Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi

Jumat, 21 April 2017 21:11
 Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi
Hj.Nursyidah, Kartini tangguh di Parlemen Bukittinggi

BERTUAHPOS.COM, BUKITTINGGI - Sosok Hj. Nursyida memang sangat sederhana dan bersahaja. Keberadaanya telah memberi nuansa baru di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Komisi I DPRD Bukittinggi yang membidangi hukum dan pemerintahan.

Dia merupakan salah satu dari dua orang perempuan yang ada di anggota DPRD Kota Bukittinggi.  Mantan kepala sekolah dasar yang lahir 16 Desember 1947 ini mengatakan, keberadaannya di DPRD merupakan suatu amanah yang cukup berat.

“Kedudukan saya di DPRD adalah merupakan amanah. Prinsip kami di DPRD bukan sekedar untuk kepentingan pribadi, namun keberadaan di DPRD untuk berkontribusi melalui anggaran, legislasi dan pengawasan. DPRD juga kita jadikan suatu mimbar dakwah dan sebuah universitas untuk menimba ilmu,” kata lbu dari 5 orang anak ini.

Baca: Rektor Unilak: Hari Kartini, Hari Kebangkitan Kaum Wanita

Politisi partai Demokrat ini, sudah dua periode menjadi anggota dewan Bukittinggi, yaki 2009-2014 dan 2014-2019. Meskipun usianya sudah 70 tahun, tak menghalangi dirinya untuk terus bekerja dan berkarya sekuat tenaga menjalankan amanah masyarakat yang diwakilinya. 

"Saya akan jalankan amanah ini sebaik mungkin sebagai ibadah. Saya akan berusaha tidak mengecewakan konstituen yang sudah memberikan amanah ini dengan selalu bekerja keras, bekerja ikhlas dan cerdas bersama anggota dewan lainnya," terang Nursyida penuh percaya diri.

Bagi anggota dewan lain, keberadaan Nursyida dijadikan mitra sekaligus orang tua dalam menjalankan tugas dan fungsi kedewanan. Hj.Nursyida sangat disenangi dan sekaligus disegani karena faktor keibuan dan jabatannya sebagai Badan Kehormatan Dewan. Ia termasuk anggota dewan yang dijadikan tempat meminta pertimbangan dalam menjalankan tugas kedewanan, maupun di luar tugas kedewanan.

Baca: Kepala Sekolah Berprestasi Ini Sebut Perempuan Sekarang Harus Memiliki Ilmu Pengetahuan

Salah seorang anggota DPRD Bukittinggi, M. Nur Idris menilai sosok 'bundo kanduang' ini sebagai perempuan yang paripurna di lembaga wakil rakyat Bukittinghi ini. Cara kerja dan sikapnya sebagai anggota dewan tidak kalah dengan cara kerja dewan lainnya. 

"Nursyida itu sosok anggota dewan yang paripurna sekali. Ibarat toko dia adalah toko serba ada. Bicara tugas ia ikuti dengan baik, begitu juga bicara memajukan daerah, bundo ini tak mau diam. Pokonya bundo ini 'kamari masuak' dan tidak kalah dengan anggota dewan yang masih muda lainnya," ujar M. Nur Idris ketika dimintakan tanggapannya menilai sosok Nursyida.

Disamping bertugas sebagai anggota dewan, Nursyida juga aktif pada kegiatan di masyarakat. Oraginisasi bundo kanduang dan majelis taklim ia tekuni bersama masyarakat terutama di tempat ia tinggal, di daerah Sumua, Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kota Bukittinggi. Pada hari Kartini ini, Nursyida memberi motifasi untuk semua Kartini modern agar terus maju dan berbuat untuk bangsa dan negara ini.

Baca: Kartini Masa Kini, Ini Pesan Kapolsek Cantik

Bahkan 'bundo kandung' yang sangat sederhana ini meminta agar Kartini modern jangan mudah putus asa apalagi pesimis dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

"Kartini modern harus penuh percaya diri untuk maju. Jangan mudah putus asa apalagi pesimis. Jadikan momentum hari Kartini 2017 ini menjadi spirit baru bagi Kartini modern dalam menggapai mimpi, dan teruslah bermimpi," harap Hj. Mursyidah, yang masih tetap naik ojek atau angkot menuju gedung dewan dari rumah kediamannya yang berjarak 5 Km ini. (bpc15)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif
Rabu, 13 Desember 2017 20:37

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif

PT. RAPP memberi jawaban klarifikasi atas semua tuduhan. Termasuk tudingan bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto itu telah membangkang, dan melawan negara. 

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?
Rabu, 13 Desember 2017 20:02

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?

Polda Riau pernah punya rekor bagus tangani kasus lingkungan hidup dan kehutanan.

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba
Rabu, 13 Desember 2017 19:58

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba

Pansus Napza DPRD Riau meminta pihak penyedia dunia hiburan memberikan peranannya dalam mencegah peredaran narkoba.

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!
Rabu, 13 Desember 2017 18:50

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!

PT BATIQA Hotel Manajemen akan segera membuka hotel ke-tujuhnya, BATIQA Hotel Darmo – Surabaya yang berlokasi strategis di Jl. Darmokali No. 60, pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang. Jelang pembukaan acara tersebut, tim BATIQA Hotels telah menginformasikan serangkaian acara pre-opening, termasuk di dalamnya kompetisi seni: BATIQART Competition yang mengangkat tema “Bangga Dadi Arek Suroboyo” bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di kota Surabaya.

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar
Rabu, 13 Desember 2017 16:33

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar

Bersempena dengan kegiatan sosial Ayo khitan Indonesia (AKHI) 2017,  juga akan digelar Tabligh Akbar bersama Ustaz Mustafa Umar yang akan dilaksanakan di Masjid Raya An Nur Pekanbaru,  Ahad (24/12/2017). 

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla
Rabu, 13 Desember 2017 16:20

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla

Di 100 hari kinerjanya, Kapolda Riau dianggap tak terbuka terhadap perkembangan kasus karhutla di Riau.

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia
Rabu, 13 Desember 2017 16:12

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia

 Peredaran narkoba mulai masuk di tingkat yang mengkhawatirkan. Dari seluruh daerah di Indonesia, Riau menempati peringkat 13 daerah dengan peredaran narkoba terbanyak.

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri
Rabu, 13 Desember 2017 15:20

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri

Jikalahari nilai kinerja Polda Riau lamban dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Karenanya Jikalahari akan teruskan kasus tersebut pada Mabes Polri.

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres
Rabu, 13 Desember 2017 15:10

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memenuhi undangan untuk menghadiri acara pisah sambut Kapolres Inhil di Gedung Abdurrahman Siddik STAI Auliaurrasyidin, Tembilahan Hulu. 

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar
Rabu, 13 Desember 2017 14:57

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar

Bangun Riau Complex, RAPP disebut mendapatkan utangan dari pihak ketiga sebanyak USD 1 miliar.