Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah

Sabtu, 18 Maret 2017 19:32
Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah
Foto: Ilustrasi Net

BERTUAHPOS.COM,(BPC) AGAM - Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD)  Negeri 13 Sungai Sariak, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat, Sabtu (18/3/2017) tak kuasa menahan deraian air mata saat menjalani Muhasabah.

Puncaknya, ketika ustad Zainal Muttaqin, S.Pd.I menyampaikan materi terkait rasa syukur. Anak-anak ustad yang masih memiliki orang tua. Setiap hari kita disayangi, dimanja, uang jajan diberi, dimandikan saat hendak ke sekolah, baju dipasangkan.

Kadang anak-anak ustad tidak mendengarkan panggilan orangtua, mengabaikan mereka, sering melawan, dan tidak jarang berkata kasar kepada kedua orangtua, kepada ibu kita yang sudah melahirkan, mendidik menyusui kita hingga kita bisa sekolah.

Orangtua kita bekerja dari pagi sampai sore bahkan malam untuk memenuhi keinginan kita. Untuk uang jajan kita, uang beli baju kita, mereka kadang tidak makan asal kita bisa makan. Mereka sering mengalah untuk anak-anaknya.

Anak-anak ustad, kita bersyukur atas karunia dan kucuran nikmat Allah setiap detik dalam helaan nafas kita. Daerah Kita kaya, buktinya anak-anak ustad memiliki baju bagus, sepatu bagus, tas cantik. Bahkan anak-anak ustad diantar ke sekolah dengan menggunakan motor dan mobil. Itu karena hasil panen di sawah dan ladang ibu bapak kita yang melimpah.

Tetapi, banyak anak-anak seusai anak-anak ustad dibelahan bumi ini hidup kurang beruntung. Jangankan untuk sekolah, jajan dengan jumlah banyak, punya sepatu dan baju bagus, untuk makan saja hanya sisa-sisa orang dan tidak jarang meninggal karena kelaparan.

Untuk itu, rasa syukur harus dilaksanakan dalam bentuk tindakan nyata seperti sholat, berbuat baik, termasuk menyayangi kedua ibu bapak kita. Sekarang, anak-anak ustad yang selama ini sering mengabaikan panggilan ibu bapaknya, berkata kasar kepada keduanya, sekarang mintaa maaf kepada ibu bapak kita.

Saat minta maaf kepada orangtuanya, puluhan Siswa SDN Sungai Sariak, tidak kuasa menahan jatuhnya air mata. Bahkan para orangtua juga ikut menangis sambil memeluk anak yang dibesarkan dan dilahirkannya hingga kini sudah kelas VI SD.

Kepala Sekolah SDN 13 Sungai Sariak, Mairizal, S.Pd. M.Pd, saat membuka kegiatan Muhasabah untuk siswa/i kelas VI itu mengatakan bahwa Muhasabah dilakukan menjelang pelaksanaan ujian sekolah.

"Dengan adanya Muhasabah ini anak-anak kita bisa mengikuti ujian sekolah nanti dengan baik. Karena secara akademik sudah dibekali sejak 6 tahun lalu, dan kini kita bekali rohaninya agar terhindar dari sifat dengki, iri hati, takabur, merasa hebat atau pintar," sebut pria rendah hati dan ramah itu.

Dia berharap, setelah muhasabah nanti anak-anaknya akan kembali ikhlas dan selalu bersyukur serta berbakti kepada kedua orangtuanya. Dan yang terpenting mengamalkan rasa syukur itu dalam kehidupan nyata dimasyarakat dengan akhlak terpuji.

"Setelah ini bapak sangat berharap sekali, anak-anak bapak bisa menjadi contoh oleh adik-adiknya, teman sebaya, dan dilingkungan masyarakat," harapnya.

Mairizal juga berharap agar anak didiknya bisa bekerja keras dalam menggapai cita-citanya kelak. Tentu sebutnya, harus diwujudkan dengan rajin belajar terutama menjelang memasuki ujian sekolah yang akan menentukan kelukusan.

Penulis : Khatik

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar
Rabu, 13 Desember 2017 08:19

Hari Ini, Sidang Perdana Setya Novanto Digelar

Sidang perdana kasus korupsi yang membelit Setya Novanto dimulai hari ini. Ketua DPR RI ini menjadi tersangka dalam kasus korupsi E-KTP yang mengakibatkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera
Rabu, 13 Desember 2017 07:55

Info Cuaca dan Hotspot 13 Desember: Riau Masih Diintai Hujan, 7 Titik Panas Muncul di Sumatera

BMKG Stasiun Pekanbaru mendeteksi sepanjang hari kondisi cuaca di Riau cerah dan berawan, namun tetap diintai potensi hujan ringan hingga sedang pada hari ini, Rabu (13/12/2017). 

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa
Selasa, 12 Desember 2017 20:40

Lokasi Baru Ibukota Indonesia Segera Diumumkan, Pastinya di Luar Jawa

Pemerintah segera akan segera mengumumkan lokasi baru tempat Ibukota Indonesia yang baru. Disebutkan, ada tiga daerah luar Jawa yang menjadi kandidat untuk menjadi ibukota yang baru.

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau
Selasa, 12 Desember 2017 20:09

Harbolnas, Ini Tanggapan Ketua DPRD Riau

Hari ini, Selasa (12/12/2017) Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dimulai. Ketua DPRD Riau, Septina Primawati menyebutkan bahwa Harbolnas ini bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak
Selasa, 12 Desember 2017 19:28

Gas Elpiji Tabung 3 Kg Langka di Inhil, Disperindag Lakukan Sidak

Kasus kelangkaan gas elpiji tabung 3 kg makin mencuat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), bahkan di tingkat pengecer berani menjual Rp 50 ribu /tabung. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) kemudian Lakukan sidak, Selasa (12/12/2017).

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan
Selasa, 12 Desember 2017 19:07

Dalangi Penolakan Ustaz Somad, DPD Asal Bali Dilaporkan ke Badan Kehormatan

Anggota DPD asal Bali, Arya Wedakarna dilaporkan ke Badan Kehormatan oleh anggota DPR asal Riau, Lukman Edy. Arya Wedarkana dianggap otak dari aksi penolakan kepada Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke Bali.

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online
Selasa, 12 Desember 2017 17:40

Ini Alasan Wanita Gemar Belanja Online

Berbelanja di zaman serba modern kini semakin mudah. Jika  biasanya jika ingin berbelanja harus ke mall atau pasar, masyarakat modern  saat ini  telah dipermudah dengan adanya toko online atau startup yang hadir dengan beragam pilihan. 

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store
Selasa, 12 Desember 2017 17:21

Info Lowongan Kerja Karyawati di Erge Store

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja, kini Erge Store Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi. 

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas
Selasa, 12 Desember 2017 15:51

Komentar Disperindagkop UMKM Riau Soal Harbolnas: Bagaimana Bisa Naik Kelas

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada hari ini, Selasa (12/12/2017), menjadi euforia baru dalam transaksi bisnis di dunia digital. 

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus
Selasa, 12 Desember 2017 15:19

Harga Jual CPO Dari Perusahaan Sawit di Riau Terus Tergerus

Harga TBS sawit di Riau kembali mengalami penurunan harga, kondisi seperti ini biasa dialami menjelang tutup tahun.