Pajak Retrebusi TKA di Riau Sampai Rp3 Miliar

Jumat, 06 Januari 2017 08:35
Pajak Retrebusi TKA di Riau Sampai Rp3 Miliar
foto: net

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk), Provinsi Riau mencatat tidak kurang dari Rp3 miliar dari hasil pajak retrebusi penghasilan tenaga kerja asing atau TKA, selama tahun 2016, berhasil dikumpulkan.

Kepala Disnakertransduk Provinsi Riau, Rasidin Siregar mengatakan jumlah tersebut berhasil terkumpul dari pungutan sebesar USD100 per orang, per bulannya. "Pihak kementerian terkait memberi keluasan ke daerah untuk melakukan pungutan pajak retrebusi penghasilan TKA, dengan besaran yang sama, dan harus dipayungi oleh peraturan daerah," katanya kepada bertuahpos.com, Jumat (06/01/2016).

Dia menambahkan peraturan daerah tentang pungutan retrebusi pajak penghasilan TKA itu sudah diberlakukan oleh Riau sejak dua tahun terakhir, namun efektif pelaksanaannya baru tahun 2016 lalu, dengan total pungutan sebanyak Rp3 miliar tersebut.

Meski demikian, pajak penghasilan TKA sebesar Rp3 miliar ini ternyata belum dari total keseluruhan TKA yang ada di Riau. Karena, menurut Rasidin Siregar, apabila TKA hanya bekerja di satu kabupaten/kota, maka ranah pungutan retrebusi pajak tersebut adalah wewenang kabupaten/kota. "Tapi kalau mereka bekerja di beberapa kabupaten/kota, itu tugas kita untuk pungut retrebusi pajak penghasilannya," tambahnya.

Untuk izin pertama, semuanya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Setelah dilakukan perpanjangan izin TKA, barulah masuk dalam ranah daerah. Namun demikian tetap ada pemilihan, yang menjadi domainnya provinsi hanya TKA yang bekerja lebih dari satu kabupaten/kota.

Dia melihat untuk di Provinsi Riau, gempuran TKA masih di dalam masat ambang kewajaran. Rasidin Siregar mengklaim jumlah TKA yang berjumlah di bawah 2.000 orang ini masuk dalam kategori terkendali. "Ini masih dalam tahap normal.  Tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan TKA, yang kami temukan di lapangan," tambahnya.

Penulis: Melba Ferry Fadly

TRAVELLING

Berita Terkini

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan
Minggu, 25 Juni 2017 07:25

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan

Minggu (25/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi Riau dan sekitarnya cerah berawan. Sehingga bagi umat muslim dapat melaksanakan salat di luar masjid.

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah
Minggu, 25 Juni 2017 01:05

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah

Pasca kegiatan pawai takbir akbar Teluk Kuantan, Senin (24/6/2017), area Taman Pacu Jalur yang merupakan pusat pelaksanaan kegiatan berubah menjadi tumpukan sampah.

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah
Sabtu, 24 Juni 2017 23:56

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah

Sabtu (24/6/2017), pelaksanaan pawai takbir akbar menyambut datangnya 1 Syawal di Teluk Kuantan berlangsung meriah.

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas
Sabtu, 24 Juni 2017 23:05

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, ada keceriahan dari balik jeruji penjara.Terdapat 382 narapidana yang beragama Islam menikmati kebebasan. Mereka mendapat Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 2017.

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit
Sabtu, 24 Juni 2017 22:35

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit

Bukit longsor, ratusan orang tertimbun tanah.