Pegadaian Targetkan 50 Jamaah Arum Haji di Pekanbaru

Kamis, 21 Juli 2016 15:10
Pegadaian Targetkan 50 Jamaah Arum Haji di Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - PT Pegadaian (persero) area Pekanbaru terus mensosialisasikan produk Arum Haji. Diharapkan pembiayaan haji ini bisa mendongkrak pendapatan selama 2016.

Seperti yang dikatakan Asisten Manager Penjualan Pegadaian area Pekanbaru, Donni Rinaldhi kepada kru bertuahpos.com. “Sampai akhir tahun 2016, Pegadaian menargetkan 50 nasabah,” sebutnya, Kamis (21/07/2016).

Pihaknya optimis pembiayaan haji Pegadaian untuk Riau bisa meningkat dan menjadi primadona. “Tetapi produk ini sementara baru bisa di Pegadaian Syariah Soebrantas Pekanbaru, belum seluruh Riau,” katanya.

Donni optimis produk ini bisa dimaksimalkan. “Bentuk strategi kita mensosialisasikan produk ini ke komunitas-komunitas. Sebab masih banyak masyarakat yang belum tahu pembiayaan haji di Pegadaian,” katanya.

Dijelaskan Donni bagi masyarakat yang berminat Arum Haji, Cukup menjaminkan emas seberat 15 gram atau senilai Rp 7 juta. Selanjutnya Pegadaian memberikan dana talangan setoran awal daftar haji senilai Rp 25 juta guna mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) dari Departemen Agama.

“Nanti dana talangan itu digunakan nasabah untuk mendapatkan porsi haji. Kalau Riau waktu tunggunya 17 tahun tetapi yang pentingkan sudah mendapatkan porsi. Daftar bukti mendapatkan porsi haji itu diserahkan ke Pegadaian sebagai syarat tambahan agunan,” ujarnya.

Mengenai waktu pelunasan, Pegadaian memberikan rentang pelunasan biaya setoran awal tersebut selama tiga tahun. “Dengan angsuran sekitar Rp 900 ribu perbulan dibayarkan selama tiga tahun,” tambahnya.

Setelah cicilan lunas, agunan berupa 15 gram emas dan bukti daftar haji dikembalikan Pegadaian kepada nasabah.
Pegadaian bekerjasama dengan Bank Panin Syariah dan BNI Syariah. Bank yang ditunjuk Kementerian Agama (Kemenag) RI sebagai penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Donni memperkirakan, Arum Haji ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat yang di Pekanbaru. Sebab minat masyarakat dalam menunaikan ibadah haji tinggi. “Pekanbaru kan mayoritas muslim, jadi keinginan naik haji sangat tinggi,” tuturnya.

Saat ini untuk Arum Haji baru bisa dilayani di Kantor Pegadaian Syariah Soebrantas Pekanbaru. “Tetapi kalau untuk menanyakan informasi bisa ditanyakan ke kantor cabang mana saja. Sementara ini belum bisa melayani nasabah KTP luar Pekanbaru,” ujarnya.

Penulis: Riki

TRAVELLING

Berita Terkini

Sabtu, 27 Mei 2017 05:31

Subuh Pertama Ramadan, Jamaah Masjid Membludak

Subuh pertama dalam bulan Ramadan, Sabtu (27/05/2017), ditandai dengan membludaknya jumlah jamaah salat subuh di Masjid Al-Khairiyah, Bagansiapiapi. 

Sri Lanka Diterjang Banjir, 92 Tewas Ratusan Orang Hilang
Sabtu, 27 Mei 2017 04:51

Sri Lanka Diterjang Banjir, 92 Tewas Ratusan Orang Hilang

 Banjir dan tanah longsor terjang  Sri Lanka. Akibat itu, untuk sementara sudah diidentifikasi 92 orang tewas dan 100 lebih masih dinyatakan hilang.

Sabtu, 27 Mei 2017 04:17

Keliling Area, Cara Remaja di Jalan Pepaya Bangunin Sahur

Puasa pertama, Sabtu (27/05/2017), umat Islam di seluruh dunia melaksanakan sahur. Banyak cara dilakukan membangunkan sahur, salah satunya dengan berjalan dan bersorak-sorai,

Melalui Jumat Barokah, Polresta Pekanbaru Bagikan Nasi Bungkus
Jumat, 26 Mei 2017 23:29

Melalui Jumat Barokah, Polresta Pekanbaru Bagikan Nasi Bungkus

Jumat (26/5/2017),  Polresta Pekanbaru melaksanakan Kegiatan sosial Jumat Barokah, berupa pemberian nasi bungkus kepada juru parkir yang ada di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru. 

Gubernur Riau Ikuti Balimau Kasai di Kampar
Jumat, 26 Mei 2017 22:10

Gubernur Riau Ikuti Balimau Kasai di Kampar

 Balimau Kasai yang selalu ramai diikuti oleh masyarakat Kabupaten Kampar membuat pejabat serta petinggi Riau ikut dalam acara Balimau Kasai tahun ini. 

Jelang Ramadan, Lanud Rsn Gelar Doa Bersama
Jumat, 26 Mei 2017 21:53

Jelang Ramadan, Lanud Rsn Gelar Doa Bersama

Menjelang datangnya bulan Ramadan 1438 H, segenap keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin bersama anak-anak dari panti-panti asuhan mengikuti acara doa bersama yang digelar seusai salat Jumat di Masjid Amrullah Lanud Rsn, Jumat (26/5/2017).

Berkumpul Makan Bersama Jelang Puasa di Bertuahpos
Jumat, 26 Mei 2017 21:48

Berkumpul Makan Bersama Jelang Puasa di Bertuahpos

Menyambut puasa, 1438 Hijriah. Satu persatu kru Bertuahpos duduk di meja berwarna coklat itu.

Tarawih Malam Pertama, Camat Marpoyan Damai Hadir di Masjid Al-Kautsar Paus
Jumat, 26 Mei 2017 21:03

Tarawih Malam Pertama, Camat Marpoyan Damai Hadir di Masjid Al-Kautsar Paus

Hari pertama pelaksanaan salat tarawih berjamaah di Masjid Al-Kautsar Pekanbaru, Jumat (26/5/2017) dihadiri langsung oleh Camat Marpoyan Damai, Helmi Fiora.

Anak Harimau Mati, Dokter Klinik BBKSDA Riau: Akan Tahu Hasil Visumnya 10 Hari Lagi
Jumat, 26 Mei 2017 20:50

Anak Harimau Mati, Dokter Klinik BBKSDA Riau: Akan Tahu Hasil Visumnya 10 Hari Lagi

Seekor anak harimau sumatera, yang berjenis kelamin jantan ditemukan warga Desa Api Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Kamis (25/5/2017), dalam kondisi yang lemah dan kelaparan.

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur Pasang Spanduk Imbauan Bulan Ramadan
Jumat, 26 Mei 2017 20:37

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur Pasang Spanduk Imbauan Bulan Ramadan

Jumat (26/5/2017), Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat atau lebih dikenal Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur, memasang spanduk imbauan raksasa menjelang ramadan.