Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi

Jumat, 21 April 2017 21:11
 Kartini Tangguh di Parlemen Bukittinggi
Hj.Nursyidah, Kartini tangguh di Parlemen Bukittinggi

BERTUAHPOS.COM, BUKITTINGGI - Sosok Hj. Nursyida memang sangat sederhana dan bersahaja. Keberadaanya telah memberi nuansa baru di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Komisi I DPRD Bukittinggi yang membidangi hukum dan pemerintahan.

Dia merupakan salah satu dari dua orang perempuan yang ada di anggota DPRD Kota Bukittinggi.  Mantan kepala sekolah dasar yang lahir 16 Desember 1947 ini mengatakan, keberadaannya di DPRD merupakan suatu amanah yang cukup berat.

“Kedudukan saya di DPRD adalah merupakan amanah. Prinsip kami di DPRD bukan sekedar untuk kepentingan pribadi, namun keberadaan di DPRD untuk berkontribusi melalui anggaran, legislasi dan pengawasan. DPRD juga kita jadikan suatu mimbar dakwah dan sebuah universitas untuk menimba ilmu,” kata lbu dari 5 orang anak ini.

Baca: Rektor Unilak: Hari Kartini, Hari Kebangkitan Kaum Wanita

Politisi partai Demokrat ini, sudah dua periode menjadi anggota dewan Bukittinggi, yaki 2009-2014 dan 2014-2019. Meskipun usianya sudah 70 tahun, tak menghalangi dirinya untuk terus bekerja dan berkarya sekuat tenaga menjalankan amanah masyarakat yang diwakilinya. 

"Saya akan jalankan amanah ini sebaik mungkin sebagai ibadah. Saya akan berusaha tidak mengecewakan konstituen yang sudah memberikan amanah ini dengan selalu bekerja keras, bekerja ikhlas dan cerdas bersama anggota dewan lainnya," terang Nursyida penuh percaya diri.

Bagi anggota dewan lain, keberadaan Nursyida dijadikan mitra sekaligus orang tua dalam menjalankan tugas dan fungsi kedewanan. Hj.Nursyida sangat disenangi dan sekaligus disegani karena faktor keibuan dan jabatannya sebagai Badan Kehormatan Dewan. Ia termasuk anggota dewan yang dijadikan tempat meminta pertimbangan dalam menjalankan tugas kedewanan, maupun di luar tugas kedewanan.

Baca: Kepala Sekolah Berprestasi Ini Sebut Perempuan Sekarang Harus Memiliki Ilmu Pengetahuan

Salah seorang anggota DPRD Bukittinggi, M. Nur Idris menilai sosok 'bundo kanduang' ini sebagai perempuan yang paripurna di lembaga wakil rakyat Bukittinghi ini. Cara kerja dan sikapnya sebagai anggota dewan tidak kalah dengan cara kerja dewan lainnya. 

"Nursyida itu sosok anggota dewan yang paripurna sekali. Ibarat toko dia adalah toko serba ada. Bicara tugas ia ikuti dengan baik, begitu juga bicara memajukan daerah, bundo ini tak mau diam. Pokonya bundo ini 'kamari masuak' dan tidak kalah dengan anggota dewan yang masih muda lainnya," ujar M. Nur Idris ketika dimintakan tanggapannya menilai sosok Nursyida.

Disamping bertugas sebagai anggota dewan, Nursyida juga aktif pada kegiatan di masyarakat. Oraginisasi bundo kanduang dan majelis taklim ia tekuni bersama masyarakat terutama di tempat ia tinggal, di daerah Sumua, Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Kota Bukittinggi. Pada hari Kartini ini, Nursyida memberi motifasi untuk semua Kartini modern agar terus maju dan berbuat untuk bangsa dan negara ini.

Baca: Kartini Masa Kini, Ini Pesan Kapolsek Cantik

Bahkan 'bundo kandung' yang sangat sederhana ini meminta agar Kartini modern jangan mudah putus asa apalagi pesimis dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

"Kartini modern harus penuh percaya diri untuk maju. Jangan mudah putus asa apalagi pesimis. Jadikan momentum hari Kartini 2017 ini menjadi spirit baru bagi Kartini modern dalam menggapai mimpi, dan teruslah bermimpi," harap Hj. Mursyidah, yang masih tetap naik ojek atau angkot menuju gedung dewan dari rumah kediamannya yang berjarak 5 Km ini. (bpc15)

TRAVELLING

Berita Terkini

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan
Minggu, 25 Juni 2017 20:33

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan

Penyidikan terhadap dugaan korupsi SPPD Fiktif di Dispenda Riau terus dilakukan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Riau.

Inilah  Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung
Minggu, 25 Juni 2017 19:29

Inilah Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung

Setelah melaksanakan ibadah puasa satu bulan. Lebaran  adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu.Malam takbiran

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH
Minggu, 25 Juni 2017 17:35

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH

Penyidik Kejaksaan Tinggi Riau segera mengumumkan tersangka korupsi proyek Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Integritas Anti Korupsi

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?
Minggu, 25 Juni 2017 15:23

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?

 Beberapa waktu lalu, pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan perintah bahwasanya mobil dinas dilarang untuk digunakan mudik.

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi
Minggu, 25 Juni 2017 14:09

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi

Setiap yang merasakan indahnya pertemuan, akan mengerti pahitnya perpisahan. Setidaknya itulah pesan Ustaz Asril, Lc yang menjadi Khatib Salat Id

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.