Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan

Selasa, 19 April 2016 12:14 1246
Creative Playbook, Membongkar Rahasia Menjadi Kreatif di Zaman Edan


BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Di era saat ini menjadi pintar saja tidak cukup. Ketatnya persaingan membuat mau tidak mau seseorang atau perusahaan dituntut berbeda dari yang lain.

Masa ini bisa dikatakan sebagai zaman edan. Di mana zaman yang memaafkan ketidakwajaran dan menghargai sesuatu yang baru. Pilihannya tidak lagi sekedar follower melainkan pionir atau pelopor. Menjadi berbeda dibutuhkan kreatifitas. Namun tidak jarang orang salah persepsi, bahwa menjadi kreatif itu hanya orang tertentu saja. Atau meski tergolong kreatif, rupanya kita juga bisa buntu ide.

Nah, buku creative playbook karangan Tahta Muhammad hadir untuk menjawab kegelisahan tersebut. Dalam buku ini Tahta ingin menjelaskan bahwa kreatif itu datang dari proses. Intinya semua orang bisa berpikir kreatif.

Yang diperlukan itu bagaimana otak dikondisikan, diarahkan, dan dimainkan untuk menghasilkan ide yang kreatif. Sehingga bisa terus menerus berfikir kreatif karena sudah tahu polanya. Untuk itulah dalam 196 halaman Tahta berbagi pendapat dan menawarkan solusi bagaimana cara memecahkan masalah dengan menelurkan ide kreatif.

Dengan konsep buku yang tidak kaku, creative playbook seakan menjadi teman diskusi bagaimana supaya ide kreatif itu muncul. Tidak seperti buku kebanyakan, karya Tahta ini ditulis dengan gaya corat coret, ada banyak ilustrasi, sehingga tidak menimbulkan kesan kaku.

Pada babak awal dijelaskan tentang setting otak dulu, tahap seleksi ide dan realisasi, hingga babak inti bermain dengan otak. Ada juga tahap investigasi masalah, tahap mencapai ide, serta resume metode kreativitas. Hanya saja huruf-huruf dalam buku masih kurang besar. Sehingga membuat pembaca harus sedikit memicingkan mata.

Secara keseluruhan buku ini dibuat tidak hanya sekedar reading, tetapi juga playing, dan having fun. Sebab ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul saat kita melakukan aktivitas aktivitas yang membuat diri merasa fun, seakan segala sesuatu seperti bermain.

Buku ini menarik dengan cara penulisan yang lebih kepada berinteraksi dengan pembaca. Tidak seperti buku yang lain hanya satu arah.

Ide bagus biasanya muncul dari kejelian seseorang dalam melihat masalah. Dan belum terfikir orang lain. Untuk itu dijelaska soal investigasi masalah, mencari ide, seleksi ide, realisasi ide.

Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan ide yang terlintas di otak. Termasuk ide yang kedengarannya aneh dan liar. Jangan dikritisi dulu. Setelah itu jangan banyak pertimbangan, karena bisa membunuh ide itu sendiri. Padahal orang lain terus menerus mencari hal-hal baru dengan ide kreatif, semakin meninggalkan kita yang terjebak pada posisi no action.

Dari keseluruhan metode-metode mendapatkan ide kreatif itu. Tahta juga berpesan bahwa hal yang terpenting dalam proses kreatifitas itu belajar empati pada orang lain.

"Bangkitlah dari tempat duduk, matikan komputer dan tutup playbook ini. Temui orang-orang dengarkan mereka bantu masalah mereka. Sekali lagi kuncinya adalah empati, kreatifitas lahir dari memahami," pesan Tahta.

Jadi buku ini cocok bagi mereka yang bergelut dibidang yang banyak menuntut kreatifitas atau pun tidak. Guna menghadapi perang kreatifitas di zaman edan ini.

Penulis:Riki

Judul: Creative Playbook, rahasia berpikir kreatif dengan cara menyenangkan sekaligus efisien.
Pengarang: Tahta Muhammad
Cetakan pertama: tahun 2016
Penerbit: Tiga Serangkai
Tebal buku: 196 halaman

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Diguyur Hujan Deras, Kualifikasi MotoGP 2017 Qatar Dibatalkan
Minggu, 26 Maret 2017 02:18

Diguyur Hujan Deras, Kualifikasi MotoGP 2017 Qatar Dibatalkan

Seperti biasa, kali ini pun seri pertama MotoGP 2017 diselenggarakan di Qatar. Sabtu (25/03/2017) adalah pelaksanaan kualifikasi seri pertama MotoGP musim 2017. Namun, kualifikasi yang sebelumnya akan didahului free practice keempat (FP4) ini dibatalkan.

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini
Sabtu, 25 Maret 2017 21:40

Lilin-Lilin Kecil Hiasi UIN Suska Riau Malam Ini

beberapa organisasi kampus yang ikut serta antara lain Lembaga pers kampus Gagasan, Radio Suska Fm, Cophote, Mapala Suska Green Vibe, Latah Tuah dan masih banyak lagi.

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru
Sabtu, 25 Maret 2017 21:12

PSPS Bantai Tim Sepakbola PSSI Pekanbaru

Menang lagi, itulah yang menggambarkan pertandingan uji coba PSPS Riau, Sabtu (25/3/2017). Tim berjuluk Asykar Bertuah ini berhasil mengalahkan tim sepak bola PSSI Pekanbaru dengan skor telak, 5-0.

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 20:20

Ridho Ngaku Sudah Dua Tahun Konsumsi Sabu

Putra raja dangdut Rhoma Irama ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Ridho Rhoma itu ditangkap di sebuah hotel

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai
Sabtu, 25 Maret 2017 20:19

Tumpah, Minyak CPO Milik PT Naga Mas Genangi Perairan Dumai

Minyak bersemburan tersebut jatuh ke dalam laut atau perairan laut Dumai dengan perkiraan jumlah lebih kurang 100 Kg minyak CPO

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba
Sabtu, 25 Maret 2017 20:11

Ridho Rhoma Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Akhirnya polisi menetapkan Ridho Rhoma Irama sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Dia ditangkap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Barat dengan barang bukti berupa paket sabu

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar
Sabtu, 25 Maret 2017 19:48

Bunuh dan Perkosa Etnis Rohingya, PBB Selidiki Tentara Myanmar

Akhirnya PBB memutuskan untuk menyelidiki perkosaan dan pembunuhan yang dilakukan pasukan keamanan Myanmar terhadap etnis Rohingya

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017
Sabtu, 25 Maret 2017 18:09

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

Bank Riau Kepri terima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel Harris Sunset Road, Kuta, Bali

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah
Sabtu, 25 Maret 2017 18:02

Petani Kaget, Harga Cabai Rawit Makin Murah

Sempat menembus angka Rp.100 ribu perkilogram, kini harga cabai rawit makin turun

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu
Sabtu, 25 Maret 2017 17:54

Ridho Izin Nonton Bioskop, Eh Ketangkap Sabu

Manajer Ridho sangat terkejut dengan penangkapan Ridho. Itu karena putra Rhoma Irama itu izin nonton bioskop bersama teman-temannya