Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf

Senin, 12 September 2016 10:13 682
Beginilah Sikap Orang Arif Ketika Khilaf
Ilustrasi.(net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Diantara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harap kepada Allah tatkala Khilaf. Dalam sebuah catatan Al Hikam, Ibnu Atha'illah Al Iskandar menuliskan bahwa amal yang dimaksud ialah amal ibadah. Seperti Salat dan zikir. Ada dua kelompok orang yang mengandalkan amal ibadah mereka atau menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal ibadah mereka, atau bukan kepada Allah secara murni.

Mereka itu adalah para orang yang tekun beribadah dan para murid, orang yang menghendaki kedekatan dengan Allah. Golongan pertama menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya sarana untuk meraih surga dan menghindari siksa Allah.

Sementara itu golongan ke dua adalah mereka yang menganggap amal ibadah sebagai satu-satunya cara untuk mendekat diri mereka kepada Allah, menyikapi tirai penghalangan hati, membersihkan keadaan batin, mendalami hakikat ilahiyah, dan mengetahui berbagai rahasia keutuhan lainnya.

Menurut Ibnu Atha'illah kedua golongan ini sama-sama tercela. Karena tindakan dan keinginan mereka itu terlahir dari dorongan nafsu dan sikap percaya diri yang berlebihan. Mereka menganggap amal ibadah sebagai perbuatan diri mereka sendiri dan yakin bahwa amal ibadah mereka pasti akan membuahkan hasil seperti yang mereka inginkan.

"Berbeda dengan orang-orang yang mengenal Tuhan dengan baik, atau Arif. mereka tidak bergantung sedikitpun dengan amal ibadah yang mereka lakukan. Sebab menurut mereka pelaku hakiki dari semua amal ibadah itu ialah Allah SWT. Sedangkan mereka hanyalah objek penampakan dari semua tindakan dan ketentuan Allah SWT," ujarnya dalam tulisan tersebut.

Dalam hikmah itu, dia menyebut salah satu tanda orang menggantungkan keselamatan diri mereka pada amal yang mereka lakukan, bukan kepada Allah secara murni. Tujuannya supaya setiap hamba bisa mengenal dirinya dan masuk dalam golongan mana.

Apabila melakukan sebuah kemaksiatan mereka itu kehilangan harapan kepada Allah, yang Maha memberi Rahmat. Orang seperti ini masuk dalam golongan 'abid atau murid. Namun bila merasa dirinya nihil dan tidak berdaya atau lalai, seseorang yang masuk dalam golongan Arif akan melihat perbuatannya itu sebagai ketetapan.

"Demikian juga saat melakukan ketaatan. Maka dari itu siapa yang tidak mendapati tanda seperti ini dalam dirinya hendaknya dia mencapai maqam atau kedudukan arif dengan banyak melakukan oleh batin dan wirid," sambungnya.

Melalui penjabaran diatasi, Ibnu Atha'illah ingin mendorong para peneliti jalan menuju Allah, agar menghindari sikap bergantung pada sesuatu selain Allah. Termasuk bergantung pada alam ibadah.

Dikutip dari buku: Al Hikam
Penulis: Ibnu Atha'illah Al Iskandar
Terbitan tahun: 2012

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar
Senin, 20 Pebruari 2017 23:02

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar

KPU Kota Pekanbaru telah jadwalkan rapat pleno hasil rekapitulasi surat suara dalam Pilkada serentak yang berlangsung 15 Februari lalu, akan digelar pada Rabu (22/02/2017).

Berawal Dari Facebook,  Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu
Senin, 20 Pebruari 2017 22:38

Berawal Dari Facebook, Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu

Sebut saja Angga, ABG 15 tahun ini harus menuruti perbuatan bejat MA (19). Pertemuan Angga berawal dari sebuah akun media sosial Facebook. Kala itu dia bertemu dengan kenalannya MA, di areal kebun sawit daerah Sungai Pinang

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya
Senin, 20 Pebruari 2017 20:24

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya

Polsek Tenayan Raya, meringkus tiga pelaku perampok bersenjata. Adapun barang bukti berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor dan senjata jenis air softgun

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong
Senin, 20 Pebruari 2017 19:47

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong

Pengen liburan murah meriah dengan budget tipis dan waktu yang enggak panjang? Belitung adalah jawaban yang tepat buat kamu. Kenapa? Pulau ini benar-benar

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop
Senin, 20 Pebruari 2017 18:15

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah berupaya agar pembayaran pajak terfokus pada sistem bank saja. Sehingga lagi mesti datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru.  

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon
Senin, 20 Pebruari 2017 18:00

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon

Membawa misi dan nama baik universitas terutama fakultas, dua mahasiswa Universitas Riau Fakultas Pertanian akan mewakili UR di lomba essay nasional yang diselenggarakan di Universitas Patimura, Ambon, pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2017 mendatang.

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau
Senin, 20 Pebruari 2017 17:48

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau

Setelah dilajukan penyerahan jabatan antara Brigjen TNI Nurendi ke Kolonel (Inf) Abdul Karim, sebagai Danrem 031 Wira Bima, Kolonel Abdul Karim langsung menjabat sebagai Komandan Tim Satgas Karhutla Riau.

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD
Senin, 20 Pebruari 2017 17:36

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru masih enggan menyebutkan nama warung bakso terkontaminasi babi. Hal ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Pekanbaru.

Lowongan Kerja Guru Agama
Senin, 20 Pebruari 2017 17:25

Lowongan Kerja Guru Agama

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan,  saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di SD IT Taruna Islam pada posisi Guru Agama,

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 17:13

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat Februari Riau sudah masuk musim panas (kemarau). Daerah Riau bagian pesisir masuk dalam kategori ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).