NJOP Mahal Disebut Buat Pasar Rumah Komersil Lesu, Ini Jawaban Pemko

Rabu, 11 Januari 2017 17:20
NJOP Mahal Disebut Buat Pasar Rumah Komersil Lesu, Ini Jawaban Pemko

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Tingginya nilai jual objek Pajak (NJOP) Pekanbaru masih dikeluhkan sebagian pengembang. Hal tersebut Berdampak pada transaksi jual properti khususnya rumah komersil. 

Catatan dari Ketua DPD REI Provinsi Riau, A Thambi memang pasar rumah KPR lebih bergairah ketimbang rumah komersil. Naiknya NJOP Pekanbaru disebut menjadi salah satu faktor Penyebabnya. 

Ketika dikonfirmasi Kepala Badan Pendapatan Daerah Pekanbaru, Azharisman Rozie sebut hal tersebut tidak sepenuhnya benar. “Kalau kita kaji berdasarkan NJOP sekarang masih jauh dari harga transaksi,” sebut Rozie. 

Ada tiga klasifikasi penetapan NJOP oleh Pemko Pekanbaru, pertama golongan berpenghasilan rendah, masyarakatnya hanya dikenai pembayaran 10 persen dari NJOP. Seterusnya golongan menengah akan dikenakan 45 persen, dan terakhir golongan mampu, pengusaha dikenakan 55 persen.

Pihak Pemko Pekanbaru sudah sampaikan hal tersebut. “Setelah kita komunikasikan REI, Apersi, dan notaris mereka sangat paham. Yang keluh kesah sekarang sudah paham,” sebutnya.

Rozie nyatakan Pemko Pekanbaru tidak ada niat untuk memberatkan pengembang. Apalagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pekanbaru sangat bergantung pada para investor khususnya bidang properti. “Dari total lebih Rp 400 miliar yang Pekanbaru terima tahun 2016. Rp 110 miliar disumbang pendapatan BPHTB. Jadi bisa dibayangkan Pekanbaru tanpa mereka-mereka yang saya sebutkan Tadi, pendapatan bisa anjlok,” sebut Rozie.

Tahun ini Pemko Pekanbaru sudah menyesuaikan BPHTB berdasarkan nilai transaksi sebenarnya. “Saya pikir tidak memberatkan masyarakat. Apalagi Kita ada berikannstulus atau pengurangan hingga pengratisan pada PBB (Pajak Bumi dan Bangunan),” katanya.

Penulis: Riki Ariyanto

TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu, 28 Juni 2017 15:48

Arus Mudik Hari Ini, Jalur Batusangkar Merangkak

Tiga hari pasca lebaran, atau H+3 Hari Raya Idul Fitri, arus mudik kendaraan di beberapa jalan lintas tampak mulai padat dan merangkak. Salah satunya ialah jalan lintas menuju Batusangkar, Sumatera Barat.
Rabu, 28 Juni 2017 15:45

Liburan, Istana Pagaruyung Penuh Sesak

Momen hari libur raya Idul Fitri, dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat untuk pergi berlibur mengunjungi objek-objek wisata, salah objek wisata yang ramai dikunjungi di Sumatera Barat ialah, Istana Baso Pagaruyung.
Rabu, 28 Juni 2017 15:39

H+3 Arus Mudik, Terjadi Peningkatan Penumpang di Terminal Pekanbaru

H+ 3 atau tiga hari selepas hari raya Idul Fitri, arus mudik kembali meningkat. Salah satunya ialah di Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, Rabu (28/6/2017).
Rabu, 28 Juni 2017 15:36

Pengunjung Pulau Angso Duo Naik 2 Kali Lipat

Tiga hari lepas Raya Idul Fitri, wisatawan tampak banyak mengunjungi Pulau Angso Duo, Pariaman, Rabu (28/6/2017).
Peringati Idul Fitri dan Sambut Para Perantau, Warga Sei Belantik Gelar Acara Besar - Besaran
Rabu, 28 Juni 2017 09:21

Peringati Idul Fitri dan Sambut Para Perantau, Warga Sei Belantik Gelar Acara Besar - Besaran

Dalam rangka memperingati hari Raya Idul Fitri dan menyambut para perantau yang pulang kampung kembali tanah kelahirannya, warga Desa Sei Belantik

Rabu, 28 Juni 2017 08:56

Hotspot Hanya Ada di Sumatera Selatan

Rabu (28/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat Pulau Sumatera minim hotspot atau titik panas. Hal itu membuat jarak pandang di Riau normal.
BMKG: Riau Hujan Sore dan Malam Hari Disertai Angin Kencang
Rabu, 28 Juni 2017 08:45

BMKG: Riau Hujan Sore dan Malam Hari Disertai Angin Kencang

Rabu (28/06/2017), peluang hujan kemungkinan masih akan mengguyur Riau dan sekitarnya. Hujan dapat disertai angin kencang pada sore atau malam hari.

Berat Badan Bertambah, Ini Tips Agar 'Kurus' Sehabis Lebaran
Rabu, 28 Juni 2017 06:00

Berat Badan Bertambah, Ini Tips Agar 'Kurus' Sehabis Lebaran

Bagaimana tidak, lepas dari berpuasa sebulan penuh ternyata tidak sedikit yang malah sulit menghentikan kebiasaan makan. 

Bejat! Pria Rusia Perkosa Putri Angkatnya 729 Kali
Selasa, 27 Juni 2017 21:05

Bejat! Pria Rusia Perkosa Putri Angkatnya 729 Kali

Tidak hanya itu, pelaku juga disebut menerima dana pengasuhan sebesar 20 ribu Rubel atau sekitar Rp4 juta per bulan, untuk setiap anak yang dia asuh.

Payakumbuh Panas Kepanjangan, Warga Berbondong-Bondong Mandi di Kaki Bukit
Selasa, 27 Juni 2017 20:35

Payakumbuh Panas Kepanjangan, Warga Berbondong-Bondong Mandi di Kaki Bukit

Kekeringan air yang sudah terjadi selama beberapa waktu terakhir ini tidak hanya terjadi pada saat ini saja