Lazismu dan Pegadaian Gelar Sunatan Massal

Minggu, 25 Desember 2016 12:03 297
Lazismu dan Pegadaian Gelar Sunatan Massal
Sunatan massal Lazismu dan Pegadaian (Foto: Istimewa)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Pekanbaru bersama Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani, melakukan khitanan atau sunatan masal yang berlangsung di halaman kantor Pegadaian Syariah, Sabtu (24/11/2016).

Acara ini dihadiri langsung oleh tokoh masyarakat Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala Cabang Pegadaian Akmal, Kepala Lazismu Pekanbaru Agung Pramuriyanto.

Dalam sambutannya, Ayat Cahyadi menyampaikan tentang pentingnya melakukan khitan atau sunat menurut syariat Islam. Bahkan, pada kesempatan tersebut, Ayat Cahyadi juga sempat melakukan tinjauan kepada peserta yang melakukan khitan.

Kemudian, Kepala Cabang Pegadaian Syariah Akmal mengatakan, Pegadaian Syariah yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mempunyai kewajiban untuk saling berbagi dengan lingkungan sekitar.

"Salah satunya adalah khitan masal yang bekerjasama dengan Lazismu Kota Pekanbaru. Ini merupakan bentuk kewajiban kita atau biasa disebut dengan CSR," kata Akmal.

Kegiatan yang dilakukan Pegadaian Syariah bersama Lazismu Kota Pekanbaru kali ini, setidaknya ada 50 anak yang menjadi target program khitanan masal tersebut. Namun, pihaknya memprediksikan bahwa program tersebut diikuti lebih dari 50 anak.

"Bahkan sampai siang ini ada 60 anak yang ikut.
Moment kali ini sengaja diambil dan bertepatan libur sekolah SD. Tapi untuk kegiatan ini diutamakan kepada keluarga kurang mampu," jelasnya.

Peserta yang datang pada sunatan ini berasal dari kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Tapi pihaknya lebih mengutamakan untuk Kecamatan Bukit Raya.

Kepada peserta yang melakukan khitanan hari ini, lanjut Akmal, pihaknya memberikan bingkisan berupa tas sekolah, perlengkapan shalat dan tabungan emas pegadaian yang diberikan gratis kepada peserta.

"Yang jelas untuk khitanan ini gratis tidak dipungut biaya. Kedepannya Insya Allah kami akan melanjutkan program seperti ini. Tidak hanya khitan saja, tapi juga program lainnya," harpa Akmal.

Sementara itu, Kepala Lazismu Kota Pekanbaru Agung menambahkan, Lazismu sendiri saat knu mempunai 4 program yang terdiri dariĀ  pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sosial dakwah.

Pada kesempatan ini Pegadaian Syariah bersama Lazismu berkesempatan mengadakan khitan masal untuk bidang kesehatan.

"Untuk kegiatan khitanan ini kita lakukan sebanyak dua kali dalam setahun. Pertama saat libur pertengah tahun pada juni atau juli dan akhir tahun. Kita juga mengadakan khitan gratis ini karena merupakan sunah rasul," harap Agung.

Dia juga berharap, apa yang dilakukan pada hari ini dapat kembali digelar dikemudian hari. Terlebih lagi, dalam membantu mengatasi masalah sosial yang masih ada di Pekanbaru.

"Karena tidak cukup sendiri untuk mengatasi masalah itu. Butuh dukungan juga dari semua stakeholder untuk mengatasi masalah sosial yang masih terjadi di Pekanbaru," tutupnya.

Rilis/Dilla

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Triwulan I Pajak Nomor Kendaraan Bermotor di Riau Belum Capai Target
Selasa, 28 Maret 2017 12:56

Triwulan I Pajak Nomor Kendaraan Bermotor di Riau Belum Capai Target

Triwulan I/2017, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, masih kejar target untuk Bea Pajak Nomor Kendaraan Bermotor (BPNKB).

Berapa Banyak Umat Hindu di Provinsi Riau? Ini Jumlahnya
Selasa, 28 Maret 2017 12:46

Berapa Banyak Umat Hindu di Provinsi Riau? Ini Jumlahnya

Jumlah umat hindu di Provinsi Riau ternyata cukup banyak. Diketahui jumlahnya berkisar 980 KK yang terdata atau di perkirakan sekitar 2000 jiwa.

Hii, Puluhan Bayi Perempuan Dibunuh, Ada yang Dikubur Hidup-Hidup
Selasa, 28 Maret 2017 12:34

Hii, Puluhan Bayi Perempuan Dibunuh, Ada yang Dikubur Hidup-Hidup

Pembunuhan janin perempuan marak di India. Para ibu yang menginginkan anak laki-laki, menggugurkan kandungannya setelah tahu bayi yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan.

Pondok Ikan Bakar Ini Cocok Dikunjungi Pasca Libur Nyepi
Selasa, 28 Maret 2017 12:23

Pondok Ikan Bakar Ini Cocok Dikunjungi Pasca Libur Nyepi

Selasa (28/3/17), merupakan Hari Libur Nasional pasca Nyepi. Untuk menikmati liburan kali ini kita bisa singgah ke salah satu pondok makan, yang berada di pinggir Jalan Lintas Perawang Siak.

Nyepi, Radio dan Tivi Off di Bali
Selasa, 28 Maret 2017 11:52

Nyepi, Radio dan Tivi Off di Bali

Suasana Hari Raya Nyepi benar-benar terasa di Bali. Umat Hindu di Bali hari ini merayakan Hari Raya Nyepi dengan tidak boleh ada kegiatan apapun.

Astaga! Korban Demam Berdarah Pekanbaru Melonjak 186 Kasus
Selasa, 28 Maret 2017 11:42

Astaga! Korban Demam Berdarah Pekanbaru Melonjak 186 Kasus

Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru mencatat korban demam berdarah dengue (DBD) terus bertambah.

Hari Raya Nyepi, Jalan Sudirman Ikut Nyepi
Selasa, 28 Maret 2017 11:32

Hari Raya Nyepi, Jalan Sudirman Ikut Nyepi

Hari Libur Nasional Selasa (28/3/2017), terlihat beberapa ruas jalan lengang. Tak lantas tampak di sepanjang Jalan Sudirman sebagai jalan protokol ini juga sepi.

Mumi Usia 500 Tahun Ditemukan di Makam Kuno China
Selasa, 28 Maret 2017 11:22

Mumi Usia 500 Tahun Ditemukan di Makam Kuno China

Mumi dari Dinasti Ming ditemukan di China. Penemuan ini tak sengaja. Pemasangan pipa saluran air yang dilakukan tim konstruksi ternyata menggali sebuah makam kuno.

Tertangkap Bawa Kayu Ilegal ke Malaysia, Ini Langkah Berikutnya
Selasa, 28 Maret 2017 11:15

Tertangkap Bawa Kayu Ilegal ke Malaysia, Ini Langkah Berikutnya

Dua orang tersangka membawa kayu ilegal loging di Perairan Meranti diamankan Dit Polair Polda Riau.

Nyepi, Bali Tampak Lengang Dimana-Mana
Selasa, 28 Maret 2017 10:58

Nyepi, Bali Tampak Lengang Dimana-Mana

Bali yang biasa sibuk tampak lengang. Jalanan kosong dari lalu lalang kendaraan. Dan pemandangan seperti itu juga tampak di Bandara I Gusti Ngurah Rai.