Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah

Sabtu, 18 Maret 2017 19:32
Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah
Foto: Ilustrasi Net

BERTUAHPOS.COM,(BPC) AGAM - Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD)  Negeri 13 Sungai Sariak, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat, Sabtu (18/3/2017) tak kuasa menahan deraian air mata saat menjalani Muhasabah.

Puncaknya, ketika ustad Zainal Muttaqin, S.Pd.I menyampaikan materi terkait rasa syukur. Anak-anak ustad yang masih memiliki orang tua. Setiap hari kita disayangi, dimanja, uang jajan diberi, dimandikan saat hendak ke sekolah, baju dipasangkan.

Kadang anak-anak ustad tidak mendengarkan panggilan orangtua, mengabaikan mereka, sering melawan, dan tidak jarang berkata kasar kepada kedua orangtua, kepada ibu kita yang sudah melahirkan, mendidik menyusui kita hingga kita bisa sekolah.

Orangtua kita bekerja dari pagi sampai sore bahkan malam untuk memenuhi keinginan kita. Untuk uang jajan kita, uang beli baju kita, mereka kadang tidak makan asal kita bisa makan. Mereka sering mengalah untuk anak-anaknya.

Anak-anak ustad, kita bersyukur atas karunia dan kucuran nikmat Allah setiap detik dalam helaan nafas kita. Daerah Kita kaya, buktinya anak-anak ustad memiliki baju bagus, sepatu bagus, tas cantik. Bahkan anak-anak ustad diantar ke sekolah dengan menggunakan motor dan mobil. Itu karena hasil panen di sawah dan ladang ibu bapak kita yang melimpah.

Tetapi, banyak anak-anak seusai anak-anak ustad dibelahan bumi ini hidup kurang beruntung. Jangankan untuk sekolah, jajan dengan jumlah banyak, punya sepatu dan baju bagus, untuk makan saja hanya sisa-sisa orang dan tidak jarang meninggal karena kelaparan.

Untuk itu, rasa syukur harus dilaksanakan dalam bentuk tindakan nyata seperti sholat, berbuat baik, termasuk menyayangi kedua ibu bapak kita. Sekarang, anak-anak ustad yang selama ini sering mengabaikan panggilan ibu bapaknya, berkata kasar kepada keduanya, sekarang mintaa maaf kepada ibu bapak kita.

Saat minta maaf kepada orangtuanya, puluhan Siswa SDN Sungai Sariak, tidak kuasa menahan jatuhnya air mata. Bahkan para orangtua juga ikut menangis sambil memeluk anak yang dibesarkan dan dilahirkannya hingga kini sudah kelas VI SD.

Kepala Sekolah SDN 13 Sungai Sariak, Mairizal, S.Pd. M.Pd, saat membuka kegiatan Muhasabah untuk siswa/i kelas VI itu mengatakan bahwa Muhasabah dilakukan menjelang pelaksanaan ujian sekolah.

"Dengan adanya Muhasabah ini anak-anak kita bisa mengikuti ujian sekolah nanti dengan baik. Karena secara akademik sudah dibekali sejak 6 tahun lalu, dan kini kita bekali rohaninya agar terhindar dari sifat dengki, iri hati, takabur, merasa hebat atau pintar," sebut pria rendah hati dan ramah itu.

Dia berharap, setelah muhasabah nanti anak-anaknya akan kembali ikhlas dan selalu bersyukur serta berbakti kepada kedua orangtuanya. Dan yang terpenting mengamalkan rasa syukur itu dalam kehidupan nyata dimasyarakat dengan akhlak terpuji.

"Setelah ini bapak sangat berharap sekali, anak-anak bapak bisa menjadi contoh oleh adik-adiknya, teman sebaya, dan dilingkungan masyarakat," harapnya.

Mairizal juga berharap agar anak didiknya bisa bekerja keras dalam menggapai cita-citanya kelak. Tentu sebutnya, harus diwujudkan dengan rajin belajar terutama menjelang memasuki ujian sekolah yang akan menentukan kelukusan.

Penulis : Khatik

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pemko Pekanbaru Optimis Pasar Induk Selesai Oktober 2018
Senin, 19 Pebruari 2018 22:00

Pemko Pekanbaru Optimis Pasar Induk Selesai Oktober 2018

Pemerintah Kota Pekanbaru optimis Pasar Induk akan selesai tepat waktu.

Dari Kurir Ayam Hingga Bartender, Kini Arief Jadi GM Termuda di Dunia Perhotelan
Senin, 19 Pebruari 2018 21:35

Dari Kurir Ayam Hingga Bartender, Kini Arief Jadi GM Termuda di Dunia Perhotelan

Kerja sampingan semasa sekolah menjadi rutinitas sehari-hari bagi pria tampan perawakan tinggi dan putih kelahiran 31 desember 1986.

Cetak Sawah di Pelalawan Rugikan Negera Rp1 Miliar
Senin, 19 Pebruari 2018 21:30

Cetak Sawah di Pelalawan Rugikan Negera Rp1 Miliar

Cetak sawah baru tahun 2012 di Desa Gambit Mutiara, Kabupaten Pelalawan, merugikan negara sebesar Rp1 miliar lebih.

Viral Video Anak Sekolah Menangis Memanggil Orang Tuanya Saat Gunung Sinabung Erupsi
Senin, 19 Pebruari 2018 20:45

Viral Video Anak Sekolah Menangis Memanggil Orang Tuanya Saat Gunung Sinabung Erupsi

Sebuah video anak-anak sekolah dasar yang sedang berlarian saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung viral di media sosial.

Sambel Nyai Resto,  Angkat Konsep Perkampungan di Tengah Kota
Senin, 19 Pebruari 2018 19:15

Sambel Nyai Resto, Angkat Konsep Perkampungan di Tengah Kota

Beratapkan daun rumbia,  tempat makan satu ini menyajikan nuansa makanan khas sunda, Sambel Nyai Resto namanya. Sambel Nyai resto berlokasi di Jalan Tiung No. 24

Besok, Ustaz Abdul Somad akan Bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara
Senin, 19 Pebruari 2018 19:00

Besok, Ustaz Abdul Somad akan Bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara

Besok, Selasa (20/2/2018), Ustaz Abdul Somad akan dianugerahkan gelar 'Datuk Seri Ulama Setia Negara'. Pemberian gelar adat ini akan dilakukan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau

Wow, Seminggu Ditayangkan Film Black Panther Untung Rp 4,8 Triliun
Senin, 19 Pebruari 2018 18:02

Wow, Seminggu Ditayangkan Film Black Panther Untung Rp 4,8 Triliun

Baru seminggu ditayangkan, film superhero berjudul Black Panther mampu meraup keuntungan US$361 juta atau jika dirupiahkan lebih dari Rp4,8 triliun.

Mengubah Sampah Menjadi Rupiah
Senin, 19 Pebruari 2018 17:18

Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Bank Sampah Pematang Pudu Bersih secara resmi digunakan sejak 1 Desember 2015. Sebelumnya, bank sampah yang didirikan pada 2012 itu bernama Bank Sampah Kopelapip Bersih. 

Ini Jawaban Kocak Plt Gubri Soal Kemen LHK Diam-diam ke Riau
Senin, 19 Pebruari 2018 16:45

Ini Jawaban Kocak Plt Gubri Soal Kemen LHK Diam-diam ke Riau

Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim selalu melempar jawaban kocak dan menggelikan kepada wartawan.

Temui Masyarakat Suku Sakai, DPRD Riau Janjikan Hal Ini
Senin, 19 Pebruari 2018 16:06

Temui Masyarakat Suku Sakai, DPRD Riau Janjikan Hal Ini

Wakil Ketua DPRD Riau,  Kordias Pasaribu turun menemui massa masyarakat Sakai. Kepada masyarakat sakai, Kordias menjanjikan