JK: Dalam Darah Orang Minang Sudah Ada Bakat Jadi Saudagar

Senin, 17 Juli 2017 15:47
JK: Dalam Darah Orang Minang Sudah Ada Bakat Jadi Saudagar
Wakil Presiden, Jusuf Kalla/bpc15

BERTUAHPOS.COM (BPC), LIMAPULUH KOTA - Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengajak generasi muda Minang menjadi pengusaha. JK mengatakan bahwa dalam darah orang Minang sudah ada bakat menjadi saudagar.

Dikatakannya, dewasa ini peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat kecil, yang terbuka lebar adalah menjadi seorang pengusaha.

"Dalam darah orang Minang sudah ada bakat jadi saudagar. Dewasa ini peluang jadi PNS sangat kecil, yang terbuka lebar itu jadi pengusaha," sebut rang Sumando Lintau, Provinsi Sumatera Barat itu, dalam sambutan saat meresmikan gedung baru UNP dan Deklarasi Antiradikalisme dan peluncuran Anugerah Minang Enterpreneurship di Padang, Sabtu (15/7/2017).

Menanggapi pidato JK, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyambut baik dimana harus ditumbuhkan sejak dini jiwa usahawan kepada generasi Limapuluh Kota dan Sumbar umumnya.

“Seperti disampaikan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, kita sangat berharap lahirnya pengusaha muda di Ranah Minang ini. Termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota sebagai salah satu solusi bagi masalah ketenagakerjaan. Dengan adanya entrepreneur-entrepreneur baru, kita berharap bisa menjadi tuan di rumah sendiri dan dapat mengatasi masalah pengangguran di daerah,” ujar Irfendi, Senin (17/7/17).

Mengutip penyampaian Wapres, lebih lanjut Irfendi berharap generasi muda di daerahnya memiliki motivasi menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan kerja baru. Sesuai potensi daerah, untuk Kabupaten Limapuluhn Kota bisa saja membuka usaha di bidang peternakan, pertanian dan perkebunan.

“Sesuai potensi yang ada, kita ingin para tamatan perguruan tinggi di daerah ini juga membuka usaha atau berbisnis di bidang peternakan atau pertanian. Ayo kita motivasi diri sendiri untuk lebih kerja keras dan bertekun,” ungkap Irfendi.

Diakui Irfendi, menjadi Enterpreneurship memang tidak semudah membalik telapak tangan. Sebaliknya menuntut perjuangan dan akan wajar saja bila dalam perjalanannya terjadi berbagai kendala dan hambatan.

“Untuk mewujudkan generasi yang inovasi dan kreativitas dalam menumbuhkembangkan jiwa wirausaha itu tentunya kita sangat berharap dukungan berbagai pihak terutama peran perguruan tinggi untuk memberikan pelayanan pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing,” tutur Irfendi. (bpc15)

TRAVELLING

Berita Terkini

Pansus RTRW Bantah Akomodir Pihak Tertentu
Senin, 25 September 2017 11:15

Pansus RTRW Bantah Akomodir Pihak Tertentu

Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau membantah mengakomodir pihak tertentu dalam perumusannya.

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda
Senin, 25 September 2017 11:05

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda

Listrik di beberapa daerah di Kota Pekanbaru terjadi pemadaman secara bergilir dari Minggu (24/9/2017) hingga hari ini Senin (25/9/2017).

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau
Senin, 25 September 2017 10:55

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau

Sekdaprov Riau kedatangan tamu seorang investor dari Jerman. Pembahasan mereka membicarakan soal peluang bisnis rumah sakit di Riau.

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap
Senin, 25 September 2017 10:45

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap

Walau tren kenaikan okupansi hotel semakin bagus, pihak Manajemen Hotel Golden Tulip Essential Pekanbaru selalu ingin yang terbaik untuk para tamu. 

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda
Senin, 25 September 2017 10:35

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda

Pansus RTRW Provinsi Riau menyebutkan bahwa pengesahan RTRW sudah tidak bisa ditunda lagi.

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik
Senin, 25 September 2017 10:28

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik

Progres pembangunan rel kereta api Riau hingga kini masih stagnan pada tahap konsultasi publik. Sementara materil pembangunannya sudah ada di lokasi sejak tahun lalu.

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim
Senin, 25 September 2017 10:15

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim

Pagi ini Senin (25/9/17), hingga jam 10.00 WIB, Suzuya Pasar Kodim sepi pengunjung. Sebagian toko-toko di dalamnya masih belum dibuka.

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba
Senin, 25 September 2017 10:02

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba

Muhammad Hafizi duduk lesu menghadap ke sebuah meja. Di atas meja itu ada kotak rokok, hp dan satu paket narkotika jenis sabu.

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah 'Sehat'
Senin, 25 September 2017 09:15

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah "Sehat"

Bagi anda pengguna Jalan Garuda Sakti KM 1 Panam, kini tidak perlu khawatir lagi saat melewati jalan tersebut. Lubang besar yang banyak 'menganga' sudah diperbaiki.

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan
Senin, 25 September 2017 09:05

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan

Penggiat lingkungan dari Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Made Ali meminta agar DPRD Riau menunda pengesahan RTRWP.