I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

Rabu, 06 April 2016 10:40
I Have a Dream, Meraih Cita-Cita Sejak Muda Penting

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Hampir semua orang pernah memiliki mimpi atau cita-cita dalam hidupnya. Hanya saja tidak semua tergerak untuk mewujudkannya menjadi nyata, terutama para kaula muda.

Buku karya Arif Rahman Lubis yang berjudul 'I Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah' mencoba mengingatkan pembaca bahwa mimpi yang baik itu harus diwujudkan.

Dalam buku yang bersampul warna kuning ini berisi kiat-kiat untuk mewujudkan mimpi baik itu pendidikan atau bisnis.

Caranya kuatkan keinginan kita dalam mencapai cita-cita. Selalulah bertanya ke dalam diri kita, kemudian ingatkan betapa kita sangat menginginkan cita cita itu. Selalulah mengevaluasi sebelum tidur, apa yang sudah kita lakukan hari ini Demi menggapai cita-cita.

Menariknya penyampaian pesan di dalam buku ini banyak memakai contoh kisah-kisah nyata baik dari dalam negeri atau luar negeri. Hanya saja, terkadang bagian cerita inspiratif terasa terlalu panjang. Apalagi dengan ilustrasi atau gambar yang minim, sehingga buku dengan tebal 228 halaman bisa bikin jenuh.

Namun tetap saja buku ini menarik dibaca. Terutama saat membahas mengapa muda mesti sudah menggapai cita cita. Sebenarnya tidak ada kata terlalu muda untuk menggapai cita cita. Terkadang kita mennunda menggapai cita cita karena anggap kita masih muda. Kita terlena dengan waktu luang, kesehatan yang prima, dan tanggungan belum ada.

Dalam buku ini Arif mencoba memberikan motivasi dan menggali potensi potensi diri untuk meraih sukses Dan bahagia.  Dilengkapibdeegan banyak kisah nyata yang inspirasi Dan menyangati kita dalam membuka perjalanan menuju sukses Dan meraih cita cita sejak muda.

Gaya bertutur dalam penulisan setidaknya membuatnya ringan dibaca. Cocok bagi anak-anak muda.

Dalam buku ini juga disebut ada empat peranan hidup yang penting. Peran dalam hal ibadah kepada Allah, peran dalam keluarga, peran dalam pendidikan atau pekerjaan atau bisnis, serta peran pertemanan atau dalam masyarakat.

Memang dalam proses meraih sukses tak jarang ada berbagai ujian. Bahkan tidak sedikit dari kita yang menyerah merengkuh cita-cita.

Di situlah Arif, menulis kisah nyata, Mansyur Semma seorang dosen di Sulawesi Selatan menyelesaikan gelar doktor, studi S3  dengan matanya yang tak lagi bisa melihat akibat mala praktek. Sempat putus asa. Akhirnya bertemu dengan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) di sana pula tempat Mansyur berbagi keluh kesah. Hingga akhirnya mendapatkan kepercayaan dirinya kembali apalagi ia teringat akan anak-anaknya yang masih kecil dan istrinya.

Segala suka duka, termasuk pernah hinggap pengemis. Dirinya pergi ke Jakarta ditemankan seorang anaknya untuk menemui keluarga dan teman-teman dekat muchtar lubis. Sebagai bahan desertasi guna meraih gelar doktor. Akhirnya dengan kesabaran, Mansyur bisa meraih gelar doktornya. Membuktikan bahwa selagi ada kemauan pasti ada jalan.

Cita cita tidak menjadi kenyataan kecuali lewat kuatnya kemauan dan hebatnya perjuangan. Cita cita yang sudah kita tuliskan haruslah diperjuangkan. Jika tidak ia hanya akan menjadi coretan angan dan hayalan. Perjuangan bisa jadi memakan waktu yang panjang. Bisa jadi bertahun tahun baikan lebih panjang. Tetapi selagi ada kemauan pasti akan terbuka jalan mewujudkannya.

Ada enam cara meraih mimpi yang coba dibagi Arif, yaitu belajar sepanjang usia, desainlah hidupmu, bekerja keras, fokus pada kekuatan, tebar kebaikan, dan jangan mudah menyerah. (Riki)

Judul: 'lI Have a Dream, selalu ada jawaban di balik doa selalu ada jalan di setiap masalah.
Penerbit: Qultum Media, Jakarta Selatan
Cetakan pertama: 2014
Halaman: 228 halaman
Pengarang: Arif Rahman Lubis

TRAVELLING

Berita Terkini

5 Pelaku Penambang Emas Ilegal di Logas Diamankan Polisi
Selasa, 25 Juli 2017 07:40

5 Pelaku Penambang Emas Ilegal di Logas Diamankan Polisi

5 pelaku yang diduga terlibat dalam Penambangan Emas Tampa Izin (Ilegal), diamankan aparat kepolisian di Desa Logas, Kecamatan Singingi, Kuansing, Riau.

Payudara Diremas Laki-Laki, Eh Gadis Muda Ini Malah Pura-Pura Tertidur
Selasa, 25 Juli 2017 01:55

Payudara Diremas Laki-Laki, Eh Gadis Muda Ini Malah Pura-Pura Tertidur

Merasakan sentuhan itu, gadis ini sedikit membuka matanya. Dia tidak bereaksi, dan membiarkan tangan laki-laki itu liar bergerak di area itu.

Waahh.. Stand Tiap Kecamatan di MTQ Pekanbaru Bersinar
Senin, 24 Juli 2017 23:00

Waahh.. Stand Tiap Kecamatan di MTQ Pekanbaru Bersinar

Stand-stand tiap kecamatan yang berdiri dibuat semegah dan se Islami mungkin. Ini dapat dilihat dari bentuk fasad (bentuk depan) stand yang menyerupai bentuk depan masjid.

Firdaus MT Minta Disdik Pekanbaru Evaluasi Oknum Nakal
Senin, 24 Juli 2017 20:15

Firdaus MT Minta Disdik Pekanbaru Evaluasi Oknum Nakal

Firdaus juga menjelaskan, bagi sekolah apalagi oknum yang melakukan pungutan liar, untuk segera mendapat evaluasi dari Dinas Pendidikan

Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taruf MTQ Pekanbaru ke-50
Senin, 24 Juli 2017 19:15

Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taruf MTQ Pekanbaru ke-50

Dalam pawai ta'ruf yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, setiap kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru mengutuskan perwakilannya.

PT Waskita Karya Diduga Suap Kadis PU Rohil dan Staf, Terkait Jembatan Pedamaran II
Senin, 24 Juli 2017 19:00

PT Waskita Karya Diduga Suap Kadis PU Rohil dan Staf, Terkait Jembatan Pedamaran II

Dari persidangan ini terungkap adanya pemberian sejumlah uang dari PT Waskita Karya, selaku kontraktor pelaksana  kepada Kepala Dinas PU Kabupaten Rohil.

Mobil Pribadi Kepala Jorong Dijadikan Ambulance
Senin, 24 Juli 2017 18:00

Mobil Pribadi Kepala Jorong Dijadikan Ambulance

Dirinya merasa tak tega melihat masyarakat yang dipimpinnya kesulitan saat hendak berobat mencari kenderaan transportasi menuju Rumah Sakit.

Kagum, Wabup Promosikan Hasil Karya Siswa SLB di Lingkungan Pemkab Rohil
Senin, 24 Juli 2017 17:55

Kagum, Wabup Promosikan Hasil Karya Siswa SLB di Lingkungan Pemkab Rohil

Wabup Rohil, Jamiludin mengaku terkesan dengan hasil karya siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) N 1 Bagansiapiapi.

Ketua DPRD Pekanbaru Dikabarkan Adu Jotos Dengan Anggota DPRD Riau
Senin, 24 Juli 2017 17:41

Ketua DPRD Pekanbaru Dikabarkan Adu Jotos Dengan Anggota DPRD Riau

Ketua DPRD Pekanbaru, Syahril, dikabarkan terlibat adu jotos dengan Masnur, anggota DPRD Riau, di salah satu ruangan Gedung DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman, Senin (24/7/2017).

BNNK Payakumbuh Sosialisasi Bahaya Narkoba Pada Komunitas Scooterist
Senin, 24 Juli 2017 17:36

BNNK Payakumbuh Sosialisasi Bahaya Narkoba Pada Komunitas Scooterist

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, menggelar pameran promosi P4GN pada acara Bavespa di Bumi Galamai - Taragak Basuo Scooterist Se-Sumatera ke XXIII di GOR Kubu Gadang Payakumbuh.