Dulu, Pasar Cik Puan Tempat Pengumpul Barang

Sabtu, 07 Januari 2017 11:00 169
Dulu, Pasar Cik Puan Tempat Pengumpul Barang
Aktifitas di Pasar Cik Puan Pekanbanbaru (Foto: Istimewa)

BERTUAHPOS. COM (BPC), PEKANBARU TEMPO DULU - Para pedangan di Pasar Cik Puan, terlihat menjajakan dagangannya dikios-kios kayu. Pada pagi hari pasar ini selalu ramai dikunjungi para ibu rumah tangga. Mereka berbelanja untuk mencari kebutuhan rumah tangga.

Di lapak yang berjejer beratapkan terpal, mereka saling berinteraksi satu sama lain, tawar menawar dan menyodorkan sayuran kerap dirasakan dipasar ini.

Sejak pagi, para pedagang bersiaga di lapaknya. Seliah dagangan yang beratapkan terpal, ada juga pedagang yang menggelar barang dagangannya begitu saja. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan tersedia.

Pedagang sayur ini hanya menjajakan dagangannya sampai menjelang siang hari. Selebihnya dagangan ikan dan sayur masih buka di dalam kios. Kini pasar Cik Puan hanya ramai dikunjungi hingga sore hari.

Sekarang kios yang berjejer beratapkan seng dan tempelan terpal kerap becek jika hujan turun. Saat masuk pasar,  pengunjung akan mendapatkan dagangan baju berada pada barisan pertama, lanjut sayuran dan ikan. pasar itu terlihat sempit karena berhimpitan dari pedagang satu dengan yang lain.

Keramaian dan kemacetan kerap terjadi di pagi hari dan sore, pasalnya pagi hari menjadi ajang bagi para ibu-ibu beraksi. Wahana cahaya, Sebuah toko mas sudah berusia 30 tahun menjajakan jualannya di Pasar Cik Puan mengatakan,  dahulu Pasar Cik Puan atau yang dikenal sebagai pasar loket masih beroperasi hingga malam hari.

"Sebelum terjadinya kebakaran,  dulu pasar loket ini bukanya sampai malem, dan selalu ramai," sebut pemilik toko. Selain itu, pasar yang masih tertata rapi,  membuat para pengunjung selalu berbelanja dipasar ini, mulai dari peralatan dapur hingga pakaian dan lainnya lengkap dijajakan dipasar ini.
Dia juga bercerita,  dahulu sebelum jadi pasar tempat ini hanya sebagai tempat pengumpulan barang. "Dahulu, sebelum menjadi pasar di sini tempat pengumpulan barang, lama kelamaan pasar ini terbentuk dengan sendirinya, orang kerap menyebutnya pasar loket,"ucapnya.

Sempat terjadi kebakaran beberapa kali dipasar hingga pasar ini kini hanya dibangun dengan seadanya,  kendatinya pemerintah akan membangun pasar cik puan,  namun hingga kini pasar cik puan asih terlihat mangkrak.

Penulis: Eli Suwanti

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2
Jumat, 20 Januari 2017 22:05

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2

Kembali lagi Everbest memberikan promo spesial bagi pelanggan setianya. Kali ini promo diadakan dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Hal tersebut dikatakan oleh Gandes selaku kasir Everbest Mal Ciputra Seraya Pekanbaru.

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump
Jumat, 20 Januari 2017 21:52

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump

Artis terkenal, terbanyak adalah penyanyi, melakukan konser penolakan terhadap Donald Trump. Inaugurasi Trump ditandingi dengan konser ini yang dimotori Auioslave.

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih
Jumat, 20 Januari 2017 21:25

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih

Apakah kamu punya kebiasaan atau rutinitas tertentu setiap kali bangun tidur di pagi hari? Mungkin langsung minum segelas air putih atau melakukan olahraga

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi
Jumat, 20 Januari 2017 20:53

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi

Bertempatkan di kandang berkuran 2x5 meter di samping rumahnya, setiap paginya Mukhlis memberikan pakan untuk merpati hiasnya. Hal ini sudah menjadi rutinitas

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati
Jumat, 20 Januari 2017 17:44

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati

Kesetian burung merpati kepada pasangannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sudah menjadi karakter dari burung merpati itu sendiri, inilah yang ingin ditiru oleh seluruh anggota Komunitas Merpati Hias Riau.

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli
Jumat, 20 Januari 2017 17:07

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli

Jika anda penggemar pakaian seken, anda wajib berhati-hati sebelum menggunakannya, karena bisa jadi baju seken yang baru anda beli, terjangkit virus penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar
Jumat, 20 Januari 2017 16:35

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar

Untuk melepas dahaga menikmati minuman segar yang dapat melegakan tenggorokan. Es cendol Udha Tham mangkal di pasar wisata Pekanabru atau kerap disebut pasar bawah.

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall
Jumat, 20 Januari 2017 16:21

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall

Selain memberikan Mid Nite Sale, mulai dari Kamis kemarin hingga Minggu besok CS Mall hadirkan Launching New Venturer dari Toyota.

SMJ Rangkul Sesama
Jumat, 20 Januari 2017 16:02

SMJ Rangkul Sesama

Seperti biasa, Kamis malam Komunitas Sedekah Malam Jumat (SMJ) Pekanbaru mengadakan aksi bagi-bagi nasi kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri
Jumat, 20 Januari 2017 15:42

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri

Jumat (20/1), bertempatkan gedung aula serbaguna kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau (UR), 5 karya terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional mempresentasikan ide kreatif mereka di depan dewan juri.