Masyarakat Cemas, Angin Badai Landa Sumbar

Jumat, 06 Januari 2017 17:00 366
Masyarakat Cemas, Angin Badai Landa Sumbar

BERTUAHPOS.COM, PAYAKUMBUH - Sejak beberapa hari terakhir Angin Badai melanda Propinsi Sumatera Barat. Sebahagian pohon tumbang, bahkan ada yang menimpa warga dan membelah rumah.

Masyarakat dibeberapa Kabupaten Kota di Propinsi itu cemas, mengingat angin kencang disertai hujan lebat dengan intensitas lama berpotensi menumbangkan pohon-pohon besar disekitar rumah dan banjir.

Di Kota Payakumbuh, Kamis (5/1/2017) sekitar Pukul 18.30 Wib satu unit rumah semi permanen ditimpa pohon kelapa sehingga mengakibatkan satu penghuni rumah bernama Zainur Zain (60) harus dilarikan kerumah sakit Adnan WD Payakumbuh. Karena luka dibagian kepalanya cukup serius, kemudian dua jari kakinya putus tertimpa seng, akhirnya korban dirujuk ke-RSUP M.Djamil Padang.

Sebelumnya satu pohon Damar berukuran raksasa membelah rumah permanen milik Ma'as, warga Jorong Simpang Padang, Nagari Talang Anau, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota sekitar pukul 22.15 Wib. Tidak itu saja, sedikitnya 2 kodi atap rumahnya diterbangkan angin badai malam itu.

"Angin kencang disertai hujan ini jelas membuat cemas, karena pohon-pohon disekitar rumah bisa tumbang dan menimpa. Kita berdoa, semoga cuaca seperti ini cepat berlalu," pinta salah seorang masyarakat Limapuluh Kota, Madi, Jumat (6/1/2017).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol, meminta agar masyarakat didaerahnya waspada dengan kondisi cuaca ekstrim. Diprediksi, angin kencang disertai hujan akan berlangsung hingga Februari mendatang.

"Kita minta masyarakat waspada, cuaca ekstrim seperti ini diprediksi BMKG akan berlansung sampai Februari mendatang. Untuk itu hati-hati terutama jika ada pohon-pohon besar disekitar rumah yang berpotensi tumbang," pintanya menghimbau warga Limapuluh Kota waspada.

Sementara Kepala BPBD Kota Payakumbuh, Yufnani Awai, meminta agar pohon-pohon besar disekitar rumah yang berpotensi menimbulkan bencana untuk ditebang. "Payakumbuh sangat berpotensi terjadinya angin puting beliung, untuk itu kita meminta kepada masyarakat waspada. Kemudian masyarakat juga harus merelakan pohon-pohon disekitar rumahnya ditebang untuk menghindari resiko," sebutnya.

Penulis: Khatik

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar
Senin, 20 Pebruari 2017 23:02

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar

KPU Kota Pekanbaru telah jadwalkan rapat pleno hasil rekapitulasi surat suara dalam Pilkada serentak yang berlangsung 15 Februari lalu, akan digelar pada Rabu (22/02/2017).

Berawal Dari Facebook,  Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu
Senin, 20 Pebruari 2017 22:38

Berawal Dari Facebook, Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu

Sebut saja Angga, ABG 15 tahun ini harus menuruti perbuatan bejat MA (19). Pertemuan Angga berawal dari sebuah akun media sosial Facebook. Kala itu dia bertemu dengan kenalannya MA, di areal kebun sawit daerah Sungai Pinang

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya
Senin, 20 Pebruari 2017 20:24

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya

Polsek Tenayan Raya, meringkus tiga pelaku perampok bersenjata. Adapun barang bukti berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor dan senjata jenis air softgun

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong
Senin, 20 Pebruari 2017 19:47

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong

Pengen liburan murah meriah dengan budget tipis dan waktu yang enggak panjang? Belitung adalah jawaban yang tepat buat kamu. Kenapa? Pulau ini benar-benar

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop
Senin, 20 Pebruari 2017 18:15

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah berupaya agar pembayaran pajak terfokus pada sistem bank saja. Sehingga lagi mesti datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru.  

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon
Senin, 20 Pebruari 2017 18:00

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon

Membawa misi dan nama baik universitas terutama fakultas, dua mahasiswa Universitas Riau Fakultas Pertanian akan mewakili UR di lomba essay nasional yang diselenggarakan di Universitas Patimura, Ambon, pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2017 mendatang.

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau
Senin, 20 Pebruari 2017 17:48

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau

Setelah dilajukan penyerahan jabatan antara Brigjen TNI Nurendi ke Kolonel (Inf) Abdul Karim, sebagai Danrem 031 Wira Bima, Kolonel Abdul Karim langsung menjabat sebagai Komandan Tim Satgas Karhutla Riau.

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD
Senin, 20 Pebruari 2017 17:36

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru masih enggan menyebutkan nama warung bakso terkontaminasi babi. Hal ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Pekanbaru.

Lowongan Kerja Guru Agama
Senin, 20 Pebruari 2017 17:25

Lowongan Kerja Guru Agama

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan,  saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di SD IT Taruna Islam pada posisi Guru Agama,

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 17:13

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat Februari Riau sudah masuk musim panas (kemarau). Daerah Riau bagian pesisir masuk dalam kategori ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).