Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan

Selasa, 19 April 2016 12:14 1104
Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan


BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Di era saat ini menjadi pintar saja tidak cukup. Ketatnya persaingan membuat mau tidak mau seseorang atau perusahaan dituntut berbeda dari yang lain.

Masa ini bisa dikatakan sebagai zaman edan. Di mana zaman yang memaafkan ketidakwajaran dan menghargai sesuatu yang baru. Pilihannya tidak lagi sekedar follower melainkan pionir atau pelopor. Menjadi berbeda dibutuhkan kreatifitas. Namun tidak jarang orang salah persepsi, bahwa menjadi kreatif itu hanya orang tertentu saja. Atau meski tergolong kreatif, rupanya kita juga bisa buntu ide.

Nah, buku creative playbook karangan Tahta Muhammad hadir untuk menjawab kegelisahan tersebut. Dalam buku ini Tahta ingin menjelaskan bahwa kreatif itu datang dari proses. Intinya semua orang bisa berpikir kreatif.

Yang diperlukan itu bagaimana otak dikondisikan, diarahkan, dan dimainkan untuk menghasilkan ide yang kreatif. Sehingga bisa terus menerus berfikir kreatif karena sudah tahu polanya. Untuk itulah dalam 196 halaman Tahta berbagi pendapat dan menawarkan solusi bagaimana cara memecahkan masalah dengan menelurkan ide kreatif.

Dengan konsep buku yang tidak kaku, creative playbook seakan menjadi teman diskusi bagaimana supaya ide kreatif itu muncul. Tidak seperti buku kebanyakan, karya Tahta ini ditulis dengan gaya corat coret, ada banyak ilustrasi, sehingga tidak menimbulkan kesan kaku.

Pada babak awal dijelaskan tentang setting otak dulu, tahap seleksi ide dan realisasi, hingga babak inti bermain dengan otak. Ada juga tahap investigasi masalah, tahap mencapai ide, serta resume metode kreativitas. Hanya saja huruf-huruf dalam buku masih kurang besar. Sehingga membuat pembaca harus sedikit memicingkan mata.

Secara keseluruhan buku ini dibuat tidak hanya sekedar reading, tetapi juga playing, dan having fun. Sebab ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul saat kita melakukan aktivitas aktivitas yang membuat diri merasa fun, seakan segala sesuatu seperti bermain.

Buku ini menarik dengan cara penulisan yang lebih kepada berinteraksi dengan pembaca. Tidak seperti buku yang lain hanya satu arah.

Ide bagus biasanya muncul dari kejelian seseorang dalam melihat masalah. Dan belum terfikir orang lain. Untuk itu dijelaska soal investigasi masalah, mencari ide, seleksi ide, realisasi ide.

Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan ide yang terlintas di otak. Termasuk ide yang kedengarannya aneh dan liar. Jangan dikritisi dulu. Setelah itu jangan banyak pertimbangan, karena bisa membunuh ide itu sendiri. Padahal orang lain terus menerus mencari hal-hal baru dengan ide kreatif, semakin meninggalkan kita yang terjebak pada posisi no action.

Dari keseluruhan metode-metode mendapatkan ide kreatif itu. Tahta juga berpesan bahwa hal yang terpenting dalam proses kreatifitas itu belajar empati pada orang lain.

"Bangkitlah dari tempat duduk, matikan komputer dan tutup playbook ini. Temui orang-orang dengarkan mereka bantu masalah mereka. Sekali lagi kuncinya adalah empati, kreatifitas lahir dari memahami," pesan Tahta.

Jadi buku ini cocok bagi mereka yang bergelut dibidang yang banyak menuntut kreatifitas atau pun tidak. Guna menghadapi perang kreatifitas di zaman edan ini.

Penulis:Riki

Judul: Creative Playbook, rahasia berpikir kreatif dengan cara menyenangkan sekaligus efisien.
Pengarang: Tahta Muhammad
Cetakan pertama: tahun 2016
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal buku: 196 halaman

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2
Jumat, 20 Januari 2017 22:05

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2

Kembali lagi Everbest memberikan promo spesial bagi pelanggan setianya. Kali ini promo diadakan dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Hal tersebut dikatakan oleh Gandes selaku kasir Everbest Mal Ciputra Seraya Pekanbaru.

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump
Jumat, 20 Januari 2017 21:52

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump

Artis terkenal, terbanyak adalah penyanyi, melakukan konser penolakan terhadap Donald Trump. Inaugurasi Trump ditandingi dengan konser ini yang dimotori Auioslave.

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih
Jumat, 20 Januari 2017 21:25

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih

Apakah kamu punya kebiasaan atau rutinitas tertentu setiap kali bangun tidur di pagi hari? Mungkin langsung minum segelas air putih atau melakukan olahraga

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi
Jumat, 20 Januari 2017 20:53

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi

Bertempatkan di kandang berkuran 2x5 meter di samping rumahnya, setiap paginya Mukhlis memberikan pakan untuk merpati hiasnya. Hal ini sudah menjadi rutinitas

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati
Jumat, 20 Januari 2017 17:44

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati

Kesetian burung merpati kepada pasangannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sudah menjadi karakter dari burung merpati itu sendiri, inilah yang ingin ditiru oleh seluruh anggota Komunitas Merpati Hias Riau.

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli
Jumat, 20 Januari 2017 17:07

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli

Jika anda penggemar pakaian seken, anda wajib berhati-hati sebelum menggunakannya, karena bisa jadi baju seken yang baru anda beli, terjangkit virus penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar
Jumat, 20 Januari 2017 16:35

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar

Untuk melepas dahaga menikmati minuman segar yang dapat melegakan tenggorokan. Es cendol Udha Tham mangkal di pasar wisata Pekanabru atau kerap disebut pasar bawah.

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall
Jumat, 20 Januari 2017 16:21

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall

Selain memberikan Mid Nite Sale, mulai dari Kamis kemarin hingga Minggu besok CS Mall hadirkan Launching New Venturer dari Toyota.

SMJ Rangkul Sesama
Jumat, 20 Januari 2017 16:02

SMJ Rangkul Sesama

Seperti biasa, Kamis malam Komunitas Sedekah Malam Jumat (SMJ) Pekanbaru mengadakan aksi bagi-bagi nasi kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri
Jumat, 20 Januari 2017 15:42

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri

Jumat (20/1), bertempatkan gedung aula serbaguna kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau (UR), 5 karya terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional mempresentasikan ide kreatif mereka di depan dewan juri.