Polong Raksasa Rusak, Jalur Lintas Payakumbuh-Lintau Dialihkan

Selasa, 22 Agustus 2017 20:20
 Polong Raksasa Rusak, Jalur Lintas Payakumbuh-Lintau Dialihkan
Foto: BPC15

BERTUAHPOS.COM, LIMAPULUH KOTA - Jalan lintas Propinsi Sumatera Barat penghubung Kota Payakumbuh-Lintau Kabupaten Tanahdatar, tidak bisa dilewati selama sepekan ini.

Pasalnya polong raksasa sepanjang tiga meter di Jorong Sibindu, Nagari Labuah Gunung, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, pecah. Sehingga polong yang dibangun sejak jaman Belanda itu harus diganti dan jalan dialihkan melalui jalur alternatif.

Dimana masyarakat pengguna jalan harus melewati jalan alternatif dari Simpang Ampek Labuah Gunuang-Sitanang-Tanjuang Gadang Rumah-Tembus Taratak. Dimana jalan kampung sepanjang 4 kilometer dan dua kilometer  diantaranya masih jalan tanah juga tidak bisa dilewati kenderaan bertonase tinggi.

Akibatnya, truk harus memutar jalan melewati Simpang Piladang-Batusangkar jika harus menuju Lintau atau Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya dari arah Payakumbuh atau Riau.

"Memang polong yang dibangun sejak jaman Belanda sudah pecah dan tidak bisa dilewati. Maka dari itu kita bangun jembatan panel darurat sampai dibangun permanen. InsyaAllah hari Sabtu datang sudah selesai kita pasang dan dapat dilewati," begitu disampaikan  Kaur TU Kegiatan Rehabilitasi Pemeliharaan Rutin Jalan Propinsi Dinas PU dan Penataan Ruang Propinsi Sumbar, Ransyah Aljo Samito, Selasa (22/8/2017) kepada awak media.

Pemasangan jembatan panel darurat menjadi solusi sementara sampai dibangunnya secara permanen jembatan itu. Diperkirakan pemasangan jembatan panel darurat akan berlangsung hingga Sabtu datang.

"Ini pemasangan kita kebut. Sehingga Sabtu depan selesai dan bisa dilewati truk bermuatan maksimal 30 ton. Sampai nanti jembatan permanen selesai dibangun," sebut Samito.

Dengan lebar jembatan panel darurat kecil, maka kenderaan roda empat bisa dipastikan tidak bisa berselisih di atas jembatan panel itu. Sehingga kenderaan roda empat yang lewat harus bergantian satu persatu.

Dia juga menyebut, sepanjang jalan perbatasan Kota Payakumbuh sampai Setangkai, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, masih ada sebanyak 5 polong lagi. Kondisinya saat ini sebut Samito sudah unzur dan harus diganti.

"Maka kita minta pengguna jalan untuk tetap hati-hati agar selamat sepanjang perjalanan. Karena polong yang ada disepanjang jalan dari perbatasan Payakumbuh-Stangkai, Lintau Buo sudah tua dan harus diganti," sebutnya mengingatkan.

Salah seorang pelajar yang setiap hari melewati jalan Payakumbuh-Lintau, Eni mengaku harus melewati jembatan kecil terbuat dari bambu tidak jauh dari sebelah kiri tempat polongan rusak, arah Payakumbuh lewat.

"Kalau lewat jalur alternatif jauh bang. Khusus untuk motor bisa lewat disebelahnya melalui jembatan kecil terbuat dari bambu dan dibantu warga setempat," sebutnya berharap jembatan bisa cepat selesai. (bpc15)

TRAVELLING

Berita Terkini

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS
Senin, 25 September 2017 21:55

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menegaskan selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka
Senin, 25 September 2017 21:40

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka

Pasca temuan beberapa apotek di Kota Pekanbaru yang tidak memiliki izin, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menegaskan apotek-apotek tersebut dikenakan sanksi penutupan.

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi
Senin, 25 September 2017 20:58

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi

 Setelah MIS, kini Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menciduk Sya alias Pud (37), warga Jalan Tanjung Pura Kotabaru Siberida Kecamatan Keritang, di kediamannya. Lantaran menjadi penadah sepeda motor curian, Senin (25/9/2017).

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun
Senin, 25 September 2017 20:44

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun

Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017, akhirnya disahkan dengan penandatangan MoU, Senin (25/9/2017).

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru
Senin, 25 September 2017 20:39

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru

Setelah penyidikan secara marathon beberapa hari terakhir, akhirnya penyidik Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan empat orang sebagai tersangka korupsi pengadaan lampu LED dan lampu taman Pemko Pekanbaru.

AHY Sampai Diranah Minang, 'Sersan' di Payakumbuh
Senin, 25 September 2017 20:34

AHY Sampai Diranah Minang, "Sersan" di Payakumbuh

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) Senin (25/9/2017) sampai di Ranah Minang, Sumbar. Sesuai rencana AHY akan berada di Sumbar sampai Selasa sore.

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas
Senin, 25 September 2017 20:28

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas

Titik panas kembali mengganas di Pulau Sumatera, sore ini, Senin (25/9/2017). Pantauan BMKG Pekanbaru, setidaknya ada 49 titik pada level convidence 50 persen.

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai
Senin, 25 September 2017 20:18

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai

Pelayanan dan manajemen SPBU Batu Empat, Bagansiapiapi sungguh menjengkelkan dan membuat warga kecewa. Bagaimana tidak, selama hampir 15 menit menunggu petugas untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite, namun tidak satupun dilayani oleh petugas SPBU yang ada di lokasi. 

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW
Senin, 25 September 2017 20:13

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW

Setelah melalui proses panjang, akhirnya siang ini (25/9/2017), DPRD Riau mensahkan RTRW Riau 2017-2037 sebagai ranperda. Palu pengesahan ini diketuk oleh Sunaryo, wakil ketua DPRD Riau disaksikan oleh pimpinan DPRD dan instansi terkait serta Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel
Senin, 25 September 2017 20:07

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel

Senin (25/9/2017), penandatanganan MoU KUPA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017 batal dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru.