Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan

Selasa, 19 April 2016 12:14
Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan


BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Di era saat ini menjadi pintar saja tidak cukup. Ketatnya persaingan membuat mau tidak mau seseorang atau perusahaan dituntut berbeda dari yang lain.

Masa ini bisa dikatakan sebagai zaman edan. Di mana zaman yang memaafkan ketidakwajaran dan menghargai sesuatu yang baru. Pilihannya tidak lagi sekedar follower melainkan pionir atau pelopor. Menjadi berbeda dibutuhkan kreatifitas. Namun tidak jarang orang salah persepsi, bahwa menjadi kreatif itu hanya orang tertentu saja. Atau meski tergolong kreatif, rupanya kita juga bisa buntu ide.

Nah, buku creative playbook karangan Tahta Muhammad hadir untuk menjawab kegelisahan tersebut. Dalam buku ini Tahta ingin menjelaskan bahwa kreatif itu datang dari proses. Intinya semua orang bisa berpikir kreatif.

Yang diperlukan itu bagaimana otak dikondisikan, diarahkan, dan dimainkan untuk menghasilkan ide yang kreatif. Sehingga bisa terus menerus berfikir kreatif karena sudah tahu polanya. Untuk itulah dalam 196 halaman Tahta berbagi pendapat dan menawarkan solusi bagaimana cara memecahkan masalah dengan menelurkan ide kreatif.

Dengan konsep buku yang tidak kaku, creative playbook seakan menjadi teman diskusi bagaimana supaya ide kreatif itu muncul. Tidak seperti buku kebanyakan, karya Tahta ini ditulis dengan gaya corat coret, ada banyak ilustrasi, sehingga tidak menimbulkan kesan kaku.

Pada babak awal dijelaskan tentang setting otak dulu, tahap seleksi ide dan realisasi, hingga babak inti bermain dengan otak. Ada juga tahap investigasi masalah, tahap mencapai ide, serta resume metode kreativitas. Hanya saja huruf-huruf dalam buku masih kurang besar. Sehingga membuat pembaca harus sedikit memicingkan mata.

Secara keseluruhan buku ini dibuat tidak hanya sekedar reading, tetapi juga playing, dan having fun. Sebab ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul saat kita melakukan aktivitas aktivitas yang membuat diri merasa fun, seakan segala sesuatu seperti bermain.

Buku ini menarik dengan cara penulisan yang lebih kepada berinteraksi dengan pembaca. Tidak seperti buku yang lain hanya satu arah.

Ide bagus biasanya muncul dari kejelian seseorang dalam melihat masalah. Dan belum terfikir orang lain. Untuk itu dijelaska soal investigasi masalah, mencari ide, seleksi ide, realisasi ide.

Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan ide yang terlintas di otak. Termasuk ide yang kedengarannya aneh dan liar. Jangan dikritisi dulu. Setelah itu jangan banyak pertimbangan, karena bisa membunuh ide itu sendiri. Padahal orang lain terus menerus mencari hal-hal baru dengan ide kreatif, semakin meninggalkan kita yang terjebak pada posisi no action.

Dari keseluruhan metode-metode mendapatkan ide kreatif itu. Tahta juga berpesan bahwa hal yang terpenting dalam proses kreatifitas itu belajar empati pada orang lain.

"Bangkitlah dari tempat duduk, matikan komputer dan tutup playbook ini. Temui orang-orang dengarkan mereka bantu masalah mereka. Sekali lagi kuncinya adalah empati, kreatifitas lahir dari memahami," pesan Tahta.

Jadi buku ini cocok bagi mereka yang bergelut dibidang yang banyak menuntut kreatifitas atau pun tidak. Guna menghadapi perang kreatifitas di zaman edan ini.

Penulis:Riki

Judul: Creative Playbook, rahasia berpikir kreatif dengan cara menyenangkan sekaligus efisien.
Pengarang: Tahta Muhammad
Cetakan pertama: tahun 2016
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal buku: 196 halaman

TRAVELLING

Berita Terkini

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen
Minggu, 24 September 2017 19:03

Ayam Geprek Mas Aceng Usung Konsep Open Kitchen

Berbicara tentang ayam, tentu tidak asing lagi jika diolah menjadi beragam menu yang menggugah selera makan anda, apalagi ditambah sambal khas.  

Belajar Dari Karir Niken Syafitri, Cita-cita Itu Harus Diwujudkan
Minggu, 24 September 2017 19:02

Belajar Dari Karir Niken Syafitri, Cita-cita Itu Harus Diwujudkan

Niken kecil ingin jadi Pramugari. Itulah yang ada dalam fikirannya. Jika tidak, dia ingin mengabdi pada manajemen hotel

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam
Minggu, 24 September 2017 15:59

Mobil Tabrak Tiang, Listrik di Tembilahan Padam

PT PLN (Persero) cabang Tembilahan terpaksa melakukan pemadaman dibeberapa wilayah. Pemadaman Sementara ini dikarnakan Gangguan di OGF 5 tepatnya di Rec.Coconaco (tiang listrik) karena di tabrak mobil, Ahad (24/9/2017)

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 15:05

Ini Ternyata Alasan Deni Cagur Buka Outletnya di Pekanbaru

Pekanbaru Cassatta  bereksplorasi  dan mencoba  terobosan baru dalam mengolah buah Nanas yang menjadi  ciri  khas Kota Pekanbaru sebagai penghasil buah Nanas terbanyak dari inodnesia. Hal itulah yang menjadikan alasan sang komedian Deni Cagur membuka bisnisnya di Pekanbaru.

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi
Minggu, 24 September 2017 15:00

Aksi Curanmor Ayah dan Anak Terhenti di Tangan Polisi

Ibarat pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya, seperti aksi Ayah dan anak di Inhil ini. Har alias Mi (35) dan anaknya Oj Bin Har (13), terpaksa harus diamankan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil), di Jalan Gunung Daek, Tembilahan karna telah melakukan pelaku Curanmor, Ahad (24/9/2017) sekitar pukul 00.30 WIB.

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali
Minggu, 24 September 2017 14:18

Koramil 03/Tempuling Tayangkan Film G-30S/PKI, Masyarakat Harap di Putar Kembali

Ahad (24/9/2017). Laksanakan Nonton bareng (Nobar) Film G-30S/PKI, tadi malam di Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Tempuling, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Masyarakat berharap dapat di putar kembali dengan Versi

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru
Minggu, 24 September 2017 13:13

Mengintip Mesjid dengan Arsitektur Eropa di Pekanbaru

Siapa yang tak kenal Masjid An-Namira?, Masjid An-namira yang terletak di depan Mall SKA tepatnya di Jalan Tuanku Tambusai, Minggu (24/09/17). Masjid ini bercorakkan tulisan kaligrafi disetiap dindingnya

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau
Minggu, 24 September 2017 13:03

Penyewa Motor Kecil Dilarang Masuk Areal CFD, Anak-Anak Malah Balapan di Areal Kantor KPU Riau

Disperindag Pekanbaru menegaskan setiap penyewa kendaraan yang menggunakan mesin tidak diperbolehkan melintasi areal Car Free Day (CFD) Pekanbaru. 

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri
Minggu, 24 September 2017 13:01

Beli Kue Pekanbaru Casatta Hari Ini Dilayani Deni Cagur dan Istri

Pengunjung yang ingin membeli kue di  Pekanbaru Casatta hari ini dilayani langsung oleh Deni Cagur beserta istri, Minggu (24/9/2017)

 Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!
Minggu, 24 September 2017 12:56

Mobil dan Masyarakat Berbagi Ruang di Areal Pedagang CFD, Irba: Hanya Ambulance Saja!

Sejak pedagang Car Free Day (CFD) Pekanbaru ditata, pengunjung CFD yang ingin mencari makan atau minuman harus berbagi ruang dengan kendaraan yang melintas. Seperti yang trlihat dari pantauan bertuahpos.com, Minggu (24/9/2017)