Masyarakat Cemas, Angin Badai Landa Sumbar

Jumat, 06 Januari 2017 17:00
Masyarakat Cemas, Angin Badai Landa Sumbar

BERTUAHPOS.COM, PAYAKUMBUH - Sejak beberapa hari terakhir Angin Badai melanda Propinsi Sumatera Barat. Sebahagian pohon tumbang, bahkan ada yang menimpa warga dan membelah rumah.

Masyarakat dibeberapa Kabupaten Kota di Propinsi itu cemas, mengingat angin kencang disertai hujan lebat dengan intensitas lama berpotensi menumbangkan pohon-pohon besar disekitar rumah dan banjir.

Di Kota Payakumbuh, Kamis (5/1/2017) sekitar Pukul 18.30 Wib satu unit rumah semi permanen ditimpa pohon kelapa sehingga mengakibatkan satu penghuni rumah bernama Zainur Zain (60) harus dilarikan kerumah sakit Adnan WD Payakumbuh. Karena luka dibagian kepalanya cukup serius, kemudian dua jari kakinya putus tertimpa seng, akhirnya korban dirujuk ke-RSUP M.Djamil Padang.

Sebelumnya satu pohon Damar berukuran raksasa membelah rumah permanen milik Ma'as, warga Jorong Simpang Padang, Nagari Talang Anau, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota sekitar pukul 22.15 Wib. Tidak itu saja, sedikitnya 2 kodi atap rumahnya diterbangkan angin badai malam itu.

"Angin kencang disertai hujan ini jelas membuat cemas, karena pohon-pohon disekitar rumah bisa tumbang dan menimpa. Kita berdoa, semoga cuaca seperti ini cepat berlalu," pinta salah seorang masyarakat Limapuluh Kota, Madi, Jumat (6/1/2017).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol, meminta agar masyarakat didaerahnya waspada dengan kondisi cuaca ekstrim. Diprediksi, angin kencang disertai hujan akan berlangsung hingga Februari mendatang.

"Kita minta masyarakat waspada, cuaca ekstrim seperti ini diprediksi BMKG akan berlansung sampai Februari mendatang. Untuk itu hati-hati terutama jika ada pohon-pohon besar disekitar rumah yang berpotensi tumbang," pintanya menghimbau warga Limapuluh Kota waspada.

Sementara Kepala BPBD Kota Payakumbuh, Yufnani Awai, meminta agar pohon-pohon besar disekitar rumah yang berpotensi menimbulkan bencana untuk ditebang. "Payakumbuh sangat berpotensi terjadinya angin puting beliung, untuk itu kita meminta kepada masyarakat waspada. Kemudian masyarakat juga harus merelakan pohon-pohon disekitar rumahnya ditebang untuk menghindari resiko," sebutnya.

Penulis: Khatik

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

BEM UR 'Sindir' Pemerintah Dengan Musikalisasi Puisi dan Nyanyian
Senin, 23 Oktober 2017 21:56

BEM UR "Sindir" Pemerintah Dengan Musikalisasi Puisi dan Nyanyian

Sindir pemerintah yang dianggap tidak lagi mendengarkan aspirasi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) mengadakan musikalisasi puisi dan nyanyian, bertempat Kampus Universitas Riau, Senin (23/10/2017).

Lulusan S1 Bahasa Inggris dan Matematika? Kirim Lowongan Kerja Disini
Senin, 23 Oktober 2017 19:59

Lulusan S1 Bahasa Inggris dan Matematika? Kirim Lowongan Kerja Disini

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja. Lembaga Talking English Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi Guru.

Ini Penyebab Cuaca Panas Riau Satu Bulan Terakhir
Senin, 23 Oktober 2017 19:55

Ini Penyebab Cuaca Panas Riau Satu Bulan Terakhir

Cuaca panas di Riau dalam beberapa bulan terakhir ternyata disebabkan oleh Badai La Nina yang melanda Filipina. Badai La Nina menarik semua uap air Indonesia, termasuk yang ada di Riau sehingga menyebabkan suhu panas di di Riau.

Waduh, Tarif Parkir Melebihi Perda, Dishub Pekanbaru Salahkan Masyarakat
Senin, 23 Oktober 2017 19:16

Waduh, Tarif Parkir Melebihi Perda, Dishub Pekanbaru Salahkan Masyarakat

Masih adanya petugas parkir yang menerima tarif diatas Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2009, menurut Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru merupakan kesalahan dari masyarakat Kota Pekanbaru itu sendiri.

Gugatan Praperadilan Dua Tersangka Korupsi Lampu Pekanbaru Kandas
Senin, 23 Oktober 2017 19:09

Gugatan Praperadilan Dua Tersangka Korupsi Lampu Pekanbaru Kandas

Gugatan praperadilan yang diajukan dua tersangka korupsi proyek lampu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Masdauri dan Abdul Rahman, terhadap Kejati Riau Kandas. Hakim menyatakan menolak permohonan kedua tersangka.

Demo Buruh, Pelayanan Bandara SSQ II Normal
Senin, 23 Oktober 2017 19:01

Demo Buruh, Pelayanan Bandara SSQ II Normal

Kondisi Bandara Sultan Syarif Qasim II terlihat normal dan aman, meski hari ini, Senin (23/10/2017) Pekanbaru diwarnai aksi demo buruh. Pelayanan dan penerbangan pun terlihat lancar walaupun sempat diberitakan Jalan Jendral Sudirman ditutup akibat aksi besar-besaran buruh.

Wow, Potensi Pajak Restoran di Pekanbaru Mencapai Rp 87,6 M!
Senin, 23 Oktober 2017 18:37

Wow, Potensi Pajak Restoran di Pekanbaru Mencapai Rp 87,6 M!

Perkembangan pesat Kota Pekanbaru dilihatkan dengan tingginya potensi pajak yang diperoleh dari beberapa sektor, salah satunya potensi pajak restoran di Kota Pekanbaru.

SMAN 4 Pekanbaru Jalankan 6 Program Literasi
Senin, 23 Oktober 2017 18:00

SMAN 4 Pekanbaru Jalankan 6 Program Literasi

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pekanbaru menjalankan program literasi. Terhitung ada 6 program literasi yang dijalankan sekolah yang berada di Jalan Adi Sucipto tersebut.

Sidang Korupsi, Saksi Sebut Ada Setoran 10 Persen Untuk Wan Amir
Senin, 23 Oktober 2017 17:50

Sidang Korupsi, Saksi Sebut Ada Setoran 10 Persen Untuk Wan Amir

Sidang perkara korupsi di Bappeda Rohil tahun 2011 dengan terdakwa mantan Kepala Bappeda Rohil, Wan Amir Firdaus dan tiga pegawai honorer, Senin (23/10/2017), kembali digelar di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Ini Dia 'Si Kaca Mata Gila' dari Riau
Senin, 23 Oktober 2017 17:50

Ini Dia 'Si Kaca Mata Gila' dari Riau

Komik merupakan sebuah kumpulan gambar kartun yang disusun secara teratur sehingga dapat membentuk sebuah cerita. Orang yang membuat komik biasanya mendapat julukan Komikus.