Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf

Senin, 12 September 2016 10:13
Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
Ilustrasi.(net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Diantara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harap kepada Allah tatkala Khilaf. Dalam sebuah catatan Al Hikam, Ibnu Atha'illah Al Iskandar menuliskan bahwa amal yang dimaksud ialah amal ibadah. Seperti Salat dan zikir. Ada dua kelompok orang yang mengandalkan amal ibadah mereka atau menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah mereka, atau bukan kepada Allah secara murni.

Mereka itu adalah para orang yang tekun beribadah dan para murid, orang yang menghendaki kedekatan dengan Allah. Golongan pertama menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya sarana untuk meraih surga dan menghindari siksa Allah.

Sementara itu golongan ke dua adalah mereka yang menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya cara untuk mendekat diri mereka kepada Allah, menyikapi tirai penghalangan hati, membersihkan keadaan batin, mendalami hakikat ilahiyah, dan mengetahui berbagai rahasia keutuhan lainnya.

Menurut Ibnu Atha'illah kedua golongan ini sama-sama tercela. Karena tindakan dan keinginan mereka itu terlahir dari dorongan nafsu dan sikap percaya diri yang berlebihan. Mereka menganggap amal ibadah sebagai perbuatan diri mereka sendiri dan yakin bahwa amal ibadah mereka pasti akan membuahkan hasil seperti yang mereka inginkan.

"Berbeda dengan orang-orang yang mengenal Tuhan dengan baik, atau Arif. mereka tidak bergantung sedikitpun dengan amal ibadah yang mereka lakukan. Sebab menurut mereka pelaku hakiki dari semua amal ibadah itu ialah Allah SWT. Sedangkan mereka hanyalah objek penampakan dari semua tindakan dan ketentuan Allah SWT," ujarnya dalam tulisan tersebut.

Dalam hikmah itu, dia menyebut salah satu tanda orang menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal yang mereka lakukan, bukan kepada Allah secara murni. Tujuannya supaya setiap hamba bisa mengenal dirinya dan masuk dalam golongan mana.

Apabila melakukan sebuah kemaksiatan mereka itu kehilangan harapan kepada Allah, yang Maha memberi Rahmat. Orang seperti ini masuk dalam golongan 'abid atau murid. Namun bila merasa dirinya nihil dan tidak berdaya atau lalai, seseorang yang masuk dalam golongan Arif akan melihat perbuatannya itu sebagai ketetapan.

"Demikian juga saat melakukan ketaatan. Maka dari itu siapa yang tidak mendapati tanda seperti ini dalam dirinya hendaknya dia mencapai maqam atau kedudukan arif dengan banyak melakukan oleh batin dan wirid," sambungnya.

Melalui penjabaran diatasi, Ibnu Atha'illah ingin mendorong para peneliti jalan menuju Allah, agar menghindari sikap bergantung pada sesuatu selain Allah. Termasuk bergantung pada alam ibadah.

Dikutip dari buku: Al Hikam
Penulis: Ibnu Atha'illah Al Iskandar
Terbitan tahun: 2012

TRAVELLING

Berita Terkini

Polisi Nyamar Jadi Pembeli, Seorang Bandar Sabu di Inhil Dibekuk Polisi
Kamis, 21 September 2017 20:42

Polisi Nyamar Jadi Pembeli, Seorang Bandar Sabu di Inhil Dibekuk Polisi

Seorang bandar narkotika jenis sabu di Inhil berhasil dibekuk petugas polisi dari Polres Inhil, setelah anggota polisi menyamar jedi pembeli. Darinya polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa empat paket sabu seberat 11,25 gram.

Spanduk Dukungan Banyak, Warga: Firdaus Jangan Terhalusinasi dengan Cagub
Kamis, 21 September 2017 20:27

Spanduk Dukungan Banyak, Warga: Firdaus Jangan Terhalusinasi dengan Cagub

 Spanduk yang berisi dukungan terhadap Firdaus untuk maju sebagai calon Gubernur Riau marak bertebaran di kota Pekanbaru. Seperti spanduk yang terpasang di jalan Jendral Sudirman, yang bertuliskan bahwasanya masyarakat Pekanbaru meminta agar Firdaus maju dalam Cagub Riau tahun 2019-2024, Kamis (21/09/17).

Antu Aru-aru Bawa Petani ke Alam Lain
Kamis, 21 September 2017 19:19

Antu Aru-aru Bawa Petani ke Alam Lain

Diduga dibawa makhluk gaib, seorang petani, Eni (49) warga Jorong Rageh, Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota, Propinsi Sumbar, hilang dua hari dua malam.

Yuk Coba Berenang Malam dengan View Keren Sambil  Menikmati Angkringan di Golden Tulip Hanya Rp 45 Ribu
Kamis, 21 September 2017 18:55

Yuk Coba Berenang Malam dengan View Keren Sambil Menikmati Angkringan di Golden Tulip Hanya Rp 45 Ribu

Angkringan dengan view keren bisa anda temukan di Golden Tulip Esenstial Hotel bisa anda nikmati dengan harga Rp 45 ribu. Untuk menikmati Angkringan  ini hadir mulai  pukul 18.00 WIB Senin sampai Jumat. 

Buruan, Hari ini Terakhir Pendaftaran Baby Shark Dance Competition
Kamis, 21 September 2017 18:33

Buruan, Hari ini Terakhir Pendaftaran Baby Shark Dance Competition

Dance Baby Shark menjadi salah satu dance yang viral saat ini. Tua, muda hingga anak-anak gemar menirukan dance yang diperagakan oleh dua orang anak kecil lucu yang tersebar luas melalui media sosial youtube.

Terkait Peristiwa G30S/PKI, Bupati Rohil : Kalau Saya kan Mengalami Secara Pribadi
Kamis, 21 September 2017 18:26

Terkait Peristiwa G30S/PKI, Bupati Rohil : Kalau Saya kan Mengalami Secara Pribadi

Bupati Rohil, Suyatno mengaku mendukung terkait imbauan dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada seluruh daerah terkhusus para anggota TNI se - Indonesia untuk kembali memutar ulang film Gerakan 30 September/ Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

Andi Rachman: Saya Berkomitmen Wujudkan Visi Riau 2020
Kamis, 21 September 2017 17:40

Andi Rachman: Saya Berkomitmen Wujudkan Visi Riau 2020

Gubernur Riau Incumbent, Andi Rachman, menyebutkan bahwa dirinya berkomitmen untuk mewujudkan visi Riau 2020, jika dirinya terpilih kembali. 

Sore Ini Hotspot di Sumatera Tinggal Enam Titik
Kamis, 21 September 2017 17:25

Sore Ini Hotspot di Sumatera Tinggal Enam Titik

Titik panas yang sebelumnya berjumlah belasan di Sumatera, sore ini, Kamis (21/9/2017), hanya tinggal 6 titik. Seluruhnya berada di luar Provinsi Riau.

Nobar Film G-30S/PKI, Ini Tanggapan DPD Partai Berkarya Inhil
Kamis, 21 September 2017 17:15

Nobar Film G-30S/PKI, Ini Tanggapan DPD Partai Berkarya Inhil

Penyelenggaraan Nonton Bareng (Nobar) Film G30S/PKI di Inhil akan digelar pada Sabtu (30/9/2017) mendatang. 

Anggap Faktor Membangun Negeri, Firdaus Siap Rangkul Kaum Perempuan
Kamis, 21 September 2017 17:00

Anggap Faktor Membangun Negeri, Firdaus Siap Rangkul Kaum Perempuan

Salah seorang bakal calon Gubernur Riau, Firdaus, mengatakan akan mengikut sertakan perempuan untuk ikut membangun pemerintahannya jika nanti diamanahkan rakyat.