Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi

Jumat, 21 April 2017 21:11
 Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi
Hj.Nursyidah, Kartini tangguh di Parlemen Bukittinggi

BERTUAHPOS.COM, BUKITTINGGI - Sosok Hj. Nursyida memang sangat sederhana dan bersahaja. Keberadaanya telah memberi nuansa baru di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Komisi I DPRD Bukittinggi yang membidangi hukum dan pemerintahan.

Dia merupakan salah satu dari dua orang perempuan yang ada di anggota DPRD Kota Bukittinggi.  Mantan kepala sekolah dasar yang lahir 16 Desember 1947 ini mengatakan, keberadaannya di DPRD merupakan suatu amanah yang cukup berat.

“Kedudukan saya di DPRD adalah merupakan amanah. Prinsip kami di DPRD bukan sekedar untuk kepentingan pribadi, namun keberadaan di DPRD untuk berkontribusi melalui anggaran, legislasi dan pengawasan. DPRD juga kita jadikan suatu mimbar dakwah dan sebuah universitas untuk menimba ilmu,” kata lbu dari 5 orang anak ini.

Baca: Rektor Unilak: Hari Kartini, Hari Kebangkitan Kaum Wanita

Politisi partai Demokrat ini, sudah dua periode menjadi anggota dewan Bukittinggi, yaki 2009-2014 dan 2014-2019. Meskipun usianya sudah 70 tahun, tak menghalangi dirinya untuk terus bekerja dan berkarya sekuat tenaga menjalankan amanah masyarakat yang diwakilinya. 

"Saya akan jalankan amanah ini sebaik mungkin sebagai ibadah. Saya akan berusaha tidak mengecewakan konstituen yang sudah memberikan amanah ini dengan selalu bekerja keras, bekerja ikhlas dan cerdas bersama anggota dewan lainnya," terang Nursyida penuh percaya diri.

Bagi anggota dewan lain, keberadaan Nursyida dijadikan mitra sekaligus orang tua dalam menjalankan tugas dan fungsi kedewanan. Hj.Nursyida sangat disenangi dan sekaligus disegani karena faktor keibuan dan jabatannya sebagai Badan Kehormatan Dewan. Ia termasuk anggota dewan yang dijadikan tempat meminta pertimbangan dalam menjalankan tugas kedewanan, maupun di luar tugas kedewanan.

Baca: Kepala Sekolah Berprestasi Ini Sebut Perempuan Sekarang Harus Memiliki Ilmu Pengetahuan

Salah seorang anggota DPRD Bukittinggi, M. Nur Idris menilai sosok 'bundo kanduang' ini sebagai perempuan yang paripurna di lembaga wakil rakyat Bukittinghi ini. Cara kerja dan sikapnya sebagai anggota dewan tidak kalah dengan cara kerja dewan lainnya. 

"Nursyida itu sosok anggota dewan yang paripurna sekali. Ibarat toko dia adalah toko serba ada. Bicara tugas ia ikuti dengan baik, begitu juga bicara memajukan daerah, bundo ini tak mau diam. Pokonya bundo ini 'kamari masuak' dan tidak kalah dengan anggota dewan yang masih muda lainnya," ujar M. Nur Idris ketika dimintakan tanggapannya menilai sosok Nursyida.

Disamping bertugas sebagai anggota dewan, Nursyida juga aktif pada kegiatan di masyarakat. Oraginisasi bundo kanduang dan majelis taklim ia tekuni bersama masyarakat terutama di tempat ia tinggal, di daerah Sumua, Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kota Bukittinggi. Pada hari Kartini ini, Nursyida memberi motifasi untuk semua Kartini modern agar terus maju dan berbuat untuk bangsa dan negara ini.

Baca: Kartini Masa Kini, Ini Pesan Kapolsek Cantik

Bahkan 'bundo kandung' yang sangat sederhana ini meminta agar Kartini modern jangan mudah putus asa apalagi pesimis dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

"Kartini modern harus penuh percaya diri untuk maju. Jangan mudah putus asa apalagi pesimis. Jadikan momentum hari Kartini 2017 ini menjadi spirit baru bagi Kartini modern dalam menggapai mimpi, dan teruslah bermimpi," harap Hj. Mursyidah, yang masih tetap naik ojek atau angkot menuju gedung dewan dari rumah kediamannya yang berjarak 5 Km ini. (bpc15)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK
Selasa, 20 Pebruari 2018 21:20

Tahun 2018, DPRD Riau Anggarkan Rp 40 Miliar untuk UNBK

DPRD Riau anggarkan lebih dari Rp 40 miliar pada tahun 2018 untuk UNBK. Ade Agus Hartanto, Komisi V DPRD Riau menyebutkan bahwa tahun ini adalah kali kedua Riau melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:58

Luar Biasa, Orang Indonesia Makin 'Sadar' Internet

Orang Indonesia makin sadar internet. Itu terbukti dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Data dari survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:27

Program Kota Ku di Jalan Sungai Sago Telan Dana APBN Rp 160 Jutaan

Pada bulan Desember 2017,  tampaknya pemerintah membuat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini merupakan sebuah peningkatan Jalan di Gang Sungai Sago, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kelurahan Sukaramai.

Kopi Rambah Pasar Vietnam
Selasa, 20 Pebruari 2018 20:16

Kopi Rambah Pasar Vietnam

Kopi Indonesia rambah pasar Vietnam. Ini sangat mungkin terwujud lantaran Vietnam salah satu negara dengan tingkat konsumsi tinggi. Duta Besar RI Vietnam Ibnu Hadi menmgatakan promosi kopi ditarget perdagangan bilateral USD10 miliar pada tahun 2020.

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:40

Belum Ditertibkan, Baliho Program Kerja Cagub Petahana Masih Terpampang di Tengah Kota Bengkalis

Baliho program kerja petahana tampak masih terpampang di tengah kota Bengkalis, Selasa (20/2/2018). Dalam pantauan bertuahpos.com, baliho yang terpajang adalah program kerja 

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:35

MTQ Pekanbaru 2018 Digelar di SMP Madani?

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru ke-51 rencananya akan digelar di SMP Madani atau Islamic Center Tabrani. Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, mentakan

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:30

Tak Taat Aturan, Baliho AYO Masih Terpampang di Simpang Panam

Perintah Bawaslu untuk menurunkan semua baliho yang menampilkan Calon Gubernur (Cagub) Riau tahun 2018 seperti tidak diindahkan. Pasalnya, sampai saat ini spanduk-spanduk tersebut masih terpajang di berbagai titik di Kota Pekanbaru.

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:15

Belanja Proyek Strategis Nasional Tengah Dievaluasi

Pemerintah tengah evaluasi belanja proyek trategis nasional. Termasuk mengukur efektifitas belanja dari setiap proyek itu. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan 

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov
Selasa, 20 Pebruari 2018 19:00

2 Nama Bupati di Riau, Dituding Terima Aliran Dana Korupsi e-KTP Setnov

Dua bupati di Riau, yakni Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti) dan HM Wardan (Bupati Inhil non aktif) disebut sebagai bagian penerima aliran dana dalam kasus korupsi e-KTP yang kini menjerat Setya Novanto sebagai terdakwa.

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti
Selasa, 20 Pebruari 2018 18:45

Mantan Ketua Kadin Pekanbaru Telantarkan Anak, Polisi Sedang Kumpulkan Alat Bukti

Polisi tengah mengumpulkan alat bukti atas kasus penelantaran anak yang diduga dilakukan oleh mantan Ketua Kadin Pekanbaru berinisia S. Proses mengumpulkan alat bukti itu kini masih dilakukan oleh Direktorat Reserse