atau gambar yang minim, sehingga buku dengan tebal 228 halaman bisa bikin jenuh.

Namun tetap saja buku ini menarik dibaca. Terutama saat membahas mengapa muda mesti sudah menggapai cita cita. Sebenarnya tidak ada kata terlalu muda untuk menggapai cita cita. Terkadang kita mennunda menggapai cita cita karena anggap kita masih muda. Kita terlena dengan waktu luang, kesehatan yang prima, dan tanggungan belum ada.

Dalam buku ini Arif mencoba memberikan motivasi dan menggali potensi potensi diri untuk meraih sukses Dan bahagia.  Dilengkapibdeegan banyak kisah nyata yang inspirasi Dan menyangati kita dalam membuka perjalanan menuju sukses Dan meraih cita cita sejak muda.

Gaya bertutur dalam penulisan setidaknya membuatnya ringan dibaca. Cocok bagi anak-anak muda.

Dalam buku ini juga disebut ada empat peranan hidup yang penting. Peran dalam hal ibadah kepada Allah, peran dalam keluarga, peran dalam pendidikan atau pekerjaan atau bisnis, serta peran pertemanan atau dalam masyarakat.

Memang dalam proses meraih sukses tak jarang ada berbagai ujian. Bahkan tidak sedikit dari kita yang menyerah merengkuh cita-cita.

Di situlah Arif, menulis kisah nyata, Mansyur Semma seorang dosen di Sulawesi Selatan menyelesaikan gelar doktor, studi S3  dengan matanya yang tak lagi bisa melihat akibat mala praktek. Sempat putus asa. Akhirnya bertemu dengan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) di sana pula tempat Mansyur berbagi keluh kesah. Hingga akhirnya mendapatkan kepercayaan dirinya kembali apalagi ia teringat akan anak-anaknya yang masih kecil dan istrinya.

Segala suka duka, termasuk pernah hinggap pengemis. Dirinya pergi ke Jakarta ditemankan seorang anaknya untuk menemui keluarga dan teman-teman dekat muchtar lubis. Sebagai bahan desertasi guna meraih gelar doktor. Akhirnya dengan kesabaran, Mansyur bisa meraih gelar doktornya. Membuktikan bahwa selagi ada kemauan pasti ada jalan.

Cita cita tidak menjadi kenyataan kecuali lewat kuatnya kemauan dan hebatnya perjuangan. Cita cita yang sudah kita tuliskan haruslah diperjuangkan. Jika tidak ia hanya akan menjadi coretan angan dan hayalan. Perjuangan bisa jadi memakan waktu yang panjang. Bisa jadi bertahun tahun baikan lebih panjang. Tetapi selagi ada kemauan pasti akan terbuka jalan mewujudkannya.

Ada enam cara meraih mimpi yang coba dibagi Arif, yaitu belajar sepanjang usia, desainlah hidupmu, bekerja keras, fokus pada kekuatan, tebar kebaikan, dan jangan mudah menyerah. (Riki)

Judul: 'lI Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah.
Penerbit: Qultum Media, Jakarta Selatan
Cetakan pertama: 2014
Halaman: 228 halaman
Pengarang: Arif Rahman Lubis

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2
Jumat, 20 Januari 2017 22:05

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2

Kembali lagi Everbest memberikan promo spesial bagi pelanggan setianya. Kali ini promo diadakan dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Hal tersebut dikatakan oleh Gandes selaku kasir Everbest Mal Ciputra Seraya Pekanbaru.

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump
Jumat, 20 Januari 2017 21:52

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump

Artis terkenal, terbanyak adalah penyanyi, melakukan konser penolakan terhadap Donald Trump. Inaugurasi Trump ditandingi dengan konser ini yang dimotori Auioslave.

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih
Jumat, 20 Januari 2017 21:25

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih

Apakah kamu punya kebiasaan atau rutinitas tertentu setiap kali bangun tidur di pagi hari? Mungkin langsung minum segelas air putih atau melakukan olahraga

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi
Jumat, 20 Januari 2017 20:53

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi

Bertempatkan di kandang berkuran 2x5 meter di samping rumahnya, setiap paginya Mukhlis memberikan pakan untuk merpati hiasnya. Hal ini sudah menjadi rutinitas

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati
Jumat, 20 Januari 2017 17:44

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati

Kesetian burung merpati kepada pasangannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sudah menjadi karakter dari burung merpati itu sendiri, inilah yang ingin ditiru oleh seluruh anggota Komunitas Merpati Hias Riau.

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli
Jumat, 20 Januari 2017 17:07

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli

Jika anda penggemar pakaian seken, anda wajib berhati-hati sebelum menggunakannya, karena bisa jadi baju seken yang baru anda beli, terjangkit virus penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar
Jumat, 20 Januari 2017 16:35

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar

Untuk melepas dahaga menikmati minuman segar yang dapat melegakan tenggorokan. Es cendol Udha Tham mangkal di pasar wisata Pekanabru atau kerap disebut pasar bawah.

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall
Jumat, 20 Januari 2017 16:21

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall

Selain memberikan Mid Nite Sale, mulai dari Kamis kemarin hingga Minggu besok CS Mall hadirkan Launching New Venturer dari Toyota.

SMJ Rangkul Sesama
Jumat, 20 Januari 2017 16:02

SMJ Rangkul Sesama

Seperti biasa, Kamis malam Komunitas Sedekah Malam Jumat (SMJ) Pekanbaru mengadakan aksi bagi-bagi nasi kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri
Jumat, 20 Januari 2017 15:42

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri

Jumat (20/1), bertempatkan gedung aula serbaguna kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau (UR), 5 karya terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional mempresentasikan ide kreatif mereka di depan dewan juri.