Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan

Selasa, 19 April 2016 12:14 1184
Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan


BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Di era saat ini menjadi pintar saja tidak cukup. Ketatnya persaingan membuat mau tidak mau seseorang atau perusahaan dituntut berbeda dari yang lain.

Masa ini bisa dikatakan sebagai zaman edan. Di mana zaman yang memaafkan ketidakwajaran dan menghargai sesuatu yang baru. Pilihannya tidak lagi sekedar follower melainkan pionir atau pelopor. Menjadi berbeda dibutuhkan kreatifitas. Namun tidak jarang orang salah persepsi, bahwa menjadi kreatif itu hanya orang tertentu saja. Atau meski tergolong kreatif, rupanya kita juga bisa buntu ide.

Nah, buku creative playbook karangan Tahta Muhammad hadir untuk menjawab kegelisahan tersebut. Dalam buku ini Tahta ingin menjelaskan bahwa kreatif itu datang dari proses. Intinya semua orang bisa berpikir kreatif.

Yang diperlukan itu bagaimana otak dikondisikan, diarahkan, dan dimainkan untuk menghasilkan ide yang kreatif. Sehingga bisa terus menerus berfikir kreatif karena sudah tahu polanya. Untuk itulah dalam 196 halaman Tahta berbagi pendapat dan menawarkan solusi bagaimana cara memecahkan masalah dengan menelurkan ide kreatif.

Dengan konsep buku yang tidak kaku, creative playbook seakan menjadi teman diskusi bagaimana supaya ide kreatif itu muncul. Tidak seperti buku kebanyakan, karya Tahta ini ditulis dengan gaya corat coret, ada banyak ilustrasi, sehingga tidak menimbulkan kesan kaku.

Pada babak awal dijelaskan tentang setting otak dulu, tahap seleksi ide dan realisasi, hingga babak inti bermain dengan otak. Ada juga tahap investigasi masalah, tahap mencapai ide, serta resume metode kreativitas. Hanya saja huruf-huruf dalam buku masih kurang besar. Sehingga membuat pembaca harus sedikit memicingkan mata.

Secara keseluruhan buku ini dibuat tidak hanya sekedar reading, tetapi juga playing, dan having fun. Sebab ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul saat kita melakukan aktivitas aktivitas yang membuat diri merasa fun, seakan segala sesuatu seperti bermain.

Buku ini menarik dengan cara penulisan yang lebih kepada berinteraksi dengan pembaca. Tidak seperti buku yang lain hanya satu arah.

Ide bagus biasanya muncul dari kejelian seseorang dalam melihat masalah. Dan belum terfikir orang lain. Untuk itu dijelaska soal investigasi masalah, mencari ide, seleksi ide, realisasi ide.

Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan ide yang terlintas di otak. Termasuk ide yang kedengarannya aneh dan liar. Jangan dikritisi dulu. Setelah itu jangan banyak pertimbangan, karena bisa membunuh ide itu sendiri. Padahal orang lain terus menerus mencari hal-hal baru dengan ide kreatif, semakin meninggalkan kita yang terjebak pada posisi no action.

Dari keseluruhan metode-metode mendapatkan ide kreatif itu. Tahta juga berpesan bahwa hal yang terpenting dalam proses kreatifitas itu belajar empati pada orang lain.

"Bangkitlah dari tempat duduk, matikan komputer dan tutup playbook ini. Temui orang-orang dengarkan mereka bantu masalah mereka. Sekali lagi kuncinya adalah empati, kreatifitas lahir dari memahami," pesan Tahta.

Jadi buku ini cocok bagi mereka yang bergelut dibidang yang banyak menuntut kreatifitas atau pun tidak. Guna menghadapi perang kreatifitas di zaman edan ini.

Penulis:Riki

Judul: Creative Playbook, rahasia berpikir kreatif dengan cara menyenangkan sekaligus efisien.
Pengarang: Tahta Muhammad
Cetakan pertama: tahun 2016
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal buku: 196 halaman

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Perusak Hutan Giam Siak Kecil Diamankan
Kamis, 23 Pebruari 2017 21:56

Perusak Hutan Giam Siak Kecil Diamankan

Sebanyak 14 ekor satwa liar berhasil diamankan diantarannya jenis burung elang hitam, blutung anakan, Musang, Macan Dahan, Lutra anakan dan satwa dilindungi

Suparman Divonis Bebas, KPK Akan Kasasi
Kamis, 23 Pebruari 2017 21:31

Suparman Divonis Bebas, KPK Akan Kasasi

Meski kecewa, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hilang akan untuk menjerat Bupati non aktif Rokan Hulu, Suparman ke ranah hukum.

Video : Sidang Suparman Histeris
Kamis, 23 Pebruari 2017 21:16

Video : Sidang Suparman Histeris

Kasus Tipikor menyeret kedua Tersangka yakni Johar Firdaus dan Suparman. Hari ini kamis (23/2/2017) Suparman dinyatakan bebas dari tuntutan

Ini Kata Firdaus MT Tentang Empat Penantangnya yang Kalah
Kamis, 23 Pebruari 2017 21:00

Ini Kata Firdaus MT Tentang Empat Penantangnya yang Kalah

Firdaus MT mengucapkan terimakasih seluruh masyarakat yang memilih dirinya bersama Ayat Cahyadi. 

PNS Pekanbaru 'Dipaksa' Beli Bright Gas
Kamis, 23 Pebruari 2017 20:00

PNS Pekanbaru 'Dipaksa' Beli Bright Gas

Dengan adanya surat edaran ini juga diharapkan elpiji 3 kg bisa didistribusikan pada yang berhak. Sehingga potensi kelangkaan bisa dicegah.

Larangan PNS Pekanbaru Beli Elpiji Tinggal Diteken
Kamis, 23 Pebruari 2017 18:45

Larangan PNS Pekanbaru Beli Elpiji Tinggal Diteken

PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak lagi dibenarkan memakai gas 3 kg. Surat edaran pelarangan tersebut tinggal ditekan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Wakil Bupati Pasaman, Bantu Biaya Administrasi Bayi Kembar Siam Pasaman Timur
Kamis, 23 Pebruari 2017 18:35

Wakil Bupati Pasaman, Bantu Biaya Administrasi Bayi Kembar Siam Pasaman Timur

Telah lahir bayi kembar siam yang berjenis kelamin laki-laki. Saat ini bayi dengan berat 4,2 Kilogram dari pasangan Rahmayani (21) dan Nofiyadri (26) itu, lahir di secara caesar, masih berada di RSUD Lubuak Sikapiang

Tragis, Sekeluarga Tewas Bunuh Diri Minum Racun
Kamis, 23 Pebruari 2017 18:25

Tragis, Sekeluarga Tewas Bunuh Diri Minum Racun

Tragis. Sekeluarga tewas bunuh diri minum racun. Empat orang itu terdiri dari ayah dan ibu, serta dua anaknya.

Fitra Ragukan Integritas Hakim Terkait Putusan Bebas Suparman
Kamis, 23 Pebruari 2017 18:15

Fitra Ragukan Integritas Hakim Terkait Putusan Bebas Suparman

Nama Suparman terseret dalam kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap pembahasan Rancangan APBD Provinsi Riau 2014 - 2015 lalu. Setelah menjalani sidang berkali-kali, kini Suparman bebas dari jeratan hukum.

Upah Dipotong Rp 500 Ribu, Sampah Menumpuk di Taman Puswil
Kamis, 23 Pebruari 2017 18:10

Upah Dipotong Rp 500 Ribu, Sampah Menumpuk di Taman Puswil

Kamis (23/02/2017), sampah terlihat menumpuk di taman belakang Kantor Pustaka Wilayah (Puswil). Dari keterangan warga sekitar, sampah tersebut tidak pernah diangkat sejak sebulan yang lalu.