Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf

Senin, 12 September 2016 10:13 621
Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
Ilustrasi.(net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Diantara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harap kepada Allah tatkala Khilaf. Dalam sebuah catatan Al Hikam, Ibnu Atha'illah Al Iskandar menuliskan bahwa amal yang dimaksud ialah amal ibadah. Seperti Salat dan zikir. Ada dua kelompok orang yang mengandalkan amal ibadah mereka atau menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah mereka, atau bukan kepada Allah secara murni.

Mereka itu adalah para orang yang tekun beribadah dan para murid, orang yang menghendaki kedekatan dengan Allah. Golongan pertama menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya sarana untuk meraih surga dan menghindari siksa Allah.

Sementara itu golongan ke dua adalah mereka yang menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya cara untuk mendekat diri mereka kepada Allah, menyikapi tirai penghalangan hati, membersihkan keadaan batin, mendalami hakikat ilahiyah, dan mengetahui berbagai rahasia keutuhan lainnya.

Menurut Ibnu Atha'illah kedua golongan ini sama-sama tercela. Karena tindakan dan keinginan mereka itu terlahir dari dorongan nafsu dan sikap percaya diri yang berlebihan. Mereka menganggap amal ibadah sebagai perbuatan diri mereka sendiri dan yakin bahwa amal ibadah mereka pasti akan membuahkan hasil seperti yang mereka inginkan.

"Berbeda dengan orang-orang yang mengenal Tuhan dengan baik, atau Arif. mereka tidak bergantung sedikitpun dengan amal ibadah yang mereka lakukan. Sebab menurut mereka pelaku hakiki dari semua amal ibadah itu ialah Allah SWT. Sedangkan mereka hanyalah objek penampakan dari semua tindakan dan ketentuan Allah SWT," ujarnya dalam tulisan tersebut.

Dalam hikmah itu, dia menyebut salah satu tanda orang menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal yang mereka lakukan, bukan kepada Allah secara murni. Tujuannya supaya setiap hamba bisa mengenal dirinya dan masuk dalam golongan mana.

Apabila melakukan sebuah kemaksiatan mereka itu kehilangan harapan kepada Allah, yang Maha memberi Rahmat. Orang seperti ini masuk dalam golongan 'abid atau murid. Namun bila merasa dirinya nihil dan tidak berdaya atau lalai, seseorang yang masuk dalam golongan Arif akan melihat perbuatannya itu sebagai ketetapan.

"Demikian juga saat melakukan ketaatan. Maka dari itu siapa yang tidak mendapati tanda seperti ini dalam dirinya hendaknya dia mencapai maqam atau kedudukan arif dengan banyak melakukan oleh batin dan wirid," sambungnya.

Melalui penjabaran diatasi, Ibnu Atha'illah ingin mendorong para peneliti jalan menuju Allah, agar menghindari sikap bergantung pada sesuatu selain Allah. Termasuk bergantung pada alam ibadah.

Dikutip dari buku: Al Hikam
Penulis: Ibnu Atha'illah Al Iskandar
Terbitan tahun: 2012

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Manajemen BRK Kunjungi Gubernur Kepri
Senin, 16 Januari 2017 18:13

Manajemen BRK Kunjungi Gubernur Kepri

Direktur Utama Bank Riau Kepulauan Riau (BRK), DR Irvandi Gustari dan Komisaris Utama Bank Riau Kepulauan Riau HR. Mambang Mit melakukan kunjungan silaturrahim sinergi bisnis ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang disambut langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun pada Kamis, (12/1/17) di Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak.

Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia 10 Ribu Jemaah
Senin, 16 Januari 2017 18:01

Saudi Tambah Kuota Haji Indonesia 10 Ribu Jemaah

 Kuota haji Indonesia ditambah. Tahun ini menjadi 221 ribu. Dengan penambahan itu, maka daftar tunggu haji tak lagi 17 tahun, tetapi menjadi 14 tahun. Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Waspada Jl. Tengku Umar Pekanbaru Rawan Jambret
Senin, 16 Januari 2017 17:42

Waspada Jl. Tengku Umar Pekanbaru Rawan Jambret

 Ibu 3 orang anak, jadi korban copet 2 pria tidak dikenal di jln. Tengku umar di belakang Mall Pekanbaru, Senin (16/1/2017) Pukul 13:20 wib.

73 Orang Ikuti Seminar Pendidikan
Senin, 16 Januari 2017 17:01

73 Orang Ikuti Seminar Pendidikan

Bertempatkan gedung Aula kampus panam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR), sebanyak 73 orang mengikuti Seminar Nasional Pendidikan, Senin (16/1).

Terlibat Jual-Beli Jabatan, Anak Bupati Klaten Diperiksa KPK
Senin, 16 Januari 2017 16:33

Terlibat Jual-Beli Jabatan, Anak Bupati Klaten Diperiksa KPK

Bupati Klaten, Sri Hartini sudah dinon-aktifkan. Kini KPK periksa anak bupati, Andy Purnomo sebagai saksi untuk tersangka Suramlan. Andy disinyalir sebagai pengumpul uang suap.

Kepala Balitbang Provinsi Riau Potong Pita di PRB 2017
Senin, 16 Januari 2017 16:28

Kepala Balitbang Provinsi Riau Potong Pita di PRB 2017

Senin (16/1), bertempatkan kampus panam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau (UR), Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Riau, Arbaini, melakukan pemotongan pita sebagai dimulainya kegiatan Pekan Raya Biologi 2017, tepat pada pukul 11.00 WIB.

Siswa-Siswi SMP Melukis di Koridor FKIP UR
Senin, 16 Januari 2017 16:25

Siswa-Siswi SMP Melukis di Koridor FKIP UR

 Sebanyak 32 siswa-siswi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Riau Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti perlombaan melukis yang diadakan di Pekan Raya Biologi 2017, Senin (16/1/2017).

Pindah Lokasi, Pizza Hut Hadir dengan Nuansa dan Konsep yang Lebih Cosy
Senin, 16 Januari 2017 15:48

Pindah Lokasi, Pizza Hut Hadir dengan Nuansa dan Konsep yang Lebih Cosy

Tepat tanggal 23 Desember 2016, Pizza Hut hadir ditempat yang baru.

Indomanutd dan Big Reds Bersatu Dalam Perayaan Anniversarry Indomanutd
Senin, 16 Januari 2017 15:34

Indomanutd dan Big Reds Bersatu Dalam Perayaan Anniversarry Indomanutd

 Ahad (15/1), bertempatkan Semut Cookers cafe yang berada di depan SMAN 9 Pekanbaru Jalan Merbabu Pekanbaru

Gubri Kembali Tegaskan Nasib Honorer di Pemprov Riau Sesuai Kebutuhan Saja
Senin, 16 Januari 2017 15:27

Gubri Kembali Tegaskan Nasib Honorer di Pemprov Riau Sesuai Kebutuhan Saja

Pemprov Riau saat ini masih menimbang kembali kebutuhan ribuan pegawai honorer