Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan

Selasa, 19 April 2016 12:14
Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan


BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Di era saat ini menjadi pintar saja tidak cukup. Ketatnya persaingan membuat mau tidak mau seseorang atau perusahaan dituntut berbeda dari yang lain.

Masa ini bisa dikatakan sebagai zaman edan. Di mana zaman yang memaafkan ketidakwajaran dan menghargai sesuatu yang baru. Pilihannya tidak lagi sekedar follower melainkan pionir atau pelopor. Menjadi berbeda dibutuhkan kreatifitas. Namun tidak jarang orang salah persepsi, bahwa menjadi kreatif itu hanya orang tertentu saja. Atau meski tergolong kreatif, rupanya kita juga bisa buntu ide.

Nah, buku creative playbook karangan Tahta Muhammad hadir untuk menjawab kegelisahan tersebut. Dalam buku ini Tahta ingin menjelaskan bahwa kreatif itu datang dari proses. Intinya semua orang bisa berpikir kreatif.

Yang diperlukan itu bagaimana otak dikondisikan, diarahkan, dan dimainkan untuk menghasilkan ide yang kreatif. Sehingga bisa terus menerus berfikir kreatif karena sudah tahu polanya. Untuk itulah dalam 196 halaman Tahta berbagi pendapat dan menawarkan solusi bagaimana cara memecahkan masalah dengan menelurkan ide kreatif.

Dengan konsep buku yang tidak kaku, creative playbook seakan menjadi teman diskusi bagaimana supaya ide kreatif itu muncul. Tidak seperti buku kebanyakan, karya Tahta ini ditulis dengan gaya corat coret, ada banyak ilustrasi, sehingga tidak menimbulkan kesan kaku.

Pada babak awal dijelaskan tentang setting otak dulu, tahap seleksi ide dan realisasi, hingga babak inti bermain dengan otak. Ada juga tahap investigasi masalah, tahap mencapai ide, serta resume metode kreativitas. Hanya saja huruf-huruf dalam buku masih kurang besar. Sehingga membuat pembaca harus sedikit memicingkan mata.

Secara keseluruhan buku ini dibuat tidak hanya sekedar reading, tetapi juga playing, dan having fun. Sebab ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul saat kita melakukan aktivitas aktivitas yang membuat diri merasa fun, seakan segala sesuatu seperti bermain.

Buku ini menarik dengan cara penulisan yang lebih kepada berinteraksi dengan pembaca. Tidak seperti buku yang lain hanya satu arah.

Ide bagus biasanya muncul dari kejelian seseorang dalam melihat masalah. Dan belum terfikir orang lain. Untuk itu dijelaska soal investigasi masalah, mencari ide, seleksi ide, realisasi ide.

Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan ide yang terlintas di otak. Termasuk ide yang kedengarannya aneh dan liar. Jangan dikritisi dulu. Setelah itu jangan banyak pertimbangan, karena bisa membunuh ide itu sendiri. Padahal orang lain terus menerus mencari hal-hal baru dengan ide kreatif, semakin meninggalkan kita yang terjebak pada posisi no action.

Dari keseluruhan metode-metode mendapatkan ide kreatif itu. Tahta juga berpesan bahwa hal yang terpenting dalam proses kreatifitas itu belajar empati pada orang lain.

"Bangkitlah dari tempat duduk, matikan komputer dan tutup playbook ini. Temui orang-orang dengarkan mereka bantu masalah mereka. Sekali lagi kuncinya adalah empati, kreatifitas lahir dari memahami," pesan Tahta.

Jadi buku ini cocok bagi mereka yang bergelut dibidang yang banyak menuntut kreatifitas atau pun tidak. Guna menghadapi perang kreatifitas di zaman edan ini.

Penulis:Riki

Judul: Creative Playbook, rahasia berpikir kreatif dengan cara menyenangkan sekaligus efisien.
Pengarang: Tahta Muhammad
Cetakan pertama: tahun 2016
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal buku: 196 halaman

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

PDIP Pastikan Tidak Ada Pembahasan LGBT di DPR RI
Minggu, 21 Januari 2018 22:37

PDIP Pastikan Tidak Ada Pembahasan LGBT di DPR RI

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahla memastikan bahwa tidak ada pembahasan UU LGBT di DPR RI.

PAN Riau Belum Terima Surat Pengunduran Syamsurizal
Minggu, 21 Januari 2018 21:15

PAN Riau Belum Terima Surat Pengunduran Syamsurizal

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau menyatakan belum menerima surat pengunduran dari salah satu kadernya, Syamsurizal.

Dukung Firdaus-Rusli, Syamsurizal Tak Ingin 'Melacuri' PAN
Minggu, 21 Januari 2018 20:32

Dukung Firdaus-Rusli, Syamsurizal Tak Ingin "Melacuri" PAN

Salah satu kader Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Syamsurizal, menyatakan tidak ingin "melacuri" PAN dan memastikan dirinya akan segera mundur dari partai berlogo matahari.

Al-Quran Vs Gadget, Kajian Sore Ini di Masjid Mutmainah Polda Riau
Minggu, 21 Januari 2018 15:55

Al-Quran Vs Gadget, Kajian Sore Ini di Masjid Mutmainah Polda Riau

Kajian Islam Minggu (21/01/2018) akan membahas tentang Al-Quran vs Gadget. 

Video: Disini Rekomendasi Tempat Khitan di Pekanbaru
Minggu, 21 Januari 2018 15:45

Video: Disini Rekomendasi Tempat Khitan di Pekanbaru

Bingung mencari tempat khitan di Pekanbaru? bunda dan ayah sekarang tidak perlu bingung lagi. 

Mengapa Dana Pembangunan Fly Over di SKA dan Pasar Pagi Arengka Dibedakan?
Minggu, 21 Januari 2018 15:32

Mengapa Dana Pembangunan Fly Over di SKA dan Pasar Pagi Arengka Dibedakan?

Proyek pembangunan 2 fly over di Pekanbaru, tahun ini akan terlaksana. Total keseluruhan dana yang dikucurkan untuk membangun 2 fly over ini Rp240 miliar yang dibagi 2.

Lowongan Kerja Karyawan Minimal Pendidikan SMA
Minggu, 21 Januari 2018 14:08

Lowongan Kerja Karyawan Minimal Pendidikan SMA

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Lashaholic Studio Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja dengan persyaratan:

Gubri Berwacana e-Katalog Akan Sasar Produk UMKM
Minggu, 21 Januari 2018 13:18

Gubri Berwacana e-Katalog Akan Sasar Produk UMKM

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melempar wacana e-Katalog perlu sasar ke produk UMKM. 

Cuaca dan Hotspot 21 Januari: Malam Nanti 3 Wilayah Ini Diguyur Hujan, 1 Hotspot Muncul di Inhu
Minggu, 21 Januari 2018 11:00

Cuaca dan Hotspot 21 Januari: Malam Nanti 3 Wilayah Ini Diguyur Hujan, 1 Hotspot Muncul di Inhu

Potensi hujan diperkirakan masih akan turun di Riau, terutama beberapa wilayah di pesisir. 

One Day One Juz Adakan Mengaji On The Street di CFD
Minggu, 21 Januari 2018 10:34

One Day One Juz Adakan Mengaji On The Street di CFD

Minggu (21/01/2018), pada pukul 06.00 WIB, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Pekanbaru mengadakan ngaji on the street di CFD Pekanbaru, Jalan Diponegoro.