Gubri Lakukan Praktek Maladministrasi, 31 Kasus Sengketa Informasi Terabaikan

Jumat, 21 April 2017 14:59
Gubri Lakukan Praktek Maladministrasi, 31 Kasus Sengketa Informasi Terabaikan
Staf Devisi Advokasi Forum Indonesia/Foto: bpc3

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dituding melakukan maladministrasi karena hingga saat ini belum juga melakukan pelantikan Komisi Informasi.

Staf Devisi Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Taufik, melihat keterlambatan pelantikan KI itu sepenuhnya menjadi tanggungjawab Andi Rachman.

"Sikap Gubri yang seperti ini malah berdampak pada terabaikannya hak masyarakat yang akan melakukannya permohonan informasi dan sengketa di KI. Sementara badan publik di Pemprov Riau belum menjalankan pelayanan informasi publik secara baik, sehingga dalam akses informasi publik sangat membutuhkan KI untuk penyelesaian sengketa," katanya, dalam konfrensi pers, Jumat (21/04/2017).

Saat ini ada 31 sengketa yang terdaftar namun belum diputuskan oleh KI hingga masa jabatan selesai. Sebahagian sudah masuk dalam tahap penyelesaian sengketa KI.

Dia mengatakan, salah satu laporan yang belum diproses itu yakni sengketa Fitra Riau terhdap PPID Kota Pekanbaru. Permohonan sengketa itu sudah terdaftar sejak Oktober 2016 lalu.

Menurutnya, kekeliruan Gubenur Rlau adalah tidak memperpanjang masa jabatan komisioner lama untuk menjalankan tugas dan fungsi lembaga Komisi Informasi. Padahal mestinya Gubenur Riau tahu bahwa proses seleksi hingga penetapan komisioner baru, akan memakan waktu yang cukup lama. Kondisi ini menunjukkan Gubenur abai dan tidak respon terhadap persoalan pelayanan informasi di Riau.

Baca: Gubri Dianggap Kangkangi UU KIP dan Ombudsman, Fitra Riau Adakan Pertemuan

Asas umum dalam pelayanan informasi publik salah satunya adalah proses yang cepat. Bahkan UU Keterbukaan Informasi Publik, juga membatasi proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi.

"Sebagaimana terdapat dalam Pasal 38 Ayat 2 UU keterbukaan informasi publik, menyatakan bahwa proses penyelesaian sengketa informasi di komisi Informasi paling lambat diselesaikan 100 hari kerja," katanya.

Komisi Informasi sejauh ini sangat berperan untuk menjembatani hak warga negara dalam mengakses informasi publik di tengah badan publik dan birokrat di Provinsi Riau ini yang masih rendah kesadaran akan keterbukaan informasi publik.

"Bahkan tahun 2016, terdapat sedikitnya 160 sengketa informasi yang diselesaikan oleh Komisi Informasi yang melibatkan badan publik seluruh Provinsi Riau. Artinya jika kelalaian Gubernur Riau itu maka sangat jelas bahwa Pemprov Riau belum pro terhadap keterbukaan informasi publik," kata Taufik. (bpc3)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau
Jumat, 17 November 2017 23:11

Dosen Ekonomi : E comers Tak Beri Dampak Signifikan di Riau

 Electroniccommerce atau sering disebut e commers merupakan transaksi jual beli dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Namun, bagaimana dampak yang diberikannya kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Riau?

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?
Jumat, 17 November 2017 22:09

Tabrak Tiangnya Bosku, Udah Coba Game Baru Ini?

Hadir game baru setelah kasus Setya Novanto mencuat menabrak tiang listrik di Jakarta 

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu
Jumat, 17 November 2017 21:30

Bhabin dan Lurah Bandar Raya Berikan Bantuan Kepada 4 Warga Tidak Mampu

Di hari Jumat yang penuh barokah, Bhabinkamtibmas Labuh Baru Barat dan Bandar Raya Aiptu Subagiyo beserta Lurah Bandar Raya Fachruddin Panggabean memberikan bantuan kepada warga tidak mampu

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah
Jumat, 17 November 2017 20:57

Ustad Felix Siauw : Umat Muslim Bersaudara Karena Allah

 Ratusan umat muslim di Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat,  memenuhi Masjid Istiqlal, Labuah Basilang, untuk menghadiri tausiah ceramah agama yang disampaikan ustad kondang Indonesia, Felix Siauw.

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota  Lanud Rsn dan Yonko 462
Jumat, 17 November 2017 19:50

Rutin Donor Darah, Ajang Kepedulian Anggota Lanud Rsn dan Yonko 462

Anggota Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskas kembali berdonor darah dalam kegiatan sosial yang digelar oleh Hotel Swiss Bell Inn Pekanbaru

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi
Jumat, 17 November 2017 19:19

Psikolog : Setnov Ketakutan dan Depresi

 Nama Setia Novanto (Setnov) terseret kasus korupsi E-KTP  tampaknya membuat ulah lagi. Sebelumnya ia sempat menghilang saat tim KPK akan menjemputnya secara paksa. 

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD
Jumat, 17 November 2017 18:53

Terhitung Akhir Oktober, Inhil Temukan 38 Kasus DBD

Terhitung dari Awal Tahun 2017 hingga 31 Oktober, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tercatat sebanyak 38 kasus.

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri  Sebut  Ada Perubahan
Jumat, 17 November 2017 17:41

Pimpin Apel Besar Satuan Komunitas Pramuka Pengayoman Kemenkumham Riau, Wagubri Sebut Ada Perubahan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Selasa  (17/11) melaksanakan kegiatan penting dan berskala regional berkaitan dengan warga binaan pemasyarakatan.

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau
Jumat, 17 November 2017 16:37

Seminar Dokter Gigi Internasional, Gubernur Promosikan Hasil Alam Riau

Saat berbicara di seminar dokter gigi internasional di Hotel Pangeran Pekanbaru, Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rahman mempromosikan hasil alam Riau. 

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun
Jumat, 17 November 2017 16:20

November Ini Harga Kelapa Bulat di Inhil Turun

Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), salah satu pemasok kelapa bulat terbesar di dunia, namun sangat disayangkan harga kelapa bulat di Negeri Hamparan Kelapa ini masih rendah.