Penampakan Jembatan Siak I Tempo Dulu

Sabtu, 05 November 2016 08:00
Penampakan Jembatan Siak I Tempo Dulu
Penampakan Jembatan Siak Satu Tempo Dulu (Foto: Istimewa)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Jembatan Siak I, yang menghubungkan dua wilayah di Pekanbaru punya nilai sejarah menarik dalam sisi peradaban, sekaligus menjadi sakti bisu berkembangnya pembangunan Kota Pekanbaru tempo dulu.

Dalam kupasan Pekanbaru Tempo Dulu kali ini, Jembatan tersebut punya arti penting dalam menghubungkan Kecamatan Senapelan di sisi Selatan dan Kecamatan Rumbai Pesisir di sisi Utara. Jembatan ini merupakan bantuan dari perusahaan minyak yang beroperasi di Riau. Perusahaan itu bernama PT.Caltex Pacific Indonesia (CPI), yang sekarang berubah nama menjadi PT.Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Setelah selesai dibangun, Presiden Indonesia yang berkuasa ketika itu, Suharto, datang dan meresmikan jembatan ini, pada tanggal 19 April 1977.

Mana jembatan itu adalah Leighton, nama ini diambil dari nama perusahaan yang waktu itu membuatnya bangunannya yaitu Leighton Indonesia Construction Company. Namun untuk kalangan para pejabat, Jembatan Leighton dipanggil dengan sebutan jembatan Siak I.

Seperti dilansir dari banyak sumber, proyek pembangunan jembatan ini menghabiskan 600 ton baja, 1,200 kaki kubik beton, 150,000 kaki kubik tanah timbun dan pengaspalan 700 meter persegi jalan. Panjang Leighton ini adalah 350 meter dan diprediksi akan bertahan selama 50 tahun.

Namun karena peningkatan perkembangan kota Pekanbaru, Leighton ini diperkirakan memiliki kekuatan tinggal 30 persen saja, sehingga dipasang portal di setiap ujung jembatan untuk membatasi tonase kendaraan yang melewatinya. Untuk menghindari tonase berlebih yang melintasi Leighton I.

Pemerintah Kota Pekanbaru kemudian  membangun Jembatan Siak II, dan III sesuai tonase. Kini pemerintah juga tengah membangun Jembatan Siak IV dan V, mamun sayangnya pembangunan jembatan itu mangkrak dan belum dilanjutkan proses pembangunannya.

Penulis: Melba

TRAVELLING

Berita Terkini

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan
Minggu, 25 Juni 2017 07:25

Salat Idul Fitri, BMKG: Riau Cerah Berawan

Minggu (25/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kondisi Riau dan sekitarnya cerah berawan. Sehingga bagi umat muslim dapat melaksanakan salat di luar masjid.

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah
Minggu, 25 Juni 2017 01:05

Pasca Pawai Takbir, Areal Taman Pacu Jalur Dipenuhi Sampah

Pasca kegiatan pawai takbir akbar Teluk Kuantan, Senin (24/6/2017), area Taman Pacu Jalur yang merupakan pusat pelaksanaan kegiatan berubah menjadi tumpukan sampah.

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah
Sabtu, 24 Juni 2017 23:56

Pawai Takbir Akbar di Teluk Kuantan Berlangsung Meriah

Sabtu (24/6/2017), pelaksanaan pawai takbir akbar menyambut datangnya 1 Syawal di Teluk Kuantan berlangsung meriah.

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas
Sabtu, 24 Juni 2017 23:05

Dapat Remisi Lebaran, 382 Napi Beragama Islam Bebas

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Menyambut Hari Raya Idul Fitri ini, ada keceriahan dari balik jeruji penjara.Terdapat 382 narapidana yang beragama Islam menikmati kebebasan. Mereka mendapat Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 2017.

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit
Sabtu, 24 Juni 2017 22:35

Hujan Lebat Diikuti Tanah Longsor, Ratusan Orang Tertimbun Bukit

Bukit longsor, ratusan orang tertimbun tanah.