Lazismu dan Pegadaian Gelar Sunatan Massal

Minggu, 25 Desember 2016 12:03
Lazismu dan Pegadaian Gelar Sunatan Massal
Sunatan massal Lazismu dan Pegadaian (Foto: Istimewa)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Pekanbaru bersama Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani, melakukan khitanan atau sunatan masal yang berlangsung di halaman kantor Pegadaian Syariah, Sabtu (24/11/2016).

Acara ini dihadiri langsung oleh tokoh masyarakat Pekanbaru Ayat Cahyadi, Kepala Cabang Pegadaian Akmal, Kepala Lazismu Pekanbaru Agung Pramuriyanto.

Dalam sambutannya, Ayat Cahyadi menyampaikan tentang pentingnya melakukan khitan atau sunat menurut syariat Islam. Bahkan, pada kesempatan tersebut, Ayat Cahyadi juga sempat melakukan tinjauan kepada peserta yang melakukan khitan.

Kemudian, Kepala Cabang Pegadaian Syariah Akmal mengatakan, Pegadaian Syariah yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mempunyai kewajiban untuk saling berbagi dengan lingkungan sekitar.

"Salah satunya adalah khitan masal yang bekerjasama dengan Lazismu Kota Pekanbaru. Ini merupakan bentuk kewajiban kita atau biasa disebut dengan CSR," kata Akmal.

Kegiatan yang dilakukan Pegadaian Syariah bersama Lazismu Kota Pekanbaru kali ini, setidaknya ada 50 anak yang menjadi target program khitanan masal tersebut. Namun, pihaknya memprediksikan bahwa program tersebut diikuti lebih dari 50 anak.

"Bahkan sampai siang ini ada 60 anak yang ikut.
Moment kali ini sengaja diambil dan bertepatan libur sekolah SD. Tapi untuk kegiatan ini diutamakan kepada keluarga kurang mampu," jelasnya.

Peserta yang datang pada sunatan ini berasal dari kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Tapi pihaknya lebih mengutamakan untuk Kecamatan Bukit Raya.

Kepada peserta yang melakukan khitanan hari ini, lanjut Akmal, pihaknya memberikan bingkisan berupa tas sekolah, perlengkapan shalat dan tabungan emas pegadaian yang diberikan gratis kepada peserta.

"Yang jelas untuk khitanan ini gratis tidak dipungut biaya. Kedepannya Insya Allah kami akan melanjutkan program seperti ini. Tidak hanya khitan saja, tapi juga program lainnya," harpa Akmal.

Sementara itu, Kepala Lazismu Kota Pekanbaru Agung menambahkan, Lazismu sendiri saat knu mempunai 4 program yang terdiri dari  pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sosial dakwah.

Pada kesempatan ini Pegadaian Syariah bersama Lazismu berkesempatan mengadakan khitan masal untuk bidang kesehatan.

"Untuk kegiatan khitanan ini kita lakukan sebanyak dua kali dalam setahun. Pertama saat libur pertengah tahun pada juni atau juli dan akhir tahun. Kita juga mengadakan khitan gratis ini karena merupakan sunah rasul," harap Agung.

Dia juga berharap, apa yang dilakukan pada hari ini dapat kembali digelar dikemudian hari. Terlebih lagi, dalam membantu mengatasi masalah sosial yang masih ada di Pekanbaru.

"Karena tidak cukup sendiri untuk mengatasi masalah itu. Butuh dukungan juga dari semua stakeholder untuk mengatasi masalah sosial yang masih terjadi di Pekanbaru," tutupnya.

Rilis/Dilla

TRAVELLING

Berita Terkini

Sabtu, 27 Mei 2017 05:31

Subuh Pertama Ramadan, Jamaah Masjid Membludak

Subuh pertama dalam bulan Ramadan, Sabtu (27/05/2017), ditandai dengan membludaknya jumlah jamaah salat subuh di Masjid Al-Khairiyah, Bagansiapiapi. 

Sri Lanka Diterjang Banjir, 92 Tewas Ratusan Orang Hilang
Sabtu, 27 Mei 2017 04:51

Sri Lanka Diterjang Banjir, 92 Tewas Ratusan Orang Hilang

 Banjir dan tanah longsor terjang  Sri Lanka. Akibat itu, untuk sementara sudah diidentifikasi 92 orang tewas dan 100 lebih masih dinyatakan hilang.

Sabtu, 27 Mei 2017 04:17

Keliling Area, Cara Remaja di Jalan Pepaya Bangunin Sahur

Puasa pertama, Sabtu (27/05/2017), umat Islam di seluruh dunia melaksanakan sahur. Banyak cara dilakukan membangunkan sahur, salah satunya dengan berjalan dan bersorak-sorai,

Melalui Jumat Barokah, Polresta Pekanbaru Bagikan Nasi Bungkus
Jumat, 26 Mei 2017 23:29

Melalui Jumat Barokah, Polresta Pekanbaru Bagikan Nasi Bungkus

Jumat (26/5/2017),  Polresta Pekanbaru melaksanakan Kegiatan sosial Jumat Barokah, berupa pemberian nasi bungkus kepada juru parkir yang ada di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru. 

Gubernur Riau Ikuti Balimau Kasai di Kampar
Jumat, 26 Mei 2017 22:10

Gubernur Riau Ikuti Balimau Kasai di Kampar

 Balimau Kasai yang selalu ramai diikuti oleh masyarakat Kabupaten Kampar membuat pejabat serta petinggi Riau ikut dalam acara Balimau Kasai tahun ini. 

Jelang Ramadan, Lanud Rsn Gelar Doa Bersama
Jumat, 26 Mei 2017 21:53

Jelang Ramadan, Lanud Rsn Gelar Doa Bersama

Menjelang datangnya bulan Ramadan 1438 H, segenap keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin bersama anak-anak dari panti-panti asuhan mengikuti acara doa bersama yang digelar seusai salat Jumat di Masjid Amrullah Lanud Rsn, Jumat (26/5/2017).

Berkumpul Makan Bersama Jelang Puasa di Bertuahpos
Jumat, 26 Mei 2017 21:48

Berkumpul Makan Bersama Jelang Puasa di Bertuahpos

Menyambut puasa, 1438 Hijriah. Satu persatu kru Bertuahpos duduk di meja berwarna coklat itu.

Tarawih Malam Pertama, Camat Marpoyan Damai Hadir di Masjid Al-Kautsar Paus
Jumat, 26 Mei 2017 21:03

Tarawih Malam Pertama, Camat Marpoyan Damai Hadir di Masjid Al-Kautsar Paus

Hari pertama pelaksanaan salat tarawih berjamaah di Masjid Al-Kautsar Pekanbaru, Jumat (26/5/2017) dihadiri langsung oleh Camat Marpoyan Damai, Helmi Fiora.

Anak Harimau Mati, Dokter Klinik BBKSDA Riau: Akan Tahu Hasil Visumnya 10 Hari Lagi
Jumat, 26 Mei 2017 20:50

Anak Harimau Mati, Dokter Klinik BBKSDA Riau: Akan Tahu Hasil Visumnya 10 Hari Lagi

Seekor anak harimau sumatera, yang berjenis kelamin jantan ditemukan warga Desa Api Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Kamis (25/5/2017), dalam kondisi yang lemah dan kelaparan.

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur Pasang Spanduk Imbauan Bulan Ramadan
Jumat, 26 Mei 2017 20:37

Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur Pasang Spanduk Imbauan Bulan Ramadan

Jumat (26/5/2017), Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat atau lebih dikenal Bhabinkamtibmas Sidomulyo Timur, memasang spanduk imbauan raksasa menjelang ramadan.