Gempa 6,6 SR Guncang Masyarakat di Bengkulu Utara, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Minggu, 13 Agustus 2017 11:45
 Gempa 6,6 SR Guncang Masyarakat di Bengkulu Utara, Warga Berhamburan Keluar Rumah

BERTUAHPOS.COM (BPC), BENGKULU - BMKG melaporkan telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,6 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer berada pada 71 kilometer Barat Daya Bengkulu Utara pada Minggu (13/8/2017) pukul 10.08 WIB.  Gempa tidak berpotensi tsunami.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melakukan analisis dan konfirmasi dampak gempa melalui komunikasi langsung dengan BPBD. Beradasarkan laporan sementara bahwa:

1.Di Bengkulu Utara, gempa dirasakan cukup kuat selama 10 detik. Warga setempat panik dan berhamburan keluar rumah. Bangunan rumah dirasakan bergetar dan perabotan rumah berjatuhan. Masyarakat mencari tempat-tempat yang aman dan tinggi. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa.

2. Di Muko-Muko Bengkulu, gempa dirasakan kuat selama 5-10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. BPBD Muko-Muko belum dapat meneruskan informasi kepada masyarakat karena listrik padam saat gempa. Belum ada laporan dampak gempa.

3. Di Kepahiang Bengkulu, gempa dirasakan kuat selama 10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Kursi, meja, lemari dan perabotan rumah bergetar. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

4.Di Lubuk Linggau, Kerinci,  dan Bengkulu Selatan gempa dirasakan cukup kuat hingga kuat selama 5-10 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan dampak gempa.

5. Di pesisir Kota Padang, gempa dirasakan cukup kuat. Gempa dirasakan mengayun. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Gempa juga dirasakan hingga Muaralabuh dan Kerinci (perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi).

6.Di Tua Pejat, Kepulauan Mentawai, gempa dirasakan cukup kuat. Masyarakat ke luar rumah dan berkumpul di tempat yang aman. Kondisi permukaan laut tetap normal. BPBD menyampaikan kepada masyarakat tidak ada potensi tsunami.

7. Gempa dirasakan di beberapa daerah di Sumatera Selatan. Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang. Intensitas gempa dirasakan daerah di Provinsi Bengkulu dirasakan IV-V MMI atau ringan hingga sedang, yaitu di Bengkulu V MMI, Kepahiang V MMI, Bengkulu Utara V MMI, Lubuk Linggau IV MMI, Kerinci IV MMI, Bengkulu Selatan IV MMI, Liwa IV MMI. Daerah-daerah di pesisir di Bengkulu Utara merasakan guncangan gempa yang lebih keras karena berdekatan dengan pusat gempa.

Sedangkan intensitas gempa dirasakan di Sumatera Barat dirasakan lemah yaitu Padang II-III MMI, Padang Panjang I-II MMI, Bunkittinggi I-II MMI, Pariaman II-III MMI, Tua Pejat Mentawai II-III MMI, Pesisir Selatan II-III MMI, Payakumbuh I-II MMI, dan Solok I-II MMI.

Analisis sementara berdasarkan peta intensitas guncangan dirasakan dan laporan dari BPBD diperkirakan gempa tidak menyebabkan dampak yang merusak massif. Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan parah dan menimbulkan korban jiwa apabila intensitas gempa dirasakan di atas VI-VII MMI. BPBD saat ini masih melakukan pemantauan di daerah masing-masing.

Pusdalops BNPB hingga kini masih terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BPBD. "Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Sistem informasi kegempaan dan tsunami di BMKG dan BNPB dapat mendeteksi kejadian gempa 5 menit setelah gempa dan memberikan analisis dampak gempa,"ujar Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. (Bpc8/ol)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Pagi Ini, Workshop Penguatan Fungsi Pembinaan Perkebunan Kelapa Sawit di Hotel Pangeran
Rabu, 18 Oktober 2017 10:30

Pagi Ini, Workshop Penguatan Fungsi Pembinaan Perkebunan Kelapa Sawit di Hotel Pangeran

Pagi ini, Rabu (18/10/2017) diadakan Workshop Penguatan Fungsi Pembinaan Perkebunan Kelapa Sawit Swadaya Menuju Riau Lestari, yang diadakan di Grand Ball Room Pangeran Hotel, Pekanbaru.

Pembuat Kincia Kamba Tigo Ternyata Seorang...
Rabu, 18 Oktober 2017 10:25

Pembuat Kincia Kamba Tigo Ternyata Seorang...

Objek Wisata Kincia Kamba Tigo di Jorong Padang Data, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah, Provinsi Sumatera Barat, tidak asing lagi bagi masyarakat Sumbar, nasional dan mancanegara.

Wah, Dapoer Ummi Bolu Kemojo Ini Sudah Mendunia
Rabu, 18 Oktober 2017 10:13

Wah, Dapoer Ummi Bolu Kemojo Ini Sudah Mendunia

Dapoer Ummi Bolu Kemojo, terletak di Jalan Bhakti 8 No.3 Arifin Ahmad. Selain didistribusikan di dalam negeri, oleh-oleh khas Pekanbaru ini sudah mendunia, seperti ke Australia, Timur Tengah, Singapore dan Malaysia.

PDI Rekomendasikan Harris dan Yopi Sebagai Pasangan Balon Gubri 2018
Rabu, 18 Oktober 2017 09:55

PDI Rekomendasikan Harris dan Yopi Sebagai Pasangan Balon Gubri 2018

DPP PDI Perjuangan merekomendasikan Harris dan Yopi Arianto sebagai pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau dalam Pilgub 2018 nanti. 

Hari Ini Cuaca di Riau Cerah Berawan
Rabu, 18 Oktober 2017 09:45

Hari Ini Cuaca di Riau Cerah Berawan

Cuaca di Provinsi Riau hari ini, Rabu (18/10/2017), diperkirakan cerah berawan.

Evaluasi RTRW Riau Sedang Jalan, Sekdaprov Riau: Itu Biasa
Rabu, 18 Oktober 2017 09:34

Evaluasi RTRW Riau Sedang Jalan, Sekdaprov Riau: Itu Biasa

Evaluasi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) di Riau hingga kini masih berlangsung. Diantara pembahasan evaluasi itu hanya menyangkut persoalan teknis saja. 

Dokumen Parpol Belum Lengkap, KPU Pekanbaru Tunggu Instruksi Pusat
Rabu, 18 Oktober 2017 09:01

Dokumen Parpol Belum Lengkap, KPU Pekanbaru Tunggu Instruksi Pusat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menyebutkan bahwa akan membuat laporan ke KPU RI di Jakarta, untuk menunggu instruksi selanjutnya.

Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UMRI: Tidak Pro Rakyat
Rabu, 18 Oktober 2017 08:54

Tiga Tahun Kinerja Jokowi, Presma UMRI: Tidak Pro Rakyat

Dalam rangka tiga tahun masa kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada tanggal 20 Oktober 2017 mendatang, masih banyak bahan evaluasi yang dilontarkan masyarakat.

Perpanjangan Waktu Berakhir, 16 Partai Dinyatakan Lengkap oleh KPU Pekanbaru
Rabu, 18 Oktober 2017 08:30

Perpanjangan Waktu Berakhir, 16 Partai Dinyatakan Lengkap oleh KPU Pekanbaru

16 dari 19 partai politik yang telah menyerahkan dokumen persyaratan peserta pemilu 2019 telah dinyatakan lengkap oleh KPU Pekanbaru, Rabu (18/10/2017).

Harga Sembako di Pasar Cik Puan Stabil
Rabu, 18 Oktober 2017 08:13

Harga Sembako di Pasar Cik Puan Stabil

Pertengahan Oktober 2017 harga Sembako di Pasar Cik Puan terpantau normal. Untuk cabe merah asal jawa berkisar diharga Rp38.000/kg, namun demikian, kata Ujang beberapa hari belakangan tergolong sepi