Gubri Lakukan Praktek Maladministrasi, 31 Kasus Sengketa Informasi Terabaikan

Jumat, 21 April 2017 14:59
Gubri Lakukan Praktek Maladministrasi, 31 Kasus Sengketa Informasi Terabaikan
Staf Devisi Advokasi Forum Indonesia/Foto: bpc3

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dituding melakukan maladministrasi karena hingga saat ini belum juga melakukan pelantikan Komisi Informasi.

Staf Devisi Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Taufik, melihat keterlambatan pelantikan KI itu sepenuhnya menjadi tanggungjawab Andi Rachman.

"Sikap Gubri yang seperti ini malah berdampak pada terabaikannya hak masyarakat yang akan melakukannya permohonan informasi dan sengketa di KI. Sementara badan publik di Pemprov Riau belum menjalankan pelayanan informasi publik secara baik, sehingga dalam akses informasi publik sangat membutuhkan KI untuk penyelesaian sengketa," katanya, dalam konfrensi pers, Jumat (21/04/2017).

Saat ini ada 31 sengketa yang terdaftar namun belum diputuskan oleh KI hingga masa jabatan selesai. Sebahagian sudah masuk dalam tahap penyelesaian sengketa KI.

Dia mengatakan, salah satu laporan yang belum diproses itu yakni sengketa Fitra Riau terhdap PPID Kota Pekanbaru. Permohonan sengketa itu sudah terdaftar sejak Oktober 2016 lalu.

Menurutnya, kekeliruan Gubenur Rlau adalah tidak memperpanjang masa jabatan komisioner lama untuk menjalankan tugas dan fungsi lembaga Komisi Informasi. Padahal mestinya Gubenur Riau tahu bahwa proses seleksi hingga penetapan komisioner baru, akan memakan waktu yang cukup lama. Kondisi ini menunjukkan Gubenur abai dan tidak respon terhadap persoalan pelayanan informasi di Riau.

Baca: Gubri Dianggap Kangkangi UU KIP dan Ombudsman, Fitra Riau Adakan Pertemuan

Asas umum dalam pelayanan informasi publik salah satunya adalah proses yang cepat. Bahkan UU Keterbukaan Informasi Publik, juga membatasi proses penyelesaian sengketa di Komisi Informasi.

"Sebagaimana terdapat dalam Pasal 38 Ayat 2 UU keterbukaan informasi publik, menyatakan bahwa proses penyelesaian sengketa informasi di komisi Informasi paling lambat diselesaikan 100 hari kerja," katanya.

Komisi Informasi sejauh ini sangat berperan untuk menjembatani hak warga negara dalam mengakses informasi publik di tengah badan publik dan birokrat di Provinsi Riau ini yang masih rendah kesadaran akan keterbukaan informasi publik.

"Bahkan tahun 2016, terdapat sedikitnya 160 sengketa informasi yang diselesaikan oleh Komisi Informasi yang melibatkan badan publik seluruh Provinsi Riau. Artinya jika kelalaian Gubernur Riau itu maka sangat jelas bahwa Pemprov Riau belum pro terhadap keterbukaan informasi publik," kata Taufik. (bpc3)

TRAVELLING

Berita Terkini

Pansus RTRW Bantah Akomodir Pihak Tertentu
Senin, 25 September 2017 11:15

Pansus RTRW Bantah Akomodir Pihak Tertentu

Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau membantah mengakomodir pihak tertentu dalam perumusannya.

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda
Senin, 25 September 2017 11:05

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda

Listrik di beberapa daerah di Kota Pekanbaru terjadi pemadaman secara bergilir dari Minggu (24/9/2017) hingga hari ini Senin (25/9/2017).

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau
Senin, 25 September 2017 10:55

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau

Sekdaprov Riau kedatangan tamu seorang investor dari Jerman. Pembahasan mereka membicarakan soal peluang bisnis rumah sakit di Riau.

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap
Senin, 25 September 2017 10:45

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap

Walau tren kenaikan okupansi hotel semakin bagus, pihak Manajemen Hotel Golden Tulip Essential Pekanbaru selalu ingin yang terbaik untuk para tamu. 

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda
Senin, 25 September 2017 10:35

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda

Pansus RTRW Provinsi Riau menyebutkan bahwa pengesahan RTRW sudah tidak bisa ditunda lagi.

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik
Senin, 25 September 2017 10:28

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik

Progres pembangunan rel kereta api Riau hingga kini masih stagnan pada tahap konsultasi publik. Sementara materil pembangunannya sudah ada di lokasi sejak tahun lalu.

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim
Senin, 25 September 2017 10:15

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim

Pagi ini Senin (25/9/17), hingga jam 10.00 WIB, Suzuya Pasar Kodim sepi pengunjung. Sebagian toko-toko di dalamnya masih belum dibuka.

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba
Senin, 25 September 2017 10:02

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba

Muhammad Hafizi duduk lesu menghadap ke sebuah meja. Di atas meja itu ada kotak rokok, hp dan satu paket narkotika jenis sabu.

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah 'Sehat'
Senin, 25 September 2017 09:15

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah "Sehat"

Bagi anda pengguna Jalan Garuda Sakti KM 1 Panam, kini tidak perlu khawatir lagi saat melewati jalan tersebut. Lubang besar yang banyak 'menganga' sudah diperbaiki.

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan
Senin, 25 September 2017 09:05

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan

Penggiat lingkungan dari Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Made Ali meminta agar DPRD Riau menunda pengesahan RTRWP.