Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah

Sabtu, 18 Maret 2017 19:32
Puluhan Siswa Tak Kuasa Menahan Air Mata Saat Muhasabah
Foto: Ilustrasi Net

BERTUAHPOS.COM,(BPC) AGAM - Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD)  Negeri 13 Sungai Sariak, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat, Sabtu (18/3/2017) tak kuasa menahan deraian air mata saat menjalani Muhasabah.

Puncaknya, ketika ustad Zainal Muttaqin, S.Pd.I menyampaikan materi terkait rasa syukur. Anak-anak ustad yang masih memiliki orang tua. Setiap hari kita disayangi, dimanja, uang jajan diberi, dimandikan saat hendak ke sekolah, baju dipasangkan.

Kadang anak-anak ustad tidak mendengarkan panggilan orangtua, mengabaikan mereka, sering melawan, dan tidak jarang berkata kasar kepada kedua orangtua, kepada ibu kita yang sudah melahirkan, mendidik menyusui kita hingga kita bisa sekolah.

Orangtua kita bekerja dari pagi sampai sore bahkan malam untuk memenuhi keinginan kita. Untuk uang jajan kita, uang beli baju kita, mereka kadang tidak makan asal kita bisa makan. Mereka sering mengalah untuk anak-anaknya.

Anak-anak ustad, kita bersyukur atas karunia dan kucuran nikmat Allah setiap detik dalam helaan nafas kita. Daerah Kita kaya, buktinya anak-anak ustad memiliki baju bagus, sepatu bagus, tas cantik. Bahkan anak-anak ustad diantar ke sekolah dengan menggunakan motor dan mobil. Itu karena hasil panen di sawah dan ladang ibu bapak kita yang melimpah.

Tetapi, banyak anak-anak seusai anak-anak ustad dibelahan bumi ini hidup kurang beruntung. Jangankan untuk sekolah, jajan dengan jumlah banyak, punya sepatu dan baju bagus, untuk makan saja hanya sisa-sisa orang dan tidak jarang meninggal karena kelaparan.

Untuk itu, rasa syukur harus dilaksanakan dalam bentuk tindakan nyata seperti sholat, berbuat baik, termasuk menyayangi kedua ibu bapak kita. Sekarang, anak-anak ustad yang selama ini sering mengabaikan panggilan ibu bapaknya, berkata kasar kepada keduanya, sekarang mintaa maaf kepada ibu bapak kita.

Saat minta maaf kepada orangtuanya, puluhan Siswa SDN Sungai Sariak, tidak kuasa menahan jatuhnya air mata. Bahkan para orangtua juga ikut menangis sambil memeluk anak yang dibesarkan dan dilahirkannya hingga kini sudah kelas VI SD.

Kepala Sekolah SDN 13 Sungai Sariak, Mairizal, S.Pd. M.Pd, saat membuka kegiatan Muhasabah untuk siswa/i kelas VI itu mengatakan bahwa Muhasabah dilakukan menjelang pelaksanaan ujian sekolah.

"Dengan adanya Muhasabah ini anak-anak kita bisa mengikuti ujian sekolah nanti dengan baik. Karena secara akademik sudah dibekali sejak 6 tahun lalu, dan kini kita bekali rohaninya agar terhindar dari sifat dengki, iri hati, takabur, merasa hebat atau pintar," sebut pria rendah hati dan ramah itu.

Dia berharap, setelah muhasabah nanti anak-anaknya akan kembali ikhlas dan selalu bersyukur serta berbakti kepada kedua orangtuanya. Dan yang terpenting mengamalkan rasa syukur itu dalam kehidupan nyata dimasyarakat dengan akhlak terpuji.

"Setelah ini bapak sangat berharap sekali, anak-anak bapak bisa menjadi contoh oleh adik-adiknya, teman sebaya, dan dilingkungan masyarakat," harapnya.

Mairizal juga berharap agar anak didiknya bisa bekerja keras dalam menggapai cita-citanya kelak. Tentu sebutnya, harus diwujudkan dengan rajin belajar terutama menjelang memasuki ujian sekolah yang akan menentukan kelukusan.

Penulis : Khatik

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru Pukau Pengunjung dengan Save Rohingya di Ska Education Fair 2017
Sabtu, 21 Oktober 2017 23:15

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru Pukau Pengunjung dengan Save Rohingya di Ska Education Fair 2017

SD Al-Ulum Islamic School Pekanbaru unjuk kebolehan tampilkan drama Save Rohingya di Ska Education Fair 2017. Sabtu (21/10/2017)

Malam Puncak Telkom Peduli Budaya Nusantara Berlangsung Meriah
Sabtu, 21 Oktober 2017 22:45

Malam Puncak Telkom Peduli Budaya Nusantara Berlangsung Meriah

Ratusan siswa terlihat antusias mengikuti acara penutupan Telkom Peduli Budaya Nusantara yang digelar di SMP/SMA Darma Yudha Jl SM Amin, Pekanbaru, Sabtu (21/10/2017). 

Sreed Audition Indonesian Idol Pertama di Riau
Sabtu, 21 Oktober 2017 22:25

Sreed Audition Indonesian Idol Pertama di Riau

Streed Audition pertama kali hadir di Riau setelah sembilan seson, ini tahun pertama kali Streed Indonesian Idol dilaksanakan di Riau.Jumat (21/10/17).
 

Streed Audition Indonesian Idol Seson Sembilan
Sabtu, 21 Oktober 2017 21:45

Streed Audition Indonesian Idol Seson Sembilan

Audisi Indonesian Idol seson sembilan yang dinamakan Streed Audition 21 hingga 22 Oktober mendatang, yang  akan dilaksanakan di 16 kota di seluruh Indonesia.  Dan hari ini berjalan di  sembilan kota seperti di Aceh, Balik Papan, Banjar Masin, Pekanbaru, Pontianak, Menado dan lain sebagainya.Kemudian minggu depan akan berlanjut di Padang. Sabtu (21/10/17).

Hari ke 4 Ska Education Fair Ramai Pengunjung
Sabtu, 21 Oktober 2017 21:20

Hari ke 4 Ska Education Fair Ramai Pengunjung

 Dalam rangka memperingati 12 tahun hari jadi mall Ska, mall Ska adakan SKA Education Fair digelar di Atrium Kampar Mal Ska. Sabtu (21/10/2017)

Yuk Hadiri Aku, Kamu dan Kita , Menghafal Al-Qur'an di Aula Masjid An-nur
Sabtu, 21 Oktober 2017 20:45

Yuk Hadiri Aku, Kamu dan Kita , Menghafal Al-Qur'an di Aula Masjid An-nur

Anak muda biasa identik dengan anak yang suka dengan pesta dan juga hura-hura. Menghabiskan waktu hanya untuk kesenangan. Mencari jati diri serta mengikuti arus yang ada sehingga mendapat gelar anak gaul.

Elpiya Suhana Jadi Wisudawan Terbaik Unilak di Wisudawan Sarjana ke-55
Sabtu, 21 Oktober 2017 20:15

Elpiya Suhana Jadi Wisudawan Terbaik Unilak di Wisudawan Sarjana ke-55

Elpiya Suhana, seorang mahasiswi dari Fakultas Hukum menjadi wisudawan terbaik di Wisuda Sarjana yang ke-55 Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Polda Riau Bentuk Tim Awasi Dana Desa
Sabtu, 21 Oktober 2017 19:45

Polda Riau Bentuk Tim Awasi Dana Desa

Polri dilibatkan dalam pengawasan penggunaan dana desa. Sebelum ini Kapolri Jendral Tito Karnavian melakukan video Confrence dengan Pimpinan Polda Riau. Dia memberi arahan, untuk segera dibentuk tim pengawasan dana desa dengan melibatkan instansi terkait lainnya di Provinsi Riau. 

1.012 Mahasiswa Unilak Wisuda Hari Ini, Rektor: Mereka Siap Bersaing
Sabtu, 21 Oktober 2017 19:05

1.012 Mahasiswa Unilak Wisuda Hari Ini, Rektor: Mereka Siap Bersaing

Sebanyak 1.012 mahasiswa Unversitas Lancang Kuning (Unilak) mengikuti proses sidang senat wisuda hari ini, Sabtu (21/10/2017), bertempat Grand Ball Room Hotel Labersa, Kampar, Riau.

Besok, CS Mall Hadirkan Senam Modern Zumba 3 Berhadiah Loh
Sabtu, 21 Oktober 2017 18:06

Besok, CS Mall Hadirkan Senam Modern Zumba 3 Berhadiah Loh

Jika anda tidak ada rencana liburan weekend ini, coba datang saja ke Ciputra Seraya (CS) Mall Pekanbaru.  Pasalnya minggu (22/10/2017)  CS Mall mengadakan event “Senam Modern Zumba 3 by CS Mall”.