Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf

Senin, 12 September 2016 10:13
Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
Ilustrasi.(net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Diantara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harap kepada Allah tatkala Khilaf. Dalam sebuah catatan Al Hikam, Ibnu Atha'illah Al Iskandar menuliskan bahwa amal yang dimaksud ialah amal ibadah. Seperti Salat dan zikir. Ada dua kelompok orang yang mengandalkan amal ibadah mereka atau menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah mereka, atau bukan kepada Allah secara murni.

Mereka itu adalah para orang yang tekun beribadah dan para murid, orang yang menghendaki kedekatan dengan Allah. Golongan pertama menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya sarana untuk meraih surga dan menghindari siksa Allah.

Sementara itu golongan ke dua adalah mereka yang menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya cara untuk mendekat diri mereka kepada Allah, menyikapi tirai penghalangan hati, membersihkan keadaan batin, mendalami hakikat ilahiyah, dan mengetahui berbagai rahasia keutuhan lainnya.

Menurut Ibnu Atha'illah kedua golongan ini sama-sama tercela. Karena tindakan dan keinginan mereka itu terlahir dari dorongan nafsu dan sikap percaya diri yang berlebihan. Mereka menganggap amal ibadah sebagai perbuatan diri mereka sendiri dan yakin bahwa amal ibadah mereka pasti akan membuahkan hasil seperti yang mereka inginkan.

"Berbeda dengan orang-orang yang mengenal Tuhan dengan baik, atau Arif. mereka tidak bergantung sedikitpun dengan amal ibadah yang mereka lakukan. Sebab menurut mereka pelaku hakiki dari semua amal ibadah itu ialah Allah SWT. Sedangkan mereka hanyalah objek penampakan dari semua tindakan dan ketentuan Allah SWT," ujarnya dalam tulisan tersebut.

Dalam hikmah itu, dia menyebut salah satu tanda orang menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal yang mereka lakukan, bukan kepada Allah secara murni. Tujuannya supaya setiap hamba bisa mengenal dirinya dan masuk dalam golongan mana.

Apabila melakukan sebuah kemaksiatan mereka itu kehilangan harapan kepada Allah, yang Maha memberi Rahmat. Orang seperti ini masuk dalam golongan 'abid atau murid. Namun bila merasa dirinya nihil dan tidak berdaya atau lalai, seseorang yang masuk dalam golongan Arif akan melihat perbuatannya itu sebagai ketetapan.

"Demikian juga saat melakukan ketaatan. Maka dari itu siapa yang tidak mendapati tanda seperti ini dalam dirinya hendaknya dia mencapai maqam atau kedudukan arif dengan banyak melakukan oleh batin dan wirid," sambungnya.

Melalui penjabaran diatasi, Ibnu Atha'illah ingin mendorong para peneliti jalan menuju Allah, agar menghindari sikap bergantung pada sesuatu selain Allah. Termasuk bergantung pada alam ibadah.

Dikutip dari buku: Al Hikam
Penulis: Ibnu Atha'illah Al Iskandar
Terbitan tahun: 2012

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil
Sabtu, 20 Januari 2018 22:00

Pemutakhiran Data Pemilih, PPDP Sambangi Bupati Inhil

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pemutakhiran data pemilih. Mengawali tahapan tersebut, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menyambangi Bupati Inhil, HM Wardan, Sabtu (20/1/2018) pagi.

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 21:26

Merapat Yuk Nobar MU Malam Ini di Teras MG Corner Evo Hotel Pekanbaru

Bagi Anda fans klub Manchester United (MU) khususnya yang berada di Kota Pekanbaru sekitarnya, ramaikan nonton bareng (nobar) pertandingan MU berhadapan dengan Burnley malam ini, Sabtu (20/12/2018).

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar
Sabtu, 20 Januari 2018 21:00

Dinyatakan Bersalah Oleh Bawaslu Riau, Sekdako M Noer Enggan Berkomentar

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer, enggan mengomentari pernyataan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau yang mengatakan dirinya terbukti terlibat dalam politik praktis.

Sensasi Dengan Beragam Toping,  Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru
Sabtu, 20 Januari 2018 20:30

Sensasi Dengan Beragam Toping, Hanya Rp 25 Ribu di Secret Lounge GTE Pekanbaru

Menikmati degan alias  kelapa segar bersama keluarga dan sahabat? Anda hanya merogoh kocek Rp25.000. 

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS
Sabtu, 20 Januari 2018 20:00

Pentagon Keunggulan Dibalik Militer AS

Baru ini masih hangat diperbincangkan tentang dibalik keunggulan kemiliteran negara Amerika Serikat, bahwa pada hari Jumat (19/1/2018) kemarin pentagon membuat sebuah strategi pertahanan baru yang mereka  dikeluarkan.

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri
Sabtu, 20 Januari 2018 19:30

37 OPD Kabupaten Karimun Terapkan Non Tunai Bersama Bank Riau Kepri

Setelah sebelumnya menjadi pionir penerapan SIMDA di kawasan Propinsi Kepulauan Riau, kali ini Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri tentang pelaksanaan transaksi non tunai, Jumat (19/1/18).

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia
Sabtu, 20 Januari 2018 19:15

Kiamat Sudah Dekat! Lima Partai Politik Setuju LGBT Berkembang di Indonesia

Lima partai politik telah setuju LGBT berkembang di Indonesia. Bahkan, Undang-undang tentang LGBT juga tengah dibahas di DPR RI.

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini
Sabtu, 20 Januari 2018 19:02

Gunung Sinabung Erupsi 6 Kali Hari Ini

Gunung Sinabung kembali erupsi hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja
Sabtu, 20 Januari 2018 12:54

Idola Celuller Buka Lowongan Kerja

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Idola Celluler Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja.

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik
Sabtu, 20 Januari 2018 12:30

Harga Beras dan Gula Akhir Pekan Ini di Pekanbaru Naik

Harga beras akhir pekan ini di Pekanbaru perlahan naik. Selain harga beras, harga gula khususnya gula merah juga mengalami kenaikan harga.